Resep Masakan

Yuk, Membuat Bakso Ayam Sendiri di Rumah!

 

Siapa yang suka makan bakso?

Saat hujan, makan bakso… hm nikmatnyaaaa!

Aku juga suka makan bakso, tapi belum pernah bikin bakso sendiri. Pengin sih, tapi ragu-ragu karena chopper rusak, nggak bisa dipakai. Terus menghaluskan dagingnya pakai apa dong biar bisa halus?

Nah, minggu lalu akhirnya aku bikin bakso juga, pakai daging ayam. Daging ayam lebih gampang halusnya dibandingkan dengan daging sapi. Berbekal chopper pinjaman, aku bikin bakso ayam. Ternyata nggak susah kok, apalagi aku punya tepung bakso Acine® jadi makin praktis aja. Bahannya cuma daging, tepung Acine® dan air es aja sih karena tepung Acine® udah ada bumbunya. Asyik, apalagi tepungnya tanpa pengawet dan MSG juga.

Ini aku share resep membuat bakso ayam dan bakso bakar dari Acine® ya, bisa dimodifikasi sesuai selera.

 

 

bahan membuat bakso ayam

 

Resep Bakso Ayam

Bahan:

1 bungkus tepung bakso berbumbu Acine®

400 gr daging ayam dada fillet / cincang

50-80 ml air es

air untuk merebus

Kuah bakso: gula, garam dan merica dan tulang bila ada

 

Cara membuat bakso ayam:

  1. Masukkan daging ayam dalam food processor, tambahkan air es dan giling hingga halus atau campur daging giling dengan air es hingga menjadi adonan.

2. Uleni tepung bakso dengan daging hingga menjadi adonan yang kalis.

3. Bentuk bola-bola dan masukkan dalam air hangat. Rebus hingga matang. Tiriskan.

4. Kuah bakso: didihkan air rebusan bakso, beri garam, gula dan merica. Koreksi rasa.

Saran penyajian: sajikan bakso dengan kuahnya dan pelengkap lain sesuai selera.

 

 

cara membuat bakso ayam sendiri di rumah

cara membuat bakso ayam sendiri di rumah

resep bakso ayam homemade

resep bakso ayam homemade

 

 

Jadi juga bakso ayamnya, cuma hasilnya kurang bulat mulus, maklum baru pertama kali ini bikin bakso ayam sendiri di rumah. Untuk kuah baksonya, bisa pakai air rebusan bakso atau kuah kaldu ayam. Ini aku pakai kuah kaldu ayam kampung.

 

resep bakso ayam

 

cara membuat bakso ayam

 

Satu resep bakso ayam ini jadinya nggak sampai 30 biji karena aku bikin ukurannya agak gede-gede.

Bakso ayam dan kuahnya sudah siap, aku diemin dulu, rencana mau beli tahu dan gorengannya abang bakso biar makin nikmat makannya.

Aku ambil 9 biji bakso untuk kubuat jadi bakso bakar. Eeh ternyata anak-anak kok suka, 3 tusuk bakso bakar yang kubuat langsung habis. Mereka minta dibuatin lagi bakso bakarnya. Jadilah bakso ayam tadi akhirnya kubuat bakso bakar semua, sisanya tinggal 3 biji bakso ayam yang sengaja aku umpetin buat dimakan bersama tahu dan gorengan 😀

 

Resep Bakso Bakar

Bahan:
18 butir bakso
4 sdm kecap manis
4 sdm margarin cair
1/4 sdt merica
6 tusuk sate

 

Cara membuat bakso bakar:

1. Campur kecap, margarin dan merica.
2. Lumurkan bumbu kecap ini pada bakso yang sudah disusun pada tusuk sate

3. Masak dalam wajan beralas datar dan pastikan bakso mendapat bumbu secara rata.

Sajikan. Untuk 6 sate

Tips:
Bumbu bisa dikreasikan sesuai selera. Misal, dicampur dengan saus tiram/ saus tomat

 

cara membuat bakso bakar

Ini aku pakai saos tomat dan saos BBQ juga, dikit

 

resep bakso bakar

 

membuat bakso bakar sendiri

bakso bakar
Teruuusss… yang sisa tinggal 3 biji bakso tadi jadi dimakan pakai tahu dan gorengan? Jadi dong!

 

 

bakso ayam

bakso ayam

Ini bakso ayamnya yang tinggal 3 biji. Siapa mau bakso???

 

 

Yuk, bikin bakso sendiri di rumah!

Untuk informasi tentang tepung bakso Acine® bisa langsung intip-intip ig nya aja ya di @dapuracine

 

 

 

 

58 Comments

  1. Indah Juli April 30, 2018
    • Lianny May 1, 2018
  2. Mifthakaje April 30, 2018
    • Lianny May 1, 2018
  3. Mayuf April 30, 2018
    • Lianny May 1, 2018
  4. Fanny Fristhika Nila April 30, 2018
    • Lianny May 1, 2018
  5. Djangkaru Bumi May 2, 2018
    • Lianny May 2, 2018
  6. nur rochma May 3, 2018
    • Lianny May 3, 2018
  7. Ilham Sadli May 3, 2018
    • Lianny May 3, 2018
  8. Citra May 3, 2018
    • Lianny May 3, 2018
  9. Rhoshandhayani KT May 3, 2018
    • Lianny May 3, 2018
  10. cutdekayi May 3, 2018
    • Lianny May 3, 2018
  11. Lizafathia May 3, 2018
    • Lianny May 3, 2018
  12. Indah Nuria May 3, 2018
    • Lianny May 3, 2018
  13. Hastira May 4, 2018
    • Lianny May 4, 2018
  14. Munasyaroh May 4, 2018
    • Lianny May 4, 2018
  15. Naqiyyah Syam May 4, 2018
    • Lianny May 4, 2018
  16. Noe May 4, 2018
    • Lianny May 4, 2018
  17. Infotekno May 4, 2018
    • Lianny May 4, 2018
  18. April Hamsa May 5, 2018
    • Lianny May 9, 2018
  19. Aswinda Utari May 5, 2018
    • Lianny May 9, 2018
  20. Ade anita May 5, 2018
    • Lianny May 9, 2018
  21. Titis Ayuningsih May 5, 2018
    • Lianny May 9, 2018
  22. Nyi Penengah Dewanti May 5, 2018
    • Lianny May 9, 2018
  23. Istiad May 6, 2018
    • Lianny May 9, 2018
  24. Nita Lana Faera May 7, 2018
    • Nita Lana Faera May 7, 2018
      • Lianny May 9, 2018
    • Lianny May 9, 2018
  25. Rach Alida Bahaweres May 9, 2018
    • Lianny May 9, 2018
  26. Lina Sasmita May 12, 2018
    • Lianny May 12, 2018
  27. Dey May 17, 2018
    • Lianny May 17, 2018
  28. Inna Riana May 18, 2018
    • Lianny May 18, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.