Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan dan Ganti Plat Nomor

 

Pagi tadi, aku nemeni suami ke kantor Samsat untuk memperpanjang STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor mobil. Nah, aku mau sharing sedikit pengalaman kami tadi tentang cara perpanjang STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor. Mungkin sudah banyak yang tau prosesnya, ya? Nggak apa deh, siapa tau ada yang masih bingung caranya bisa baca tulisan ini, khususnya untuk teman-teman di Jember yah. Untuk perpanjangan ini, bisa pergi ke kantor Samsat Soebandi Jember.

 

Berikut cara perpanjang STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor (mobil)

1. Siapkan KTP asli, BPKB asli, STNK yang akan diperpanjang & Bukti Setor Pajak STNK tahun sebelumnya (surat ini biasanya disatukan dengan STNK (bagian belakang STNK).

2. Pergi ke kantor Samsat Soebandi dan parkir mobil di dalam area Samsat.

3. Pergi ke tempat fotokopi yang ada di dalam area Samsat. Akan ditanya perpanjang STNK tahunan atau 5 tahunan. Untuk perpanjang STNK 5 tahunan ini, petugas akan memfotokopi BPKB 1 lembar, STNK 5 lembar dan KTP 5 lembar. Semua berkas fotokopi tadi beserta KTP dan BPKB asli langsung dimasukkan dalam map berwarna putih. Biaya fotokopi ini Rp 8000.

4. Setelah fotokopi, pergi ke ruang cek fisik dan minta lembar formulir berwarna kuning, tidak perlu membayar.

5. Serahkan lembar kuning ini kepada petugas cek fisik. Tunggu sampai cek fisik selesai. Lembar ini nantinya akan diisi oleh petugas cek fisik (bukti gesek nomor rangka dan nomor mesin, ditandatangani petugas). Waktu cek fisik cuma sebentar saja kok, setelah selesai, bayar ke petugas cek fisik dengan biaya terserah kita, kata petugas biasanya Rp 2000 untuk sepeda motor, kami beri ke petugas Rp 5000.

6. Masuk kembali ke ruang cek fisik untuk menyerahkan map putih berisi semua berkas termasuk lembar kuning yang sudah diisi petugas cek fisik tadi. Semua berkas akan diperiksa dan dikembalikan kepada kita lagi. Biaya yang harus kami bayar Rp 125.000.

7. Pergi ke ruang Arsip, serahkan map putih yang berisi dokumen-dokumen tadi untuk di cek oleh petugas. Biaya Rp 5000.

8. Pergi ke bagian pendaftaran BPKP, serahkan map putih berisi semua berkas tadi dan tunggu hingga nama kita dipanggil. Map putih berisi semua dokumen tadi akan diserahkan kembali kepada kita. Bagi yang tidak melakukan mutasi / balik nama, BPKB asli diserahkan kembali kepada kita untuk kita simpan.

9. Pergi ke tempat pendaftaran di loket utama bagian depan kantor Samsat, serahkan map putih berisi semua berkas tadi (BPKB asli kita simpan, tidak perlu diserahkan). Kita akan dapat nomor antrian, tunggu sampai nama kita dipanggil oleh petugas di bagian pembayaran. Nantinya kita akan bayar sesuai dengan biaya pajak mobil kita seperti yang tertera di lembar kuitansi.

10. Tunggu lagi sampai nama kita dipanggil di bagian pengesahan STNK. Kita akan mendapat STNK baru, distempel oleh petugas dan diserahkan kembali kepada kita. KTP asli juga diserahkan kembali.

11. Terakhir sebenarnya, ambil plat nomor yang baru. Kami diminta mengambil plat nomor 6 bulan lagi.

12. Selesai, cek kembali dokumen kita seperti STNK, BPKB dan KTP asli sebelum pulang.

Yup, itulah sedikit pengalaman yang bisa kubagikan buat teman-teman. Tinggal ambil plat nomornya nih 6 bulan lagi. Entah di kota lain, lama jugakah waktu pengambilan plat nomor barunya?

 

ruang arsip samsat soebandi jember*Ruang Arsip*

 

loket pengambilan bpkb samsat soebandi jember* Loket pendaftaran dan pengambilan BPKB *

 

Kami tadi datang pagi sekitar jam 08.30 dan jam 09.30 sudah selesai. Untunglah antrian nggak begitu banyak tadi, jadi prosesnya cuma memakan waktu sekitar 1 jam saja. Lamanya tadi antri di bagian fotokopi dan bagian pengesahan STNK saja, selebihnya termasuk cepat prosesnya.

