Tulisan Yang Menang Lomba/GA

[Buah Hati Leisure Republika] Trauma Semasa Batita

 

Melihat tulisan sahabat blogger banyak yang mejeng di media, membuatku pengin ikutan nyoba juga kirim tulisan. Mulai deh intip-intip blognya mak Haya yang tulisannya sudah banyak dimuat media. Akhirnya hari Selasa tangggal 7 Oktober lalu, aku β€œmemberanikan diri” mengirim tulisanku untuk rubrik Buah Hati Leisure Republika. Nggak terlalu lama, 2 minggu dari kirim tulisan, tulisan ini dimuat. Senang? Tentu saja, maklumlah ini pertama kali nyoba kirim tulisan dan dimuat, seneng banget tentunyaΒ  πŸ™‚

Eh kok pas bener ya, kemarin hari ulang tahun Mama dan keponakanku. Mereka yang ulang tahun, aku yang dapet β€œkado” haha. Dapat colekan dan foto (langsung ku share di FB saking senengnya) dari Mak Haya kemarin pagi di twitter *kalau nggak dicolek aku nggak bakal tau kalau tulisanku dimuat. Makasih banyak ya mak Haya.

 

foto di leisure * Yang ini foto dari Mak Ika Koentjoro. Makasih ya mak πŸ™‚ *

 

Ini judul dan tulisan asli yang kukirim (sebelum diedit redaktur leisure) :

 

Aku Tak Takut Gelap

β€œMama, jangan dimatikan lampunya. Aku takut!”

Teriakan semacam itu sering dilontarkan oleh Michael, anak keduaku, saat dia dulu berumur 3 tahun. Bukan tanpa alasan Michael menjadi sosok anak yang takut dengan kegelapan. Semuanya bermula dari kejadian dia terkunci di dalam kamar mandi sendirian. Saat itu umurnya baru 3 tahun, dia sedang buang air kecil, dan entah kenapa dia mengunci pintu kamar mandi dari dalam. Saat hendak keluar, dia tidak bisa membuka pintunya dan mulai menangis. Tentu saja aku yang sedang berada di dapur terkejut dan bergegas memanggil suamiku untuk mencoba membuka pintu kamar mandi.

Suamiku menenangkan anakku dan memintanya untuk mencoba membuka kuncinya pelan-pelan, dan… tetap tidak bisa. Akhirnya kami berusaha mendobrak pintu itu, tapi sia-sia juga. Untunglah terlintas di pikiran suami untuk mengambil obeng dan mulai membongkar gagang pintu, dan kami bersorak girang setelah usaha kami berhasil. Michael segera memelukku begitu keluar dari dalam kamar mandi. Leganya hati ini.

Beberapa bulan kemudian, saat kami pergi ke rumah orang tuaku di luar kota, kejadian terkunci ini kembali terjadi. Michael dan aku terkunci di dalam kamar tidur. Kejadiannya pagi hari saat bangun tidur, entah kenapa pintunya tidak bisa dibuka dari dalam. Michael tidak menangis karena ada aku bersamanya, meskipun begitu dia sangat gelisah dan terus merengek meminta cepat keluar dari kamar. Sehingga lagi-lagi terpaksa gagang pintu dirusak agar pintu cepat bisa dibuka. Ah, kenapa kejadian terkunci ini selalu Michael yang mengalami? Kakaknya memang tidur di kamar yang lain bersama dengan neneknya.

Setelah dua kali mengalami kejadian tersebut, Michael selalu meminta agar lampu tetap dinyalakan saat tidur dan pintu juga tidak mau ditutup.

β€œAda Mama di sini, tidak usah takut. Kalau tidur, pintu ditutup supaya nyamuknya tidak masuk. Dan sebaiknya juga dimatikan lampunya.”
β€œNggak mau!”

Berulang kali aku selalu memberi pengertian padanya supaya tidak takut, apalagi aku ada di sampingnya. Dia bersikeras tidak mau suasana gelap. Ah, dua kejadian tersebut mungkin sudah menimbulkan trauma di hati anakku.

Akhirnya aku dan suamiku mengalah, yah… untuk menyembuhkan trauma anak memang tidak mudah dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Kami harus bersabar, selalu memberi pengertian dan terus mendampinginya. Setelah hampir dua tahun, akhirnya Michael tidak lagi menolak saat pintu ditutup dan lampu kamar dimatikan.

β€œMa, aku tak takut gelap lagi,” katanya sambil tersenyum ceria.
Syukurlah, kami semua sangat bahagia.

 

**

 

Yang ingin kirim tulisan di rubrik ini, syaratnya :
TulisΒ  2500 karakter (sekitar 300 kata ) dan email ke leisure@rol.republika.co.id
Jangan lupa sertakan foto bersama anak dan biodata ( Nama, domisili dan no. rekening)

 

43 Comments

  1. Haya Aliya Zaki October 22, 2014
    • Lianny October 23, 2014
  2. Nurul Rahmawati October 22, 2014
    • Lianny October 23, 2014
  3. Kania October 22, 2014
    • Lianny October 23, 2014
  4. Ika Koentjoro October 22, 2014
    • Lianny October 23, 2014
  5. Agung Rangga October 22, 2014
    • Lianny October 23, 2014
  6. Fenny October 22, 2014
    • Lianny October 23, 2014
  7. Helda October 22, 2014
    • Lianny October 23, 2014
  8. rinasusanti October 22, 2014
    • Lianny October 22, 2014
  9. Lidya October 22, 2014
    • Lianny October 22, 2014
  10. Nisa October 22, 2014
    • Lianny October 23, 2014
  11. Rebellina Santy October 23, 2014
    • Lianny October 23, 2014
  12. echaimutenan October 23, 2014
    • Lianny April 8, 2015
  13. Indah Nuria Savitri October 24, 2014
    • aneka manfaat April 7, 2015
    • Lianny April 8, 2015
  14. Icoel November 6, 2014
    • tentang ibu April 7, 2015
    • Lianny April 8, 2015
  15. dian farida November 13, 2014
    • Lianny November 14, 2014
  16. hamdani April 7, 2015
    • Lianny April 8, 2015
  17. teknonetwork.com April 7, 2015
    • Lianny April 8, 2015
  18. hoshi April 8, 2015
    • Lianny April 8, 2015
  19. jaringan internet cepat April 8, 2015
    • Lianny April 8, 2015
  20. jefrihilda October 26, 2015
    • Lianny October 27, 2015
  21. erdi October 28, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.