Resep Masakan

Sup Bola Daging Sapi Ini Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

 

Beberapa hari ini hujan turun cukup deras di kotaku. Hawa dingin seperti ini bikin kita bawaannya tuh jadi kerasa laper melulu, iya nggak sih? Penginnya makan yang berkuah panas-panas biar badan lebih anget. Mulai deh kebayang minuman dan makanan panas mulai dari soto, sup, mie kuah, bakso dengan minuman teh panas atau cokelat panas. Duh, nikmatnyaaa!

Intip kulkas, ada stok wortel, sawi putih dan daging sapi *hm kayaknya dibikin sup enak nih. Ya udah langsung deh eksekusi bahan-bahannya, ntar kalo ditunda-tunda malah nggak jadi masak karena malesnya keburu datang hehe. Sebetulnya aku lebih suka pakai sawi hijau, tapi bapak penjual sayur langgananku kemarin cuma bawa sawi yang putih. Ya udahlah, masak dengan bahan seadanya yang ada di rumah aja.

Ini resepnya ya teman-teman, siapa tau mau bikin juga.

 

 

Resep Sop Bola Daging Sapi 

Bahan A:

200 gr daging sapi giling

¼ sdt masako rasa sapi

1 sdm tepung sagu

1 butir putih telur

Bahan B:

100 gr sawi putih, cuci, iris-iris

100 gr wortel, cuci, iris kotak

1.5 lt air

½ sdt lada bubuk

3 siung bawang putih

1 batang daun bawang

1 bks masako rasa sapi 10 gr

Bawang merah, iris, goreng untuk taburan

 

Cara membuat:

  1. Buat bola daging sapi. Campur semua bahan, aduk rata, bentuk bulatan, dan rebus.
  2. Buang air rebusan pertama.
  3. Tuang air baru (1,5 lt) ke dalam panci dan rebus kembali sampai bola daging sapi matang, buang busa yang mengambang di kaldu.
  4. Tumis bawang putih dan batang daun bawang, masukkan dalam kuah kaldu.
  5. Masukkan wortel dan terakhir masukkan sawi putih.
  6. Tambahkan masako dan lada bubuk. Koreksi rasa.
  7. Angkat, sajikan hangat dengan sambal kecap.

 

 

bahan membuat sup bola daging sapi

 

Sup bola daging sapi ini mudah dibuat, lezat dan bergizi. Buat teman-teman yang punya anak balita, bisa dicoba deh resep ini. Anak-anak balita kadang susah kalo diminta makan daging. Kalo masak rawon atau sup yang dimakan kuahnya doang, dagingnya nggak mau, bisa jadi karena mereka agak susah mengunyahnya, terutama tuh daging sapi. Nah untuk menyiasatinya, bisa banget dibikin bola daging seperti ini. Anak-anak bakal mudah mengunyah karena empuk, nggak keras, ditambah dengan aneka sayur sebagai pelengkap nutrisi seimbang.

Baca juga: 5 Macam Olahan daging Sapi Yang Cocok Untuk Anak

 

 

Oya kaldu sup ini makin sedap karena kuberi tambahan Masako, bumbu penyedap masak. Masako ini alami dan lengkap, terbuat dari daging sapi dan ayam berkualitas dengan kandungan ekstrak daging yang banyak dan diperkaya dengan bumbu rempah pilihan.

Ada 2 varian Masako, yaitu Masako rasa sapi dan masako rasa ayam. Masako sekarang hadir dengan resep baru, menghasilkan rasa kaldu yang lebih lezat dengan rasa bumbu dan gurih yang pas.

 

sup bola daging sapi praktis lezat bergizi

 

Sup bola daging yang kubuat ini kuahnya juga terasa lebih lezat dengan penambahan masako. Sup ini bisa dimakan dengan nasi, tapi aku lebih suka nggak pake nasi makannya. Makin lezat lagi setelah diberi taburan bawang goreng dan sambal kecap.  Slurp! Nikmat! Apalagi makannya saat hujan seperti ini, bikin badan jadi anget 🙂

 

sup bola daging sapi ini cocok dinikmati saat musim hujan

 

 

Tips menjaga kesehatan anak di musim hujan:

  • Jangan jajan sembarangan, lebih baik bawa bekal dari rumah.
  • Selalu bawa jas hujan/payung saat berangkat sekolah, hujan bisa datang kapan saja. Bisa pagi atau saat pulang sekolah, jadi lebih baik sedia payung sebelum hujan.
  • Segera mandi setelah kehujanan agar tidak masuk angin, flu dan demam.
  • Perbanyak konsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Perbanyaklah makan buah yang mengandung vit C sepeti jeruk, strawberry dll.
  • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang
  • Tidur yang cukup.
  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan. Setelah pulang sekolah, biasakan cuci kaki dan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Pakai pakaian hangat jika hawa terasa dingin.
  • Minum dan makan makanan hangat.

