Kuliner Reviews & Sponsored

Mencicipi Kuliner Solo

 

Mama, Papa, aku, keluarga adik dan kakakku pergi ke Solo di penghujung bulan Desember karena ada adik Mama yang meninggal. Sampe di Solo waktu itu jam 23.00 malam 31 Desember 2015, satu jam sebelum pergantian tahun. Besok siangnya kami sudah meninggalkan kota Solo, menginap di Semarang dulu sebelum melanjutkan perjalanan pulang kembali ke Surabaya tanggal 2 Januari 2016. Tiga hari perjalanan yang melelahkan karena bisa dibilang 2 hari ada di jalan.

Nggak sempat mencoba aneka kuliner terkenal di Solo seperti serabi, timlo, selat solo dan nasi liwet. Cuma sempat makan nasi gudeg Nini Thowong, minum es bagong di Pondok Pari Garden resto dan beli oleh-oleh bakpia Balong aja buat dibawa pulang.

Lumayanlah daripada enggak sama sekali, kan. Lha memang ke Solonya bukan direncanain untuk liburan dan perginya juga mendadak banget. Ntar cerita tentang nginepnya aku ceritain di postingan terpisah ya 🙂

 

Ini 3 kuliner Solo yang sempat kucicipi :

 

Gudeg Nini Thowong

Dapat bungkusan nasi gudeg, di kardusnya yang bernuansa warna ungu itu tertulis Nini Thowong. Namanya unik banget, kok jadi ngebayangin yang serba serem hihihi. Tapi makanannya ternyata nggak serem lho, malahan enak menurutku. Baru buka kardus dan lihat penampakan gudegnya aja sudah bikin ngiler, apalagi waktu itu pas sedang laper-lapernya hehe.

 

gudeg nini thowong

 

gudeg nini thowong

 

Gudegnya nggak berwarna kecoklatan seperti gudeg Jogya yang manis. Gudeg Nini Thowong ini nggak terlalu manis, cocok dengan seleraku. Ayamnya empuk, telur pindangnya enak, kreceknya juga enak. Apalagi makannya dengan sambalnya juga, mak nyus deh.

Selain di Solo, ternyata depot Nini Thowong yang berdiri sejak th. 1980 ini ada juga di Jakarta. Depot Nini Thowong ini awalnya hanya menjual es saja, seiring waktu akhirnya menyajikan juga menu masakan Indonesia seperti gudeg, rawon, racikan selat, bakmi ketoprak, tahu acar, soto sulung dll. Aneka es di depot Nini Thowong terkenal enak, kata keluargaku yang tinggal di Solo. Wuah jadi pingin minum es nya. Kapan-kapan kalo pas pergi ke Solo, wajib mampir deh nyobain es nya.

 

Depot Es dan Masakan Indonesia Nini Thowong
Sedia : Aneka minuman segar khas Solo
Alamat : Jl Arifin No. 32+59
Solo, Jawa tengah 57129, Indonesia
Phone : +62 271 632611

 

Es Bagong

Ketemu dengan keluarga di Solo, kami diajak makan siang di Pondok Pari Garden Resto. Kami memilih duduk lesehan biar lebih nyantai. Karena sudah kenyang makan nasi gudeg Nini Thowong, aku memilih minum saja. Melihat deretan nama minuman di menu, aku langsung tertarik dengan 3 nama es yang terpampang di situ, es bagong, es gareng dan es petruk. Akhirnya aku memilih es bagong karena melihat fotonya tampaknya seger banget deh es bagong ini. Begitu tersaji di meja, es bagong dengan tampilannya yang cantik itu jadi pusat perhatian, alhasil karena penasaran keponakan dan 2 saudaraku yang lain pesan es bagong juga hihihi.

 

Es Bagong Pondok Pari Garden Resto

 

Es Bagong Pondok Pari Garden Resto

 

Isi dari es bagong ini adalah kelapa muda, selasih, potongan jambu biji dan strawberry. Berpadu dengan susu dan sirup, es bagong ini terasa manis, terlalu manis sih kalo buatku. Hhhhmmm segarnya es bagong ini, apalagi saat itu hawa sedang panas-panasnya.

 

Pondok Pari Garden Resto
Address : Jl. Arif Rahman Hakim 79 (Kepunton)
                 Solo, Jawa Tengah, Indonesia

 

Bakpia Balong

Mampir di toko bakpia balong, beli bakpia buat oleh-oleh. Ternyata bakpia balong ini memiliki berbagai macam isi yaitu kacang hijau, kacang hitam, daging babi, cokelat, keju, cokelat keju dan durian. Satu bungkusnya terdiri dari 5 buah bakpia, harganya Rp 25.000 kecuali bakpia keju harganya Rp30.000 dan bakpia durian harganya Rp 35.000. Kemasan untuk bakpia durian ini beda sendiri. Aku pingin nyoba yang isi keju tapi sudah habis. Kalo favoritku sih tetep yang rasa kacang hijau dan cokelat.

 

BAKPIA BALONG SOLO

 

BAKPIA BALONG SOLO

 

Bakpia Balong (Bakpia Sumber Rejeki)
Address : Jl. Balong 66 / Kapten Mulyadi 17 Solo
Phone : 0271 636125

 

Yup, itulah tiga kuliner solo yang sempat aku cicipi. Mungkin di lain waktu bisa mencicipi aneka kuliner lain yang terkenal di Solo.

 

48 Comments

  1. cputriarty January 10, 2016
    • Lianny January 10, 2016
  2. Suzuki Ciaz Semarang January 10, 2016
    • Lianny January 11, 2016
  3. Ranny January 10, 2016
    • Lianny January 10, 2016
  4. ivo January 10, 2016
    • Lianny January 11, 2016
  5. Ade anita January 10, 2016
    • Lianny January 11, 2016
  6. Dwi Puspita January 10, 2016
    • Lianny January 11, 2016
  7. Nefertite Fatriyanti January 10, 2016
    • Lianny January 11, 2016
  8. Rach Alida Bahaweres January 11, 2016
    • Lianny January 11, 2016
  9. Gustyanita pratiwi January 11, 2016
    • Lianny January 11, 2016
  10. Dewi Rieka January 11, 2016
    • Lianny January 11, 2016
  11. Chiisana Sekai January 11, 2016
    • Lianny January 12, 2016
  12. Budi Mulyono January 11, 2016
    • Lianny January 12, 2016
  13. Dedy Akas Website January 11, 2016
    • Lianny January 12, 2016
  14. Arinta Setia Sari January 11, 2016
    • Lianny January 12, 2016
  15. ipeh alena January 11, 2016
    • Lianny January 12, 2016
  16. Alaika January 11, 2016
    • Lianny January 12, 2016
  17. Prih January 11, 2016
    • Lianny January 12, 2016
  18. Lidya January 12, 2016
    • Lianny January 12, 2016
  19. Fita Chakra January 12, 2016
    • Lianny January 12, 2016
  20. Winda Carmelita January 13, 2016
    • Lianny January 14, 2016
  21. indah nuria Savitri January 13, 2016
    • Lianny January 14, 2016
  22. Noe January 15, 2016
    • Lianny January 15, 2016
  23. Orang Sunda Asli February 23, 2016
  24. Gayahidupku.com June 14, 2016
  25. Sekolah Kapal Pesiar Yogyakarta October 26, 2016
  26. KAOS FULL PRINT October 31, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.