Membawa Pulang Oleh-Oleh Khas Solo

 

Membawa Pulang Oleh-Oleh Khas Solo

 

Aduh, postingan tentang Solo lagi nih? Iya! Moga-moga belum bosan ya baca ceritaku tentang Solo.

Ini yang terakhir deh, menuntaskan ceritaku saat pergi ke Solo Desember lalu. Ntar bakal ada lagi kalo aku pergi ke Solo lagi, entah kapan πŸ˜€

Setelah satu malam menginap di Grand Orchid Hotel Solo dan mencicipi kuliner Solo, sebelum pulang aku nyempetin beli oleh-oleh khas Solo terlebih dahulu. Nggak banyak, cuma 3 macam aja karena pulang naik kereta api, rempong kalo barang bawaannya banyak.

 

Ayam goreng Widuran

Kenangan masa kecil tentang ayam goreng ini membuatku penasaran. Dulu, setiap pulang dari Solo, Mama selalu dibawain sekotak ayam goreng widuranΒ  untuk dibawa pulang. Seingatku rasanya enak, sambalnya juga enak. Sekarang aku berkesempatan untuk beli ayam goreng widuran ini. Nggak makan di tempatnya, tapi kubawa pulang.

Ayam goreng widuran ini digorengnya nggak terlalu kering, satu ekor ayam goreng harganya 95 ribu. Itu sudah termasuk sambal, kremesan, potongan timun dan selada. Kremesannya halus, mirip dengan koya soto. Taburi ayam gorengnya dengan kremesan terlebih dahulu sebelum disantap agar rasanya lebih nikmat. Enak! Pasti lebih enak lagi kalo makan di tempatnya.

 

Oleh-oleh khas solo - ayam goreng widuran

 

Oleh-Oleh Khas Solo

 

Ayam goreng widuranMotretnya subuh-subuh hehehe

 

Sempat khawatir juga kalo ayamnya sudah nggak enak lagi dimakan sesampai di rumah. Aku ambil ayamnya jam 8 pagi, keretanya berangkat sekitar jam 13.00 sampai rumah udah malam jam 22.00. Begitu sampai rumah ayam gorengnya kumasukin kulkas, besok paginya baru kami makan. Untunglah masih tetap enak dimakan πŸ˜€

 

Ayam Goreng Widuran
Jl. Arifin Ruko No. 5 (Sudirman Square) Solo
Telp : (0271) 634946

 

Roti Orion

Takjub juga waktu mampir ke toko roti orion ini. Rame banget banyak pengunjung dan antrian di kasir udah panjang. Aku mengambil roti mandarin spesial, roll-o spesial dan roti semir. Harga mandarin orionnya bervariasi. Untuk mandarin original Rp 75.000,- dan mandarin spesial Rp 100.000,-

Menurut salah satu pengunjung, yang cepat habis biasanya roti semirnya. Waktu itu baru matang, begitu jadi langsung diserbu pengunjung. Aku beli 2 varian, roti semir putih dan cokelat. Dua-duanya enak. Aku suka! Satu plastik isinya 10 biji, harga roti semir putih Rp 36.000,-Β  untuk yang semir cokelat harganya Rp 38.500,-

 

Oleh-Oleh Khas Solo - Roti OrionDari ketiganya ini, aku paling suka roti semir dan mandarin Orionnya. Yang Roll-O nya biasa aja rasanya menurutku.

 

Roll-O Orion

Yang sempat kufoto cuma Roll-O nya, yang roti mandarin dan roti semirnya udah ludes baru inget kalo belum difoto hiks.

 

Toko Roti Orion
Jl. Jend. Urip Sumoharjo No. 80 Solo 57128
Telp : (0271) 645214

 

Bakpia Balong

Salah satu oleh-oleh khas Solo yang bisa dibawa pulang adalah bakpia balong. Udah pernah sih kuceritain di postingan: 6 Oleh-Oleh Khas Solo Favoritku. Sekotak isinya 5 biji, dengan berbagai varian isi. Aku cuma beli bakpia isi cokelat, cokelat keju dan durian. Untuk yang isian cokelat harganya 25 ribu, cokelat keju 30 ribu dan durian 35 ribu.

