Traveling

Liburan Akhir Tahun di Hotel Inna Tretes-Prigen, Pasuruan

 

Halooo, ini postingan pertama di tahun yang baru. Maaf ya lama nggak bw, blog juga hampir 3 mingguan nggak update karena riewuh banget bulan Desember ini dan lagi mudik di rumah ortu. Laptop bawa tapi modem lupa bawa, jadi deh nggak bisa internetan hiks.

Baru balik kemarin malam, udah happy nih sekarang karena internet lancar jaya hehe. Udah kangen posting dan bw lagi.

Banyak cerita di bulan Desember yang belum kuposting sebenarnya, tapi kali ini aku cerita tentang akhir tahun aja dulu ya, mumpung masih hangat-hangatnya *nyemil pisang goreng. Ini yang hangat cerita apa pisang gorengnya sih? Yah, dua-duanya deh! 😀

Karena anak-anak masih libur sekolah, menjelang akhir tahun kemarin aku bersama keluarga besar menyempatkan untuk kumpul bareng. Rencananya nginep semalem aja, cari villa di daerah Tretes. Penginnya sih villa yang waktu Lebaran 3 tahun lalu kami pernah nginep itu karena luas dan bersih. Tapi nggak jadi karena harganya ternyata naik pas deket tahun baru, dulu kami sewa 1 juta per malam, sekarang mintanya 3 juta per malam hiks. Nggak jadi deh sewa villa itu, tanya-tanya di beberapa villa lain juga harganya hampir sama, sekitar 3 juta ke atas.

Sempat bingung juga sih. Alternatif lain selain villa ya nginep di hotel. Tapi Mama paling nggak suka kalo kamar hotelnya ada di dalam lorong seperti kebanyakan hotel modern sekarang ini. Penginnya yang seperti ada di rumah sendiri gitu, makanya kan biasanya cari villa. Berhubung harga villanya mahal ya akhirnya kami memutuskan untuk nginep di hotel aja, kami cari yang hotelnya ada terasnya dan bisa melihat pemandangan luar dari situ.

Syukurlah nemu hotel waktu itu untuk tanggal 30 Desember 2016 dengan harga 360 ribu (standart room) via travel online, sudah termasuk breakfast. Hotel Inna Tretes inilah tempat kami menginap, hotelnya memang hotel lama tapi bersih dan luas. Kami sengaja memilih menginap tanggal 30 Desember dan pulang 31 desember karena kebanyakan orang-orang menginap tanggal 31 Desembernya, jalanan pasti padat sekali waktu itu. Belum lagi harga hotel tanggal 31 Desember naik dua kali lipat jadi 800 ribu.

 

Liburan Akhir Tahun di Hotel Inna Tretes-Prigen, Pasuruan

 

Liburan Akhir Tahun di Hotel Inna Tretes-Prigen, Pasuruan

 

Waktu kami tiba di hotel siang itu cuaca mendung dan gerimis mulai jatuh. Begitu kami turun dari mobil, seorang staff hotel langsung membantu kami menurunkan barang-barang dari dalam mobil dan membantu membawa sebagian ke dalam kamar. Sebagian aja karena dibawa pakai tangan hihi, tapi lumayanlah cukup membantu kami. Barang yang lainnya kami bawa sendiri-sendiri.

 

Liburan Akhir Tahun di Hotel Inna Tretes-Prigen, PasuruanLobby

 

Hotel lama memang kebanyakan nggak pake lift ya, hotel inipun juga seperti itu. Jadi kami mesti menuruni tangga untuk sampe ke kamar. Lumayan sih capeknya karena sambil bawa barang juga. Nah ini penampakan kamar hotelnya.

 

Hotel Inna TretesMeja dan kursi di teras kamar

 

Hotel Inna TretesIni pemandangan dari teras kamar

 

Mama langsung senang liat depan kamar ada terasnya, ada meja kursinya juga. Ukuran kamarnya juga luas, dengan 2 single bed.

 

Hotel Inna Tretes

 

Hotel Inna TretesKamarnya cukup luas

 

Fasilitas hotel ada kolam renang dan akses wifi. Fasilitas kamar yang kami dapat: Air mineral botol 600 ml 2 buah, TV dan deposit box. Nggak ada AC karena hawa di Tretes ini sendiri sudah sejuk dan dingin banget saat malam hari. Nggak ada mini refrigerator, teko pemanas air dan sandal hotel. Padahal ngarep ada sandal hotel untuk mengurangi rasa dingin di kaki.

 

 

Stop kontak ada dua, di kamar mandi dan di dekat meja kecil dalam kamar. Disediakan juga stop kontak tambahan 2 buah di dalam lemari baju, tapi waktu itu kondisinya rusak di kamarku, di kamar saudaraku yang lain nggak ada masalah. Dalam lemari disediakan bantal tambahan 2 buah, jadi total ada 4 bantal deh di kamar.

 

 

Kamar mandinya shower, bisa air panas. Dalam kamar mandi sudah tersedia handuk 2 buah, shower cup 1 buah, 1 botol kecil shampoo dan 2 sabun batangan bentuk bulat.

Sayang sekali sedari siang hujan turun Jadi nggak bisa kemana-mana deh, di dalam kamar aja waktu itu karena payung ada di mobil lupa diturunkan juga. Untung saja dari rumah Mama sudah menyiapkan masakan untuk makan siang dan malam, plus cemilan-cemilan lumayan banyak untuk dibawa ke hotel. Jadi urusan perut udah aman hahaha.

 

Sebagian bekal makan siang, sayur asem, empal, ikan goreng, kerupuk dan sambal terasi. Sedaaap.

 

Hampir malam baru hujan berhenti, tapi sudah males mau keluar kamar apalagi si bungsu flu berat. Aku menemaninya di kamar, sementara yang lain jam 9 malem pada keluar beli jagung bakar, angsle, ronde dan bakso. Aku dibawain ronde sebungkus, makan separuh udah kenyang 😀

Untunglah paginya cerah jadi aku bisa jalan-jalan sekitar hotel melihat pemandangan2 dari situ. Anak sulungku sempat renang, nggak samppe satu jam udah mentas. Lha airnya seperti es, dingin banget. Aku aja kalo nggak ada shower air panasnya untuk mandi mungkin cuma cuci muka dan gosok gigi aja hahaha. Untunglah ada air panasnya, jadi tetap mandi dua kali. Malah enak, habis mandi pake air panas malah nggak begitu terasa hawa dinginnya lho. Badan jadi terasa lebih anget.

 

Kolam renangKolam renang, airnya dingin brrr

 

Ruangan breakfastnya waktu itu di dekat kolam renang. Tempat duduknya terbatas, jadi kalo rame nggak dapat tempat duduk, mesti ngantri. Nah waktu kami breakfast pagi itu juga rame, tapi untungnya cuma sekitar 5 menitan berdiri udah ada yang selesai makan, jadi tempat duduknya bisa kami pakai. Sebelum itu ada insiden kehabisan piring hahaha, jadi kami mesti nunggu piring bersih datang.

 

 

Varian menunya waktu itu ada menu utama yaitu nasi putih, nasi goreng, bihun goreng, ayam pedas, telur dan pecel. Selain itu ada kerupuk, bubur ayam, bubur sumsum, dan tahu campur lamongan. Ada 3 jenis mini cake dan roti tawar yang bisa dipanggang kalau mau. Omelet juga bisa minta dibuatin, tapi antrinya lama. Untuk buah-buahan ada semangka, melon, dan pisang kecil. Minumnya kopi, teh dan jus melon.

 

Hotel Inna TretesTahu campur

 

Untuk menu utamanya menurutku nggak ada yang istimewa, rasanya standart lah, begitu juga mini cakenya. Aku malah lebih suka tahu campur lamongannya. Kami makan pagi cukup singkat, kasihan juga liat yang masih antri tempat duduk kalo makan lama-lama. Udah nggak sempat motret makanan-makanan yang tersaji di meja prasmanan karena udah tempatnya sempit, rame banget orang sliweran ambil makan.

 

Pemandangan di Hotel Inna TretesAnak sulungku malah motret pemandangan dari balik kaca jendela ruang makan. Indah banget pemandangannya!

 

Di hotel ini ada Goa Jepang 1943. Mau masuk ke dalam gua ya rada ngeri juga sih, tapi karena penasaran aku masuk juga, bareng keponakan dan 2 anakku. Baunyaaaa nggak enak bangetttt. Di beberapa tempat ada lampu kecil yang menerangi gua. Guanya nggak terlalu panjang, dekat ujung ada belokan ke kiri tapi aku nggak masuk karena ada tanda dilarang masuk. Jalan terus dikit ternyata buntu guanya, ya udah akhirnya balik aja. Nggak ada apa-apa sih sepenglihatanku di dalam gua itu, cuma ada kelelawar-kelelawar yang terbang sani sini.

 

Goa Jepang di Hotel Inna Tretes

 

 

Udah keturutan deh kumpul bareng keluarga besar di sini. Adikku tambah semalam lagi nginep tgl 31 Desembernya. Selain breakfast dapat tambahan dinner dengan varian menu yang lebih banyak katanya. Hotelnya bagi-bagi doorprize juga, ada 40 orang yang dapat, sayangnya dari jumlah yang sebanyak itu adikku belum beruntung, nggak dapat doorprizenya.

 

Yup, menurutku Hotel Inna Tretes ini ada kelebihan dan kekurangannya (berdasar sepengetahuan & pengalamanku menginap saat itu).

Kelebihannya:

  • Wifi lancar, shower air panas lancar, kamar luas, bersih, bisa melihat pemandangan luar dari kamar (Standart Room)
  • Hawa sejuk, pemandangan indah.
  • Ada playground buat anak-anak.
  • Area parkir luas.

 

Kekurangannya:

  • Tidak ada teko pemanas. Untuk hotel di daerah pegunungan seperti ini, teko pemanas perlu banget lho untuk membuat minuman hangat, apalagi buat pengunjung yang bawa anak kecil pasti perlu fasilitas ini (Ini untuk standart room seperti yang kami tempati, mungkin untuk tipe kamar lainnya akan beda fasilitas)
  • Tidak ada lift, jadi cukup melelahkan buat pengunjung yang berusia lanjut (Note: Nah ini kalo sama dengan nomor kamar kami, kamar no 40-50 an. Untuk kamar lainnya aku tidak tau persis tempatnya).
  • Tempat makan kurang banyak meja kursinya, jadi banyak yang waktu makan harus antri tempat duduk dulu.

 

Pemandangan di Hotel Inna Tretes

 

Pemandangan di Hotel Inna Tretes

 

Pemandangan di Hotel Inna Tretes

 

Pemandangan di Hotel Inna Tretes

 

So far, aku seneng liburan akhir tahun di Hotel Inna Tretes-Prigen, Pasuruan ini karena bisa kumpul bareng keluarga besar. Sengsaranya cuma satu, nggak bawa jaket ke sini,  jadi kedinginan tengah malem hiks.

Bagi teman-teman yang travelling ke Jawa Timur, menyukai udara sejuk pegunungan dan suka kamar hotel yang tidak di dalam lorong-lorong, bisa dicoba nginep di sini. Sepertinya asyik buat nginep di hari-hari biasa, pasti lebih sepi dan nyaman dibanding nginepnya saat akhir tahun seperti ini, saat sedang rame-ramenya.

Akhirnya….. tahun 2016 sudah berakhir. Selamat datang 2017. Selamat tahun baru teman-teman semua.

 

Inna Tretes Hotel, Resort & Meeting

Jl. Pesanggrahan No. 2, Tretes – Prigen, Pasuruan 67157 – East Java – Indonesia

P: +62 343 881776
F: +62 343 881161
E: info@innatretes.com

42 Comments

  1. Leli January 4, 2017
    • Lianny January 4, 2017
  2. Noe January 4, 2017
    • Lianny January 4, 2017
  3. Nabila Putri Karimah January 4, 2017
    • Lianny January 4, 2017
  4. Fanny f nila January 4, 2017
    • Lianny January 4, 2017
  5. nova January 4, 2017
    • Lianny January 4, 2017
  6. Ira duniabiza January 4, 2017
    • Lianny January 4, 2017
  7. Okti January 4, 2017
    • Lianny January 4, 2017
  8. Dwi Puspita January 4, 2017
    • Lianny January 5, 2017
  9. Hastira January 5, 2017
    • Lianny January 5, 2017
  10. Nurul Fitri Fatkhani January 5, 2017
    • Lianny January 5, 2017
  11. Jual daun bidara January 5, 2017
    • Lianny January 5, 2017
  12. Inna Riana January 5, 2017
    • Lianny January 5, 2017
  13. Witri prasetyo aji January 5, 2017
    • Lianny January 6, 2017
  14. nitalanaf January 6, 2017
    • Lianny January 6, 2017
  15. Turis Cantik January 6, 2017
    • Lianny January 6, 2017
  16. April Hamsa January 6, 2017
    • Lianny January 8, 2017
  17. Gustyanita January 7, 2017
    • Lianny January 8, 2017
  18. cumilebay January 9, 2017
    • Lianny January 9, 2017
  19. bunda asraf January 11, 2017
    • Lianny January 12, 2017
  20. indah nuria January 15, 2017
  21. Ria January 25, 2017
    • Lianny January 27, 2017
  22. Hageuy November 12, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.