 

Yup, memang penting banget ya menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan seperti sekarang. Khawatir banget kan kalo anak kita sampai jatuh sakit, apalagi saat anak-anak sedang menghadapi ujian sekolah. Ada yang anaknya kelas 6, 9 atau kelas 12 seperti anakku? Semoga sehat-sehat dan dilancarkan semuanya dalam mengerjakan ujian ya. Amin.

Yuk, bikin juga makanan berkuah yang cocok disantap panas-panas saat musim hujan seperti sekarang, untuk keluarga tercinta 🙂

 

174 Comments

  1. Nita Mbul March 20, 2019
    • Lianny March 20, 2019
  2. Nia K. Haryanto March 20, 2019
    • Lianny March 20, 2019
  3. Siti hairul March 20, 2019
    • Lianny March 20, 2019
  4. Reyne Raea (Rey) March 20, 2019
    • Lianny March 20, 2019
      • Reyne Raea (Rey) March 23, 2019
  5. Astin Astanti March 20, 2019
    • Lianny March 20, 2019
  6. CatatanRia March 20, 2019
    • Lianny March 20, 2019
  7. herva yulyanti March 20, 2019
    • Lianny March 20, 2019
    • herva yulyanti March 23, 2019
  8. Ade anita March 20, 2019
    • Lianny March 20, 2019
  9. Mporatne March 20, 2019
    • Lianny March 20, 2019
  10. Echi mustika March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  11. Ira Hamid March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  12. Ira March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  13. susie ncuss March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  14. Indah Nuria March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  15. Yoanna Fayza March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
      • Yoanna Fayza March 22, 2019
        • Lianny March 22, 2019
  16. tanti amelia March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  17. Zizy Damanik March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  18. Sandra Nova March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  19. Linimasaade March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  20. Diah March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  21. kanianingsih March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  22. Einid Shandy March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  23. Bibi Titi Teliti March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  24. Ucig March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  25. Himawan Sant March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  26. Yati Rachmat March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  27. Yati Rachmat March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  28. Keke Naima March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  29. Nabilla DP March 21, 2019
    • Lianny March 21, 2019
  30. Rina Susanti March 21, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  31. Heni Puspita March 21, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  32. Hidayah Sulistyowati March 21, 2019
    • Lianny March 22, 2019
      • Hidayah Sulistyowati March 22, 2019
        • Lianny March 22, 2019
  33. Linimasaade March 21, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  34. Leyla March 21, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  35. Dewi Sulistiawaty March 21, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  36. Helena March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  37. Ida Tahmidah March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  38. Nyi Penengah March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  39. lendyagasshi March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  40. Dedew March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  41. Lina Sophy March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  42. Rahmi Aziza March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  43. Eri Udiyawati March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  44. Kurnia amelia March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  45. Indriyas Wahyuni March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  46. Uniek Kaswarganti March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  47. Rohyati Sofjan March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  48. Winda Carmelita March 22, 2019
    • Lianny March 22, 2019
  49. asty March 22, 2019
    • Lianny March 23, 2019
    • Lianny March 23, 2019
  50. Evi March 23, 2019
    • Lianny March 23, 2019
  51. Artha Amalia March 23, 2019
    • Lianny March 23, 2019
  52. Leyla March 23, 2019
    • Lianny March 23, 2019
  53. Rach Alida Bahaweres March 23, 2019
    • Lianny March 23, 2019
  54. Damar Aisyah March 23, 2019
    • Lianny March 23, 2019
  55. Inda Chakim March 23, 2019
    • Lianny March 23, 2019
  56. Indah Nuria March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  57. Afifah Mazaya March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  58. Isti Adzah Rohyati March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  59. Jiah March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  60. Arda Sitepu March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  61. handriati March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  62. Sri Widiyastuti March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  63. Elly Nurul March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  64. lendyagasshi March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  65. Ida Raihan March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  66. Asep Haryono March 23, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  67. Elly Nurul March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  68. Anne Adzkia March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  69. Lidya March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
      • Uniek Kaswarganti March 24, 2019
  70. Nyi Penengah Dewanti March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  71. Rosanna Simanjuntak March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  72. Sri Widiyastuti March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  73. Natara March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  74. Noorma March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  75. Noorma March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  76. Ika Puspita March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  77. Echi mustika March 24, 2019
    • Lianny March 24, 2019
  78. Andiyani Achmad March 24, 2019
    • Lianny March 25, 2019
  79. Waya Komala March 25, 2019
    • Lianny March 25, 2019
  80. Prih March 25, 2019
    • Lianny March 25, 2019
  81. Zunif March 26, 2019
  82. Citra March 26, 2019
  83. Idah Ceris March 28, 2019
  84. Pakde Cholik April 2, 2019
  85. duniamasak April 5, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.