 

pintu masuk loket utama samsat soebandi jember*Jam pelayanan di kantor Samsat*

 

loket utama samsat soebandi jember* Loket utama, terletak di bagian depan samsat Soebandi *

 

loket pembayaran samsat soebandi jember*Antri tunggu nama dipanggil, di bagian pembayaran dan pengesahan STNK *

 

Teman-teman kalo bisa datang lebih pagi lebih baik, biar nggak antri lama-lama. Eh tapi kalo banyak yang pikirannya sama, semua datang pagi, yaaah jadilah meskipun datang pagi tetep aja harus antrii hehehe. Bawa buku dan minum aja, siapa tau harus antri 2 atau 3 jam, daripada bengong kan bisa sambil baca buku.

Cara perpanjang STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor untuk sepeda motor kurang lebih sama prosesnya, mungkin biaya di ruang cek fisik aja yang berbeda.

Semoga sedikit sharing pengalaman ini bisa bermanfaat buat teman-teman πŸ™‚

 

Kantor bersama Samsat Jember

Alamat : Jl. DR. Soebandi No.123, Patrang, Jember, Jawa Timur 68111, Indonesia

Telephone : +62 331 482074

 

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Personal, Reviews & Sponsored and tagged , . Bookmark the permalink.

34 Responses to Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan dan Ganti Plat Nomor

  1. Waah, kebetulan banget aku mau ganti plat. TFS mba Liany…

  2. turiscantik says:

    saya juga pernah nemenin suami eh jadi belajar stepnya juga heheh

  3. untuk plat nomor kayaknya saat ini seluruh Indonesia lagi kosong mbak,
    kami yang dari Sulawesi Tenggara pun sama, bahkan ada motor baru yang keluarnya juni 2014 sampai sekarang plat nomornya belum ada..
    menurut info yang saya dengar dari teman-teman di dealer hal ini disebabkan oleh material pembuatan platnya sedang kosong..

    salam kenal mbak lianny πŸ™‚

  4. Om Biems says:

    yang udah lolos cek fisik, biasanya aman. Untuk yang di luar kota bisa minta cek fisik bantuan ke kantor samsat terdekat. trus berkas di bawa ke kota asal Bu. Saya biasa seperti itu.

    • Lianny says:

      Oh iya untuk yang luar kota, cek fisiknya di tempat terdekat tinggal nanti bawa berkas aja ke kota asal ya? Makasih infonya.

  5. Keke Naima says:

    saya suka malas urusna beginian. Suka lama hehehe

  6. Nisa says:

    Informasi ini menarik, saat plat nomer kita dah waktunya diganti baca artikel ini jadi paham deh mau perpanjangnya

  7. cputriarty says:

    kalau udah tahu prosedurnya bisa dilakukan sendiri tanpa perlu calo (bikin kantong terkuras habis ya) πŸ™‚ tengkyu sharing artikelnya

  8. caranya begitu ya mba, kalo aku biasanya nyuruh orang tua, soalnya saya kira ribet banyak di urusin, ternyata ga seperti yang di bayangkan

  9. Nia Haryanto says:

    Yang bikin males kalo perpanjangan STNK itu, di tempatku mah selalu ngantri. Panjaaaaang banget. πŸ˜€

  10. Lidya says:

    motorku uga ganti plat nomor mbak kemarin ,tapi aku gak sempet ngurus jadi minta tolong hehehe

  11. Lusi says:

    Hihiii barutau. Biasanya tinggal telpon. Loh?

  12. Aku dah perpanjang MEI kemarin dan proses nya cepet ngak rbet

  13. Indah Nuria Savitri says:

    sebenernya semua sudah jelaas ya mba.. tapi tetap aja harus antrii lamaa hehehehe..TFS mba

  14. Eh, saya juga mo ganti plat nih tahun ini buat motor. Makasih informasinya Mbak. Tetep ya fotokopi dan kutipan segitu banget. Kecil sih, tapi faktor kali. Sehari ada banyak loh yg ngurus penggantian STNK. harusnya bayar 2.000 pas aja Mbak pas cek fisik. Setahu saya harusnya gratis loh..hehe. Tapi yasudahlah πŸ™

  15. mangcara says:

    Salah satu tempat yang harus didatangi pagi2 bi biar cepet selesai & antrian ga terlalu banyak πŸ™‚ untung sekarang kalau bayar pajak tunan bisa di gerai2 yg ada di mall jadi ga terlalu parah antrinya

  16. Idah Ceris says:

    Cek fisiknya skrg naik ya Mbak Li. Dua tahun yang lalu, aku cuma 50ribu. πŸ˜€

    Tapi ngga mahal, kok, ya. Kan 5 tahun sekali. πŸ˜€

  17. thom dav says:

    Wah Lama ya ngambil Flat nomor yang barunya…6 Bulan, Terus motor kita bisa di pakai gak ke kota nanti kalau kena tilang bagai mana..

  18. anto says:

    hmm, Salah satu tempat yang harus didatangi pagi2 bi biar cepet selesai & antrian ga terlalu banyak πŸ™‚ untung sekarang kalau bayar pajak tunan bisa di gerai2 yg ada di mall jadi ga terlalu parah antrinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *