Resep Masakan

Nikmatnya Rasa Lekker Holland (Boterkoek)

 

Nikmatnya rasa lekker holland (boterkoek)

 

Lekker Holland merupakan kue yang berasal dari negara Belanda. Aslinya nama kue ini adalah  Boterkoek atau kadang disebut dengan Dutch Buttercake. Sesuai dengan namanya, aroma dan rasa butter terasa banget. Kue ini cuma menggunakan 4 bahan dasar saja yaitu tepung, butter, gula dan telur.

Ciri khas kue ini adalah warna kuning keemasan dengan motif garis-garis pada bagian atasnya. Kue aslinya disajikan polos tanpa topping dan biasa disantap dengan cara dipotong kecil-kecil. Tapi sekarang udah banyak tuh yang bikin kue ini dengan berbagai macam topping sesuai selera, misalnya aja chocochips, almond, keju atau kismis.

Rasanya cukup unik, merupakan perpaduan dari kue kering dan cake. Atasnya kering seperti tekstur kue kering pada umumnya tapi bagian dalamnya empuk seperti cake.

Baca juga : Roti Unyil Killer Soft Bread

 

Dari dulu sebenarnya aku pengin bikin kue ini, tapi nggak jadi terus. Akhirnya baru bisa eksekusi tadi siang. Meskipun bikinnya penuh drama, tapi akhirnya berhasil juga hahahaha.

Beneran deh, tadi bikinnya rada kalang-kabut karena peralatan nggak kusiapkan sebelumnya. Minggu lalu kan abis benerin bocor di dapur, sekalian bebersih dapurnya. Peralatan dapur waktu itu kusingkirkan dulu, belum kupilah-pilah lagi.

Nah tadi asal aja sih langsung bikin kue ini, nggak siap alat-alatnya. Waktu belum kelar mixernya, aku matiin dulu, terus cari-cari spatula. Udah ketemu, lanjut mixer sampai selesai eh waktu mau nuang adonan ke loyang, loyang kue yang tadi sudah kusiapkan tiba-tiba ilang. Muter-muter cari ternyata loyang nangkring di meja makan, entah tadi ambil apaan ya kok bisa kubawa-bawa ke meja makan tuh loyang.

Belum berakhir, begitu adonan masuk loyang, mau oles kuning telurnya, baru nyadar kuas untuk mengoles nggak ada. Sudah kucari-cari hampir 5 menitan nggak ketemu juga, padahal oven sudah panas tuh, akhirnya kuoles pake sendok. Bisa ditebak kan belepotan banget, nggak bisa rata deh kuning telurnya hiks.

Baca juga: Resep Fudgy Brownies

 

Jadinya tampilan lekker holland yang kubuat ini nggak karuan, jauh dari cantik. Tapi syukurlah rasanya tetap enaaaak. Terbayar sudah rasa penasaranku dengan rasa kue ini. Emang beneran unik deh, atasnya tuh seperti kue kering, teksturnya kering krenyes krenyes gitu tapi dalamnya empuk seperti cake. Yummy!

Dah udahan deh edisi curcolnya, ini  resepnya:

 

bahan lekker hollandBahan membuat Lekker Holland : Tepung, gula, telur, butter dan vanila essence

 

Resep Lekker Holand (Boterkoek)

Bahan:

200 gram butter

250 gram tepung terigu (aku pake kunci biru)

140 gram gula pasir halus

½ sdt vanilla essence

1 butir telur

Bahan olesan: 1 kuning telur

Taburan: almond, chococips, kismis ( sesuai selera) secukupnya

 

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang. Alasi kertas roti atau oles loyang dengan mentega dan taburan tepung.

2. Kocok margarin, telur dan gula pasir dengan mixer sampai mengembang pucat (sekitar 10 menit)

3. Masukkan vanilla essence, kocok sampai rata.

4. Kemudian masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.

5. Tuang adonan ke dalam loyang. Olesi dengan kuning telur dan kerat kerat dengan garpu.

6. Taburi dengan topping secukupnya sesuai selera.

7. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat selama 30 menit atau sampai matang (sesuaikan oven masing-masing)

8. Angkat, dinginkan baru potong-potong kecil.

 

Simak step by stepnya ya:

 

cara membuat lekker hollandadonan lekker holland

Tuh kuning telurnya nggak rata hiks. Pasrah dengan bentuknya yang amburadul ini, langsung masukin oven

 

resep lekker holland

Toppingnya sengaja kubagi dua, kismis dan chocochips

 

lekker holland (boterkoek)

Abaikan tampilannya yang nggak cantik ini, yang penting rasanya enak hahaha

 

lekker holland

 

Nikmatnya rasa lekker holland

Aku buat ini pake loyang ukuran 22×22 cm jadi masih ketebelan menurutku, lebih enak pake loyang 28×28 atau 30×30 cm jadi ntar kuenya bisa lebih tipis dan pastinya lebih enak lagi.

 

Lekker Holland ini cocok banget dimakan saat hujan-hujan gini, ditambah dengan teh hangat. Aaah, nikmat!

Oya hati-hati kalo mau ngeluarin kue dari loyang, tunggu dingin dulu biar nggak hancur ya.  Yuk, langsung eksekusi aja deh resepnya biar bisa merasakan nikmatnya rasa lekker holland (boterkoek) ini!

 

57 Comments

  1. Syahransyah October 29, 2016
    • Lianny October 30, 2016
  2. rahmiaziza October 30, 2016
    • Lianny October 30, 2016
  3. Rach Alida Bahaweres October 30, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  4. kapalbesar October 30, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  5. Winda Carmelita October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  6. MeriskaPW October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  7. Shona Vitrilia October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  8. Nia Haryanto October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  9. Kinesio Tape October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  10. Mumu Ahmad October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  11. Molly October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  12. Haeriah Syamsuddin October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  13. monalisadeborah October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  14. Aira Kimberly October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  15. bundashidqi lia October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  16. echaimutenan October 31, 2016
    • Lianny October 31, 2016
  17. Ira duniabiza November 1, 2016
    • Lianny November 1, 2016
  18. tutyqueen November 1, 2016
    • Lianny November 1, 2016
  19. Sary Melati November 1, 2016
    • Lianny November 1, 2016
  20. Rosanna Simanjuntak November 2, 2016
    • Lianny November 2, 2016
  21. Indah Nuria Savitri November 2, 2016
    • Lianny November 2, 2016
  22. fanny fristhika nila November 3, 2016
    • Lianny November 3, 2016
  23. retno November 3, 2016
    • Lianny November 3, 2016
  24. bagiinfo November 5, 2016
    • Lianny November 5, 2016
  25. adipura November 5, 2016
    • Lianny November 8, 2016
  26. Hanna November 7, 2016
    • Lianny November 7, 2016
  27. Ria November 8, 2016
    • Lianny November 9, 2016
  28. Gustyanita pratiwi November 9, 2016
    • Lianny November 9, 2016
  29. okistudio November 13, 2016

Leave a Reply