Resep Bolu Jadul Lembut dan Enak Tanpa SP Tanpa BP

 

Resep Bolu Jadul Lembut dan Enak Tanpa SP Tanpa BPResep Bolu Jadul Lembut dan Enak Tanpa SP Tanpa BP

 

Sudah lama penasaran dengan resep bolu jadul ini. Pengin nyoba bikin bolu jadul tapi mixer rusak, jadilah akhirnya rajin bikin roti yang diulen manual pake tangan aja dan bikin muffin yang nggak perlu mixer, cuma tingal diaduk-aduk.

Baca juga: Ketagihan Bikin Killer Soft Bread

 

Setelah Lebaran lalu, mixerku sudah selesai diperbaiki. Hore! Waktunya nyoba bikin bolu jadul dong. Dengan semangat 45 aku siapin bahan-bahan untuk membuat bolu jadul ini. Ternyata bahan-bahannya ada yang kurang, tapi karena sudah nggak sabar membuat bolu jadul, akhirnya bahan yang kurang kuganti dengan bahan lainnya aja.

Yang kurang adalah butternya, mestinya 125 gram. Sisa butter ternyata cuma 80 gram, jadi sisanya aku tambahi dengan margarin. Begitu juga saat pembuatan butter cream yang mestinya pake mentega putih, berhubung aku nggak punya akhirnya aku pake margarin aja. Loyangnya aku pake loyang bulat karena nggak punya loyang kotak berdiameter 20 cm.

Baca juga: Chocolate custard Muffins

 

Bolu ini dibuat tanpa baking powder(BP), tanpa baking soda(BS) dan tanpa emulsifier apapun (SP/ovalet/tbm). Nggak pake pengembang apapun, apa nggak bantat ya? Emang sempat deg-deg an sih, takut bantat, ternyata nggak bantat, lembut dan enak banget rasanya. Terasa ringan, nggak buat eneg dan nggak seret waktu dimakan. Duh kalo nggak ingat timbangan di pojok kamar, sudah bolak-balik aku cemilin bolu ini hahaha.

Resep bolu jadul ini aku lihat di ig doyanbaking, di bawah ini aku tuliskan resep aslinya ya, mungkin ada yang pengin bikin juga.

 

Bahan membuat bolu jadulBahan membuat bolu jadul

 

Resep Bolu Jadul

Bahan:

4 buah kuning telur

2 buah putih telur

125 gr gula pasir

100 gr terigu (aku pake 90 gr terigu kunci dan 10 gr susu bubuk)

125 gr butter, lelehkan

 

Cara Membuat:

  1. Mixer telur dan gula sampe mengembang, sekitar 10 menitan dengan kecepatan sedang. Matikan mixer.
  2. Masukkan tepung terigu (ayak). Aduk balik dengan spatula.
  3. Masukkan butter cair secara bertahap, aduk balik.
  4. Tuang ke dalam loyang berukuran 20x20cm yang sudah dioles margarin dan taburan tepung tipis.
  5. Panggang 30 menit hingga matang dengan suhu oven 160 derajat celcius (Sesuaikan oven masing-masing)

 

Cara Membuat Bolu JadulCara membuat bolu jadul

 

Cara Membuat Butter CreamCara Membuat butter cream sederhana

 

 

Bahan butter cream sederhana:

250 gr mentega putih

5 sdm susu kenal manis

 

Cara membuat butter cream:

Mixer mentega putih menggunakan mixer sekitar 20 menit kecepatan sedang sampe kental agak lembut.

Tambahkan susu kental manis.

Kocok lagi hingga lembut dan mengembang.

Siap digunakan.

 

Resep Bolu Jadul EnakTopping: beri butter cream dan taburi meses warna-warni

 

Untuk topping nya, cuma kuoles butter cream tipis aja, kemudian taburi meses warna-warni. Selesai!

 

Bolu Jadul Lembut dan Enak

Bolu Jadul Lembut dan Enak

Bolu Jadul Lembut dan Enak

Bolu Jadul Lembut dan Enak

 

Yuk, buat segera eksekusi resep bolu jadul lembut dan enak tanpa sp tanpa bp ini buat teman minum teh di sore hari. Yummy!

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Food, Resep Masakan and tagged , , . Bookmark the permalink.

37 Responses to Resep Bolu Jadul Lembut dan Enak Tanpa SP Tanpa BP

  1. dari fotonya aja uda keliatan lembuuuttt banget di mulut
    ini harus pas berarti takarannya
    mb li, kalo bedanya mentega ama margarin apa ya?

    • Lianny says:

      Mentega terbuat dari lemak hewani yang biasanya berasal dari krim susu atau lemak susu. Mentega mudah meleleh di suhu ruang, warnanya cenderung lebih pucat dan memiliki aroma khas yang lebih tajam dan menggiurkan selera. Contoh: Orchid, Wysman dll.

      Margarin dibuat dari lemak nabati, teksturnya lebih padat/kaku, berwarna kuning terang, tidak mudah meleleh. Contoh : blueband, simas dll.

