Tulisan Yang Menang Lomba/GA

Hidup Sehat Dimulai Dari Hal Kecil

 


my kids“Tawa bahagia Si Kecil adalah kebahagiaan terindahku.”

 

 

Pernah dengar nggak kalimat : “Experience is the best teacher?” Yup, pengalaman adalah guru terbaik. Banyak orang belajar dari pengalaman masa lalu untuk menjadi baik di masa depan. Tak terkecuali aku.

Seperti kejadian waktu itu, tahun 2002.

“Ma, perutku nggak enak.”

“Perutnya kenapa?”

“Agak sakit.”

Si sulung mengeluh perutnya tidak enak sore itu. Kupikir perutnya kembung atau masuk angin, jadi kuoles aja dengan minyak kayu putih, berharap perutnya bisa baikan lagi. Eh ternyata malam hari, dia mulai diare. Beberapa kali sudah bolak-balik kamar mandi malam itu. Badannya jadi terlihat agak lemas. Umur si sulung waktu itu hampir 4 tahun.

Ternyata nggak cuma si sulung aja yang mengeluh sakit perut. Adiknya yang berumur 2 tahun jadi rewel dan diare juga malam itu.

Sedih banget ya kalau liat anak sakit, apalagi sakitnya barengan seperti ini. Mau dibawa ke dokter anak kok sudah terlalu malam, sudah tutup semua dokternya.

Esok harinya, aku nggak langsung ke dokter. Kulihat dulu keadaan anak-anakku sudah membaik belum. Sampai sekitar jam 10 pagi, akhirnya aku dan suami memutuskan untuk membawa anak-anak ke dokter anak karena si sulung selain diare juga mulai muntah-muntah.

Pertamanya aku bawa ke bidan dulu karena itu paling deket rumah. Malah diminta ke dokter aja haduuuh. Yang bikin khawatir itu di muntahan si sulung juga ada bercak darah hiks. Sedangkan adiknya nggak sampai muntah, cuma diare aja.

Kami pergi ke Rumah Sakit untuk ke dokter anak. Jam saat itu sudah menunjuk 11.00 siang. Sesampai di sana, ternyata dokter anak tidak ada. Masih tutup, karena dokter masih sembahyang. Baru inget hari itu hari Jumat. Kami bergegas pergi ke tempat praktek dokter anak lainnya, tutup juga. Tiga tempat praktek dokter anak yang kami datangi semua tutup. Akhirnya ada salah satu tempat praktek dokter yang tertulis buka jam 14.00 siang. Kami memutuskan untuk menunggu di situ, kurang 3 jam lagi, ya nggak apalah, daripada nggak ada dokter. Nggak kepikiran juga untuk masuk ke UGD aja dulu, yang keinget waktu itu adalah dokter anak.

Hati ini sudah semakin deg-deg an aja liat kondisi anak-anak. Kalo tambah parah gimana ya? Menunggu dokter selama 3 jam itu serasa nunggu 3 hari, lamaaaaaa banget rasanya. Akhirnya dokter anak itu datang juga, anak-anak diperiksa dan diberi obat. Syukurlah dalam beberapa hari kemudian, kondisi anak-anak kembali membaik. Anak-anak sudah bisa ceria lagi. Bahagia sekali melihat tawa kembali hadir di wajah anak-anakku. Terima kasih, Tuhan.

Waktu itu aku lalai, jarang memperhatikan dan menjaga kebersihan tangan anak-anak. Padahal anak-anak seusia mereka sedang aktif-aktifnya mengeksplor lingkungan. Tak jarang mereka main tanah, plastisin, ampas kelapa dan sebagainya. Kalau tidak cuci tangan dan langsung makan aja, otomatis tangan yang kotor dan membawa kuman penyakit itu akan masuk mulut dan menyebabkan tubuh terkena penyakit.

Kejadian itu membuatku tersadar. Hidup sehat dimulai dari hal kecil seperti cuci tangan dan mandi dengan sabun anti kuman agar terhindar dari diare, cacingan, typhus, flu dan berbagai penyakit lain. Mencuci tangan dengan sabun adalah hal kecil, tapi jika lalai dilakukan bisa berpengaruh buruk buat kesehatan tubuh. Duh nggak mau deh melihat anak-anak sakit lagi gara-gara lalai melakukan hal kecil ini. Sedih banget melihat anak-anak sakit dan lemes seperti itu.

Sejak itu kami membiasakan untuk mencuci tangan di 5 saat penting ini:

  1. Sebelum dan sesudah makan.
  2. Setelah batuk/bersin.
  3. Setelah menggunakan laptop/ponsel.
  4. Setelah menyentuh hewan peliharaan.
  5. Setelah menggunakan toilet.

 

 Cara mencuci tangan yang benarSumber gambar : https://www.facebook.com/LifebuoyIndonesia/

 

Saat ini kuman makin berevolusi lebih cepat dan kuat seiring berjalannya waktu. Salah satunya nih ditandai dengan munculnya berbagai macam penyakit baru. Kita butuh perlindungan yang lebih inovatif agar satu langkah lebih awal menghindari kuman penyebab penyakit yang makin cepat dan beragam itu.

 

Hidup Sehat Dimulai Dari Hal Kecil

 

Untuk perlindungan menyeluruh dari kuman, aku menggunakan sabun anti kuman kesayangan keluarga kami yaitu Lifebuoy. Senang banget karena sekarang ada produk baru dari Lifebuoy yaitu Lifebuoy clini-shield10.

 

 

Berbagai keunggulan dari Lifebuoy clini-shield10

 

Melindungi dari kuman

Kandungan active naturol shield nya bisa memberikan perlindungan 10 kali lebih baik dari kuman penyebab penyakit. Anak-anak jadi nggak gampang sakit sekarang.

 

active naturol shield

Sumber gambar : https://www.facebook.com/LifebuoyIndonesia/

 

Wangi

Siapa yang nggak suka bau wangi? Pasti semua suka, ya. Sabun shower gel ini mempunyai wangi yang segar, kami sekeluarga suka dengan bau wanginya ini.

 

Kemasannya praktis

Aku suka sekali dengan kemasan dari Lifebuoy clini-shield10 ini. kemasannya sangat praktis, dengan ukuran yang tidak terlalu besar akan mudah dibawa kemana-mana dan nggak takut tumpah. Tinggal dicemplungin ke dalam tas aja, beres.

 

Irit

Gimana nggak irit coba, cuma dengan satu tetes saja karena berbentuk shower gel konsentrat yang lebih pekat dari sabun cair biasa, busa banyak melimpah, sehingga cukup untuk membersihkan seluruh tubuh. Duh senangnya, penggunaannya jadi nggak boros, irit banget. Jadinya nggak gampang habis dan itu berarti mengirit pengeluaran juga hehehe. Asyik!

 

Lifebuoy clini-shield10, sabun anti kuman kesayangan keluarga kami

 

Musim hujan seperti ini banyak kuman penyakit dimana-mana. Sering anak-anak kehujanan saat pulang sekolah, biasanya mereka langsung keramas dan mandi dengan sabun keluarga kesayangan kami ini.

 

LifebuoyCliniShield10j

Regu Sakura, siaaapppp!!!

 

Kemping pramuka banyak kegiatan outbond nya, ada mencari jejak, melewati sungai, jurit malam dan acara masak-memasak. Anak-anak dilatih untuk berani, mandiri dan bekerjasama dengan sesama anggota kelompok. Aku bawakan Lifebuoy clini-shield10 dalam ranselnya. Sehabis kegiatan seharian, badan kotor akan bersih dan segar kembali sehabis mandi dengan sabun anti kuman ini.

