Resep Masakan

Yuk, Membuat Bakso Ayam Sendiri di Rumah!

 

Siapa yang suka makan bakso?

Saat hujan, makan bakso… hm nikmatnyaaaa!

Aku juga suka makan bakso, tapi belum pernah bikin bakso sendiri. Pengin sih, tapi ragu-ragu karena chopper rusak, nggak bisa dipakai. Terus menghaluskan dagingnya pakai apa dong biar bisa halus?

Nah, minggu lalu akhirnya aku bikin bakso juga, pakai daging ayam. Daging ayam lebih gampang halusnya dibandingkan dengan daging sapi. Berbekal chopper pinjaman, aku bikin bakso ayam. Ternyata nggak susah kok, apalagi aku punya tepung bakso Acine® jadi makin praktis aja. Bahannya cuma daging, tepung Acine® dan air es aja sih karena tepung Acine® udah ada bumbunya. Asyik, apalagi tepungnya tanpa pengawet dan MSG juga.

Ini aku share resep membuat bakso ayam dan bakso bakar dari Acine® ya, bisa dimodifikasi sesuai selera.

 

 

bahan membuat bakso ayam

 

Resep Bakso Ayam

Bahan:

1 bungkus tepung bakso berbumbu Acine®

400 gr daging ayam dada fillet / cincang

50-80 ml air es

air untuk merebus

Kuah bakso: gula, garam dan merica dan tulang bila ada

 

Cara membuat bakso ayam:

  1. Masukkan daging ayam dalam food processor, tambahkan air es dan giling hingga halus atau campur daging giling dengan air es hingga menjadi adonan.

2. Uleni tepung bakso dengan daging hingga menjadi adonan yang kalis.

3. Bentuk bola-bola dan masukkan dalam air hangat. Rebus hingga matang. Tiriskan.

4. Kuah bakso: didihkan air rebusan bakso, beri garam, gula dan merica. Koreksi rasa.

Saran penyajian: sajikan bakso dengan kuahnya dan pelengkap lain sesuai selera.

 

 

cara membuat bakso ayam sendiri di rumah

cara membuat bakso ayam sendiri di rumah

resep bakso ayam homemade

resep bakso ayam homemade

 

 

Jadi juga bakso ayamnya, cuma hasilnya kurang bulat mulus, maklum baru pertama kali ini bikin bakso ayam sendiri di rumah. Untuk kuah baksonya, bisa pakai air rebusan bakso atau kuah kaldu ayam. Ini aku pakai kuah kaldu ayam kampung.

 

resep bakso ayam

 

cara membuat bakso ayam

 

Satu resep bakso ayam ini jadinya nggak sampai 30 biji karena aku bikin ukurannya agak gede-gede.

Bakso ayam dan kuahnya sudah siap, aku diemin dulu, rencana mau beli tahu dan gorengannya abang bakso biar makin nikmat makannya.

Aku ambil 9 biji bakso untuk kubuat jadi bakso bakar. Eeh ternyata anak-anak kok suka, 3 tusuk bakso bakar yang kubuat langsung habis. Mereka minta dibuatin lagi bakso bakarnya. Jadilah bakso ayam tadi akhirnya kubuat bakso bakar semua, sisanya tinggal 3 biji bakso ayam yang sengaja aku umpetin buat dimakan bersama tahu dan gorengan 😀

 

Resep Bakso Bakar

Bahan:
18 butir bakso
4 sdm kecap manis
4 sdm margarin cair
1/4 sdt merica
6 tusuk sate

 

Cara membuat bakso bakar:

1. Campur kecap, margarin dan merica.
2. Lumurkan bumbu kecap ini pada bakso yang sudah disusun pada tusuk sate

3. Masak dalam wajan beralas datar dan pastikan bakso mendapat bumbu secara rata.

Sajikan. Untuk 6 sate

Tips:
Bumbu bisa dikreasikan sesuai selera. Misal, dicampur dengan saus tiram/ saus tomat

 

cara membuat bakso bakar

Ini aku pakai saos tomat dan saos BBQ juga, dikit

 

resep bakso bakar

 

membuat bakso bakar sendiri

bakso bakar
Teruuusss… yang sisa tinggal 3 biji bakso tadi jadi dimakan pakai tahu dan gorengan? Jadi dong!

 

 

bakso ayam

bakso ayam

Ini bakso ayamnya yang tinggal 3 biji. Siapa mau bakso???

 

 

Yuk, bikin bakso sendiri di rumah!

Untuk informasi tentang tepung bakso Acine® bisa langsung intip-intip ig nya aja ya di @dapuracine

 

 

 

 

58 Comments

  1. Indah Juli April 30, 2018
  2. Mifthakaje April 30, 2018
  3. Mayuf April 30, 2018
  4. Fanny Fristhika Nila April 30, 2018
  5. Lianny May 1, 2018
  6. Lianny May 1, 2018
  7. Lianny May 1, 2018
  8. Lianny May 1, 2018
  9. Djangkaru Bumi May 2, 2018
  10. Lianny May 2, 2018
  11. nur rochma May 3, 2018
  12. Ilham Sadli May 3, 2018
  13. Citra May 3, 2018
  14. Rhoshandhayani KT May 3, 2018
  15. cutdekayi May 3, 2018
  16. Lizafathia May 3, 2018
  17. Indah Nuria May 3, 2018
  18. Lianny May 3, 2018
  19. Lianny May 3, 2018
  20. Lianny May 3, 2018
  21. Lianny May 3, 2018
  22. Lianny May 3, 2018
  23. Lianny May 3, 2018
  24. Lianny May 3, 2018
  25. Hastira May 4, 2018
  26. Munasyaroh May 4, 2018
  27. Naqiyyah Syam May 4, 2018
  28. Noe May 4, 2018
  29. Infotekno May 4, 2018
  30. Lianny May 4, 2018
  31. Lianny May 4, 2018
  32. Lianny May 4, 2018
  33. Lianny May 4, 2018
  34. Lianny May 4, 2018
  35. April Hamsa May 5, 2018
  36. Aswinda Utari May 5, 2018
  37. Ade anita May 5, 2018
  38. Titis Ayuningsih May 5, 2018
  39. Nyi Penengah Dewanti May 5, 2018
  40. Istiad May 6, 2018
  41. Nita Lana Faera May 7, 2018
  42. Nita Lana Faera May 7, 2018
  43. Lianny May 9, 2018
  44. Lianny May 9, 2018
  45. Lianny May 9, 2018
  46. Lianny May 9, 2018
  47. Lianny May 9, 2018
  48. Lianny May 9, 2018
  49. Lianny May 9, 2018
  50. Lianny May 9, 2018
  51. Rach Alida Bahaweres May 9, 2018
  52. Lianny May 9, 2018
  53. Lina Sasmita May 12, 2018
  54. Lianny May 12, 2018
  55. Dey May 17, 2018
  56. Lianny May 17, 2018
  57. Inna Riana May 18, 2018
  58. Lianny May 18, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.