 

Oleh-oleh khas Solo - Bakpia Balung

 

Bakpia Balong (bakpia Sumber Rejeki )
Jl. Kapten Mulyadi 17 Solo
Telp : (0271) 636125

 

Kerupuk Rambak

Nah yang kerupuk rambak dan kerupuk satunya itu aku nggak beli tapi dapat dari salah seorang keluarga di Solo. Rambak sapinya enak, renyah dan nggak keras digigit. Enak!

 

Oleh-Oleh Khas Solo - Kerupuk Rambak

 

Seneng sekali bisa membawa pulang oleh-oleh khas solo itu. Semoga kapan-kapan bisa ke Solo lagi, nyobain aneka kuliner yang belum sempat kucobain seperti nasi liwet, aneka soto, wedangan, gempol pleret dan es dawet telasih.

Baca postingannya Pungky Prayitno tentang Solo, jadi inget zaman aku kecil dulu waktu sering mengunjungi nenekku di kota Solo. Mama sering mengajakku ke pasar dan minum es dawet telasih, minumnya sambil berdiri hehehe. Duh jadi makin ngiler aja kalo inget-inget hal itu.

Udahan ah, doakan aja semoga bisa ke Solo lagi dan kopdaran ama teman-teman blogger yang ada di Solo ya. Yang jelas, Solo emang bikin kangen!

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Kuliner and tagged , , . Bookmark the permalink.

55 Responses to Membawa Pulang Oleh-Oleh Khas Solo

  1. kota kesayanganku :).. beruntung aku nikah ama org solo, jd selalu punya alasan untuk mudik kesana :D…roti semir mah memang cepeeeeeet bgt abisnya mbak.. aku kalo mw beli itu hrs pagi2 dtgnya.. ato mesen untuk diambil kapan gitu…

    • Lianny says:

      Iya, kata pengunjung yang antri kasir di depanku waktu itu, bisa pesen dulu kalo mau roti semir, nanti tinggal ambil. Biar nggak kehabisan πŸ™‚

  2. Noe says:

    Wah, es dawet selasih, pasti enak banget itu ya mba. Glek, org hamil mah gini ya, baca nama makanan monuman pasti lgsung pengen. Wkwk

  3. Okti says:

    Ayam goreng sama sambalnya yang bikin ngiler ini malah sambalnya hehehe

  4. Lelly says:

    Solo memang mengasyikan mbak. Saya beruntung lahir di kota ini.
    Kota yang gak pernah tidur.
    Btw oleh2nya komplit. Top semua πŸ™‚
    Salam kenal πŸ™‚

  5. Helena says:

    Penasaran dengan roti semir nih. Isinya apa ya mba?

  6. Ria says:

    wah, aku kudet banget soal oleh2 khas Solo ini! kirain hanya surabi aja… Rugi2…, padahal blm tau kapan bs ke sana lagi πŸ™

  7. Wah…mantap nih oleh2 khas Solo.. Ternyata byk ragamnya juga ya kuliner ala Solo
    .

  8. Mildaini says:

    Semua belum pernah saya makan
    Jadi pengen

  9. Rotun DF says:

    Hurung tau budhal Solo…padahal Pakdheku asli Solo. Cuma emang tinggalnya di Jakarta dan jaraaang banget pulang Solo soalnya Mbah juga udah meninggal.
    Jadi cuma ber ooo ria dan ngiler liat oleh-olehnya Mba Li πŸ˜€

  10. Ophi Ziadah says:

    Waah waktu ke Solo dulu..blom bawa oleh2 yg mba lianny sebut nih.
    Aku fokus sm batik dan kalap di pasar klewer hahaha.
    Klo ke sana lagi harus bawa nih terutama ayamnya

  11. Ya ampun,,makananya bikin laperrrr,,pengen kerupuk Rambaknya πŸ˜ƒ.

  12. Jadi inget, kalo berkunjung ke rumah om, pulangnya suka dibawain krupuk rambak. Nanti mah minta dibawain ayam goreng widuran sama roti orion ah…hihihi

  13. Sumpah langsung nelen air ludah lihat ayam widuran gitu apalagi sama sambalnya πŸ˜€ ya ampun Mbaaak mengggoda sekali. Hikss belum pernah main ke Solo.

