Cheesy Macaroni Schotel

 

Resep Cheesy Macaroni Schotel

 

Sudah lama nih nggak bikin cemilan yang dari keju. Masih ada sisa keju di kulkas dan sebungkus macaroni, ya udah akhirnya beberapa hari lalu aku bikin macaroni schotel. Untuk isinya aku pakai campuran smooked beef dan sosis. Bisa banget kalo mau diganti dengan isian lain seperti tuna, corned, daging cincang dll.

Cheesy macaroni schotel ini terasa banget kejunya, cocok deh buat yang suka keju. Dimakan dengan saus tomat dan saus sambal, lezatnyaaaa. Ini beneran enak, anak-anak suka. Source resep: Tintinrayner.

 

Resep Cheesy Macaroni Schotel

Bahan:

1 butir bawang bombay ukuran sedang

200 gr macaroni elbow, rebus, tiriskan, beri minyak, aduk rata

120 gr keju parut (boleh campur keju cheddar, mozarella/edam)

4 buah sosis sapi, potong kecil

4 butir telur utuh

320 ml susu cair full cream

garam, pala, merica, gula sesuai selera

Bahan saus putih:

140 gr keju parut

300 cc susu cair

2 sdm tepung segitiga

2 sdm butter

 

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang bombay dengan butter sampai harum, masukkan sosis atau isian lainnya sesuai selera, aduk sampai matang.

2. Masukkan macaroni rebus dan keju, aduk sampai rata.

3. Segera tuangi campuran susu dan telur, lalu bumbui pala, garam, merica, kaldu bubuk, gula sesuai selera. Masak lagi sekitar 5 menitan supaya meresap.

4. Saus putih: Panaskan butter, masukkan tepung terigu, aduk cepat supaya nggak menggumpal, segera tuangi keju dan susu. Masak dengan api kecil sampai mengental dan keju larut.

5. Tata macaroni di atas pyrex/ramekin/aluminium cup, 3/4 aja, siram dengan saus putih, taburi sedikit keju parut,Β  oregano/parsley sesuai selera.

6. Panggang di suhu 180 derajat sekitar 40 menit atau sampai matang (sesuaikan oven masing-masing)

 

Bahan Cheesy Macaroni Schotel

 

Persiapan:

Persiapan Membuat Cheesy Macaroni Schotel

 

Cara membuat cheesy macaroni schotel:

Cara Membuat Cheesy Macaroni Schotel

 

Cara Membuat Cheesy Macaroni Schotel

Saus putih

 

Cara Membuat Cheesy Macaroni Schotel

 

 

Note:

  • Rebus macaroni jangan terlalu matang, karena nantinya masih akan dipanggang lagi.
  • Bikin saus putihnya setelah macaroni selesai di tata di loyang, jadi langsung tuang aja nanti.

 

Cheesy Macaroni Schotel

 

Cheesy Macaroni Schotel

Cheesy macaroni schotel, super yummy!

 

Makan seiris ini sudah bikin kenyang.

Yuk, cobain bikin juga cheesy macaroni schotel ini, dijamin ketagihan deh πŸ˜€

 

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

38 Responses to Cheesy Macaroni Schotel

  1. Rohmah says:

    Ulala… Nyaman bener nih mbak, dimaem pas anget2 😍😍😍

  2. Idah Ceris says:

    Kalau liat bahannya kok gampang, ya. TApi ngga tu prakteknya. Wkwkw Yummiii…

    • Lianny says:

      Aku juga suka gitu kok, kadang abis baca resep, males duluan buat praktek. Kayaknya sulit, ternyata begitu dicoba malah nggak sesulit seperti yang dibayangkan πŸ™‚

  3. alfika says:

    Wah kesukaan saya dan suami nih, tapi belum pernah berani bikin sendiri, hehehe. Besok mau coba ah! Thanks sharingnya Mom Lianny πŸ™‚

  4. Farida says:

    Wow pasti enak banget nih πŸ™‚

  5. Ria says:

    kejunya yg biasa aja ya mbak? gak usah harus yg melted?

  6. damarojat says:

    Parsley itu sm daun seledri kita sama ga sih mbak?

    • Lianny says:

      Parsley/peterseli dengan seledri beda.
      Aku suka bentuk daun parsley, cantik makanya sering digunakan sebagai garnish pada makanan.

  7. ernawati says:

    selalu terpana dengan resep mba Liany enakenak sekaligus stepnya jelas sekali. Nyamm banget deh.

    • Lianny says:

      Masih belum detail banget sih stepnya, kalo di video bakal lebih jelas lagi kayaknya. Tapi akunya yang gaptek, belum bisa bikin video2 gitu hehe.

  8. Kemaren pas liat tautan ini di gogle plus langsung tregiur huaahahahah
    Ini nyetoknya mayan banyak ya mb li, klo ada aku biar adonan loyang ya banyak segini tefep bisa abis juga loh hihi

  9. Ratna Dewi says:

    Hmm, pake butter ya ternyata. Aku pakai margarin terus kalo bikin dan selama ini aku bikin tapi kurang melting gitu kejunya dan kurang nyatu.

  10. Keke Naima says:

    Ini makanan favorit saya sekeluarga tapi belum pernah pakai saus putih. Kapan-kapan cobain pakai saus putih πŸ™‚

  11. mpo ratne says:

    Mau ane Suka makan macaroni skotel. Duh enaknya dan senang nya. Bisa jadi lahan bisnis nih

  12. Shine says:

    duuuh, laper langsung deh ini. mau coba ah resepnya, pas kebetulan maaih ada sisa loyang buat schotel. TFS mbaa

  13. Dian Safitri says:

    Udah lama enggak bikin makaroni schotel. Apalagi yang dipanggang. Semenjak enggak punya oven beberapa tahun ini aku selalu bikin dikukus. Nanti belanja bahan makaroni ah. Thanks for the recipe, Mbak.

  14. Waaah patut dicoba nih. Aku nyontek ya Mbak. Haha. Kemaren2 aku nyoba resep ice cream campuran keju, oreo, dan susu dari blog Mbak juga loh anakku suka.

    • Lianny says:

      Silahkan mba. Senang sekali kalo resepnya cocok.
      Kadang anak-anak ada yang nggak suka keju ya, oreo cheese cake dan macaroni schotel ini cocoknya buat yang suka keju πŸ™‚

  15. Miranti says:

    Mauuu, duuh favorit bangett ini makaroni kejuu, nyamm! Urusan diet nomer sekian deh yah haha

    • Lianny says:

      haha jadi gagal diet nih kalo makan ini. Aku makan ini cuma sepotong aja, padahal sebenarnya sih masih pengin lagi, takut tambah ndut πŸ˜€

  16. Favoritkuuuuu :D. Dulu mama yg srg bikin ini mba.. Jd temen minum teh sore2. Untungnya pembantu mertuaku juga jago, jd stidaknya kalo kangen makaroni mama, bisa dibikinin ama si ART nya mertua πŸ˜€

  17. lita says:

    saos putih itu mayonise bukan sih mba?

  18. kebayang enaknyaaa..aku juga suka buat mba. Anak-anak suka..apalagi ibunya

  19. Anindita Ayu says:

    Wah, resepnya harus segera dieksekusi nih mbak.. ^^

  20. Ya Allah lama nggak mampir kemari, jadi ketinggalan info resep yummy ini. Noted, semoga segera bikin, belum pernah pakai smoked beef sih kalo bikin. Trus makaroni nya juga belum pernah pakai yang spiral ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *