Kuliner

Mencicipi Oleh-Oleh Khas Pekanbaru

 

Mencicipi Oleh-Oleh Khas Pekanbaru

 

Sudah pernah mencicipi makanan, oleh-oleh khas Pekanbaru?

Ternyata Pekanbaru terkenal juga dengan duriannya, tak heran selain durian aslinya, banyak dijumpai juga aneka olahan durian di sini. Sebut saja: lempuk durian, dodol durian, pancake durian dan selai durian yang dijadikan oleh-oleh khas kota ini.

Sebenarnya oleh-oleh khas Pekanbaru tidak hanya makanan aja, tapi juga aneka souvenir lainnya seperti gantungan kunci, juga kaos dan Batik Riau yang memiliki corak atau motif Melayu. Paling praktis memang gantungan kunci ya, karena bentuknya yang kecil dan harganya tentu jauh lebih murah dibanding oleh-oleh khas Pekanbaru lainnya.

Suami ke Pekanbaru 2 minggu lalu, pulang bawa oleh-oleh. Asyik deh bisa mencicipi oleh-oleh khas Pekanbaru yang belum pernah kami coba sebelumnya.

 

Oleh-oleh khas Pekanbaru yang kami coba:

Lempuk Durian

Lempuk durian ini komposisi bahannya cuma durian dan gula, jadi sangat terasa sekali duriannya, serasa makan durian sungguhan tapi lebih manis. Lempuk yang besar teksturnya lebih kasar dan padat. Sedangkan yang ukuran kecil-kecil lebih halus. Tapi untuk rasa sepertinya sama aja sih. Lebih praktis memang beli yang ukuran kecil, sekali makan. Yang ukuran besar makan satu biji bakalan kenyang hahaha, bisa dipotong-potong biar lebih gampang makannya. Bagi yang suka durian, pasti suka deh oleh-oleh khas Pekanbaru satu ini.

 

Lempuk Durian BesarLempuk Durian yang besar, per biji Rp 16.000

 

Lempuk Durian kecilLempuk durian yang kecil, 1 kotak besar isinya 12 biji. Harga Rp 50.000,-

 

Dodol Durian

Dodol durian bahan dasarnya: durian, ketan, kelapa dan gula. Teksturnya lebih halus dibanding lempuk durian. Rasanya manis legit seperti kebanyakan dodol lainnya, ada rasa duriannya tapi nggak sebanyak lempuk durian.

 

Dodol Durian

Dodol durian kotak kecil, isi 4 biji. Harga Rp 11.000,-

 

Bolu Kemojo

Dari bentuknya saja, kue ini sudah tampak menarik. Bentuk kuenya serupa dengan bunga kemboja, cocok sekali dengan nama kue ini, bolu kemojo. Dari kotak kemasan yang kubaca, kue bolu ini ternyata banyak varian rasanya, antara lain pandan, durian, jagung, nangka, kentang dan pisang. Bolu kemojo berbahan dasar tepung terigu, telur, gula putih, mentega dan santan. Yang aku coba adalah varian rasa nangka. Teksturnya padat, kenyal dengan potongan-potongan kecil nangka di dalamnya. Hhhmm rasanya manis dan enak.

 

Bolu Kemojo

Bolu kemojo nangka, harga Rp 15.000

 

Kacang pukul

Bagi yang suka kacang, boleh dicoba kacang pukul ini. Tumpukan kacangnya terasa gurih dan manis. Kacang pukul ini mirip dengan ting-ting gepuk rasanya.

 

Kacang Pukul

Satu kotak isi 5 bungkus, dalam 1 bungkus terdapat 3 buah kacang pukul seperti dalam gambar. Harga Rp 24.000

 

Dari semua oleh-oleh khas Pekanbaru ini, aku paling suka bolu kemojo. Bisa ditebak, karena aku nggak terlalu suka dengan durian hehehe. Pengin icip bolu kemojo varian rasa lainnya, sayang nih suami beli bolu kemojo cuma 1 aja 🙂 Nggak berani beli banyak karena penjualnya waktu itu bilang tahan 3 hari, takutnya sudah nggak enak saat sampe rumah.

Dibanding lempuk durian, aku lebih suka dodol duriannya karena rasa durian tidak terlalu banyak. Tapi bagi penyuka durian, wajib beli Lempuk durian, rasa duriannya mantap deh, kerasa banget!

 

MegaRasa pusat oleh-oleh khas Pekanbaru

 

Suami belinya di Mega Rasa, salah satu pusat oleh-oleh khas Pekanbaru. Di kardusnya yang kubaca, banyak juga aneka makanan yang dijual di situ, antara lain: lempuk durian, bolu kemojo, kacang pukul, kue bangkit, kue satu, amplang tengiri, noget, dodol durian, dodol kedondong, dodol sirsak, dodol cempedak, lempuk sirsak, roti riau, wajik tapai melayu, salai ikan patin, keripik nenas, kerupuk ikan patin dan peyek ikan. Wuah banyaknyaaaa!!

 

Mega Rasa

Jl. Sudirman no. 397 B

Pekanbaru – Riau

Telp (0761)40878, 085100772891

38 Comments

  1. momtraveler August 1, 2016
    • Lianny August 1, 2016
  2. Nyi Penengah Dewanti August 1, 2016
    • Lianny August 1, 2016
  3. Rach Alida Bahaweres August 1, 2016
    • Lianny August 1, 2016
  4. Ophi Ziadah August 1, 2016
    • Lianny August 1, 2016
  5. Gustyanita Pratiwi August 1, 2016
    • Lianny August 1, 2016
  6. HM Zwan August 1, 2016
    • Lianny August 1, 2016
  7. Rotun DF August 1, 2016
    • Lianny August 2, 2016
  8. Ratna Dewi August 1, 2016
    • Lianny August 2, 2016
  9. tutyqueen August 1, 2016
    • Lianny August 2, 2016
  10. fanny fristhika nila August 1, 2016
    • Lianny August 2, 2016
  11. Ila Rizky August 2, 2016
    • Lianny August 2, 2016
  12. April Hamsa August 2, 2016
    • Lianny August 2, 2016
  13. Noe August 8, 2016
    • Lianny August 13, 2016
  14. indah savitri August 9, 2016
    • Lianny August 13, 2016
  15. Lidya August 9, 2016
    • Lianny August 13, 2016
  16. Ranny August 17, 2016
    • Lianny August 19, 2016
  17. Nathalia DP August 19, 2016
    • Lianny August 23, 2016
  18. Dwi Puspita September 27, 2016
    • Lianny September 27, 2016
  19. ayu nengsih June 5, 2017
    • Lianny June 6, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.