Resep Steak Tempe Lezat

 

Resep Steak Tempe Lezat

 

Tempe termasuk salah satu makanan favoritku. Meskipun hanya dibuat menjadi tempe goreng biasa aja, aku tetap suka. Apalagi harganya yang murmer, ramah di kantong para Mama sepertiku hahaha. Tapi anak-anakku malah nggak doyan tempe. Yang cowok sih mau, nah anak-anakku yang cewek nih yang pada nggak mau makan tempe.

Sewaktu jalan-jalan di blognya Idah Ceris, ada salah satu postingannya yang cerita tentang steak tempe. Tuing! Langsung deh jadi kepikiran, kayaknya enak juga ya tempe dibuat steak. Unik banget! Sayangnya di postingan itu nggak ditulis detail bahan dan cara pembuatannya, jadi nggak bisa nyontek resepnya dong.

Eits, tunggu! Kayaknya aku pernah liat deh resep steak tempe. Ah, iyaaaa… ada di buku resepnya mbak Diah Didi. Ternyata steak tempenya nggak pake tempe aja, tapi ada campuran dagingnya. Kebetulan ada sisa daging sapi yang kubuat kaldu, jadi aku pake daging itu aja. Karena dagingnya cuma ada sekitar 60 gram, akhirnya aku buat setengah resep. Jadi deh 3 bulatan steak tempe. Kemudian si bungsu kuminta mencobanya.

“Apa ini, Ma?”

“Steak tempe, tapi ada dagingnya juga. Coba deh, enak kok.”

Si bungsu minta separoh aja, tapi aku kasih 1 bulatan steak tempe. Sempet khawatir juga kalo si bungsu nggak suka, eeh di luar dugaan dia mau makan dan habiiis! Wuah senengnya! Mungkin karena ada campuran dagingnya kali ya, kalo tempe aja belum tentu dia mau. Kapan-kapan mau buat lagi ah yang lebih banyak 😀

Temen-teman yang mau nyoba bikin juga, kutuliskan resepnya ya:

 

Resep Steak Tempe

Bahan steak tempe:

150 gr daging cincang

100 gr tempe, goreng hingga matang, tumbuk kasar

50 gr tepung panir

¼ buah bawang bombay, cincang halus

1 sdm bawang goreng, tumbuk kasar

¼ sdt merica bubuk

¼ sdt pala bubuk

1 sdt gula pasir

½ sdm garam

1 putih telur

Bahan saus steak:

½ buah bawang Bombay, iris panjang

2 sdm saus tomat

1 sdm saus tiram

1 sdm kecap manis

¼ sdt merica bubuk

¼ sdt gula pasir

200 ml air

1 sdt tepung tapioca, cairkan dengan 1 sdm air

1 sdm margarin untuk menumis

 

Cara membuat:

  1. Aduk rata semua bahan steak tempe. Bentuk bulat pipih. Goreng dalam minyak panas hingga matang. Angkat. Tiriskan.

2. Buat saus. Panaskan margarin, tumis bawang Bombay hingga layu. Tambahkan air dan bahan lain, kecuali larutan maizena. Masak hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Koreksi rasa sebelum diangkat.

3. Olesi steak goreng dengan saus steak secukupnya, panggang sebentar saja di wajan anti lengket.

4. Sajikan steak dengan selada atau aneka sayuran rebus sesuai selera.

Tips: Untuk variasi lain, adonan steak tempe yang sudah dibentuk bulat pipih bisa dicelupkan  ke kocokan telur, kemudian langsung digoreng.

Source resep: Buku “62 Masakan Lezat Untuk Menu Sehari-hari”, Diah Didi

 

Bahan untuk membuat steak tempeBahan untuk membuat steak tempe: tempe, daging cincang, bawang bombay, bawang merah

 

Sebetulnya ada 2 bahan yang aku nggak ada yaitu saus tiram dan tepung panir. Tapi karena sudah pengin bikin nggak mau nunda-nunda lagi, akhirnya yah aku buat sausnya nggak pake saus tiram.

Untuk tepung panirnya aku ganti dengan roti tawar yang kuhaluskan, itupun takarannya nggak sesuai resep karena cuma sisa 1 biji roti tawar waktu itu di rumah, jadinya dikit banget paling cuma 10 gram hiks.

Meskipun begitu, rasanya tetap enak lho. Apalagi kalo semua bahan ada, pasti rasanya tambah enak ya 😀

Baca juga: Resep Bistik Jawa a la My Mom

 

Oya karena aku pake dagingnya sudah matang, jadi nggak khawatir nanti dagingnya kurang matang waktu digoreng. Baik tempe dan dagingnya kan sudah matang, jadi goreng sebentar juga nggak masalah. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya :

 

Cara membuat steak tempeGoreng tempe dan bawang merah, tumbuk kasar. Campur semua bahan untuk membuat steak, aduk rata.

