Tips Traveling Hemat dan Nyaman

 

Tahun 2008 saat malam tahun baru, kami sekeluarga pergi ke Surabaya, mumpung anak-anak libur sekolah. Saat itu kami nggak pesen hotel dulu, nanti aja deh sampai Surabaya baru nyari hotelnya. Ada satu hotel tujuan kami waktu itu, dan ternyata sudah full booked. Akhirnya kami telpon beberapa hotel lainnya dan sama aja, sudah penuh.

Memang hotel di Surabaya banyak, tapi yang lokasinya dekat dan harganya nggak terlalu mahal udah penuh semua waktu itu. Hotel yang budgetnya tergolong mahal buat kami itu yang masih banyak kosong. Setelah puter sana puter sini dengan kepala yang sudah mulai pening karena sudah hampir jam 9 malam masih belum nemu hotel juga, akhirnyaaaaa… nemu juga tempat untuk menginap. Semacam homestay lah, masih ada 1 kamar kosong. Akhirnya booking juga di situ, daripada tidur di mobil atau tidur di hotel yang harganya bikin tidur nggak tenang hahaha.

Baru aja mau menidurkan badan yang capek, eeh ada binatang kecil yang lari-lari dengan riangnya di kasur. Kecoaaaakk! Anak-anak langsung heboh jejeritan dan akhirnya kami meminta staff di situ mengusir kecoak yang ada di kamar dan sekalian menyemprot kamar karena nyamuknya banyak.

Betul-betul pengalaman yang nggak terlupakan deh. Dulu memang kalo pesen hotel masih lewat travel offline atau langsung booking langsung di tempat. Sekarang sih gampang, tinggal booking online aja, lebih paktis dan nggak bakal ada kejadian kehabisan kamar deh karena bisa pesan jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Traveling bersama keluarga yaitu suami dan anak-anak selalu menyenangkan. Masih belum bisa kayaknyaΒ  traveling model backpacker an yang real backpaker. Penginnya sih traveling nyaman tapi irit biaya πŸ˜€ Jadi yang kami lalukan selama ini untuk menghemat ongkos ya cari budget hotel aja apalagi kalo cuma buat tidur karena aktifitas banyak di luar hotel.

Kalo lagi rezeki nih bisa nginep di hotel yang rate nya agak mahal tapi kita bisa bayar murah. Lho kok bisa, gimana caranya? Caranya yah bandingin harga dan berburu promo-promo hotel.

Aku pernah nih nginep hotel cuma bayar 10 ribu aja, suuerr ini beneran karena waktu itu ada promo di salah satu online travel agent, dan mungkin sudah rezeki, kami bisa dapat promo itu. Happy banget deh bisa nginep hotel cuma bayar 10 ribu doang hahaha. Pernah dapet juga promo hotel dengan potongan harga 500 ribu. Β Waktu itu kami pesen hotel dengan rate 700 ribuan, jadi bayarnya cuma 200 ribuan aja. Senangnya!

 

diskonhotel

 

Beberapa minggu lalu saat pesen tiket kereta api, aku juga banding-bandingin harga dan nemu promo potongan 20 ribu, jadi aku mudik ke rumah ortu cuma bayar 40 ribuan aja.

Jadi intinya pinter-pinter deh berburu promo hotel dan tiket biar irit ongkos. Lumayan kan selisihnya bisa dipake buat keperluan lainnya, kulineran atau buat beli oleh-oleh misalnya πŸ˜€

Untuk hotelnya jika memang nggak dapet promo hotel murah, bisa cari budget hotel aja, tapi tentu pilih yang bersih sehingga kita merasa nyaman untuk menginap. Beberapa teman merekomendasikan Zen Rooms, kalo aku liat-liat gambar dan cerita mereka yang pernah menginap di Zen Rooms, sepertinya cocok deh. Ruangannya terlihat bersih dan nyaman. Zen Rooms ternyata nggak hanya ada di Indonesia tapi juga beberapa negara di Asia seperti Thailand, Filipina dan Singapura. Hhhm next liburan boleh dicoba nih nginep di Zen Rooms.

 

zen-premium-tampak-siringKamar Zen Rooms ini cantik banget ya, terlihat rapi, bersih & nyaman. Sumber gb: http://id-blog.zenrooms.com/

 

Oke deh, sekarang aku mau berbagi tips traveling hemat dan nyaman a la aku tentunya, simak ya!

 

TIPS TRAVELING HEMAT

 

  1. Kumpulkan referensi terlebih dahulu

Tetapkan tujuan kita, mau kemana saja nanti, kalo perlu buat daftarnya. Setelah itu kumpulkan referensi atau data-data yang berhubungan dengan tempat tujuan itu. Jangan sampai di sana terus bingung mau kemana, boros waktu dong. Β Ini penting banget lho, karena begitu kita tau tempat tujuan secara pasti, barulah kita bisa berpikir tentang penginapan, akomodasi dll.

 

2. Pilih tempat wisata yang gratis

Kita bisa memilih tempat wisata yang gratis, minimal hanya perlu sedikit pengeluaran. Banyak kok tempat wisata seperti pantai atau Museum. Contoh aja, di Surabaya kita bisa berkunjung ke House of Sampoerna, nggak ditarik biaya masuk kok.

 

3. Bandingkan harga di beberapa online travel agent

Bandingkan harga tiket dan hotel dari banyak online travel agent yang terpercaya. Siapa tau lagi ada promo, ntar jatuhnya bisa lebih murah, kan lumayan menghemat biaya juga.

 

4. Booking tiket dan hotel secara online jauh-jauh hari

Booking tiket dan hotel secara online jangan mepet dengan hari keberangkatan, bisa pusing sendiri kalo nanti tiket habis. Bisa batal liburan yang sudah direncanakan. Biasanya kalo kita pesan tiket online jauh hari, harganya juga bersaing, bisa lebih murah.

 

5. Pilih hotel yang dekat dengan tempat tujuan

Kita pilih hotel murah tapi kalo tempat tujuan kita jauh, yah terpaksa keluar ongkos transport, yah nggak jadi hemat dong. Paling enak tuh kalo pilih hotel yang dekat dengan tempat tujuan kita. Jadi nggak perlu mengeluarkan uang transport lagi. Kalo deket, kita bisa jalan kaki aja ke tempat tujuan kita. Irit ongkos sekalian olahraga kaki dikit hahaha.

 

6. Kuliner murmer

Kalo rencananya pengin traveling hemat, bisa cari kuliner murah meriah yang bersih dan rasanya lumayan enaklah. Browsing dulu deh tempat makan enak murmer di tempat tujuan kita sebelum pergi.

 

7. Jaga kesehatan & berdoa

Persiapan sudah selesai semua, tiket dan hotel juga sudah dipesan, nah sekarang yang harus dilakukan adalah jaga kesehatan. Jangan sampe sakit deh pas hari H keberangkatan, jaga kondisi tubuh semaksimal mungkin. Badan sehat perjalanan jadi menyenangkan. Sedia vitamin dan obat-obatan pribadi terutama kalo travelling dengan anak kecil. Jangan lupa berdoa agar perjalanan lancar, pergi dan pulang kembali dengan sehat selamat.

 

8. Kuatkan hati, jangan lapar mata

Yeah akhirnya tiba juga di tempat tujuan! Kuatkan hati ya, jangan lapar mata di tempat perbelanjaan atau pusat oleh-oleh. Beli barang yang memang sudah direncanakan ingin dibeli. Boleh-boleh aja sih beli barang-barang lainnya, tapi tentu saja budget jadi membengkak hehehe.

 

 

Yup, itu sedikit tips traveling hemat dan nyaman yang mungkin bisa dicoba untuk menghemat pengeluaran. Selamat liburan!

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Kontes and tagged , , , . Bookmark the permalink.

84 Responses to Tips Traveling Hemat dan Nyaman

  1. Ceritaeka says:

    Part jangan lapar mata itu yang susaaaah πŸ˜€ hahaha

  2. no.2 saya banget kalo ke tempat wisata cari yg ga ada tiket masuknya *curhatan blogger kere*

  3. Nia Haryanto says:

    Iya, ya, liat-liat di websitenya, Zenroom ini lebih murah. Kudu nyoba nih pas liburan anak-anak nanti…

  4. Sandra says:

    Lapar mata emang bikin biaya travelling membengkak mbaaa, apalagi kl musti beli oleh2 buat orang2. Tp kl ngga beli oleh2, kasian hihii dilema aku πŸ˜€

    • Lianny says:

      Tiket dan hotel sudah irit, eh pas masuk ke toko oleh-oleh nggak jadi irit karena beli banyak barang hahahaha πŸ˜€

  5. Penting mba buat cari tempat wisata yang murah. Hihiiii
    Bakalan sering liburan deh

  6. Point laper mata yang memang paling sulit mba dikendalikan hahaha..entah kenapa klo sudah sampe pusat oleh-oleh tetiba lupa sama list yang dibuat udahan pulangnya ngelamun sepanjang jalan :)))

  7. Enny Mamito says:

    Yang no. 8 ituu… Gak kuku, deh mak.. Godaan bangett. πŸ˜€

  8. Jiah says:

    Wah! Bener2 kudu nguatin hati….
    Murceer

  9. Leyla says:

    Waw hebring banget Mak Lianny bisa dapat promo hotel cuma 10 rb. Harus belajar nyari promo juga nih biar bisa liburan murah.

  10. Hastira says:

    wah aptut dicoba biar dapat harga promo yang murah ya

  11. Okti Li says:

    Sudah susah-susah cari promo, ngirit ongkos dll, eh, pas sampai lokasi wisata gak kuat belanja-belanji hahaha…
    bukannya ngirit dan hemat, malah kebobolan saya Mbak πŸ™‚

    point terkahir perlu saya perhatikan benar-benar itu, jangan sampai diulang lagi, hihi!

  12. Hahaha, nyampai di nomer terakhir langsung ngakak, mesti kuatin hati ya mbak. Suka kalap kalo lihat barang bagus trus bersahabat dengan kantong πŸ™‚

    • Lianny says:

      Ini yang komen kok semuanya fokus di pont terakhir hahahaha. Point terakhir ini memang bikin galau ya mbak, harus kuatinn hati deh πŸ˜€

  13. Lidya says:

    kalau bisa manfaaatin promo enak ya mbak bisa dapet harga kamar murah

  14. Awan says:

    Tipnya mantaps Mba Lianny, jadi pengen liburan deh baca postingan ini heheheh

  15. Dian Ravi says:

    Aku belakangan malah cenderung baru booking hotel kalo udah deket ke lokasi tujuan, tapi karena emang udah ngandelin online travel yang biasa dipake.
    Soalnya belakangan travelingnya model tanpa rencana, nginep begitu capek dan matahari memang sudah tenggelam.

  16. Jangan lapar mata ini yang agak susah kak hahahha
    apalagi pas sangu mepet, aduh ngempet banget

  17. Dewaayuinda says:

    saya ada planning buat malam tahun baru di villa semoga aja dpet harga murah hihi pengalaman terdahulu bgtu malah cari hotel seminggu sebelum tahun baru y gt deh full booked semua malam tahun baru lgsg buyar seketika

  18. endah marina says:

    Betull bangett, tiket promo atau disc hotel itu sangat menggoda. Harus hunting jauh2 hari yaa..

  19. Kalau ada kecoanya aku pernah tuh di Sukabumi, eya ampuun itu emang pesan langsung , hiks

  20. Yuni says:

    Bnr banget Mb yg bikin biaya tak trduga bengkak ya krn lapar Mata Dan kalapπŸ˜€

  21. Noe says:

    Aku jg pernah mba, pengalaman buruk bgt masuk hotel banyak kecoa. Huhuu

  22. Retno says:

    Emang kalo travelling kudu persiapan dulu ya mbak.. apalagi kalo sama anak-anak….

