Resep Masakan

Resep Pisang Nugget

 

Masih sekolah online nih anak-anak. Tiga minggu lalu, anakku diminta untuk praktek masak (pelajaran PKWU = Prakarya dan Kewirausahaan).

Ada 2 pilihan menu, pisang nugget dan tempe nugget. Tapi cuma wajib bikin 1 menu saja, terserah boleh memilih yang mana. Sudah bisa ditebak, anakku pilih bikin pisang nugget karena dia gak terlalu suka tempe hahaha. Kalau pisang, favorit dia banget lah.

Resepnya pakai resep dari Youtube Dapur Dina (ini sudah ditentukan oleh gurunya, jadi tiap anak, sumber resepnya sama semua).  Tiap step by step harus difoto, kemudian dibikin video, beserta kalkulasi biayanya berapa. Nah, sudah ketebak lagi nih siapa yang bertugas bantuin motret, pasti mamanya 😀 Bagian cuci peralatannya juga hiks.

Resepnya kutulis dibawah ini ya.

 

bahan pisang nugget

 

Baca juga: Resep Brownies Pisang Super Moist

 

Resep Pisang Nugget

Bahan:

450 gr pisang matang, boleh pakai pisang apa saja

2 sdm gula

50 gr keju (optional)

½ sdt garam

1 telur

1 sdt vanili/vanilla extract

3 sdm penuh terigu (secukupnya)

60 gr tepung panir

50 gr terigu

Topping: Sesuai selera, bisa keju parut, meises, selai cokelat

 

Cara membuat:

  1. Panaskan dandang kukusan, siapkan loyang, parut keju.
  2. Haluskan pisang (bisa pakai food processor/blender)
  3. Tambahkan gula, garam, vanili, telur dan keju, blender semuanya. Taruh di wadah.
  4. Tambahkan terigu, sesuaikan dengan tingkat keenceran adonan pisang yang sudah diblender tadi. Jadi takaran terigu bisa dikurangi atau ditambah.
  5. Tuang ke dalam loyang yang sudah dioles mentega/dialasi kertas roti biar lebih mudah saat mengeluarkannya.
  6. Kukus selama kurang lebih 20- 25 menit sampai matang.
  7. Keluarkan dari loyang, dinginkan, dan potong kecil-kecil sesuai selera.
  8. Campur tepung terigu dengan air, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental sekali.
  9. Balur adonan pisang di adonan basah/adonan tepung terigu tadi, kemudian balur dengan tepung panir. Lakukan sampai adonan pisang habis. Masukkan dalam freezer sekitar 15 menit.
  10. Goreng sampai matang, tiriskan.
  11. Beri topping sesuai selera.

 

 

resep pisang nugget

 

Pisang pakai yang ada di rumah saja, yaitu pisang cavendish. Nah, mungkin teman-teman tau atau sudah sering bikin pisang nugget juga nih, yang enak pakai pisang apa ya biasanya kalau dibuat pisang nugget?

 

 

 

Loyangnya pakai yang kotak ukuran 22 cm, awalnya mau dipotong jadi 12 buah, tapi kok gede banget rasanya. Jadi akhirnya satu potongan itu dibagi lagi, total jadi 24 buah.

 

 

Ini bikin sekitar jam setengah satu siang, selesai menghias dan motret masakannya hampir jam 5 sore. Lamaa amat yaa. Mamanya ini yang bagian motret aja capek, apalagi yang bikin haha. Ya, salah juga sih,  digoreng semua saat itu juga, 24 potong, harusnya separoh aja dulu, separohnya lagi besok kalau mau makan lagi baru digoreng. Tapi ya udahlah udah terlanjur. Yang penting udah selesai! Videonya udah dibikin dan dikumpulin.

 

 

Untuk toppingnya ini pakai nutella, selai cokelat crunchy, keju dan bahan lainnya yang ada di rumah. Nugget pisangnya enak, renyah. Anak-anak suka, apalagi kalau toppingnya nutella. Buatku sih, cuma dikukus aja, gak pakai digoreng sudah enak.  Kalau digoreng aku gak berani makan banyak-banyak hehe, cukup nyicipin aja deh.

 

pisang nugget

 

Sebenarnya bikin pisang nugget ini praktis juga loh, karena setelah dibalur tepung, bisa disimpan di freezer, awet kok, ntar kalau mau makan baru digoreng. Jadi sudah ada stok camilan di freezer. Bisa buat ide jualan juga sih, pisang nugget dengan berbagai macam topping yang menarik dan enak.

Yuk, teman-teman cobain juga resep pisang nuggetnya 🙂

 

89 Comments

  1. nurulrahma September 5, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  2. Reyne Raea September 5, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  3. Anggraeni Septi September 6, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  4. Jiah Al Jafara September 6, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  5. Nchie Hanie September 6, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  6. Nunung Nurlaela September 6, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  7. Keke Naima September 6, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  8. Bibi Titi Teliti September 6, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  9. Ria Nugros September 6, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  10. Lidya September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  11. Nurul Fitri Fatkhani September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  12. nurulrahma September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  13. Ida Tahmidah September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  14. Nia Nastiti September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  15. lendyagasshi September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  16. Arda Sitepu September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  17. Dian Restu Agustina September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  18. Jiah Al Jafara September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  19. Heni Puspita September 7, 2020
    • Lianny September 7, 2020
  20. Tuty Queen September 7, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  21. Keke Naima September 8, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  22. Mugniar September 8, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  23. Lina sophy September 8, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  24. diane September 8, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  25. Nathalia DP September 9, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  26. Zizy Damanik September 9, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  27. Suciarti Wahyuningtyas September 9, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  28. Nurul Sufitri September 9, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  29. Grandys Sofia September 9, 2020
    • Lianny September 9, 2020
  30. andiyani achmad September 9, 2020
    • Lianny September 10, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  31. Lidya September 9, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  32. Milda Ini September 9, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  33. Nunung Yuni September 9, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  34. Lina W. Sasmita September 9, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  35. lendyagasshi September 9, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  36. indah nuria September 9, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  37. ima satrianto September 10, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  38. Dian September 10, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  39. Uniek Kaswarganti September 10, 2020
    • Lianny September 10, 2020
  40. Prita HW September 11, 2020
    • Lianny September 17, 2020
  41. Hastira September 13, 2020
    • Lianny September 17, 2020
  42. cicifera September 27, 2020
    • Lianny September 29, 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.