 

Cara membuat steak tempeBentuk bulat pipih dan goreng.

 

Cara membuat saus steak tempeBuat saus steak

 

Steak Tempe LezatSajikan steak tempe dengan rebusan sayur dan kentang goreng

 

Anak-anak pasti suka kreasi olahan tempe ini karena disajikan dalam bentuk steak yang lezat. Selain untuk steak, adonan dalam resep ini juga bisa digoreng menjadi perkedel tempe daging.

Yuk, segera cobain resep steak tempe lezat ini untuk si kecil. Siapa tau si kecil yang nggak suka makan tempe jadi mau makan 🙂

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

86 Responses to Resep Steak Tempe Lezat

  1. haduh mantap banget dah mba bikin mata melek

  2. driani sari says:

    Wahh sepertinya lezattt. Bookmark dulu ah. Semoga besok bisa langsung praktek. Ntar tak colek mba Lianny klo udah jadi.

    Makasi ya mba
    Salam kenal

  3. Fanny f nila says:

    Uwaaaahhh kyknya ini bisa utk mengecoh suamiku yg ga doyan blasss ama tempe. Ga ush aku kshtau ada tempenya :p. Pgn tau dia bisa ngedeteksi rasanya ga yaaa :D. Tx mba.. Ntr mau aku cobain deh

  4. rina says:

    orang serumah suka semua dengan tempe sampai ke anakku yang usianya baru 8 bulan, harus dicoba nih resepnya

  5. Resepnya luar biasa mb lianny, , tempe yg biasa sy makan di desa trnyata bisa jadi makanan ala resto..

  6. ninda says:

    lucu juga ya mbak steak tempe
    tapi saya paling nggak bisa move on dari tempe tepung dan mendoan 😀

  7. Helena says:

    Ooh dicampur daging jadi makin enak ya. Aku pernah bikin pake tempe aja sih.

  8. Okti Li says:

    Mau coba ah…
    Kebetulan Fahmi suka tempe.
    Saya pikir kalau tempe bisa, oncom juga bisa ya Mbak Liany?
    Biar harkat derajat oncom juga terbawa naik, hehe…
    Soalnya di kampung saya kasian banget, oncom itu identik dengan makanan orang kampung saja ((orang kampung saja))

    Sedih kan dengan nasib oncom yang notabene saudaranya tempe ini?

  9. Nchie Hanie says:

    Mbaaa…
    Au jadi laper, nlon sarapan niy

  10. Rani R Tyas says:

    Sering bikin steak tempe ini.. hihi tapi Ibuku dink Ce yang buat. Menurutku steak tempe ini harus pakai saus tomat or saos aja soalnya kalau garingan bener-bener deh.. rasanya garing -_-

  11. Mbak Lianny kreatif banget. Aku jd pingin buat. Anak anak pasti suka ya,

    Jd tempenya di goreng dulu ya Mbak,

  12. Ajen says:

    Wahhhhh kayanya enak.. Ntar coba ahhhhh 😍😍😍

  13. Ajen says:

    Wahh kayanya enakk nihhj…. Mau coba buat ah hehehehe

  14. Mba Lianny kreatif. Lumayan ya harganya juga murah tepi bergizi. Mau nyoba ah 🙂

  15. Sandra says:

    Mbaa kok aku jadi ngiler hahahaha. Anakku doyan banget tempe, digoreng biasa aja bisa abis langsung 3, jadi mau nyobain steak tempe ini aaah, semoga anaknya doyan juga 😀

  16. Save ah, lumayan nih buat menu tambahan. Resep Mbak kemaren-kemaren udah aku cobain juga. Thanks 😀

  17. Waaah, sebagai anak Malang, aku tiap hari makan tempe hahaha tapi bosen soalnya cuma digoreng ajaa … Pankapan coba yg seperti ini ah :”D

  18. Wuaaa, pengen
    Aku suka steak, tp blm pernah nyoba steak tempe, kpn2 bisa buat nihhh

  19. Ratna Dewi says:

    Sekilas kayak perkedel ya tapi aku penasaran rasanya. Itu daging cincang bisa diganti korned nggak, Mbak? Simpan dulu resepnya ah ntar kapan-kapan praktikin.

  20. nova says:

    aku belum pernah..masak yang judulnya stak steak… tapi ngeliat ini sangat menggugah nafsu…hahahaha…

    resepnya baka

  21. Saya juga suka tempeee.. ternyaata bs diolah jd makanan bergengsi ya mba. Biasanya kan identik dg kesederhanaan.

  22. nova says:

    aku gak pernah masak steak mba.. tapi ngeliat ini jadi menggugah selera banget…
    resepnya bakalan aku cobain..

  23. Lingga says:

    Aku sempet bikin mba..tapi kok malah ngeprul ancur ya nggak kaya punya mba TT..knapa ya itu, kurang apanya ya..huaaahh emang gak bakat masaak TT

  24. Liza says:

    Kalo dagingnya pake kornet enak ga ya mbak? Di tempatku ga ada rumah potong, jadi susah banget nemu daging

    • Lianny says:

      Nah, tadi mba Ratna juga nanya ini. Bisa dicoba mba, rasanya aja mungkin agak beda ya. Aku juga jadi penasaran nih kalo dagingnya diganti corned 🙂

  25. Dini Puspita says:

    Sama, Mbak, aku juga sukaaa banget sama tempe. Tempe goreng dicocol sambal kecap aja udah enaaakk bangeeett! Resep steak tempe ini harus aku coba soalnya enak banget kelihatannya 🙂

  26. Wah, aku pun suka banget sm tempe! Mau tempe goreng kering, tempe mendoan, bahkan oseng-oseng pun sukaaa 🙂 Nanti mau coba ah, kebetulan lg pengen banyak konsumsi protein nabati dibandingkan hewani. Thanks for sharing mbaaa 🙂

  27. Utieadnu says:

    Bs jd menu tambahan d rmh ini..

  28. Ah..bisa jadi alternatif olahan tempe ya..anak-anak saya kurang suka tempe. Mudah-mudahan kalo dibuat jadi steak, mereka jadi suka. Makasih sharingnya mbak 😉

  29. Lendyagasshi says:

    Siip bangeet inii, teh..
    Anakku alhamdulillah suka tempe. Tapi bosen yaa..kalo cuma digoreng lagii, digoreng lagi.

    Naah…ide bagus ini.
    Jadiin steak.

    Haturnuhun teh, inspirasinya.

  30. Nyak Rotun says:

    Tempeeee…=G
    Favorit banget sebelum pindah ke Palopo. Perasaan aku di sini tempenya beda, Mba. Agak kasar dan banyak banget campuran jagungnya *___*
    Makanya jarang banget beli akhirnya.

    Btw kirain aku setak tempe itu dibakar juga, ternyata digoreng ya. Kapan2 cobain aaah.

  31. Ety Abdoel says:

    Dulu pernah bikin steak tempe pake resep Mba Dyah Parameswari. Eh, dibawa pindahan resepnya ketlisut.
    Liat resep ini jadi pengin bikin steak tempe lagi.
    Makasih Mba Lianny.

  32. Jadi pengin bikin dech mba…savw resepnya yaaaaa mbaaa..laperrr

  33. nyam nyam penampakannya menggiurkan mbak.. gampang ternyata ya cara bikinnya, gak nyangka itu ada tempenya

  34. Ranny says:

    akkkk sukaak ini Mak! ^^ mau mau bangeeet dicoba. Selama ini tempe ya gitu-gitu aja dibikinnya 🙁

  35. pernah dibuatin ama tante, enak banget rasanya 😀
    padahal awalnya jijik gitu

  36. Mbakkk… jodoh banget sik. Aku lg kepikiran bikin steak tempe buat anak-anak. Lha kok nemu resep ini. Kayaknya mau nyoba deh minggu depan. Cuma sepertinya bakal skip daging, ganti jamur enak juga kali yaa?

  37. April Hamsa says:

    Pengen nyobain ah, bosen tempe digoreng or diorek mulu hehe TFS mbak 😀

  38. Lusi says:

    Hahahaa aku masih trauma tempe gara2 dinner menu tempe semua dari cemilan sampai es hihihii

  39. Yurmawita says:

    Mau cobaaa…itu bumbunya banyak Amir mbaa. Bener banget tempe itu ramah untuk kantong Mama Mama haha

  40. Wadiyo says:

    layak untuk dicoba, agar tidak bosan dengan tempe.
    Bagaimana kalau bumbu-bumbunya dimodifikasi, bisakah?
    terima kasih Mbak

  41. Mba Li, itu diresep ditulisnya bawang goreng dihaluskan. Kukira bawang putih 🙂 Orang Jawa klo bilang bawang kan cenderung ke bawang putih bukan bawang merah 😉
    Mau ah nyobain, sepertinya gampang nih dibuatnya *asalkan pas enggak males hihiiihiii…

  42. Maooook mb li, kliatannya enak banget
    Jadi tempenya ternyata tetap dimix dg daging ya, takkira pure tuk menu vegetarian
    Tapi keknya aku jdi pengen ambil piring ni, trus nyomot satu eheheh

  43. Waaaaa…. Sepertinya enaaak Bu… Wajib dicoba ini resepnya, thanks for sharing ya bu… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*