Kuliner Reviews & Sponsored

Pecel Walisongo Jember

 

pecel walisongo jember

 

Siapa yang suka makan nasi pecel ?

Nasi pecel adalah makanan favoritku sejak dulu. Kalau diajak makan di luar, keluargaku sudah tau menu apa yang akan kupesan. Apalagi kalau bukan nasi pecel hihi, eh tapi kalau nasi pecel nggak ada di menu barulah cari pilihan menu lainnya.

Nggak bosan makan nasi pecel? Ya nggak dong, kan makan nasi pecelnya nggak tiap hari.

Salah satu nasi pecel yang terkenal di Jember adalah nasi pecel Walisongo Jember yang dekat alun-alun kota Jember. Orang-orang menyebutnya nasi pecel Walisongo karena letaknya di gang dekat toko Walisongo di Jalan Raya Sultan Agung Jember. Buka pagi hari sekitar jam 6 pagi sampai 12 siang.

Menurutku, nasi pecel yang bikin enak itu sambal pecelnya. Nasi pecel Walisongo ini memang sambal pecelnya enak dan mantap sekali. Rasanya pedas, cocok nih bagi yang suka makanan pedas.

 

pecel walisongo jember* Letaknya di gang, samping toko Walisongo. Kebetulan hari itu waktu beli nasi pecel kok sepi, jadi bisa foto-foto *

 

Karena tempatnya di dalam gang ya tempat duduknya juga terbatas. Ada bangku panjang yang bisa kita duduki kalau kita ingin makan langsung di tempat. Di meja sudah disediakan teh hangat, kita bisa ambil sendiri atau meminta kepada mbak yang melayani. Disediakan juga gorengan seperti ote-ote, ketela goreng, pisang goreng dll di mejanya. Setelah makan selesai, baru kita bayar.

 

pecel walisongo jember* Minuman dan aneka gorengan tersedia di meja *

 

Untuk nasi pecelnya sendiri, isinya sayuran, lodeh tewel, oseng tahu, tempe goreng, daging sapi dan peyek teri. Peyek terinya enak deh, tapi nggak bisa nambah hiks. Harga seporsi nasi pecel saat aku terakhir beli 2 minggu lalu Rp 13.000.

 

nasi pecel walisongoSumber gb : FB Pecel Walisongo by  MissJink Aremanita S

 

Kita bisa menambah lauk lainnya, tentu saja dengan harga lauk yang bervariasi. Lauknya ada empal, dendeng ragi, telur ceplok, perkedel, paru, sate telur puyuh, dadar jagung, telur dadar dan peyek udang. Kalau datang agak pagi, biasanya lauk tambahannya belum lengkap. Selain nasi pecel menu lainnya adalah nasi rawon. Kalau nasi rawonnya aku belum pernah beli.

 

kuliner jember : pecel walisongo jember* Aneka macam lauk yang bisa kita pilih sebagai pelengkap nasi pecel. Tanpa lauk tambahan sebenernya juga sudah cukup karena di nasi pecelnya sudah ada daging sapinya. Minta nasi pecel dengan sayur saja tanpa daging juga boleh kok. *

 

Cuma sekali saja aku pernah makan langsung di tempatnya, biasanya lebih suka beli kubawa pulang. Satu bungkus nasi pecel ini biasanya kumakan bareng dengan suami, jadi sebungkus berdua hihi. Aku nggak mau dagingnya, lebih memilih tempe aja deh daripada dagingnya.

Porsi nasinya nggak terlalu banyak, yang banyak itu lauknya. Kalo makan sebungkus sendiri aku kepedesan. Jadilah sebungkus berdua saja lebih pas, nasinya tinggal nambah nasi sendiri di rumah kalo masih kurang .

 

pecel walisongo jemberDendeng ragi, dadar jagung dan sate telur puyuh. Anak-anak nih yang suka sate telur puyuhnya.

 

pecel walisongo jemberBeli bawa pulang. Sebungkus nasi pecel tambah 2 buah dadar jagung, 1 buah dendeng ragi dan 4 tusuk sate telur puyuh. Total Rp 30.000,-

 

Yang bikin males kalau beli nasi pecel ini adalah saat aku harus antri. Iya, biasanya rame banget yang antri saat aku beli pecel sekitar jam 7 pagi. Kalau kulihat ramenya sudah banyak banget, aku nggak jadi beli biasanya. Males antri berdesakan, belum lagi kalau ada yang main serondol aja, suka nyerobot minta didahulukan. Kalau ingin dilayani cepat, makan nasi pecelnya langsung saja di tempatnya. Biasanya yang makan di tempat memang didahulukan daripada yang beli dibawa pulang sepertiku.

 

pecel walisongoSumber gb : FB Pecel Walisongo by Adinda Mirza A.

 

Lihat saja gambar di atas tadi. Ampun deh, antrian di trotoar mulut gang banyak banget (gambar sebelah kiri). Nah kalo sudah antrinya seperti itu lebih baik aku melipir aja. Yang gambar atas kanan itu kalau makan langsung di tempat, ada bangku panjang buat duduk makan.

Sudah pernah ngerasain makan dalam gang sempit belum? Kalau belum, silahkan nyoba makan pecel Walisongo langsung di tempatnya hehe. Kalo ada orang lewat nuntun sepeda motor, orang-orang yang berdiri antri itu harus minggir dulu lho.

Ini yang bikin antri karena mbak yang melayani cuma 2 orang saja, malah seringnya sih cuma 1 orang. Makanya harus sabar antri deh.

Ehhm tapi kalau sudah kangen berat pingin makan nasi pecel Walisongo, ya terpaksa deh antri juga demi sebungkus nasi pecel ini hahaha. Lha, ada temen yang nggak suka pedas saja bela-belain makan nasi pecel Walisongo ini kalau pas pulang ke Jember. Makannya sambil kepedesen tuh, atau bumbu pecelnya mungkin dimakan dikit aja kali ya.

Nah, teman-teman kalau mampir Jember dan suka pedas, silahkan nyoba sarapan nasi pecel Walisongo Jember ini. Enak dan pasti kangen pingin makan lagi 😀

 

Nasi Pecel Walisongo
Jalan Sultan Agung ( Samping Toko Walisongo)
Jember

 

36 Comments

  1. Budi Mulyono November 19, 2015
    • Lianny November 19, 2015
  2. Rahmah Chemist November 19, 2015
    • Lianny November 19, 2015
  3. Hairi Yanti November 19, 2015
    • Lianny November 19, 2015
  4. astin November 19, 2015
    • Lianny November 19, 2015
  5. nova violita November 19, 2015
    • Lianny November 19, 2015
  6. doni eko November 19, 2015
    • Lianny November 20, 2015
  7. Sary Melati | @saryahd November 19, 2015
    • Lianny November 20, 2015
  8. Noe November 19, 2015
    • Lianny November 20, 2015
  9. @danirachmat November 19, 2015
    • Lianny November 20, 2015
  10. Istiadzah Rohyati November 20, 2015
    • Lianny November 20, 2015
  11. eda November 20, 2015
    • Lianny November 20, 2015
  12. TITIS AYUNINGSIH November 20, 2015
    • Lianny November 21, 2015
  13. Arinta Setia Sari November 20, 2015
    • Lianny November 21, 2015
  14. Ranny November 20, 2015
    • Lianny November 21, 2015
  15. gustyanita pratiwi November 20, 2015
    • Lianny November 21, 2015
  16. Lidya November 22, 2015
    • Lianny November 23, 2015
  17. cputriarty December 4, 2015
    • Lianny December 5, 2015
  18. indah nuria Savitri December 4, 2015
    • Lianny December 5, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.