Reviews & Sponsored

Membeli Rumah Idaman dengan KPR

 

Pernah nggak, saat menginap di hotel atau pergi ke suatu tempat yang baru, eh malah nggak bisa tidur. Apalagi saat hari pertama menginap, meskipun mata sudah dimerem-meremin tapi tetap nggak bisa tidur juga. Lain kalau di rumah sendiri, meskipun kadang kasur berantakan banget, begitu ketemu bantal, beberapa menit aja kita sudah ada di alam mimpi hahaha. Itu aku! Ada yang mengalami hal yang sama? Hayo ngacung!

Jadi setuju deh kalo ada yang bilang β€œRumahku adalah Istanaku” atau β€œTempat ternyaman adalah rumah sendiri.” Apalagi jika rumah yang kita tinggali itu adalah rumah kita sendiri, bukan kost atau rumah kontrakan ya.

 

Membeli Rumah Idaman dengan KPRPernah nginep di villa ini bareng keluarga besar saat libur Lebaran tahun 2011 lalu. Aku selalu suka dengan rumah yang terasnya luas seperti ini, rasanya nyaman banget duduk nyantai di situ.

 

Kalau aku pribadi sih, seneng banget kalau punya rumah sendiri meskipun ukurannya kecil. Udah ngerasain tinggal di rumah kontrakan. Dan beberapa kali terpaksa pindahan rumah juga karena si pemilik kontrakan tidak memperpanjang masa kontrak. Duh, paling males kalau pindahan, rempong bangeeeeet. Harus sewa kendaraan untuk mengangkut barang-barangnya dan packing barang-barang yang begitu banyak. Habis pindahan masih harus menata ulang di rumah kontrakan yang baru. Fiuuuh, betul-betul menguras tenaga, waktu dan dompet tentunya πŸ˜€

Memang, lebih enak kalau punya rumah sendiri. Banyak kok keuntungannya kalau punya rumah sendiri:

  1. Tidak bakal rempong pindahan seperti yang kuceritakan tadi. Pindahan selain bikin rempong juga bisa mengakibatkan barang-barang ada yang rusak atau hilang.
  2. Kita bisa mengatur perabot dan desain rumah sesuai selera kita.
  3. Bisa renovasi rumah sewaktu-waktu. Misalnya saja menyekat ruangan, pasang AC, menambah 1 kamar, membangun garasi, merombak kamar mandi dll. Semua bisa dilakukan jika itu rumah milik kita sendiri. Pemilik kontrakan biasanya tidak mengizinkan kita untuk β€œmengotak-atik” rumahnya lho.
  4. Rumah milik kita sendiri nantinya bisa diwariskan ke anak kita.

 

Membeli rumah nggak harus bayar langsung kok. Penginnya tentu saja bayar langsung, beres, nggak ada hutang. Tapi kadang tabungan kita hanya cukup untuk membayar uang mukanya saja. Kalau menunggu tabungan kita cukup untuk membayar lunas bakal nunggu lama dong, harga rumah bisa saja naik lebih tinggi dan rumah idaman kita sudah dibeli orang lain. Nah, solusinya adalah membeli rumah dengan KPR, dengan catatan kita mempunyai penghasilan untuk membayar cicilan per bulannya. Dengan cara menyicil tiap bulan ini jelas akan jauh lebih ringan bagi kita.

Dulu waktu kami beli rumah dengan KPR, nggak terlalu rumit sih karena beli rumah baru dimana developernya sudah ada kerjasama dengan Bank. Cuma memang untuk mengurusnya nggak bisa cepat, cukup memakan waktu juga. Jadi waktu itu cuma memberi tanda jadi 5 juta ke developernya, kemudian menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan ke Bank. Kami menunggu sekitar semingguan sampai Bank melakukan appraisal. Setelah semua beres dan disetujui Bank, kami setor uang muka sesuai kesepakatan dan pergi ke notaris lagi untuk tanda tangan. Setelah semua beres, tinggal nyicil deh perbulannya.

 

Nah, baru-baru ini aku mendapat informasi tentang BTNProperti, sebuah portal khusus dari Bank BTN sebagai leader pembiayaan perumahan di Indonesia yang diperuntukan bagi para developer dan masyarakat yang ingin mendapatkan akses mengenai perumahan.

Dalam portal BTN ini kita bisa melakukan pengajuan kredit secara online dengan persetujuan seketika.

Pengajuan online ini nggak terbatas untuk kredit kepemilikan rumah baru aja, tapi apapun kredit yang kita perlukan bisa dilakukan dengan pengajuan online ini.

Berbagai jenis kredit yang bisa diajukan:

1.Β Β Β Β Β  Kredit pemilikan rumah/apartemen.

Sekarang ini apartemen sangat diminati, baik untuk ditinggali sendiri maupun untuk investasi. Kita bisa menyiapkan dana untuk membayar uang mukanya, sisanya bisa dicicil tiap bulan melalui KPR.

