Resep Masakan

Cheesy Macaroni Schotel

 

Resep Cheesy Macaroni Schotel

 

Sudah lama nih nggak bikin cemilan yang dari keju. Masih ada sisa keju di kulkas dan sebungkus macaroni, ya udah akhirnya beberapa hari lalu aku bikin macaroni schotel. Untuk isinya aku pakai campuran smooked beef dan sosis. Bisa banget kalo mau diganti dengan isian lain seperti tuna, corned, daging cincang dll.

Cheesy macaroni schotel ini terasa banget kejunya, cocok deh buat yang suka keju. Dimakan dengan saus tomat dan saus sambal, lezatnyaaaa. Ini beneran enak, anak-anak suka. Source resep: Tintinrayner.

 

Resep Cheesy Macaroni Schotel

Bahan:

1 butir bawang bombay ukuran sedang

200 gr macaroni elbow, rebus, tiriskan, beri minyak, aduk rata

120 gr keju parut (boleh campur keju cheddar, mozarella/edam)

4 buah sosis sapi, potong kecil

4 butir telur utuh

320 ml susu cair full cream

garam, pala, merica, gula sesuai selera

Bahan saus putih:

140 gr keju parut

300 cc susu cair

2 sdm tepung segitiga

2 sdm butter

 

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang bombay dengan butter sampai harum, masukkan sosis atau isian lainnya sesuai selera, aduk sampai matang.

2. Masukkan macaroni rebus dan keju, aduk sampai rata.

3. Segera tuangi campuran susu dan telur, lalu bumbui pala, garam, merica, kaldu bubuk, gula sesuai selera. Masak lagi sekitar 5 menitan supaya meresap.

4. Saus putih: Panaskan butter, masukkan tepung terigu, aduk cepat supaya nggak menggumpal, segera tuangi keju dan susu. Masak dengan api kecil sampai mengental dan keju larut.

5. Tata macaroni di atas pyrex/ramekin/aluminium cup, 3/4 aja, siram dengan saus putih, taburi sedikit keju parut,  oregano/parsley sesuai selera.

6. Panggang di suhu 180 derajat sekitar 40 menit atau sampai matang (sesuaikan oven masing-masing)

 

Bahan Cheesy Macaroni Schotel

 

Persiapan:

Persiapan Membuat Cheesy Macaroni Schotel

 

Cara membuat cheesy macaroni schotel:

Cara Membuat Cheesy Macaroni Schotel

 

Cara Membuat Cheesy Macaroni Schotel

Saus putih

 

Cara Membuat Cheesy Macaroni Schotel

 

 

Note:

  • Rebus macaroni jangan terlalu matang, karena nantinya masih akan dipanggang lagi.
  • Bikin saus putihnya setelah macaroni selesai di tata di loyang, jadi langsung tuang aja nanti.

 

Cheesy Macaroni Schotel

 

Cheesy Macaroni Schotel

Cheesy macaroni schotel, super yummy!

 

Makan seiris ini sudah bikin kenyang.

Yuk, cobain bikin juga cheesy macaroni schotel ini, dijamin ketagihan deh 😀

 

 

38 Comments

  1. Rohmah September 13, 2017
    • Lianny September 14, 2017
  2. Idah Ceris September 13, 2017
    • Lianny September 14, 2017
  3. alfika September 14, 2017
    • Lianny September 14, 2017
  4. Farida September 14, 2017
    • Lianny September 14, 2017
  5. Ria September 14, 2017
    • Lianny September 14, 2017
  6. damarojat September 14, 2017
    • Lianny September 14, 2017
  7. ernawati September 14, 2017
    • Lianny September 14, 2017
  8. Nita kodok buntals blog September 14, 2017
    • Lianny September 18, 2017
  9. Ratna Dewi September 14, 2017
    • Lianny September 18, 2017
  10. Keke Naima September 14, 2017
    • Lianny September 18, 2017
  11. mpo ratne September 15, 2017
    • Lianny September 18, 2017
  12. Shine September 15, 2017
    • Lianny September 18, 2017
  13. Dian Safitri September 16, 2017
    • Lianny September 18, 2017
  14. Lina W. Sasmita September 17, 2017
    • Lianny September 18, 2017
  15. Miranti September 18, 2017
    • Lianny September 18, 2017
  16. Fanny Fristhika Nila September 19, 2017
    • Lianny September 22, 2017
  17. lita September 20, 2017
    • Lianny September 22, 2017
  18. indah nuria Savitri September 27, 2017
    • Lianny September 30, 2017
  19. Anindita Ayu November 2, 2017
  20. Hidayah Sulistyowati November 2, 2017

Leave a Reply