Semur Bakso Dan Tahu

Semur yang umum sih biasanya semur daging ya, bisa daging sapi atau daging ayam. Berhubung pada saat itu penjual sayur keliling langgananku tidak membawa daging, padahal anakku pengen banget makan semur, akhirnya aku memutuskan untuk memasak semur dari bahan yang ada di kulkas saat itu.

Telur, tahu dan kentang itu wajib ada untuk memasak semur ini * kata anak- anakku sih*, tinggal menambah satu bahan lagi sebagai pengganti daging.  Penjual sayur keliling langgananku sekarang jarang sekali membawa daging sapi, stocknya susah didapat dan harganya juga mahal sekarang  * ini kata si bapak penjual sayur lho*.  Ya sudah, aku ingat di kulkas ada bakso kemasan yang kubeli di supermarket. Sepertinya bisa juga dibuat bahan tambahan memasak semur, cobah ah ..

Waktu memasak tidak terlalu lama, karena tidak perlu mengempukkan daging terlebih dahulu. Dan ternyata rasanya juga enak kok, bisa dijadikan variasi masakan semur, jadi tidak melulu semur daging kan..

Semur Bakso dan Tahu

 Semur Bakso dan Tahu

 

Bahan :

4 butir telur ayam kampung

4 buah kentang

4 buah tahu ukuran sedang

10 buah bakso daging siap pakai ( bisa dibeli di supermarket)

2 buah tomat ukuran sedang

3 siung bawang putih

3 siung bawang merah

4 sdm kecap manis

pala, garam dan gula secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Kaldu daging

 

Cara membuat :

1.  Rebus telur, setelah matang angkat, tiriskan dan kupas kulitnya. Sisihkan.

2.  Cuci tahu dan potong kotak – kotak.

3. Kupas kentang, bersihkan dan potong menjadi beberapa bagian.

4. Goreng tahu dan kentang hingga matang, sisihkan.

5. Iris tipis bawang putih dan bawang merah.

6. Iris tomat menjadi beberapa bagian.

7. Panaskan dandang yang berisi kaldu daging.

8. Iris bakso kemasan seperti tanda “tambah ( + )”, tapi jangan sampai bakso terbelah seluruhnya * agar bentuk bakso setelah direbus bisa seperti bunga mekar *

9. Rebus bakso dalam dandang berisi kaldu daging tadi.

10. Tumis irisan bawang dan tomat sebentar, lalu masukkan juga ke dalam dandang.

11. Masukkan juga gorengan tahu, telur rebus dan kentang.

12. Masukkan pala yang sudah dihaluskan, garam dan gula sesuai selera.

13. Tambahkan kecap manis.

14. Masak sebentar hingga bumbu meresap.

 

ps : Telur ayam kampung bisa diganti dengan telur puyuh jika suka.

 

Dan selesai sudah masakan Semur Bakso dan Tahu ini, siap dihidangkan. Jika suka, bisa ditambah dengan bawang goreng. Yuk makan…

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Semur Bakso Dan Tahu

  1. Devi says:

    eeemm enak nih kayanya, bahan2nya juga ga susah 😀

  2. moocen susan says:

    hmmm…. enak nih 🙂 mau donk hehe

  3. ade anita says:

    Jadi laperrrr. Btw aku pertama kali liat semur bakso itu justru di bandsr udara LCCT di klfod courtnya… Tapi mereka pake bakso ikan dan sda irisan kentangnya buat gantiin tahu. Enak banget, aku sejak itu akhrnya suka bikin semur bakso ikan dan kentang…

  4. Mbaaaa, aku juga suka semur buat anakku *sebetulnya aku sudah enggak suka. Aku juga pernah membuat semur 3T, tahu tempe telur, hehee…klo kentang enggak begitu sukaa. Klo aku kok dominan cokelat ya? apa karena aku pake gula jawa plus ketjup ya

  5. membaca posting kuliner seperti ini sungguh membuat perut lapar

  6. Vina says:

    Muantap tenan resep ini, pasti maknyus.
    Coba ah besok sabtu di rumah pas nggak kerja.
    Thanks sudah sharing.

  7. Lia says:

    Trus telurnya 4 butir buat apa, cici??? I nyari lanjutannya kok nda ada sih….

    • Lianny says:

      Eh iya, maap deh kelewatan nulisnya.

      Telurnya cuma direbus aja di dandang terpisah, setelah matang air rebusan dibuang, telur dikupas kulitnya. nanti pas nyemplungin tahu dll, telur rebusnya dicemplungin juga.
      Udah kuedit tulisannya.

      Lia jeli banget, makasih yaaa 🙂

  8. artiana says:

    trimakasih atas resepny mbak….sngt bermanfaat….

  9. Medica says:

    Wahhh…saya jadi laperrrrrr…………gak pengen masak, tapi pengen nyicipin… 😀

  10. Pingback: Resep Sup Bola Tahu Udang | Lianny Hendrawati

  11. Pingback: Orak Arik Wortel Buncis Telur Masakan Pertamaku - Lianny HendrawatiLianny Hendrawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *