Resep Masakan

Resep Adonan Tanpa Ulen 3 In 1 (Pizza, Donat, Roti)

 

Resep Adonan Tanpa Ulen 3 In 1 (Pizza, Donat, Roti)

 

Bikin roti itu asyik, cuma sayangnya bagian menguleni adonan itu yang bikin tangan pegel dan berotot #eh. Baru 10 menit ngulen adonan, udah nggak kuat, faktor umur juga pengaruh kali ya hahaha. Jadi makin pengin beli mixer yang bisa menguleni adonan sampai kalis, kan enak banget tinggal dibentuk dan panggang saja jadinya, doain segera keturutan ya *nabung duluuu πŸ˜€

Minggu lalu aku bikin roti lagi, tapi berhubung males nguleni manual, aku pakai resep adonan tanpa ulen 3 in 1 dari Lily Chan dengan sedikit modifikasi, margarin aku ganti butter biar lebih lembut dan wangi. Kenapa dinamakan 3 in 1? Karena adonan ini selain bisa dibuat roti juga bisa dibuat donat dan pizza. Tinggal pilih saja mau bikin apa. Untuk pizza cukup sekali proofing, sedangkan untuk donat dan roti butuh dua kali proofing.

Baca juga: No Knead Bread a la Sangjin Ko – Roti Empuk dan Lembut Tanpa diuleni, tanpa Telur

 

Nah aku iseng sih nyobain bikin ketiganya pakai satu resep adonan ini. Teksturnya sudah pasti akan lebih mulus adonan yang diuleni ya tapi hasilnya tetap empuk kok meskipun tanpa ulen.

Oya lebih baik dimakannya sehari habis ya, karena lebihΒ  dari satu hari mungkin hasilnya nggak empuk lagi dan lebih seret. Mungkin lho ya, aku juga belum membuktikannya karena roti yang kubuat ini nggak sampai setengah hari sudah ludes dimakan ketiga anakku, nggak sampai nginep sampai besok paginya sih. Resep adonan tanpa ulen 3 in 1 (pizza, donat, roti) kutulis di bawah ini, ya!

 

Bahan Adonan Tanpa Ulen 3 In 1

 

Resep Adonan Tanpa Ulen 3 In 1 (Pizza, Roti, Donat)

Bahan:

250 gr tepung cakra

100 gr tepung segitiga biru

60 gr gula pasir (untuk pizza takaran gula bisa dikurangi)

1 telur ukuran sedang

1 sachet susu bubuk full cream vanilla (27 gr)

7 gr ragi (bisa pakai fermipan)

45 gr butter (kalo pakai butter unsalt, tambahkan sejumput garam)

175 ml air hangat

 

Cara membuat:

  1. Masukkan ragi + 1 sdm gula (ambil dari 60gr gula) ke dalam gelas berisi air hangat. Tutup, diamkan 6-7 menit. Jika ragi aktif akan berbusa. Jika ragi tidak berbusa tandanya ragi tidak layak pakai .
  2. Campur tepung terigu, susu dan sisa gula dalam satu wadah baskom. Tuang campuran ragi ke dalam campuran bahan kering. Lalu tambahkan telur, aduk menggunakan sendok hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan butter, kali ini bisa gunakan tangan, remas-remas saja asal tercampur rata. Adonan akan terlihat tidak kalis dan masih lengket. Kumpulkan ke tengah wadah. Tutup dengan plastik, diamkan 15 menit. Setelah 15 menit adonan akan mengembang, tapi tidak sampai 2 kali lipat. Dengan bantuan spatula, tuang adonan ke atas permukaan datar bertabur terigu. Jika adonan lengket, taburi permukaan adonan dengan terigu tipis-tipis saja sambil dipipihkan. Adonan siap dibentuk.

 

Cara Membuat Adonan Tanpa Ulen 3 In 1

 

Untuk Pizza:

  1. Adonan langsung bisa dipakai untuk pizza. Bentuk adonan menjadi bundar pipih, lalu olesi saus dan beri topping (sosis, daging dll) sesuai selera. Tambahkan keju mozzarella agar lebih lezat.
  2. Panggang pake oven di suhu 190 derajat sekitar 10-15 menit (sesuaikan oven masing-masing).

 

Untuk Donat:

  1. Bulatkan adonan, gilas dan bentuk pakai donat cutter atau bisa juga lubangi tengahnya dengan bantuan 2 jari. Diamkan 15 menit sampai mengembang kembali.
  2. Sesudah 15 menit, goreng dalam minyak panas, api kecil. Balik jika bagian bawah sudahΒ  kuning keemasan. Jangan dibolak-balik supaya donat tidak berminyak. Bisa pakai minyak padat untuk hasil gorengan lebih renyah dan tidak berminyak.
  3. Setelah dingin, donat siap diberi topping/glaze sesuai selera.

 

Untuk Roti:

  1. Bentuk adonan sesuai selera, lalu diamkan 15 menit sambil ditutup plastik. Sebelum dipanggang oles dengan susu cair lebih dulu.
  2. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya, panggang di suhu 180 derajat C selama 12 menitan (sesuaikan oven masing-masing).
  3. Untuk hasil roti lebih empuk dan moist, bisa diletakkan wadah tahan panas berisi air panas di rak bagian bawah. Oles dengan butter begitu roti matang.
  4. Selalu simpan roti sesudah panasnya hilang dalam wadah tertutup untuk mencegah roti cepat keras dan kering.

 

 

Adonan Tanpa Ulen 3 In 1Adonan siap dibentuk dan diisi sesuai selera

 

Pizza Tanpa Ulen

 

Pizza Tanpa Ulen

Pizza pakai topping sosis dan keju parut aja, stok keju mozarella di rumah udah habis. Sausnya aku pakai saus BBQ campur dengan saus tomat.

 

Donat Tanpa Ulen

Donat Tanpa Ulen

Untuk donatnya selain bentuk lubang di tengah, aku bikin juga donat bulat biasa. Jadi seperti roti goreng ya hehehe. Kebetulan ada sisa selai blueberry dan matcha, jadi bisa dipakai buat menghias donatnya.

 

Aku bikin roti isi keju dan chocochips

 

Cukup praktis banget, kan. Satu adonan bisa untuk bikin roti, pizza dan donat sekaligus.Tangan juga nggak capek nguleni. Hayuk ah, bikin juga buat weekend besok!

 

60 Comments

  1. Noe November 17, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  2. nur rochma November 17, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  3. Tia November 17, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  4. Rahmi November 17, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  5. Hidayah Sulistyowati November 17, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  6. Hastira November 18, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  7. Nia K. Haryanto November 18, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  8. enny November 18, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  9. Enci harmoni November 18, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  10. Astin November 18, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  11. Enny Mamito November 18, 2017
    • Lianny November 18, 2017
  12. Winda November 18, 2017
    • Lianny November 20, 2017
  13. Enny Law November 19, 2017
    • Lianny November 20, 2017
  14. Rach Alida Bahaweres November 19, 2017
    • Lianny November 20, 2017
  15. kania November 19, 2017
    • Lianny November 20, 2017
  16. agi pranoto November 19, 2017
    • Lianny November 20, 2017
  17. Cerita Bang Ale November 19, 2017
    • Lianny November 20, 2017
  18. Yati Rachmat November 19, 2017
    • Lianny November 20, 2017
  19. Miranti November 20, 2017
    • Lianny November 20, 2017
  20. Nova DW November 20, 2017
  21. nhie November 20, 2017
  22. Okti Li November 20, 2017
  23. Lina W. Sasmita November 21, 2017
  24. Ata November 21, 2017
  25. April Hamsa November 21, 2017
  26. Anindita Ayu November 21, 2017
  27. Irni Irmayani November 21, 2017
  28. Sary Melati November 22, 2017
  29. Helena November 23, 2017
  30. sari widiarti November 28, 2017
  31. Nita Lana Faera December 5, 2017
    • Lianny December 7, 2017
  32. Beautyasti1 December 11, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  33. Lusi December 12, 2017
    • Lianny December 13, 2017
  34. Indah Nuria January 4, 2018
  35. Ersa February 1, 2018
    • Lianny February 4, 2018
  36. deni oktaviano March 1, 2018
    • Lianny March 1, 2018

Leave a Reply

My Instagram