Tempat Wisata Dekat Kawah Ijen

 

Postingan ini adalah lanjutan dari postingan : Perjalanan Menuju Kawah Ijen. Udah baca belum? Baca dulu ya, yang belum baca πŸ˜€

Yeah, akhirnya setelah sampe puncak Kawah Ijen, rasanya segala lelah hilang lenyap diganti perasaan bahagia. Sekarang, setelah sarapan, waktunya kembali ke penginapan di Catimor Homestay untuk mandi dan pulang kembali ke Jember.

 

Tempat Wisata Dekat Kawah Ijen

Tempat Wisata Dekat Kawah Ijen

 

Dalam perjalanan ke penginapan, kami mampir terlebih dahulu di Air Terjun Kali Pahit.Β  Sempat kaget karena ada tulisan nggak boleh masuk, setelah kami tanya ke petugas yang ada di sana, kami boleh masuk kalo cuma untuk foto-foto aja. Yang nggak boleh adalah mendaki menuju Kawah Ijen melalui Kali Pahit ini.

 

Air Terjun Kali Pahit

Air Terjun Kali Pahit

 

Dinamakan Kali Pahit karena air yang mengalir mengandung kadar belerang tinggi dan rasanya nggak tawar tapi pahit. Katanya begitu, tentu saja aku nggak nyoba meminumnya hahaha. Sumber airnya berasal dari Kawah Ijen. Pemandangan kali Pahit dengan batu-batuannya, bagus banget untuk foto-foto.

Lanjut lagi perjalanan, kami mampir di Niagara mini yang terletak di depan Catimor homestay, jalan kaki cuma 5 menit aja. Lucu ya namanya, Little Niagara (Niagara Mini), dinamakan begitu mungkin karena air terjunnya mirip air terjun Niagara yang ada di Kanada. Cuman ini versi mininya πŸ˜€

Aku cuma motret beberapa kali aja pemandangan di sini, sayang banget mestinya aku video aja ya Niagara mini ini. Lingkungan di sekitar air terjun ini cukup asri dan bagus buat foto-foto juga. Nah, ini penampakan Niagara mini.

 

Niagara Mini

Little Niagara

 

Setelah dari sini langsung jalan kaki ke Catimor, segera mandi dan check out untuk balik Jember. Lagi-lagi baru nyadar setelah sampai rumah kalo foto-fotonya cuma dikit. Ya nggak apalah daripada nggak ada sama sekali ya.

 

Catimor Homestay

 

Suamiku sempat ambil brosur catimor homestay. Ditulis disitu kalo di Catimor homestay kita dapat melihat warisan budaya, seperti memetik kopi Arabica dan melihat proses penggilingan biji kopi yang menghasilkan kopi Arabica yang mempunyai rasa spesial.

Selain menikmati kopi Arabica, kita juga dapat menggunakan fasilitas yang ada seperti kolam renang, restoran, snack dan tenis. Kami nggak sempat untuk menikmati fasilitas yang ada ini, ya cuma istirahat beberapa jam dan mandi aja sih.

Kami serombongan menyewa 1 rumah yang isinya ada 11 kamar. Jadi di rumah ini ada ruang makan dan ruang tamu yang cukup luas. Enak kalo rame-rame nyewa 1 rumah gini, bisa ngobrol puas di ruang tamunya.

 

Ruang tamu Catimor Homestay

 

Aku dan suami menempati kamar yang dekat dengan ruang tamu. Dinding kamar terbuat dari bambu. Ada wastafel dekat tempat tidur dan ada tempat jemuran baju juga di dalam kamar. Colokan kalo nggak salah liat sih cuma ada satu di tembok dekat tempat tidur. Ada meja kecil di samping tempat tidur, no TV.

 

Kamar di Catimor Homestay

 

Untuk kamar mandinya sendiri ada bak mandi dan shower, sebenarnya bisa air panas, tapi sayang di kamar kami air panasnya kecil banget nyalanya, jadi terpaksa mandi dengan air agak dingin. Padahal perlu banget nih air panas di tempat yang hawanya dingin seperti ini. Tapi nggak semua air panasnya rewel seperti di kamar kami, ada yang air panasnya lancar jaya. Duh, mau motret kamar mandinya kok kelupaan πŸ˜€

Ada wifi juga yang bisa kita gunakan. Senangnya saat nyambung wifi, langsung deh telpon anak-anak karena sepanjang perjalanan emang nggak ada sinyalnya.