 

Lifebuoy Clini-Shield10Traveling makin asyik dengan Lifebuoy clini-shield10

 

Biasanya pergi liburan ke luar kota dan menginap di hotel, kami selalu bawa sabun cair tapi didobel plastik karena takut tumpah dan diletakkan terpisah dari koper. Lifebuoy clini-shield10 ini berbentuk shower gel konsentrat yang lebih pekat dari sabun cair biasa, praktis dibawa kemanapun dan nggak kuatir tumpah.

 

 

Ini peralatan perang saat kami ke pantai : topi, kacamata dan sabun Lifebuoy clini-shield10

 

Anak-anak sangat suka kalau diajak ke pantai. Mereka suka berlama-lama mainan pasir, membangun benteng-benteng kecil dari pasir itu. Tangan dan kaki sampai belepotan pasir dimana-mana. Bahagianya melihat tawa ceria mereka. Kena panas dan badan kotor nggak jadi masalah, karena sehabis itu mereka akan mandi dengan Lifebuoy clini-shield10 yang membuat badan bersih dan segar kembali.

Moms, sudahkah mencoba inovasi perlindungan terbaru dari Lifebuoy clini-shield10 ini? Cukup satu tetes, untuk perlindungan menyeluruh bagi keluarga terhadap kuman penyebab penyakit yang berevolusi.

 

Lifebuoy Clini-Shield10

Lifebuoy clini-shield10, cukup satu tetes untuk perlindungan menyeluruh

 

 

Yuk, cobain juga! Bukankah hidup sehat dimulai dari hal kecil? Kesehatan itu penting lho, kalau tidak melindungi dari sekarang, kapan lagi? Karena mencegah kuman penyakit dengan #CukupSatuTetes Lifebuoy clini-shield10 lebih baik daripada mengobati.

Salam sehat!

 

 

70 Comments

  1. Windah saputro March 21, 2016
    • Lianny March 22, 2016
  2. ophi ziadah March 21, 2016
    • Lianny March 22, 2016
    • SiRetu October 7, 2016
  3. Obat mata March 22, 2016
    • Lianny March 22, 2016
  4. Lidya March 22, 2016
    • Lianny March 22, 2016
  5. Akhmad Muhaimin Azzet March 22, 2016
    • Lianny March 22, 2016
  6. zaenudin March 22, 2016
    • Lianny March 22, 2016
  7. laz March 22, 2016
    • Lianny March 22, 2016
  8. momtraveler March 22, 2016
    • Lianny March 22, 2016
  9. Ria Rochma March 22, 2016
    • Lianny March 22, 2016
  10. Astin Astanti March 22, 2016
    • Lianny March 22, 2016
  11. wiracrack.id March 22, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  12. Gustyanita Pratiwi March 22, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  13. Lusi March 22, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  14. Okti Li March 23, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  15. Ilmy March 23, 2016
    • Lianny March 23, 2016
  16. Jiah March 23, 2016
    • Lianny March 23, 2016
  17. azmi March 24, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  18. satujam March 24, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  19. Fita Chakra March 24, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  20. evrinasp March 24, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  21. Willova March 24, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  22. Mugniar March 24, 2016
    • Lianny March 25, 2016
  23. wiracrack.id March 25, 2016
    • Lianny March 29, 2016
  24. indah nuria savitri March 28, 2016
    • Lianny March 29, 2016
  25. nova violita March 29, 2016
    • Lianny March 29, 2016
  26. Dadali March 29, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  27. Dwi Puspita March 29, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  28. ilyas afsoh March 31, 2016
    • Lianny April 1, 2016
  29. Khair April 2, 2016
    • Lianny April 2, 2016
  30. Ophi Ziadah April 6, 2016
    • Lianny April 10, 2016
  31. infomenarik April 13, 2016
    • Lianny April 14, 2016
  32. peluang usaha September 5, 2016
  33. satu jam October 15, 2016
  34. alya November 9, 2016
  35. Abid December 18, 2016
  36. Hidupsimpel May 28, 2017
  37. Solusi Beton Ready Mix February 24, 2018
  38. kasihberita March 17, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.