Kontes

Tips Traveling Hemat dan Nyaman

 

Tahun 2008 saat malam tahun baru, kami sekeluarga pergi ke Surabaya, mumpung anak-anak libur sekolah. Saat itu kami nggak pesen hotel dulu, nanti aja deh sampai Surabaya baru nyari hotelnya. Ada satu hotel tujuan kami waktu itu, dan ternyata sudah full booked. Akhirnya kami telpon beberapa hotel lainnya dan sama aja, sudah penuh.

Memang hotel di Surabaya banyak, tapi yang lokasinya dekat dan harganya nggak terlalu mahal udah penuh semua waktu itu. Hotel yang budgetnya tergolong mahal buat kami itu yang masih banyak kosong. Setelah puter sana puter sini dengan kepala yang sudah mulai pening karena sudah hampir jam 9 malam masih belum nemu hotel juga, akhirnyaaaaa… nemu juga tempat untuk menginap. Semacam homestay lah, masih ada 1 kamar kosong. Akhirnya booking juga di situ, daripada tidur di mobil atau tidur di hotel yang harganya bikin tidur nggak tenang hahaha.

Baru aja mau menidurkan badan yang capek, eeh ada binatang kecil yang lari-lari dengan riangnya di kasur. Kecoaaaakk! Anak-anak langsung heboh jejeritan dan akhirnya kami meminta staff di situ mengusir kecoak yang ada di kamar dan sekalian menyemprot kamar karena nyamuknya banyak.

Betul-betul pengalaman yang nggak terlupakan deh. Dulu memang kalo pesen hotel masih lewat travel offline atau langsung booking langsung di tempat. Sekarang sih gampang, tinggal booking online aja, lebih paktis dan nggak bakal ada kejadian kehabisan kamar deh karena bisa pesan jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Traveling bersama keluarga yaitu suami dan anak-anak selalu menyenangkan. Masih belum bisa kayaknyaΒ  traveling model backpacker an yang real backpaker. Penginnya sih traveling nyaman tapi irit biaya πŸ˜€ Jadi yang kami lalukan selama ini untuk menghemat ongkos ya cari budget hotel aja apalagi kalo cuma buat tidur karena aktifitas banyak di luar hotel.

Kalo lagi rezeki nih bisa nginep di hotel yang rate nya agak mahal tapi kita bisa bayar murah. Lho kok bisa, gimana caranya? Caranya yah bandingin harga dan berburu promo-promo hotel.

Aku pernah nih nginep hotel cuma bayar 10 ribu aja, suuerr ini beneran karena waktu itu ada promo di salah satu online travel agent, dan mungkin sudah rezeki, kami bisa dapat promo itu. Happy banget deh bisa nginep hotel cuma bayar 10 ribu doang hahaha. Pernah dapet juga promo hotel dengan potongan harga 500 ribu. Β Waktu itu kami pesen hotel dengan rate 700 ribuan, jadi bayarnya cuma 200 ribuan aja. Senangnya!

 

diskonhotel

 

Beberapa minggu lalu saat pesen tiket kereta api, aku juga banding-bandingin harga dan nemu promo potongan 20 ribu, jadi aku mudik ke rumah ortu cuma bayar 40 ribuan aja.

Jadi intinya pinter-pinter deh berburu promo hotel dan tiket biar irit ongkos. Lumayan kan selisihnya bisa dipake buat keperluan lainnya, kulineran atau buat beli oleh-oleh misalnya πŸ˜€

Untuk hotelnya jika memang nggak dapet promo hotel murah, bisa cari budget hotel aja, tapi tentu pilih yang bersih sehingga kita merasa nyaman untuk menginap. Beberapa teman merekomendasikan Zen Rooms, kalo aku liat-liat gambar dan cerita mereka yang pernah menginap di Zen Rooms, sepertinya cocok deh. Ruangannya terlihat bersih dan nyaman. Zen Rooms ternyata nggak hanya ada di Indonesia tapi juga beberapa negara di Asia seperti Thailand, Filipina dan Singapura. Hhhm next liburan boleh dicoba nih nginep di Zen Rooms.

 

zen-premium-tampak-siringKamar Zen Rooms ini cantik banget ya, terlihat rapi, bersih & nyaman. Sumber gb: http://id-blog.zenrooms.com/

 

Oke deh, sekarang aku mau berbagi tips traveling hemat dan nyaman a la aku tentunya, simak ya!

 

TIPS TRAVELING HEMAT

 

  1. Kumpulkan referensi terlebih dahulu

Tetapkan tujuan kita, mau kemana saja nanti, kalo perlu buat daftarnya. Setelah itu kumpulkan referensi atau data-data yang berhubungan dengan tempat tujuan itu. Jangan sampai di sana terus bingung mau kemana, boros waktu dong. Β Ini penting banget lho, karena begitu kita tau tempat tujuan secara pasti, barulah kita bisa berpikir tentang penginapan, akomodasi dll.

 

2. Pilih tempat wisata yang gratis

Kita bisa memilih tempat wisata yang gratis, minimal hanya perlu sedikit pengeluaran. Banyak kok tempat wisata seperti pantai atau Museum. Contoh aja, di Surabaya kita bisa berkunjung ke House of Sampoerna, nggak ditarik biaya masuk kok.

 

3. Bandingkan harga di beberapa online travel agent

Bandingkan harga tiket dan hotel dari banyak online travel agent yang terpercaya. Siapa tau lagi ada promo, ntar jatuhnya bisa lebih murah, kan lumayan menghemat biaya juga.

 

4. Booking tiket dan hotel secara online jauh-jauh hari

Booking tiket dan hotel secara online jangan mepet dengan hari keberangkatan, bisa pusing sendiri kalo nanti tiket habis. Bisa batal liburan yang sudah direncanakan. Biasanya kalo kita pesan tiket online jauh hari, harganya juga bersaing, bisa lebih murah.

 

5. Pilih hotel yang dekat dengan tempat tujuan

Kita pilih hotel murah tapi kalo tempat tujuan kita jauh, yah terpaksa keluar ongkos transport, yah nggak jadi hemat dong. Paling enak tuh kalo pilih hotel yang dekat dengan tempat tujuan kita. Jadi nggak perlu mengeluarkan uang transport lagi. Kalo deket, kita bisa jalan kaki aja ke tempat tujuan kita. Irit ongkos sekalian olahraga kaki dikit hahaha.

 

6. Kuliner murmer

Kalo rencananya pengin traveling hemat, bisa cari kuliner murah meriah yang bersih dan rasanya lumayan enaklah. Browsing dulu deh tempat makan enak murmer di tempat tujuan kita sebelum pergi.

 

7. Jaga kesehatan & berdoa

Persiapan sudah selesai semua, tiket dan hotel juga sudah dipesan, nah sekarang yang harus dilakukan adalah jaga kesehatan. Jangan sampe sakit deh pas hari H keberangkatan, jaga kondisi tubuh semaksimal mungkin. Badan sehat perjalanan jadi menyenangkan. Sedia vitamin dan obat-obatan pribadi terutama kalo travelling dengan anak kecil. Jangan lupa berdoa agar perjalanan lancar, pergi dan pulang kembali dengan sehat selamat.

 

8. Kuatkan hati, jangan lapar mata

Yeah akhirnya tiba juga di tempat tujuan! Kuatkan hati ya, jangan lapar mata di tempat perbelanjaan atau pusat oleh-oleh. Beli barang yang memang sudah direncanakan ingin dibeli. Boleh-boleh aja sih beli barang-barang lainnya, tapi tentu saja budget jadi membengkak hehehe.

 

 

Yup, itu sedikit tips traveling hemat dan nyaman yang mungkin bisa dicoba untuk menghemat pengeluaran. Selamat liburan!

 

84 Comments

  1. Ceritaeka October 19, 2016
    • Lianny October 19, 2016
  2. travellingaddict October 19, 2016
    • Lianny October 19, 2016
  3. Nia Haryanto October 19, 2016
    • Lianny October 19, 2016
  4. Sandra October 19, 2016
    • Lianny October 19, 2016
  5. Rach Alida Bahaweres October 19, 2016
    • Lianny October 19, 2016
  6. herva yulyanti October 19, 2016
    • Lianny October 19, 2016
  7. Enny Mamito October 19, 2016
    • Lianny October 19, 2016
  8. Jiah October 19, 2016
    • Lianny October 19, 2016
  9. Leyla October 19, 2016
    • Lianny October 19, 2016
  10. Hastira October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  11. Okti Li October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  12. Hidayah Sulistyowati October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  13. Lidya October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  14. Awan October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  15. Dian Ravi October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  16. Blogger Kendal October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  17. Dewaayuinda October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  18. endah marina October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  19. Astin Astanti October 20, 2016
    • Lianny October 20, 2016
  20. Yuni October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  21. Noe October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  22. Retno October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  23. Shona Vitrilia October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  24. ira duniabiza October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  25. Irly October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  26. Gustyanita Pratiwi October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  27. Melly Feyadin October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  28. Nurul Fitri Fatkhani October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  29. tutyqueen October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  30. Neisia Larasati October 21, 2016
    • Lianny October 21, 2016
  31. aini October 21, 2016
    • Lianny October 22, 2016
  32. Helena October 22, 2016
    • Lianny October 22, 2016
  33. Karina October 23, 2016
    • Lianny October 24, 2016
  34. Keke Naima October 23, 2016
    • Lianny October 24, 2016
  35. emanuella aka nyonyamalas October 24, 2016
    • Lianny October 26, 2016
  36. Dee - @HEYDEERAHMA October 25, 2016
    • Lianny October 26, 2016
  37. Sary Melati November 1, 2016
    • Lianny November 1, 2016
  38. Indah Nuria Savitri November 2, 2016
    • Lianny November 2, 2016
  39. Nanang budi November 5, 2016
  40. Agusti Muhsy Maghribi November 6, 2016
  41. davin davin November 6, 2016
  42. rumah adat kalimantan barat November 6, 2016
  43. Penulisngapak November 7, 2016
  44. penahati November 21, 2016
  45. Kinan March 6, 2017
  46. mizan March 18, 2017

Leave a Reply