Resep Masakan

Resep Bolu Jadul Lembut dan Enak Tanpa SP Tanpa BP

 

Resep Bolu Jadul Lembut dan Enak Tanpa SP Tanpa BPResep Bolu Jadul Lembut dan Enak Tanpa SP Tanpa BP

 

Sudah lama penasaran dengan resep bolu jadul ini. Pengin nyoba bikin bolu jadul tapi mixer rusak, jadilah akhirnya rajin bikin roti yang diulen manual pake tangan aja dan bikin muffin yang nggak perlu mixer, cuma tingal diaduk-aduk.

Baca juga: Ketagihan Bikin Killer Soft Bread

 

Setelah Lebaran lalu, mixerku sudah selesai diperbaiki. Hore! Waktunya nyoba bikin bolu jadul dong. Dengan semangat 45 aku siapin bahan-bahan untuk membuat bolu jadul ini. Ternyata bahan-bahannya ada yang kurang, tapi karena sudah nggak sabar membuat bolu jadul, akhirnya bahan yang kurang kuganti dengan bahan lainnya aja.

Yang kurang adalah butternya, mestinya 125 gram. Sisa butter ternyata cuma 80 gram, jadi sisanya aku tambahi dengan margarin. Begitu juga saat pembuatan butter cream yang mestinya pake mentega putih, berhubung aku nggak punya akhirnya aku pake margarin aja. Loyangnya aku pake loyang bulat karena nggak punya loyang kotak berdiameter 20 cm.

Baca juga: Chocolate custard Muffins

 

Bolu ini dibuat tanpa baking powder(BP), tanpa baking soda(BS) dan tanpa emulsifier apapun (SP/ovalet/tbm). Nggak pake pengembang apapun, apa nggak bantat ya? Emang sempat deg-deg an sih, takut bantat, ternyata nggak bantat, lembut dan enak banget rasanya. Terasa ringan, nggak buat eneg dan nggak seret waktu dimakan. Duh kalo nggak ingat timbangan di pojok kamar, sudah bolak-balik aku cemilin bolu ini hahaha.

Resep bolu jadul ini aku lihat di ig doyanbaking, di bawah ini aku tuliskan resep aslinya ya, mungkin ada yang pengin bikin juga.

 

Bahan membuat bolu jadulBahan membuat bolu jadul

 

Resep Bolu Jadul

Bahan:

4 buah kuning telur

2 buah putih telur

125 gr gula pasir

100 gr terigu (aku pake 90 gr terigu kunci dan 10 gr susu bubuk)

125 gr butter, lelehkan

 

Cara Membuat:

  1. Mixer telur dan gula sampe mengembang, sekitar 10 menitan dengan kecepatan sedang. Matikan mixer.
  2. Masukkan tepung terigu (ayak). Aduk balik dengan spatula.
  3. Masukkan butter cair secara bertahap, aduk balik.
  4. Tuang ke dalam loyang berukuran 20x20cm yang sudah dioles margarin dan taburan tepung tipis.
  5. Panggang 30 menit hingga matang dengan suhu oven 160 derajat celcius (Sesuaikan oven masing-masing)

 

Cara Membuat Bolu JadulCara membuat bolu jadul

 

Cara Membuat Butter CreamCara Membuat butter cream sederhana

 

 

Bahan butter cream sederhana:

250 gr mentega putih

5 sdm susu kenal manis

 

Cara membuat butter cream:

Mixer mentega putih menggunakan mixer sekitar 20 menit kecepatan sedang sampe kental agak lembut.

Tambahkan susu kental manis.

Kocok lagi hingga lembut dan mengembang.

Siap digunakan.

 

Resep Bolu Jadul EnakTopping: beri butter cream dan taburi meses warna-warni

 

Untuk topping nya, cuma kuoles butter cream tipis aja, kemudian taburi meses warna-warni. Selesai!

 

Bolu Jadul Lembut dan Enak

Bolu Jadul Lembut dan Enak

Bolu Jadul Lembut dan Enak

Bolu Jadul Lembut dan Enak

 

Yuk, buat segera eksekusi resep bolu jadul lembut dan enak tanpa sp tanpa bp ini buat teman minum teh di sore hari. Yummy!

 

38 Comments

  1. Gustyanita Pratiwi July 23, 2016
    • Lianny July 26, 2016
      • Lily Widjaja July 29, 2016
  2. Alaika Abdullah July 23, 2016
    • Lianny July 26, 2016
  3. lingga permesti July 23, 2016
    • Lianny July 26, 2016
  4. Rach Alida Bahaweres July 24, 2016
    • Lianny July 26, 2016
  5. Nurul Fitri Fatkhani July 25, 2016
    • Lianny July 26, 2016
  6. Lusi July 25, 2016
    • Lianny July 26, 2016
  7. indah nuria July 25, 2016
    • Lianny July 26, 2016
  8. fanny fristhika nila July 25, 2016
    • Lianny July 26, 2016
  9. isnuansa July 26, 2016
    • Lianny July 27, 2016
  10. Prih July 26, 2016
    • Lianny July 27, 2016
  11. cputriarty July 27, 2016
    • Lianny July 29, 2016
  12. Robby Zulkifli July 30, 2016
    • Lianny August 13, 2016
  13. Lidya August 9, 2016
    • Lianny August 13, 2016
  14. Naqiyyah Syam August 15, 2016
    • Lianny August 15, 2016
  15. saniendriko October 23, 2016
    • Lianny October 24, 2016
  16. bell December 22, 2016
  17. milia January 10, 2017
    • Lianny January 11, 2017
  18. Mira April 11, 2017
    • Lianny April 11, 2017
  19. Yanti February 10, 2018
    • Lianny February 11, 2018

Leave a Reply