Resep Adonan Tanpa Ulen 3 In 1 (Pizza, Donat, Roti)

 

Resep Adonan Tanpa Ulen 3 In 1 (Pizza, Donat, Roti)

 

Bikin roti itu asyik, cuma sayangnya bagian menguleni adonan itu yang bikin tangan pegel dan berotot #eh. Baru 10 menit ngulen adonan, udah nggak kuat, faktor umur juga pengaruh kali ya hahaha. Jadi makin pengin beli mixer yang bisa menguleni adonan sampai kalis, kan enak banget tinggal dibentuk dan panggang saja jadinya, doain segera keturutan ya *nabung duluuu πŸ˜€

Minggu lalu aku bikin roti lagi, tapi berhubung males nguleni manual, aku pakai resep adonan tanpa ulen 3 in 1 dari Lily Chan dengan sedikit modifikasi, margarin aku ganti butter biar lebih lembut dan wangi. Kenapa dinamakan 3 in 1? Karena adonan ini selain bisa dibuat roti juga bisa dibuat donat dan pizza. Tinggal pilih saja mau bikin apa. Untuk pizza cukup sekali proofing, sedangkan untuk donat dan roti butuh dua kali proofing.

Baca juga: No Knead Bread a la Sangjin Ko – Roti Empuk dan Lembut Tanpa diuleni, tanpa Telur

 

Nah aku iseng sih nyobain bikin ketiganya pakai satu resep adonan ini. Teksturnya sudah pasti akan lebih mulus adonan yang diuleni ya tapi hasilnya tetap empuk kok meskipun tanpa ulen.

Oya lebih baik dimakannya sehari habis ya, karena lebihΒ  dari satu hari mungkin hasilnya nggak empuk lagi dan lebih seret. Mungkin lho ya, aku juga belum membuktikannya karena roti yang kubuat ini nggak sampai setengah hari sudah ludes dimakan ketiga anakku, nggak sampai nginep sampai besok paginya sih. Resep adonan tanpa ulen 3 in 1 (pizza, donat, roti) kutulis di bawah ini, ya!

 

Bahan Adonan Tanpa Ulen 3 In 1

 

Resep Adonan Tanpa Ulen 3 In 1 (Pizza, Roti, Donat)

Bahan:

250 gr tepung cakra

100 gr tepung segitiga biru

60 gr gula pasir (untuk pizza takaran gula bisa dikurangi)

1 telur ukuran sedang

1 sachet susu bubuk full cream vanilla (27 gr)

7 gr ragi (bisa pakai fermipan)

45 gr butter (kalo pakai butter unsalt, tambahkan sejumput garam)

175 ml air hangat

 

Cara membuat:

  1. Masukkan ragi + 1 sdm gula (ambil dari 60gr gula) ke dalam gelas berisi air hangat. Tutup, diamkan 6-7 menit. Jika ragi aktif akan berbusa. Jika ragi tidak berbusa tandanya ragi tidak layak pakai .
  2. Campur tepung terigu, susu dan sisa gula dalam satu wadah baskom. Tuang campuran ragi ke dalam campuran bahan kering. Lalu tambahkan telur, aduk menggunakan sendok hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan butter, kali ini bisa gunakan tangan, remas-remas saja asal tercampur rata. Adonan akan terlihat tidak kalis dan masih lengket. Kumpulkan ke tengah wadah. Tutup dengan plastik, diamkan 15 menit. Setelah 15 menit adonan akan mengembang, tapi tidak sampai 2 kali lipat. Dengan bantuan spatula, tuang adonan ke atas permukaan datar bertabur terigu. Jika adonan lengket, taburi permukaan adonan dengan terigu tipis-tipis saja sambil dipipihkan. Adonan siap dibentuk.

 

Cara Membuat Adonan Tanpa Ulen 3 In 1

 

Untuk Pizza:

  1. Adonan langsung bisa dipakai untuk pizza. Bentuk adonan menjadi bundar pipih, lalu olesi saus dan beri topping (sosis, daging dll) sesuai selera. Tambahkan keju mozzarella agar lebih lezat.
  2. Panggang pake oven di suhu 190 derajat sekitar 10-15 menit (sesuaikan oven masing-masing).

 

Untuk Donat:

  1. Bulatkan adonan, gilas dan bentuk pakai donat cutter atau bisa juga lubangi tengahnya dengan bantuan 2 jari. Diamkan 15 menit sampai mengembang kembali.
  2. Sesudah 15 menit, goreng dalam minyak panas, api kecil. Balik jika bagian bawah sudahΒ  kuning keemasan. Jangan dibolak-balik supaya donat tidak berminyak. Bisa pakai minyak padat untuk hasil gorengan lebih renyah dan tidak berminyak.
  3. Setelah dingin, donat siap diberi topping/glaze sesuai selera.

 

Untuk Roti:

  1. Bentuk adonan sesuai selera, lalu diamkan 15 menit sambil ditutup plastik. Sebelum dipanggang oles dengan susu cair lebih dulu.
  2. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya, panggang di suhu 180 derajat C selama 12 menitan (sesuaikan oven masing-masing).
  3. Untuk hasil roti lebih empuk dan moist, bisa diletakkan wadah tahan panas berisi air panas di rak bagian bawah. Oles dengan butter begitu roti matang.
  4. Selalu simpan roti sesudah panasnya hilang dalam wadah tertutup untuk mencegah roti cepat keras dan kering.

 

 

Adonan Tanpa Ulen 3 In 1Adonan siap dibentuk dan diisi sesuai selera

 

Pizza Tanpa Ulen

 

Pizza Tanpa Ulen

Pizza pakai topping sosis dan keju parut aja, stok keju mozarella di rumah udah habis. Sausnya aku pakai saus BBQ campur dengan saus tomat.

 

Donat Tanpa Ulen

Donat Tanpa Ulen

Untuk donatnya selain bentuk lubang di tengah, aku bikin juga donat bulat biasa. Jadi seperti roti goreng ya hehehe. Kebetulan ada sisa selai blueberry dan matcha, jadi bisa dipakai buat menghias donatnya.

 

Aku bikin roti isi keju dan chocochips

 

Cukup praktis banget, kan. Satu adonan bisa untuk bikin roti, pizza dan donat sekaligus.Tangan juga nggak capek nguleni. Hayuk ah, bikin juga buat weekend besok!

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children

This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

55 Responses to Resep Adonan Tanpa Ulen 3 In 1 (Pizza, Donat, Roti)

  1. Noe says:

    Wah, ternyata simple ya. Aku mai cobaaa πŸ˜€

  2. nur rochma says:

    Mba Lianny, aku simpen resepnya ya. Aku belum pernah berhasil bikin roti. Apa kalau belajar sendiri (otodidak) susah ya. Nggak tahu kenapa.

  3. Tia says:

    wih mantep..
    aku juga paling males bgt nguleninnya.
    pegel.. hehehe

  4. Rahmi says:

    Rajinnya masak mba Liii. Aku punya tepung donat instan aja ngga dibuat2 πŸ˜…πŸ˜…

  5. Waaah ini dia resep asik tanpa nguleni, hihiii
    Aku udah luamaaa gak pernah bikin roti karena males pegel-pegel. Kecuali kalo si bungsu di rumah, bisa bantuin lah bikinnya emak tinggal bentuk-bentuk cantiiik, hihii

  6. Hastira says:

    wah selalu enak lihat hasil masakan mbak sih

  7. Wah wah, praktek-able banget nih artikelnya. Saya selama ini emang paling males bikin roti, donat, atau pizza di bagian nguleninya. Cobain tips mak Lia ah. Kali aja hasilnya bisa secantik dan seenak bikinan Mak Lia. πŸ˜€

  8. enny says:

    izin share ke fb mba, ntar kalau sempat segera dieksekusi hehe πŸ˜€

  9. Enci harmoni says:

    Saya kalo bikin roti selalu ulen, meskipun gak kalis bener kyk para ahli, ntarvkapan kapan nyobain yg no ulen ini

  10. Astin says:

    Mbaak, aku pernah pakai cara yg raginya dimasukkan ke dalam air hangat begini, waktu bikin donat. Jd gak cape ngulen. Tapi hasilnya agak keras, iti kenapa ya?

    • Lianny says:

      Kalo yang tanpa ulen memang nggak bisa dibandingin dengan adonan yang diulen, meskipun sama-sama empuk ya.
      Faktor ragi pengaruh juga, selalu pakai ragi yang aktif, cirinya berbusa saat dimasukkan dalam air hangat sekitar 10 menitan.

  11. Enny Mamito says:

    Saya paling sering bikin donat. Lebih gampang dan orang serumah doyan semua 😁

  12. Winda says:

    Wah, cuss ah praktek, aku paling males ngulen, capeekkkkk hahahaaa 🀣

  13. Enny Law says:

    wah gmpng nih pgn coba bikon pizzanya nih

  14. Asikk ada resep anti ribet tapi teryata berguna bangeet. Mbaa, ini yang susah menurutku adalah nguleninyaaa. Hehheee

  15. agi pranoto says:

    wah adonannya serbaguna banget, cuma sayang sehari harus habis ya… Pengen nyoba cari cara biar adonannya bisa disimpen dan gak seret ah, kan lumayan biar irit waktu ((ketauan banget pemalesnya hihihi))

    • Lianny says:

      Segera disimpan di plastik atau wadah tertutup rapat begitu matang dan uap panas hilang, tapi kalo bisa sih memang sehari habis hehe

  16. Cerita Bang Ale says:

    Aku mau coba buat pizzanya mbak. Saya pernah bikin juga tapi kyknya pas proses menggembang adonannya gagal krn takarannya salah. Mau coba bikin lagi deh. Thanks ya mbak

  17. Yati Rachmat says:

    Lianny, emang ada mixer yang langsung bisa ngulenin ampe halus? Pasti mahal, ya. Semoga cepat tabungannya berat bobonya, hehe… Bunda paling suka pizza tapi dengan topping keju yang bejibun, hehe…lagi deh. Mau copas resepnya boleh ya, biar anak bunda yang bikin. Tq.

    • Lianny says:

      Iya, pakai mixer bisa ulen sampai kalis Bunda, tinggal kita bentuk2 aja dan panggang deh. Cuma memang rada mihil harganya hihi πŸ˜€

  18. Miranti says:

    Aamiin. Aku juga ada wishlist buat beli alat bebikinan roti gini nih, yg tinggal masukin bahan trus ongkang2 kaki langsung jadi. Harganya mayan soalnya πŸ˜€

  19. Nova DW says:

    Baca resepnya simple nih. Bisa buat 3 jenis kue. Sepertinya boleh dicoba ^^
    Apalagi lihat hasilnya … Hmmm… Mupeng deh hehe

  20. nhie says:

    satu adonan bisa jadi 3 jenis makanan. enaaaknyaa

  21. Okti Li says:

    Bedanya mentega eh margarin sama butter itu apa Mbak?
    Kira in beda bahasa aja untuk satu barang yg sama.
    Kalau mbak butuh mixer saya butuh oven nih hahaha, curhat

  22. Oh God, ngelap iler. Itu roti buatan sendiri semua Mbak? Huaaa. Aku maulah jadi tetangganya Mbak Lianny wkwkk.

  23. Ata says:

    Yang bikin maju mundur kalo mau bikin roti sebenernya pas menguleni, jadi kalo ada resep tanpa diuleni bikin pengin coba, ga capeeeek 😁

  24. April Hamsa says:

    Baca postingan ini pagi2 jd lapeeerr haha.
    Ooo ternyata memungkinkan ya mbak bikin roti tanpa diuleni. Saya sih gpp gk alus rotinya yg penting empuk dan enak haha TFS yaa

  25. Anindita Ayu says:

    Bisa langsung dipraktekkan nih mbak resepnya.. Sepertinya simpel ya.. ^^

  26. wah seru neh mbak. bisa bervariasi buatnya.

  27. Sary Melati says:

    Kalau nemu resep-resep praktis kayak gini pasti kubookmark dan kasih ke anakku. Soalnya dia senang banget bikin2 kue. Makasih, ya, gak perlu ngulenin sampe keringetan lagi deh sekarang hihihi

  28. Helena says:

    Huwooo aku suka tanpa ulen. Ga pegel banting-banting adonan. Langsung save!

  29. dulu kalau mau bikin donat yang bikin capek ya uleni sampai kalis, resep ini gampang banget, apalagi musim hujan doyannya pengin ngemil aja πŸ˜€

  30. Wah terigunya pakai 2 macam ya, Ci. Hasilnya mungkin akan lebih bagus dari yang saya pernah bikin, haha… Karena waktu itu cuma pakai segitiga biru aja. Udah lama nggak bikin donat atau pizza gini. Ntar bikin pakai resep ini aja deh πŸ˜€

  31. Beautyasti1 says:

    Ngga pakai mixer berarti di remas remas aja adonannya seadanya gitu ya mba? Intinya udah jadi adonan, walau ga ngembang banget it’s ok ^^ aku kurang paham masak tapi ini boleh dicoba hehehe

  32. Lusi says:

    Waaa asik tanpa ulen soalnya kalau ada ulen menguleni aku gagal maning, gagal maning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *