Resep Masakan

Menu Sahur Praktis dan Cepat

 

Udah punya rencana mau masak menu sahur apa besok pagi? Paling enak, pilih masakan yang praktis aja kan ya buat sahur, yang bikinnya bisa cepet. Kebayang kan kalo telat bangun, ngantuk, masih harus bikin masakan yang ribet. Ntar nggak keburu buat sahur. Nah beberapa menu sahur praktis dan cepat ini mungkin bisa jadi ide buat teman-teman yang bingung mau masak apa buat sahur.

 

Menu Sahur Praktis dan Cepat

 

    1. Aneka Tumis Sayur

 

menu sahur

 

Masakan apa lagi yang paling cepet bikinnya kalo bukan tumis sayur. Bahannya cuma bawang putih aja, garam, gula, dan merica sesuai selera. Biar nggak bosan, sayuran bisa diganti tiap hari. Hari ini tumis sawi, besok bisa kacang panjang, labu siam, genjer, buncis dll. Praktis dan sehat tentunya, ya!

 

      2. Aneka Sayur bening

 

menu sahur

 

Kenapa dinamakan sayur bening? Mungkin karena kuahnya bening kali ya hehe. Bikinnya gampang, tinggal cemplang cemplung doang. Sayur bening yang gampang bikinnya adalah :

  • Sayur bening bayam, yang kadang disebut juga dengan  ‘jangan bayem’ atau ‘jangan kunci’. Bahan utama cuma jagung manis dan bayam. Jagung biasa juga nggak apa-apa, tapi kalo ada jagung manis pasti lebih nikmat. Cukup rebus jagung manis dalam panci berisi air, kemudian masukkan bayam, kunci, bawang merah. Beri garam dan gula sesuai selera.
  • Sayur bening gambas. Gambas atau biasa disebut oyong juga enak dibuat sayur bening. Tinggal tumis bawang putih, masukkan potongan gambas, beri air sesuai yang diinginkan. Masukkan garam, gula, merica sesuai selera. Kalo aku biasanya pakai telur juga. Telur dikocok terlebih dahulu baru dimasukkan ke dalam sayur bening tadi, aduk-aduk hingga kocokan telur membentuk serabut-serabut, masak sampai matang.

 

3. Aneka olahan daging

 

menu sahur praktis dan cepat

 

Pilih masakan daging sapi atau daging ayam yang bikinnya gampang dan cepat untuk menu sahur. Untuk daging sapi bisa dimasak daging teriyaki, resep bisa dilihat di postingan 5 Macam Olahan Daging Sapi Yang Cocok Untuk Anak. Untuk ayam bisa dimasak jadi ayam tanpa tulang krispi. Caranya, Iris tipis fillet ayam, bumbui bawang putih dan garam, celupkan ke dalam adonan tepung basah lalu celupkan ke tepung kering dan goreng hingga kuning keemasan.

 

4. Nasi goreng

 

menu sahur

 

Kalo nasi putih yang masak semalam masih ada sisa, bisa nih dibikin nasi goreng. Untuk pelengkapnya aja (sosis, nugget, bakso sapi, corned beef dll) yang dibikin beda tiap harinya.

 

5. Oatmeals

 

menu sahur

 

Oatmeals juga bisa jadi menu sahur praktis dan cepat. Bisa ditambah buah-buahan agar semakin nikmat.

 

6. Lauk gorengan

 

menu sahur

 

Sebagai tambahan lauk, bisa tempe, tahu, telur, atau ikan yang digoreng.

 

7. Buah

 

menu sahur praktis

 

Buah-buahan nggak boleh ketinggalan ya untuk sahur. Bisa dipotong-potong biasa aja, atau mungkin bisa disajikan sebagai jus buah.

 

Itulah beberapa menu sahur praktis dan cepat yang bisa dibuat. Akan semakin komplit jika digabungkan, minimal ada sayur, lauk dan buah.  Misalnya saja, menu sahur untuk besok: Tumis buncis, daging sapi teriyaki, buah-buahan. Menu sayur untuk lusa: Sayur bening oyong, ayam buang tulang krispi, buah-buahan dsb.

 

Jangan lupa untuk menyiapkan:

  • Frozen food, semacam nugget, siomay, bakso dsb. Ntar tinggal dikukus atau digoreng sebentar, taraa… masakan udah siap.
  • Telur. Selalu sedia telur di rumah. Telur bisa disajikan dengan direbus, dibuat telur dadar atau paling gampang ya telur ceplok, 5 menit udah siap deh masakannya.
  • Buat bumbu dasar seperti bumbu dasar putih dan bumbu dasar merah, masukkan toples dan simpan di kulkas. Memasak akan lebih cepat karena udah nggak perlu menyiapkan bumbu lagi.
  • Buat yang suka pecel, bisa beli bumbu pecel kemasan. Ntar tinggal nyiapin sayurannya aja waktu sahur.
  • Buat masakan yang bisa disimpan di kulkas dan disajikan esok harinya, contohnya rawon. Masaknya sore, ntar besok pagi tinggal diangetin aja buat makan sahur.
  • Sedia mie instan. Kalo telat bangun, lupa belum masak nasi, bolehlah langsung masak mie instan. Tapi ya jangan tiap hari menu sahur pakai mie instan, nggak bagus juga kan buat perut.
  • Makanan kering semacam abon, kering kentang/tempe dsb. Ini senjata pamungkas kalo benar-benar nggak sempat masak, tinggal ambil dan makan aja abon atau kering kentang/tempe. Tapi jangan lupa ya nasi putihnya sudah harus ada. Jangan sampai lupa, menu sahur udah siap, mau makan, eh baru nyadar kalo lupa belum masak nasi. Gawaat! 😀

 

Menu sahur apa yang teman-teman biasa masak? Share yuk, di komen!

 

 

30 Comments

  1. Okti Li May 23, 2018
    • Lianny May 25, 2018
  2. Rusydina Tamimi May 23, 2018
    • Lianny May 25, 2018
  3. Cikasur May 23, 2018
    • Lianny May 25, 2018
  4. Empritkaji May 23, 2018
    • Lianny May 25, 2018
  5. Munasyaroh May 24, 2018
    • Lianny May 25, 2018
  6. Indah Nuria May 24, 2018
    • Lianny May 25, 2018
  7. Indira May 24, 2018
    • Lianny May 25, 2018
  8. Rina May 25, 2018
    • Lianny May 25, 2018
  9. Gustyanita Pratiwi May 26, 2018
    • Lianny May 26, 2018
  10. Rudi G. Aswan May 26, 2018
    • Lianny May 28, 2018
  11. Mayuf May 27, 2018
    • Lianny May 28, 2018
  12. Fanny Fristhika Nila May 27, 2018
    • Lianny May 28, 2018
  13. Retno May 28, 2018
    • Lianny May 28, 2018
  14. Beautyasti1 May 28, 2018
    • Lianny May 28, 2018
  15. Himawan Sant June 6, 2018
    • Lianny June 7, 2018

Leave a Reply