Harga kamar di Catimor Homestay bervariasi, sekitaran Rp 240.000 – Rp 400.000 lebih jelasnya hubungi kontak person di bawah.

Kami pulang kembali ke jember sekitar jam 12.30 WIB. Ada beberapa teman yang pulang belakangan karena ingin ke air terjun Blawan lebih dulu.

Air Terjun Blawan letaknya di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Air terjun ini merupakan hilir dari Kali Pahit yang merupakan rembesan dari Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang dan dikelilingi oleh tumbuhan makademia.

Satu kawasan dengan air terjun Blawan, terdapat pemandian air panas yang bersumber dari mata air gunung Ijen. Katanya sih setelah mandi dan berendam air panas yang mengandung belerang ini dipercaya dapat mengurangi pegal pada tubuh sehingga badan jadi segar kembali.

Yah, usai sudah perjalanan menuju kawah ijen, waktunya pulang. Kami makan siang dulu di Bondowoso dan sampe di Jember sore hari sekitar jam 16.00 WIB. Senangnya! Senang sudah bisa menuju Kawah Ijen meskipun rada kecewa juga karena gerimis dan kabut tebal sehingga pemandangan Kawah Ijen dan Kawah Wurung nggak terlalu kelihatan. Tapi gini aja udah cukup senang dan bersyukur Tuhan memberi kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan kami ini.

Jadi buat teman-teman yang mau ke Kawah Ijen, jangan lupa mampir ke tempat-tempat indah lainnya di sekitaran Kawah Ijen. Mumpung kan, sekali dayung dua tiga air terjun terlampaui #eh salah yaa haha πŸ˜€

 

Tempat Wisata Dekat Kawah Ijen:

  • Kawah Wurung
  • Air Terjun Kali Pahit
  • Air terjun Blawan
  • Pemandian air panas Blawan
  • Air terjun Niagara mini (Little Niagara)

 

 

Catimor Homestay
Informasi/reservasi Telp. 0331-486861 Fax. 0331-485550
Kontak Person:
Kantor : 085231577847
Titik S: 085233297453 Indah S: 082332628342

 

 

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Travelling and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

54 Responses to Tempat Wisata Dekat Kawah Ijen

  1. Wah nyaman sekali sepertinya tempatnya…
    Boleh jadi rekomendasi nih kalo pas maen disana…

  2. Mba Lianny. saya mau ke sana dari kapan tahun tapi ga jadi2… penginapannya bagus ya mba. epik dan dekat dengan berbagai objek. boleh banget nih jadi rekomendasi kalau nanti kesampaian main ke sana

  3. Dayah says:

    Niagara mini-nya cute. Kapan ya aku mampir ke kawah ijen

  4. Rahmi says:

    Bagus mbaa, blm pernah ke sini aku, air terjunnya ngga tinggi ya

  5. Lidya says:

    Buat embakcer cukup nih ya mbak 11 kamar

  6. Bahaya ya mba kalo naik ke ijen dr kalipahit? Ihhh air terjunnya cakeeep, deras lagi yaaa.. Beruntung bgt tuh penginapan air terjunnya deket bener begitu :D. Bisa utk naikin hrg sewa πŸ˜€

    • Lianny says:

      Mungkin kondisi waktu itu tidak memungkinkan mendaki lewat kali Pahit jadi ditutup Fan.
      Iya ini air terjun cuma di depan penginapan aja πŸ™‚

  7. Indah nuria says:

    Cakeeep mbaaa tempatnyaaa..jadi ini si mini niagara hehehe

  8. Grace Melia says:

    Udah lama Adit ngajakkin main ke mari tapi masih wacana huhuhu. Makin kepengin main ke sini deh. Semoga terlaksana aaakk.