  23. Tempat wisata gratis emang kudu berada di urutan pertama y mba πŸ˜€

  24. bener banget ya mba. kalau mau staycation di suatu kota kudu banyak referensi dulu biar dapat yg murah dan enak.. wah bisa ya mba dapat potongnnya gede banget. asyikk

  25. Irly says:

    Wanita, dapat sesuatu yang murah atau gratisan tuh rasanya udah menang banget.. Saya pun bakal seneng banget kalau cuma ngeluarin biaya Rp. 10.000 buat bayar hotel Mba ^^

  26. Mb yang blom bisa kuhandle adalah lapar mata, misal di kebon binatang ada foto ama binatang terus tergoda pingin, akhirnya keluar budget yang ga perlu di luar tiket masuk hihi

  27. Asik, harga kamarnya jadi murah bgt ya mbak
    Akuu mau ahhh pesen kamar juga

  28. Nginep di hotel seharga 10 ribu…? Beneran Mbak..?? Wah, kalo ada, saya juga mau, dong! Hihihi

  29. tutyqueen says:

    hah murah ya mbak jadi 200an …mau juga dong πŸ™‚

  30. Selama banyak tempat wisata gratisan kenapa nggak ya mba hehe.
    Zen rooms udah praktis, nyaman, hemat pula. Bahagia deh traveling by a πŸ˜€

  31. aini says:

    Just info aja, Saya selalu dapat diskon kalau booking zenrooms. Saya pakai kode promo INDONESIA .Lumayan diskon 50rb/malam/kamar TANPA SYARAT. Lumayan di Bali jadi skitar 100rb an

  32. Helena says:

    Jangan lapar mata, noted. Udah berhemat di penginapan yang murah eh lihat oleh-oleh jadi ingin banyak belanja πŸ˜€

  33. Karina says:

    Terima kasih tipsnya Bun, patut dicoba ni,lumayan buat menghemat biaya,,

  34. Keke Naima says:

    Saya pernah booking lewat Zen Rooms dan memang hemat πŸ™‚

  35. Hidup promo!!! πŸ˜€ hehehe… Thankyu tips nya Kak Lianny πŸ™‚

  36. Dari semua tips, bagiku yang paliiiiiiing sulit adalah menahan lapar mataaaa!

  37. Sary Melati says:

    Bookmarked Zen Rooms. Suamiku soalnya sering bepergian dan butuh banget info hotel yg affordable tapi nyaman.

  38. Tempatnya asyik-asyik ya mba.. Itu kamar terlihat nyaman banget

  39. Nanang budi says:

    bagus,bagus tempatnya, kalau di lihat sekilas tempatnya juga nyaman, nemun belum puas kalau belum nyoba sendiri … πŸ˜€

  40. Bagus sekali kakak. Kalau mau liburan harus di rancang rencananya baik tempat maupun anggarannya dengan matang, agar liburannya menyenangkan.

  41. davin davin says:

    wah…. lumayan membantu tipsnya mbak…

    makasih

  42. thankkk tipsnya, kebetulan lagi mau travelling ni..bingung harus ngapain dulu..
    thankss pencerahannnyaa

  43. terimakasih kak tips travelingnya. πŸ™‚

  44. penahati says:

    yang susah itu kalau udh nyampe tujuan trus jaga mata dari melihat sesuatu yang menarik untuk dibeli, hampir selalu gagal ni yang kayak gini…wkwk

  45. Kinan says:

    Udah rencana hemat dari awal, pas lihat barang-barang oke dijalan akhirnya dibeli juga. Yah gak jadi hemat deh πŸ˜€

  46. mizan says:

    dari awal komen sampe komen saya kok rata-rata tertuju sama “lapar mata”. ini memang godaan terberat para traveler deh. berusaha hemat sampai pesan tiket jauh jauh hari aja kuat. tp giliran udah di TKP dan liat yang blink2 langsung deh lupa konsep awalnya nge-trip hemat. Gubrakkkk

    Tips ini juga penting bro and sis. biar terhindar dari bahaya juga sih.
    sparklepush.com/tempat-wisata/5-tips-travelling-sendiri-agar-terhindar-dari-bahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*