Personal Reviews & Sponsored

Laundry VS Cuci Baju Sendiri

 

Yang membuka usaha laundry semakin banyak aja sekarang. Kalau di kotaku, banyak yang buka jasa laundry di daerah kampus. Mungkin karena banyak mahasiswa yang kost di seputaran kampus jadi banyak yang memanfaatkan peluang membuka usaha laundry, terutama sekali laundry kiloan.

Laundry VS Cuci baju sendiri, pilih mana?

Pinginnya sih pingin nyuci sendiri aja di rumah tapi pake mesin cuci. Tapi berhubung mesin cuci lama rusak dan belum ada penggantinya, aku sekarang memanfaatkan jasa laundry kiloan. Kalo nyuci baju pake tangan sekarang sudah nggak kuat, pinggang jadi pegel-pegel abis nyuci baju pake tangan , mungkin ini efek usia yang mulai tuwir hahaha. Untuk pakaian dalam, kaos kaki dan baju-baju yang memang harus dicuci tangan ya aku cuci sendiri, selebihnya aku pake jasa laundry kiloan.

Dalam situasi tertentu misalnya saat kita sakit atau setelah liburan seminggu dan pakaian kotor bertumpuk-tumpuk, sementara kita tidak menggunakan ART dan tidak mempunyai mesin cuci di rumah, kita bisa memanfaatkan jasa laundry.

Ada plus minusnya sih pake jasa laundry ini.

 

Keuntungan memakai jasa laundry :

  1. Hemat waktu dan tenaga.

Dengan menggunkan jasa laundry, otomatis kita tinggal terima beres aja, nggak perlu menyetrika baju lagi. Waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain, misalnya update blog.

  1. Lebih praktis.

Sekarang sudah banyak jasa laundry yang mau antar ambil ke rumah. Lebih praktis jadinya, kita nggak perlu panas-panasan keluar rumah.

 

Kekurangan memakai jasa laundry :

  1. Perlu biaya tambahan untuk laundry.

Memang keliatannya sih murah, tapi kalau kuhitung lebih mahal pake jasa laundry daripada beli mesin cuci baru. Keliatannya memang beli mesin cuci itu mahal tapi mesin cuci bisa dipakai bertahun-tahun dan kalo pake kartu kredit bisa dibuat cicilan perbulan. Jatuhnya akhirnya lebih murah beli mesin cuci. Trus kenapa aku nggak beli mesin cuci aja kok malah laundry? Ya karena masih bingung mau beli yang mana, pinginnya sih ada trade in kan lumayan hehehe.

  1. Tidak bisa melihat proses pencucian laundry.

Jadi nggak tau baju kita dicampur dengan baju orang lain nggak. Ya, berharap sih nggak dicampur ya, biar lebih terjaga kebersihannya.

  1. Kadang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi kita.

Aku suka cemas juga kalo laundry baju seragam anak-anak. Kadang-kadang bila ada perubahan jadwal pemakaian seragam bisa gawat tuh kalo baju belum selesai di laundry. Atau saat kita akan ambil baju di laundry, ternyata laundry tutup padahal seragam anak-anak dipakai buat besok paginya. Gawat, kan?

 

laundry vs cuci baju sendiri*Praktis, terima beres baju sudah disetrika *

 

Harga laundry kiloan bervariasi dari yang harganya 2500 sampai yang lebih mahal. Dulu aku nyoba yang harganya 3500 sekilo, awalnya bersih lama-lama kuperhatikan bajunya terutama di daerah kerahnya masih kotor nggak bersih, cuma wangi aja.

Sekarang ini nemu jasa laundry yang lumayan bersih dengan harga 7000 per kilo. Sebelum masuk mesin cuci, baju direndam dulu dan dikucek jika ada yang kotor *kata pegawainya sih seperti itu 🙂

Agak mahal memang dibanding laundry yang lain, tapi aku lebih cocok yang sekarang. Selesainya juga cepet, sekitar 2 harian. Jadi misalnya Rabu malem antar baju kotornya, Jumat sore sudah selesai dikerjakan. Jumlah baju juga dihitung terlebih dahulu, jadi kalo nanti jumlahnya nggak cocok kan ketahuan kalo ada yang kurang.

Yup, cuci baju sendiri atau pake jasa laundry selalu ada plus minus (kelebihan dan kekurangan) masing-masing.

Laundry vs Cuci baju sendiri, pilih mana? Tinggal pilih aja yang cocok dengan kebutuhan kita dan membuat kita nyaman 🙂

 

38 Comments

  1. Awan September 17, 2015
    • Lianny September 18, 2015
  2. echaimutenan September 17, 2015
    • Lianny September 18, 2015
  3. Riski ReeNgan September 18, 2015
    • Lianny September 18, 2015
  4. Dwi Puspita Nurmalinda September 18, 2015
    • Lianny September 18, 2015
  5. Lidya September 18, 2015
    • Lianny September 18, 2015
  6. gustyanita pratiwi September 18, 2015
    • Lianny September 18, 2015
  7. Ety Abdoel September 18, 2015
    • Lianny September 18, 2015
  8. Noni Rosliyani September 18, 2015
    • Lianny September 19, 2015
  9. Afifah September 18, 2015
    • Lianny September 19, 2015
  10. Nurul Inayah September 18, 2015
    • Lianny September 19, 2015
  11. Hidayah Sulistyowati September 18, 2015
    • Lianny September 19, 2015
  12. Nefertite Fatriyanti September 18, 2015
    • Lianny September 19, 2015
  13. Tourism Gemza September 19, 2015
    • Lianny September 20, 2015
  14. Nunung Yuni A September 19, 2015
    • Lianny September 20, 2015
  15. Lusi September 19, 2015
    • Lianny September 20, 2015
  16. Nia Haryanto September 19, 2015
    • Lianny September 20, 2015
  17. prajuritkecil99 September 20, 2015
    • Lianny September 20, 2015
  18. Endang Sulistiyawati July 9, 2016
    • Nikitaaudinad June 20, 2017
  19. Nikitaaudinad June 20, 2017
    • Lianny June 20, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.