Kuliner Reviews & Sponsored

Warung Nasi Pecel Gudeg Lumintu Jember

 

warung nasi gudeg lumintu jemberWarung nasi pecel gudeg Lumintu Jember

 

Selain pecel Walisongo, salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke jember adalah pecel gudeg Lumintu yang berdiri sejak tahun 1980-an. Meskipun masuk gang, pembeli tetap rame, nama Warung nasi pecel gudeg Lumintu ini memang sudah terkenal di Jember.

Sudah pernah belum makan pecel campur gudeg?

Warung nasi pecel gudeg Lumintu ini menyediakan menu nasi pecel, nasi gudeg dan nasi campur (pecel + gudeg). Orang-orang biasanya makan nasi campurnya, yaitu pecel dicampur dengan gudeg, memang menu ini yang paling favorit deh. Gudeg di Lumintu ini warnanya nggak cokelat dan rasanya nggak manis seperti kebanyakan gudeg Jogya. Buat lidah orang Jawa Timur yang nggak terlalu suka manis, gudeg Lumintu ini sangat cocok dan pas di lidah.

Yang bikin nikmat karena gudeg dimasak dengan tungku kayu bakar dan dimasak sehari sebelum disajikan agar rasa bumbunya meresap. Kalau mau beli tambahan rempelo ati juga bisa. Beli gudegnya saja tanpa nasi juga bisa biasanya. Menu lain yang ada di warung pecel gudeg Lumintu ini adalah soto ayam dan ayam bakar, tapi tetep yang favorit adalah nasi pecel gudegnya.

Pecel gudeg Lumintu terdiri dari pecel (kacang panjang dan kecambah) yang bumbunya sedikit pedas, ayam, pindang telor, sayur tewel (nangka muda), sambal goreng krecek dengan kacang tolo, sambal dan rempeyek kacang.

Pas sekali perpaduan pecel dan gudeg ini, rasanya nikmat.

 

nasi pecel gudeg lumintu jemberNasi campur (pecel + gudeg) Lumintu Jember

 

Porsi nasi pecel gudeg ini lumayan banyak, jadi aku lebih suka beli dibungkus dibawa pulang saja. Lebih enak makan di rumah, makannya bisa nyantai dan satu bungkus nasi pecel gudeg Lumintu ini bisa kubagi berdua dengan suami. Yang porsi makannya sepertiku dan pingin makan langsung di tempat, bisa pesan setengah porsi saja agar nggak kekenyangan hihihi.

 

kuliner jember gudeg lumintu* Beli bungkus dibawa pulang, aroma daun pisangnya terasa wangi *

 

Pertama kali beli sekitar tahun 2007 harganya masih Rp 9000,-  sekarang harganya sudah Rp 18.000,-  Masih bisa dibilang murah harganya, porsi nasi dan lauknya juga banyak. Tempatnya dulu masih agak sempit, tapi sekarang sudah direnovasi jadi lebih luas dan terlihat lebih lapang, membuat pengunjung yang makan di tempat lebih nyaman.

Memang sudah banyak perubahan yang ada di warung pecel gudeg Lumintu ini, selain tempat yang sekarang lebih luas, juga ada perubahan di bagian pegawai yang mengambilkan makanan. Sekarang meskipun rame tapi pelayanan lumayan cepat, karena untuk yang makan di tempat, sudah ada yang melayani sendiri, nasi dan lauknya diambilkan dari ruang yang berbeda.

Yang bagian depan khusus melayani pembeli yang bungkus dibawa pulang. Sudah ada nomor antrian juga sih. Kalau nggak terlalu banyak pembeli biasanya nggak pake nomor, tapi begitu rame pembeli diberi nomor biasanya. Nah ini yang aku suka, jadi meskipun rame banget, masih maulah aku antri, begitu datang langsung minta nomor antrian saja, nanti tinggal nunggu giliran nomor dipanggil. Salut deh buat warung pecel gudeg Lumintu ini yang terus berupaya membuat pembeli nyaman.

Jam-jam rame pembeli biasanya pagi hari sekitar jam 07.00 pagi, memang itu waktunya sarapan sih. Bukanya mulai jam 06.00 pagi sampai sekitar jam 14.00 siang. Tapi kalau sudah habis ya nggak sampe jam 14.00 siang sudah tutup. Jangan datang hari Sabtu, bakal pulang dengan kecewa deh. Hari Sabtu libur.

 

warung nasi gudeg lumintu jember Hari Minggu biasanya rame banget pengunjung

 

Paling rame biasanya hari Minggu pagi, rame banget. Hari Minggu lalu aku ke warung ini sekitar jam 10.00 pagi, masih rame banget pengunjung, baik yang makan langsung di tempat ataupun yang antri beli dibawa pulang.

 

warung nasi pecel gudeg lumintu jemberSekarang sudah ada nomor antriannya, waktu itu dapat antrian nomor 12 hehe.

 

O’ya kalau hari Minggu, di depan warung pecel gudeg Lumintu ini ada bapak yang jualan tahwa, kalau hari biasa nggak ada.

Yang pingin nyicip enaknya pecel campur gudeg, mampir deh ke Warung pecel gudeg Lumintu Jember ini.

 

Warung Nasi Pecel Gudeg Lumintu (Tidak Buka Cabang)

Jl. Kertanegara 33 PH

Jam buka : 06.00 – 14.00

Sabtu libur

 

36 Comments

  1. Istiadzah Rohyati November 25, 2015
    • Lianny November 25, 2015
      • Istiadzah Rohyati November 26, 2015
        • Lianny November 26, 2015
  2. mawi wijna November 25, 2015
    • Lianny November 26, 2015
  3. adin dilla November 25, 2015
    • Lianny November 26, 2015
  4. Papapz November 25, 2015
    • Lianny November 26, 2015
      • Papapz November 30, 2015
        • Lianny November 30, 2015
  5. puputs November 25, 2015
    • Lianny November 26, 2015
  6. Astin Astanti November 25, 2015
    • Lianny November 26, 2015
  7. Hastira November 26, 2015
    • Lianny November 26, 2015
  8. Leyla hana November 26, 2015
    • Lianny November 26, 2015
  9. Dedy Akas Website November 26, 2015
    • Lianny December 2, 2015
  10. Pakde Cholik November 26, 2015
    • Lianny December 2, 2015
  11. sistalisius November 26, 2015
    • Lianny November 26, 2015
  12. Prih November 26, 2015
    • Lianny November 26, 2015
  13. Lidya December 2, 2015
    • Lianny December 2, 2015
  14. Silviana Noerita December 2, 2015
    • Lianny December 2, 2015
  15. alihamdan May 3, 2017
    • Lianny May 3, 2017
  16. @kakdidik13 September 8, 2018
    • Lianny September 10, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.