Personal Reviews & Sponsored

Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan dan Ganti Plat Nomor

 

Pagi tadi, aku nemeni suami ke kantor Samsat untuk memperpanjang STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor mobil. Nah, aku mau sharing sedikit pengalaman kami tadi tentang cara perpanjang STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor. Mungkin sudah banyak yang tau prosesnya, ya? Nggak apa deh, siapa tau ada yang masih bingung caranya bisa baca tulisan ini, khususnya untuk teman-teman di Jember yah. Untuk perpanjangan ini, bisa pergi ke kantor Samsat Soebandi Jember.

 

Berikut cara perpanjang STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor (mobil)

1. Siapkan KTP asli, BPKB asli, STNK yang akan diperpanjang & Bukti Setor Pajak STNK tahun sebelumnya (surat ini biasanya disatukan dengan STNK (bagian belakang STNK).

2. Pergi ke kantor Samsat Soebandi dan parkir mobil di dalam area Samsat.

3. Pergi ke tempat fotokopi yang ada di dalam area Samsat. Akan ditanya perpanjang STNK tahunan atau 5 tahunan. Untuk perpanjang STNK 5 tahunan ini, petugas akan memfotokopi BPKB 1 lembar, STNK 5 lembar dan KTP 5 lembar. Semua berkas fotokopi tadi beserta KTP dan BPKB asli langsung dimasukkan dalam map berwarna putih. Biaya fotokopi ini Rp 8000.

4. Setelah fotokopi, pergi ke ruang cek fisik dan minta lembar formulir berwarna kuning, tidak perlu membayar.

5. Serahkan lembar kuning ini kepada petugas cek fisik. Tunggu sampai cek fisik selesai. Lembar ini nantinya akan diisi oleh petugas cek fisik (bukti gesek nomor rangka dan nomor mesin, ditandatangani petugas). Waktu cek fisik cuma sebentar saja kok, setelah selesai, bayar ke petugas cek fisik dengan biaya terserah kita, kata petugas biasanya Rp 2000 untuk sepeda motor, kami beri ke petugas Rp 5000.

6. Masuk kembali ke ruang cek fisik untuk menyerahkan map putih berisi semua berkas termasuk lembar kuning yang sudah diisi petugas cek fisik tadi. Semua berkas akan diperiksa dan dikembalikan kepada kita lagi. Biaya yang harus kami bayar Rp 125.000.

7. Pergi ke ruang Arsip, serahkan map putih yang berisi dokumen-dokumen tadi untuk di cek oleh petugas. Biaya Rp 5000.

8. Pergi ke bagian pendaftaran BPKP, serahkan map putih berisi semua berkas tadi dan tunggu hingga nama kita dipanggil. Map putih berisi semua dokumen tadi akan diserahkan kembali kepada kita. Bagi yang tidak melakukan mutasi / balik nama, BPKB asli diserahkan kembali kepada kita untuk kita simpan.

9. Pergi ke tempat pendaftaran di loket utama bagian depan kantor Samsat, serahkan map putih berisi semua berkas tadi (BPKB asli kita simpan, tidak perlu diserahkan). Kita akan dapat nomor antrian, tunggu sampai nama kita dipanggil oleh petugas di bagian pembayaran. Nantinya kita akan bayar sesuai dengan biaya pajak mobil kita seperti yang tertera di lembar kuitansi.

10. Tunggu lagi sampai nama kita dipanggil di bagian pengesahan STNK. Kita akan mendapat STNK baru, distempel oleh petugas dan diserahkan kembali kepada kita. KTP asli juga diserahkan kembali.

11. Terakhir sebenarnya, ambil plat nomor yang baru. Kami diminta mengambil plat nomor 6 bulan lagi.

12. Selesai, cek kembali dokumen kita seperti STNK, BPKB dan KTP asli sebelum pulang.

Yup, itulah sedikit pengalaman yang bisa kubagikan buat teman-teman. Tinggal ambil plat nomornya nih 6 bulan lagi. Entah di kota lain, lama jugakah waktu pengambilan plat nomor barunya?

 

ruang arsip samsat soebandi jember*Ruang Arsip*

 

loket pengambilan bpkb samsat soebandi jember* Loket pendaftaran dan pengambilan BPKB *

 

Kami tadi datang pagi sekitar jam 08.30 dan jam 09.30 sudah selesai. Untunglah antrian nggak begitu banyak tadi, jadi prosesnya cuma memakan waktu sekitar 1 jam saja. Lamanya tadi antri di bagian fotokopi dan bagian pengesahan STNK saja, selebihnya termasuk cepat prosesnya.

 

pintu masuk loket utama samsat soebandi jember*Jam pelayanan di kantor Samsat*

 

loket utama samsat soebandi jember* Loket utama, terletak di bagian depan samsat Soebandi *

 

loket pembayaran samsat soebandi jember*Antri tunggu nama dipanggil, di bagian pembayaran dan pengesahan STNK *

 

Teman-teman kalo bisa datang lebih pagi lebih baik, biar nggak antri lama-lama. Eh tapi kalo banyak yang pikirannya sama, semua datang pagi, yaaah jadilah meskipun datang pagi tetep aja harus antrii hehehe. Bawa buku dan minum aja, siapa tau harus antri 2 atau 3 jam, daripada bengong kan bisa sambil baca buku.

Cara perpanjang STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor untuk sepeda motor kurang lebih sama prosesnya, mungkin biaya di ruang cek fisik aja yang berbeda.

Semoga sedikit sharing pengalaman ini bisa bermanfaat buat teman-teman 🙂

 

Kantor bersama Samsat Jember

Alamat : Jl. DR. Soebandi No.123, Patrang, Jember, Jawa Timur 68111, Indonesia

Telephone : +62 331 482074

 

 

35 Comments

  1. Ika Puspitasari October 21, 2015
    • Lianny October 22, 2015
  2. turiscantik October 21, 2015
    • Lianny October 22, 2015
  3. Irawati Hamid October 21, 2015
    • Lianny October 22, 2015
  4. Om Biems October 21, 2015
    • Lianny October 22, 2015
  5. Keke Naima October 21, 2015
    • Lianny October 22, 2015
  6. Nisa October 22, 2015
    • Lianny October 22, 2015
  7. cputriarty October 22, 2015
    • Lianny October 23, 2015
  8. defa ramadhani October 22, 2015
    • Lianny October 23, 2015
  9. Nia Haryanto October 22, 2015
    • Lianny October 23, 2015
  10. Lidya October 22, 2015
    • Lianny October 23, 2015
  11. Lusi October 23, 2015
    • Lianny October 23, 2015
  12. cumilebay.com October 23, 2015
    • Lianny October 23, 2015
  13. Indah Nuria Savitri October 23, 2015
    • Lianny October 24, 2015
  14. belalang cerewet October 25, 2015
    • Lianny October 26, 2015
  15. mangcara October 29, 2015
    • Lianny October 29, 2015
  16. Idah Ceris November 1, 2015
    • Lianny November 1, 2015
  17. thom dav April 4, 2016
  18. anto August 8, 2016
  19. wahyu March 12, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.