Resep Masakan

Resep Steak Tempe Lezat

 

Resep Steak Tempe Lezat

 

Tempe termasuk salah satu makanan favoritku. Meskipun hanya dibuat menjadi tempe goreng biasa aja, aku tetap suka. Apalagi harganya yang murmer, ramah di kantong para Mama sepertiku hahaha. Tapi anak-anakku malah nggak doyan tempe. Yang cowok sih mau, nah anak-anakku yang cewek nih yang pada nggak mau makan tempe.

Sewaktu jalan-jalan di blognya Idah Ceris, ada salah satu postingannya yang cerita tentang steak tempe. Tuing! Langsung deh jadi kepikiran, kayaknya enak juga ya tempe dibuat steak. Unik banget! Sayangnya di postingan itu nggak ditulis detail bahan dan cara pembuatannya, jadi nggak bisa nyontek resepnya dong.

Eits, tunggu! Kayaknya aku pernah liat deh resep steak tempe. Ah, iyaaaa… ada di buku resepnya mbak Diah Didi. Ternyata steak tempenya nggak pake tempe aja, tapi ada campuran dagingnya. Kebetulan ada sisa daging sapi yang kubuat kaldu, jadi aku pake daging itu aja. Karena dagingnya cuma ada sekitar 60 gram, akhirnya aku buat setengah resep. Jadi deh 3 bulatan steak tempe. Kemudian si bungsu kuminta mencobanya.

“Apa ini, Ma?”

“Steak tempe, tapi ada dagingnya juga. Coba deh, enak kok.”

Si bungsu minta separoh aja, tapi aku kasih 1 bulatan steak tempe. Sempet khawatir juga kalo si bungsu nggak suka, eeh di luar dugaan dia mau makan dan habiiis! Wuah senengnya! Mungkin karena ada campuran dagingnya kali ya, kalo tempe aja belum tentu dia mau. Kapan-kapan mau buat lagi ah yang lebih banyak 😀

Temen-teman yang mau nyoba bikin juga, kutuliskan resepnya ya:

 

Resep Steak Tempe

Bahan steak tempe:

150 gr daging cincang

100 gr tempe, goreng hingga matang, tumbuk kasar

50 gr tepung panir

¼ buah bawang bombay, cincang halus

1 sdm bawang goreng, tumbuk kasar

¼ sdt merica bubuk

¼ sdt pala bubuk

1 sdt gula pasir

½ sdm garam

1 putih telur

Bahan saus steak:

½ buah bawang Bombay, iris panjang

2 sdm saus tomat

1 sdm saus tiram

1 sdm kecap manis

¼ sdt merica bubuk

¼ sdt gula pasir

200 ml air

1 sdt tepung tapioca, cairkan dengan 1 sdm air

1 sdm margarin untuk menumis

 

Cara membuat:

  1. Aduk rata semua bahan steak tempe. Bentuk bulat pipih. Goreng dalam minyak panas hingga matang. Angkat. Tiriskan.

2. Buat saus. Panaskan margarin, tumis bawang Bombay hingga layu. Tambahkan air dan bahan lain, kecuali larutan maizena. Masak hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Koreksi rasa sebelum diangkat.

3. Olesi steak goreng dengan saus steak secukupnya, panggang sebentar saja di wajan anti lengket.

4. Sajikan steak dengan selada atau aneka sayuran rebus sesuai selera.

Tips: Untuk variasi lain, adonan steak tempe yang sudah dibentuk bulat pipih bisa dicelupkan  ke kocokan telur, kemudian langsung digoreng.

Source resep: Buku “62 Masakan Lezat Untuk Menu Sehari-hari”, Diah Didi

 

Bahan untuk membuat steak tempeBahan untuk membuat steak tempe: tempe, daging cincang, bawang bombay, bawang merah

 

Sebetulnya ada 2 bahan yang aku nggak ada yaitu saus tiram dan tepung panir. Tapi karena sudah pengin bikin nggak mau nunda-nunda lagi, akhirnya yah aku buat sausnya nggak pake saus tiram.

Untuk tepung panirnya aku ganti dengan roti tawar yang kuhaluskan, itupun takarannya nggak sesuai resep karena cuma sisa 1 biji roti tawar waktu itu di rumah, jadinya dikit banget paling cuma 10 gram hiks.

Meskipun begitu, rasanya tetap enak lho. Apalagi kalo semua bahan ada, pasti rasanya tambah enak ya 😀

Baca juga: Resep Bistik Jawa a la My Mom

 

Oya karena aku pake dagingnya sudah matang, jadi nggak khawatir nanti dagingnya kurang matang waktu digoreng. Baik tempe dan dagingnya kan sudah matang, jadi goreng sebentar juga nggak masalah. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya :

 

Cara membuat steak tempeGoreng tempe dan bawang merah, tumbuk kasar. Campur semua bahan untuk membuat steak, aduk rata.

 

Cara membuat steak tempeBentuk bulat pipih dan goreng.

 

Cara membuat saus steak tempeBuat saus steak

 

Steak Tempe LezatSajikan steak tempe dengan rebusan sayur dan kentang goreng

 

Anak-anak pasti suka kreasi olahan tempe ini karena disajikan dalam bentuk steak yang lezat. Selain untuk steak, adonan dalam resep ini juga bisa digoreng menjadi perkedel tempe daging.

Yuk, segera cobain resep steak tempe lezat ini untuk si kecil. Siapa tau si kecil yang nggak suka makan tempe jadi mau makan 🙂

 

86 Comments

  1. cloud service indonesia November 15, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  2. driani sari November 15, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  3. Fanny f nila November 15, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  4. rina November 15, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  5. Pancake Durian November 15, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  6. ninda November 15, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  7. Helena November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  8. Okti Li November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  9. Nchie Hanie November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  10. Rani R Tyas November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  11. Astin Astanti November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  12. Ajen November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  13. Ajen November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  14. Rach Alida Bahaweres November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  15. Sandra November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  16. Lina W. Sasmita November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  17. Winda Carmelita November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  18. Witri prasetyo aji November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  19. Ratna Dewi November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  20. nova November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  21. Shona Vitrilia November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  22. nova November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  23. Lingga November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  24. Liza November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  25. Dini Puspita November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  26. Nabila Putri Karimah November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  27. Utieadnu November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  28. Nurul Fitri Fatkhani November 16, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  29. Lendyagasshi November 17, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  30. Nyak Rotun November 17, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  31. Ety Abdoel November 17, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  32. Nur Aliah Saparida November 17, 2016
    • Lianny November 17, 2016
  33. bundashidqi lia November 17, 2016
    • Lianny November 18, 2016
  34. Ranny November 17, 2016
    • Lianny November 18, 2016
  35. contoh teks anekdot lucu November 17, 2016
    • Lianny November 18, 2016
  36. Widyanti Yuliandari November 17, 2016
    • Lianny November 18, 2016
  37. April Hamsa November 18, 2016
    • Lianny November 18, 2016
  38. Lusi November 19, 2016
    • Lianny November 19, 2016
  39. Yurmawita November 20, 2016
    • Lianny November 21, 2016
  40. Wadiyo November 20, 2016
    • Lianny November 21, 2016
  41. Uniek Kaswarganti November 21, 2016
    • Lianny November 21, 2016
  42. Gustyanita Pratiwi November 22, 2016
    • Lianny November 22, 2016
  43. emanuella aka nyonyamalas November 25, 2016
  44. ted baker indonesia December 21, 2016

Leave a Reply