  2. Wah, kudu dicoba nih . Thanks for the recipe, Mba Liany. πŸ™‚

  3. meski jadul tapi bikin nagih ya mba..hehe..ni mamahku juga sering bikin,,makasih resepnya, nanti dicobain

  4. belum berhasil bikin bolu nih, mba. Padahal pengen banget bikin bolu tapi dikasih taburan keju yang buanyak. Makasih resepnya ya mba πŸ™‚

    • Lianny says:

      Cobain buat bolu jadul ini mbak, habis dikasih butter cream, kasih taburan keju yang banyak. Enaaak πŸ™‚

  5. Nah..ini resep yang saya cari. Bolu jadul tapi tanpa bahan pengembang. Selama ini, hasil buatan saya, gak bisa ngembang sempurna. Biasanya ngembang sebagian aja..hi..hi..
    Mudah-mudahan dari resep mbak Lianny, bisa berhasil ya..makasih resepnya mbak πŸ™‚

  6. Lusi says:

    Aku suka banget nih. Bolu jadul itu malah terasa banget menteganya.

  7. indah nuria says:

    looks yuuum mba…dan tanpa campuran apapun tetep enak ya. Aku lagi suka buat corn bread mba, pakai tepung jagung yang teksturnya khas dan enak πŸ™‚

  8. kamu jago banget sih mbaaak.. bisa ya sekali bikin gitu lgs sukses kuenya :D… kliatan enak bgt lagi.. sbnrnya aku kurang suka bolu, tapi kdg utk temen minum teh ya enak juga sih :D..

    • Lianny says:

      Nggak semua sukses ngembang kok, pertama kali bikin bolu pake oven bantat, pernah kuceritain tuh di blog hehehe. Kalo yang resep ini baru pertama nyoba, syukurlah nggak bantat meskipun tanpa sp dan bp.

  9. isnuansa says:

    Cuma pakai butter dan susu bubuk juga udah empuk ya, Mbak?

  10. Prih says:

    Pengin incip bolu tanpa BP, SP. Kupikir juga nggak ngembang ternyata tampil sempurna ya Jeng Lianny.

  11. cputriarty says:

    Kok kalan jadi ngidam kue bolu kayak nakli dipostingan ataş.hadeeeuh kayaknya super yummy nih

  12. duuh kue bolunya bikin ngiler mbak πŸ˜€

  13. Lidya says:

    mbak li ada gak resep bolu untuk poris kecil, aku kalau mau coba2 bikin kue bolu gini bignung siapa yg makan

  14. Mbk, makaish banget, ini resep yang aku cari-cari buat aku yang baru belajar masak bolu, thanks ya Mbk mau praktek deh.

  15. Pingback: Resep Cake Nutrijell Jeruk - Lianny HendrawatiLianny Hendrawati

  16. saniendriko says:

    Hai mba, mau tipsnya dong gmn caranya biar pinggirannya mulus gt? Setiap aq buat selalu pinggirannya ada yg masih nempel, trimakasih yah

  17. bell says:

    thanks resepnya…seru jg bacanya

  18. milia says:

    thanks resepnya .. aq udh coba enakkk….

  19. Mira says:

    Mba Li, barusan aja aku bikin. Baru ada kesempatan hehe. Kalo bookmark resepnya sih udah lama. Aku manggang pakai otang, detik2 menuju 30 menit bolu mengembang sempurna malah hampir keluar loyang hehe, tp permukaan bolu masi pucat. Yaudah aku tinggal beberapa menit ngecek balik lg eeeh kempes tuh bolu, dan permukaan sudah coklat. Sedih😒
    Itu kenapa ya mba? Aku angkat, dinginkan, dan keluarkan dr loyang lah memang jd amburadul krn tepinya bolu lengket semua sama loyang, padahal udah dioles mentega dan ditaburi sama tepung. Tapi bolunya lembuuuuuut bangetttttt cuma ya bentuknya jadi ga karuan hiks😭 dan kemanisan menurut aku mbak hehe

    • Lianny says:

      Kalo sudah matang dan permukaan masih pucat bisa dipindah ke rak paling atas, panggang beberapa menit aja.
      Manggang bolunya juga nggak harus pas 30 menit, sesuaikan kondisi oven. Kalo aku biasanya cek kematangan dengan tusuk pake tusuk gigi, kalo sudah nggak ada adonan nempel di tusuk giginya itu berarti sudah matang. Jadi meski belum 30 menit ya aku keluarkan dari oven.
      Sudah betul mba, dioles mentega dan taburi terigu, nggak lengket kok waktu dikeluarkan. Abis keluar oven, jangan langsung dikeluarkan kuenya, tunggu beberapa menit baru keluarkan. Oya kalo kemanisan, takaran gula bisa dikurangi ya mba. Ini dari resep aslinya takaran segitu hihi. Yuk, coba buat lagi mba πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*