  9. Indah Juli says:

    Asyik dan seru kalau jalan-jalan bareng anak-anak ya, nggak cukup sehari semalam mungkin πŸ™‚

  10. pemandangannya indah ya mbak, Aku OOT ya…itu foto Catimor Homestay, belakangnya tebing berbukit gitu ya? Duh kok tetiba saya ngeri longsor ya kayak di beberapa daerah di Indonesia belakangan ini?

  11. Turis Cantik says:

    Udah lama dengan tentang tempat ini. aaahh kece!!!

  12. Idah Ceris says:

    Aaak…air terjunnya segeeer bangeettt. Kirain Mbak Li nicip airnya. πŸ˜€

  13. Duh, keren banget deh alamnya. Dan penginepannya juga nyaman banget kayaknya. Btw, aku belom pernah ke Kawah Ijen. Huuhuhu… semoga suatu saat berkesempatan menginjakkan kaki di sana. πŸ˜€

  14. Fakhruddin says:

    Wah mantab banget jalan-jalannya. Kawah ijen sy Juli ini mau ke sana jadi nggak sabar.

  15. Lusi says:

    Ntar aku bakalan kesana kok tapi nunggu kalau udah ada kereta gantungnya. Wkwkwkwk

  16. Dwi Puspita says:

    Belum pernah ke kawah ijen sebelumnya. Tapi dgn membaca ini serasa ikutan jalan2 bareng mbak Lianny…jelas banget plus ada gambar alam yg memukau

  17. rainhanifa says:

    Kalipahit ini memang unik soalnya airnya jernih tapi nggak bisa diminum. Sayang saya nggak sempat motret, selalu skip aja. Kalau kawah wurung pernah saya tulis di blog saya πŸ˜€

  18. Ikrom says:

    aku kok jadi pengen nyewa kamar rame2 gitu, seru deh
    luamayan murah juga ya, bisa jadi referensi nih

  19. Anisah Ku says:

    Wahhh… menarik kayaknya, tapi kok kelihatannya ngk ada pengunjungnya ya… tolong lah mbak sekali – kali pengunjungnya juga di foto… hehe

    • Lianny says:

      Iya mba, memang nggak ada pengunjung lain waktu itu selain kami di tempat2 tersebut (Kawah Wurung, Kali Pahit dan Niagara Mini).
      Yang rame pengunjung itu tengah malam di pos pemberangkatan naik ke Kawah Ijennya, nah waktu itu aku memang nggak motret sama sekali, efek menggigil kedinginan hahaha πŸ˜€

  20. vanisa says:

    ngeri banget ya jalan kali pahitnya, pantes ga boleh mendaki lewat situ. bahaya πŸ™‚

    Indonesia juga punya niagara πŸ™‚

  21. Indah Nuria says:

    Cantiiiik tempatnyaaa mba.. aku belum sampe sini niih

  22. Dian Safitri says:

    Duh senangnya udah sampai Kawah Ijen. Aku masih wacana terus nih tiap ke Bondowoso gagal sampai Kawah Ijen. Sejauh ini baru sukses sampai Kawah Wurungnya aja.
    Kalau berhasil menuju Kawah Ijen lagi mau nginep di Catimor juga ah. Kayanya homie banget.

  23. Ria says:

    wow, pemandangan di sekitar kawah Ijen jg keren banget ya mbak! jd bener2 capek terbayar setelah mendaki dan pemandangan indah gak hanya di kawah saja.

  24. Fathia says:

    Wow boleh juga ini tempatnya, besukkalo main ke kawah ijen bisamampir kesini.

  25. Hyaaa…. masuk wilayah “kekuasaanku”, lhakok ndak bilang-bilang? Coba ngabari kan bakal kususul.

  26. Septia says:

    Indah sekali kawah ijen Mba, semoga suatu saat bisa main ke Siti juga..

    Air terjun Niagara mininya enak banget ya dekat dengan homestay

  27. Belinda says:

    tempatnya bagus bgt. Pas untuk melepas penat karena kerjaan kantor

  28. andika says:

    Tempat nya luar biasa mba, kami rasanya pingin kesana juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *