Kuliner Reviews & Sponsored

Uniknya Kedai Qunyit Jember

 

Hari Minggu malam kemarin kami pergi makan di luar. Refreshing buat anak-anak setelah UTS selesai dan setelah kerja bakti bersih-bersih rumah dari siang sampai sore hari Minggu itu. Sekalian juga itung-itung merayakan Alicia yang ulang tahunnya tanggal 5 Oktober lalu nggak dirayakan karena masih masa-masa UTS, sibuk belajar waktu itu, kue ulang tahun aja juga nggak ada.

Niatnya kapan hari mau buat kue kecil aja atau puding buat Alicia, tapi nggak jadi *mamanya sok sibuk πŸ™‚ Nah hari Minggu kemarin sekitar jam 7 malam, kami puter-puter nyari tempat makan yang agak sepi. Si sulung pingin ke tempat makan baru Clairy’s tapi sudah rame waktu itu, nggak bisa parkir. Akhirnya berhenti di Kedai Qunyit yang nggak terlalu jauh dari rumah.

 

kedai qunyit jember

 

Kedai Qunyit ini bukan tempat makan baru di Jember, sudah lama sih. Cuma aku belum pernah makan di sana, suami yang sudah beberapa kali makan di Qunyit bersama temannya. Terletak di dekat sekolah “Shinta”, persis di seberang Papa Surabbi.

Sepertinya Qunyit ini β€œsaudaraan” deh dengan tempat makan Lenquas yang ada di daerah kampus. Tuh namanya sama, mengambil nama-nama bumbu dapur πŸ˜€

 

Uniknya Kedai Qunyit Jember

Namanya unik ya, Kedai Qunyit. Ternyata desain tempat makannya juga unik lho. Pertama kali masuk langsung mata tertuju ke dinding sebelah kanan yang banyak tempelan alat-alat masaknya, ada : piring, wajan, gelas, sutil, parutan, talenan dan dandang *lihat tuh gambarnya di bawah ini. Dinding sebelah kiri ada semacam jendela-jendelaan dari kayu seperti rumah kuno zaman dulu, dipasang juga termos, tempat nasi dan ceret model kuno.

 

uniknya kedai Qunyit jember* Apaan aja itu diletakkan di dinding *

 

Nah, itu dindingnya, sekarang bagian atasnya juga unik, liat saja lampu-lampunya. Lampu-lampunya dimasukkan dalam kurungan burung dan lampu teplok hehehe.

 

uniknya kedai qunyit jember* Lampunya juga unik, ya *

 

Sudah itu saja keunikan tempat makan ini? Masih ada lagiiiiii!

Keunikan lainnya adalah wadah tempat menyajikan masakannya, biasanya kan di piring. Nah ini piringnya gede, selain itu ada yang disajikan dalam wajan ukuran sedang. Makanan disajikan di wajan, ya baru kali ini nihh. Kami sampe senyum-senyum sendiri ngeliatnya, uniknya Kedai Qunyit Jember ini πŸ˜€

 

nasi goreng singapur kedai qunyit jember* Nasi goreng singapura harga 17 ribu, disajikan di wajan. Baru kali ini makan, wadahnya wajan hehehe *

 

Kami mencoba nasi goreng singapur, lomie, laksa dan nasi lemak udang. Minumnya jus apokat, kietna splash, 2 orange splash dan es teh (free karena pesan laksa).

 

laksa kedai qunyit jember* Signature Laksa harga 23 ribu, dapat free 1 es teh. Isian : bihun, ayam, udang, telur puyuh dan tahu. Agak pedas dikit, kalo pingin lebih pedas, sudah disediakan sambal terpisah *

 

Aku nyoba laksa, waktu ditanya mie atau bihun, aku pilih bihun saja. Pertama makan rasanya ya lumayan enak sih eh lama-lama kok jadi agak eneg, entah porsinya yang kebanyakan jadi kenyang atau karena kuahnya sudah meresap dalam bihun sehingga kuah habis. Nggak ada kuah kok rasanya jadi agak2 aneh hehehe. Kapan-kapan mau nyobain laksa yang pake mie.

 

lomie kedai qunyit jember* Ini lomie kesukaan anakku, harga 20 ribu *

 

Untuk lomienya, warnanya putih sekilas mirip dengan mie ayam malah, biasanya lomie warnanya agak cokelat. Tapi kuahnya agak kental seperti kuah lomie biasanya. Lumayan enak juga sih dibanding dengan laksa yang kupesan.

Mangkok yang berisi lomie ini salah satu sisinya agak pendek, jadi tinggi mangkoknyaΒ  nggak sama. Sewaktu mangkok ini diletakkan di meja, kupikir si embaknya naruhnya kok miring mau tumpah. Ternyata mangkoknya memang seperti itu. Untung saja waktu itu aku nggak keceplosan ngomong kalo mie nya mau tumpah hihihi.

Anakku paling suka lomie nya. Kalo menurutku paling enak dari semua menu tadi ya nasi goreng singapur yang ada isian daging ayam chasew, orak arik telur dan kerupuk.

 

orange splash kedai qunyit* Orange splash harga 12 ribu, segerrr inii *

 

jus alpukat kedai qunyit* Jus alpokat harga 12 ribu. Minum jus ini aja sudah kenyang *

 

Untuk tempatnya nggak terlalu luas, meja dan tempat duduknya dari kayu. Di bagian kiri dan kanan terdapat sekitar 8 meja sedangkan di bagian tengahnya, meja dan kursi dibuat berderet.

 

uniknya kedai qunyit jember* Bangkunya dari kayu, satu meja bisa untuk 4 orang *

 

Harganya bisa dibilang nggak mahal, untuk 4 menu makanan dan 5 menu minuman tadi cuma habis 128 ribu saja.

 

Kedai Qunyit

Jl. Kh Sidiq no. 105

Jember

 

49 Comments

  1. momtraveler October 12, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  2. gustyanita pratiwi October 12, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  3. Alaika October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  4. Me October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  5. TITIS AYUNINGSIH October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  6. Dwi Puspita Nurmalinda October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  7. cputriarty October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  8. Arifinda D. Putri October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  9. Intan Novriza Kamala Sari October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  10. sari widiarti October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  11. prih October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  12. fandhy October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  13. Nindya Prayastika October 13, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  14. Rahmah October 14, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  15. Reni Judhanto October 14, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  16. miami October 14, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  17. Djangkaru Bumi October 14, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  18. Een Endah October 14, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  19. Een Endah October 14, 2015
    • Lianny October 14, 2015
  20. tempat wisata Indonesia October 15, 2015
    • Lianny October 15, 2015
  21. Idah Ceris October 15, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  22. Ratu Sikumbang October 16, 2015
    • Lianny October 16, 2015
  23. Lidya October 18, 2015
    • Lianny October 19, 2015
  24. Pingback: Panties Pizza Jember | Lianny Hendrawati October 19, 2015
  25. Pingback: Hotel GM253 Jember | Lianny Hendrawati December 9, 2015
  26. Widyanti Yuliandari April 1, 2016
    • Lianny April 1, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.