Akan lebih mudah jika kita mengajukan KPR ke Bank yang bekerjasama dengan developer rumah / apartemen yang ingin kita beli. Contohnya di BTNProperti ini kita bisa lihat daftar properti mitra BTN.

 

KPR

 

2.Β Β Β Β Β  Kredit rumah second

Jika budget kita belum mencukupi untuk membeli rumah baru, kita bisa membeli rumah second yang kondisinya masih bagus dan sesuai dengan harapan kita. Harga rumah second biasanya jauh lebih murah daripada rumah baru.

Berbeda dengan kredit rumah baru yang mungkin jauh lebih mudah prosesnya, kredit rumah second biasanya memerlukan proses appraisal dari Bank terlebih dahulu. Jika kita mau, kita juga bisa menjaminkan rumah untuk mendapatkan dana dari Bank. Tentu setelah proses appraisal dan permintaan pengajuan kredit kita disetujui oleh Bank. Dana tersebut bisa digunakan untuk modal kerja.

3.Β Β Β Β Β  Kredit take over/pindah dari bank lain.

Banyak hal yang menjadi alasan kenapa seseorang melakukan take over, bisa saja karena:

  • Pelayanan yang kurang memuaskan dari pihak Bank pemberi KPR.
  • Ingin mendapatkan bunga yang jauh lebih rendah.
  • Penjual rumah yang KPR nya belum lunas ingin membeli rumah baru yang lebih besar.
  • Penjual rumah mengalami kesulitan keuangan.

 

Pihak yang mengajukan kredit secara online di BTNProperti bisa mengisi formulir pengajuan kredit, dan memasukkan data dengan lengkap, nantinya akan mendapat persetujuan awal kredit tanpa repot datang ke kantor Bank BTN. Senangnyaaaa, prosesnya mudah, cepat dan murah. Jadi hemat tenaga, hemat waktu juga dong.

 

Simulasi KPR

 

Ada simulasi KPR juga di BTNProperti ini, langsung deh karena penasaran, aku nyoba simulasi pengajuan KPR secara konvensional. Aku coba isikan data harga rumah 1 M, lama pinjaman 15 tahun dan masa kredit fix 5 tahun. Langsung muncul rincian pinjaman dan juga detail angsurannya seperti tertera pada gambar di bawah ini. Kalau mau download data juga bisa, nanti hasilnya bisa kita lihat di Microsoft Exel.

 

Simulasi KPR Konvensional

 

Simulasi KPR Konvensional

 

Simulasi KPRDetail angsuran sampai bulan terakhir

 

Simulasi KPRHasil simulasi bisa didownload dan dilihat di Exel

 

Asyik juga ya ada simulasi KPR seperti ini jadi kita bisa tau perkirakaan rincian pinjaman dan detail angsuran dari data yang sudah kita isikan semula.

Selain Simulasi KPR, terdapat fitur-fitur lain di BTNProperti seperti: Konsultasi KPR, Edukasi Masyarakat, Berita Terkini dan Customer Service Live Chat.

Informasi lebih lanjut tentang BTNProperti bisa dilihat di: BTNproperti.co.id

46 Comments

  1. Siti Hairul December 27, 2016
    • Lianny December 28, 2016
  2. Astin December 27, 2016
    • Lianny December 28, 2016
  3. Okti December 27, 2016
    • Lianny December 28, 2016
  4. Ade Anita December 27, 2016
    • Lianny December 28, 2016
  5. Ila Rizky December 28, 2016
    • Lianny December 28, 2016
  6. Inna Riana December 28, 2016
    • Lianny December 28, 2016
  7. Heritage December 28, 2016
    • Lianny December 29, 2016
  8. Maya December 28, 2016
    • Lianny December 29, 2016
  9. Eni martini December 28, 2016
    • Lianny December 29, 2016
  10. Raparapa December 29, 2016
    • Lianny December 29, 2016
  11. Nchie Hanie December 29, 2016
    • Lianny December 29, 2016
  12. Afifah Mazaya December 29, 2016
    • Lianny December 29, 2016
  13. Nurul Fitri Fatkhani December 30, 2016
    • Lianny January 3, 2017
  14. Nia Haryanto December 30, 2016
    • Lianny January 3, 2017
  15. sari widiarti January 1, 2017
    • Lianny January 3, 2017
  16. carabimo January 2, 2017
    • Lianny January 3, 2017
  17. Bibi Titi Teliti January 3, 2017
    • Lianny January 3, 2017
  18. Ahmad January 4, 2017
    • Lianny January 4, 2017
  19. nova violita January 7, 2017
    • Lianny January 8, 2017
  20. fanny fristhika nila January 8, 2017
    • Lianny January 8, 2017
  21. cumilebay January 9, 2017
    • Lianny January 9, 2017
  22. Lusi January 16, 2017
    • Lianny January 17, 2017
  23. perusahaan konsultan it January 31, 2017
    • Lianny February 14, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.