  14. Mbak Lianny, wuah itu sambelnya nyolok mata banget, kemlecer laper jadinya hihihi roti orion memang roti legendaris ya,

  15. Waduh teryata banyak juga ya kuliner kha sSOlo yang mengugah selera, mba. Aku malah belum pernah nih mba

  16. Kerupuk kalau bahasa wong solo seperti aku ini ya rambak., biasanya sebutan untuk kerupuk yang terbuat dari nasi yang dilembutkan.
    Wah itu ayam, kenapa aku baru tahu ya, mungkin karena aku tidak pernah wisata kuliner sehingga makanan asal daerah sendiri sampai tidak mengenalnya.

    • Lianny says:

      Tinggal di Solo ya?
      Kerupuk yang terbuat dari nasi itu aku nyebutnya kerupuk puli, kalo rambak itu kerupuk dari kulit sapi πŸ™‚

  17. lendyagasshi says:

    Sambelnyaaah…..mantap!
    Sebanyak itu yaa, mba…

    Kok ga ada brem, mba Lianny?
    Heehhe….favorit akuh, brem Solo.
    Enyaaak~~

    Kalo ga salah, Orion itu roti legenda yaa, mba…
    Uda ada dari jaman____ *entahlah*
    Padet merayap rotinya, bikin kenyang maksimal.

    • Lianny says:

      Brem Solo dulu waktu kecil aku sering makan juga. Sekarang nggak pernah beli, ntar kalau ke Solo lagi deh.
      Iya, sampai googling nih, roti orion ternyata sudah ada sejak tahun 1930-an πŸ™‚

  18. Gustyanita says:

    Aku suka ayam kampung yang digoreng semi empuk gitu, ga kering,..jadi ada kessn juicy pas dihigit..,huaaaa ayam widuran asli menarik hatiku

  19. MBak Ayam gorengnya mengoda banget nich. Ternyata oleh olehnya khas banget ya.

  20. asikaja says:

    Kerupuk rambak is definetely my favorite! Kalau ke solo beli oleh-olehnya cuma rambak sama serabi notosuman aja. XD

  21. prih says:

    Kulanuwun Jeng Lianny, lumayan lama tidak mampir di sini. Nyam..nyam..disuguh oleh-oleh Solo. Roti Orion dan rambak kulit sapi khas Solo banget. Salam hangat

  22. lialathifa says:

    Wah kerupuk rambak nih favorit suamiku mbak, bisa sebungkus dia makan sendirian, hehe

  23. zona oke says:

    Itu ayam gorengnya bener2 bikin pengen, ,

  24. Rumah Idaman says:

    Lebih sukanya sama kerupuk rambak kalau ke solo. Hehe
    Bahkan harus bawa pulang yang mentah biar tetep bisa dinikmatin lama πŸ˜€

  25. indah nuria says:

    semuanya enaaaak mba :). Solo mantaaap ya oleh-olehnya.

  26. Dwi Puspita says:

    Sambelnya bener2 menggoda disaat cabe mahalnya waw….roll o nya menggoda mbak… aku dari tdi lihat roll bakery kok yo pengen…hiks

  27. Wah aku kemarin lewat Solo kenapa gak mampir beli oleh-oleh yang enak-enak ini ya? hahaha.

  28. Lusi says:

    Biarpun dekat Solo tapi pengetahuanku ttg Solo cuma dikit. Apalagi suami defaultnya cuma ngehik alias angkringan ala Solo itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *