Aneka Gorengan Enak Favoritku

 

aneka gorengan enak favoritku

 

Gorengan memang makanan paling enak, ada yang bisa dimakan sebagai lauk, ada yang dibuat camilan. Dulu waktu aku masih kuliah, dekat tempat kost kalo sore ada yang jualan jagung bakar, aneka jus dan aneka gorengan lainnya. Aku dan teman-teman kost sering beli, kadang beli jagung bakarnya, kadang jus, tapi yang paling sering ya beli gorengannya. Selain harganya murmer, bisa dibikin lauk kalo pas nggak ada lauk yang bisa dimakan. Yang biasa kami jadikan lauk biasanya tempe goreng, tahu goreng dan tahu isi. Duh, jadi kangen deh dengan teman-teman kost kalo inget masa-masa penuh pengiritan dulu itu hahaha.

Kalo sekarang, ingat terus sama umur yang sudah mulai tuwir, jadi ya nggak boleh sering-sering deh makan gorengan, biar nggak kolesterol.

 

Inilah aneka gorengan enak favoritku:

 

  1. Pisang goreng

 

pisang goreng

 

Ini makanan yang paling banyak disukai semua orang. Bahannya cuma tepung terigu, air dan pisang, tinggal digoreng aja sudah jadi pisang goreng yang enak. Malah sekarang banyak pisang goreng yang diberi tambahan meses, keju, nutella, tiramisu dll.

 

2. Martabak

 

martabak

 

Martabak yang dimaksud di sini adalah martabak asin, bukan martabak manis (terang bulan) ya. Gorengan yang di dalamnya berisi telur, daun bawang dan daging (sapi, ayam, corned) ini memang sangat enak, apalagi ditambah acar dan cabe rawit.

 

3. Tahu/Tempe goreng

 

tempe mendoan

 

Tahu dan tempe goreng bisa dibuat lauk, makan dengan nasi anget, kasih kecap manis dan cabe rawit, udah enak banget. Bisa juga dibuat camilan, tahu goreng dengan sambal petis dan cabe rawit, hhm sedap! Tempe nya juga, dimasak dengan tepung ala tempe mendoan, bisa nggak berhenti makannya, nambah terus.

 

4. Lumpia

 

lumpia

 

Lumpia goreng isinya juga bervariasi. Ada yang berisi ayam, kecambah dan wortel, ada juga yang memakai rebung. Anak-anakku juga suka lumpia, lucunya tuh mereka nggak seberapa suka sayur tapi kalau lumpia mau padahal ada sayurnya juga.

 

5. Roti goreng / Cakue

 

roti goreng

 

Abang yang jualan roti goreng biasanya jual cakue juga. Udah pasangannya kali ya, roti goreng dan cakue. Cakue selain enak dimakan biasa sebagai camilan, biasanya juga digunakan sebagai lauk bubur ayam. Beli 5000 udah dapat banyak. Roti goreng buat yang suka manis dan cakue buat yang suka makanan asin.

 

6. Risoles

 

risoles

 

Dibanding lumpia aku sebenarnya lebih suka risoles dengan isian ragout sayur yang lembut, apalagi jika ditambah daging ayam, hhhmm tambah nikmat. Makan satu aja sudah kenyang rasanya.

 

7. Donat

 

donat

 

Donat ini ada dua versi ya. AdaΒ  yang suka donat yang empuk tapi padat, versi donat jadul, tapi ada yang suka donat empuk ringan saat digigit, seperti donat JCO itu loh. Aku suka dua versi donat tersebut, dua-duanya sama enaknya kok.

 

Huaah sebetulnya masih banyak lagi aneka gorengan enak dan renyah seperti singkong goreng, sukun goreng, tape goreng, ubi goreng dll. Yang kusebut di atas tadi adalah aneka gorengan favoritku. Dari semuanya, yang belum pernah kubikin sendiri di rumah itu lumpia dan cakue. Ntar kapan-kapan mau coba bikin sendiri di rumah.

Kadang suka ngeri kalo beli gorengan di luar, itu loh minyak goreng yang dipakai warnanya sampai agak item hiks. Mending bikin sendiri aja kan di rumah, pasti lebih sehat, dapetnya juga pasti lebih banyak, jadi lebih irit pengeluaran.

Aku penginnya bikin gorengan yang nggak terlalu berminyak. Aku pernah baca-baca kalo menggoreng ayam, donat dan aneka gorengan lain, biar bisa crispy dan nggak terlalu berminyak, gorengnya pakai minyak padat.

Teman-teman pernah pakai minyak padat buat menggoreng? Aku malah taunya baru-baru ini, ketinggalan banget deh. Minyak padat ini bisa dibeli di toko bahan kue atau toko-toko online. Penasaran aku cari informasi tentang si minyak padat. Ternyata bentuk minyak padat itu mirip banget dengan mentega putih. Lihat tuh penampakannya di bawah ini ( gambar dari Tokopedia ).

 

minyak padat

 

Keunggulan minyak padat:

  • Gorengan yang digoreng dengan minyak padat hasilnya akan lebih kering, keset Β dan tidak berminyak.
  • Tidak ada endapan (jlantah) sehingga pemakaian akan lebih lama dari minyak biasa.
  • Gorengan akan lebih tahan lama kerenyahannya, tidak cepat melempem.

 

Wuah jadi pengin nyobain kalo goreng donat pakai minyak padat hasilnya seperti apa. Kapan-kapan mau ah beli minyak padat dan beli makanan online lainnya yang disukai anak-anak seperti selai ovomaltine buat persediaan di rumah.

Nah, kalo teman-teman, suka makan gorengan apa? Share ya di komen πŸ™‚

 

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Reviews & Sponsored and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

73 Responses to Aneka Gorengan Enak Favoritku

  1. Noe says:

    Iih baru tau ada minyak goreng padat. Btw, itu foto2 makanan menggoda smuaa, siang3 laperr jadinya. Hahaha

  2. Gurukecil says:

    Wah gorengan memang selalu menggoda selera ya mbak πŸ˜€

  3. Khoirur Rohmah says:

    Gedhang goreng sukak, apalagi kalau gosong, hheee. Baru tau kalo ada minyak goreng padat gitu mbak, hhee

  4. Ima says:

    Saya paling suka pisang goreng, sukun goreng, ubi jalar goreng dan donat, mba.

    Saya juga belum pernah liat wujud asli minyak padat tapi sudah tahu kalo donat bermerk yang terlihat tidak berminyak itu digoreng menggunakan minyak padat.

  5. lialathifa says:

    Yg paling favorit itu tahu, mbak..
    Pokoknya kalo gak ada tahu goreng rasanya ada yg kurang. Makanya tahu jeletot, tahu sumedang, aku suka, kecuali tahu bulat haha rasanya terlalu mecin

  6. Rani R Tyas says:

    Wah favorit aku juga semua.. Sementara gorengan yang disiriki orang-orang adalah misoa.. hahaha.. Mbak Lianny nggak takut mbak kalau pas makan gorengan gitu? Aku kalau gorengannya beli kadang akhirnya suka batuk, nggak kuat sama minyaknya kali ya, sementara kalau bikin sendiri kurang enak. Dilema ya buat aku.. hahaha..

    • Lianny says:

      Sebetulnya ya takut sih kalo beli gorengan di luar haha, beli sesekali aja.
      Nggak apa-apa deh kurang enak kalo bikin sendiri, yang penting lebih sehat mba πŸ™‚

  7. Aaakkk pagi2 pengen pisang goreng anget kemepul hihi
    Aku juga suka lumpia, tapi yang rebung ama udang trus dicocol sausnyaaa

  8. Nchie Hanie says:

    Aku semua sukaaa banget makanan yang di atas, biasanya kalo bikin/ beli gorengan 10 biji abis sendiri dan selalu ada tiap hari buat lauk makan atao cemilan.

    Cuma udah 2 tahunan ini lagi mengurangi gorengan, apalagi udah jarang/ ga pernah beli di luar (pilih2 dl tempatnya) , seringnya palingan bikin sendiri lebih sehat .

    Waah minyak goreng padat, baiklah aku kan mencobanya!
    *jadi mana mbaaa, kiriman mendoannya ga sampe2 niy

  9. Okti Li says:

    Gorengan emang cemilan sejuta umat. Sejak kecil sampai tua gorengan tidak pernah ketinggalan dan tidak ada jela nya.
    Saya sih sukanya cireng… πŸ™‚

  10. Dian Safitri says:

    Wahhh aku penasaran sama minyak goreng padat ini. Mau coba ah.
    Tapi itu semua makanan menggoda selera ketika belum sarapan. Jadi ingin martabak, pisang goreng, sama risol.

  11. Astin says:

    Mbak, aku baru tahu ada minyak goreng padat. Heeem, udah lama aku menghindari gorengan. Ayam aja aku panggang, klopun pakai minyak, minyaknya dikiiit banget

  12. Utie adnu says:

    Yang namanya sama gorengan gk pernah nolak ya,,, tapi klau mau Aman buat sendiri

  13. Anindita Ayu says:

    Aku paling suka martabak dong..
    Eh tapi aku belom pernah nyoba menggoreng makanan pake minyak goreng padat mbak.. Abis ini mesti dicobain nih.. ^^

  14. Lidya says:

    Tahu sama martabak telur kesukaan aku, sayang mba k li ga mau buatin untuk aku

  15. Indah Nuria says:

    Aku senengnya yang asin mbaaa! Bahkan waaupun di sini ngg ada yg jual, aku ttap semangaaat hehe. Enak soalnyaaa

  16. Aku ya penggemar berat gorengan nih mba, baru berusaha utk mengurangi dikit demi dikit. Martabak telur itu favoritku, tp minyaknya itu loh alamaakk…kinclep2 kempling semua hahaha… Mau nyobain ah pake minyak goreng padat ini.

  17. Rahmah says:

    Wuih pagi-pagi lihat gorengan ya Allah…
    Eh, Mbak Li kapan ke Surabaya? Mau nitip pia lagi hehehe

  18. Ikrom says:

    pisang goreng itu juara
    apalagi lempang lempung
    risoles aku juga suka
    tapi lebih suka yg isinya sosis sama mayones
    duh jadi laper mbak

  19. Wah, ini semua juga gorengan kesukaan aku mba. Hhehee
    Tapi ini aku juga suka gorengan yang asin karena makan pakai sambal. Hehhee

  20. Idah Ceris says:

    Aku mendoaaan, tettteeup. πŸ˜€ Aku belum pernah pakai minyak padat buat goreng2, Baru tahu juga Mbak Li. Hahaha

  21. Yurmawita says:

    Aku menggoreng gak pernah pake minyak padat, cuma untuk buat cake karena mahal hehe

  22. Wah, aku baru tau ada minyak goreng padat, Mba. Kudu nyobain ini, biar gorengan lebih kering dan gurih ya. Lebih sehat juga bukan?
    Kalo favoritku sih, Pisang goreng dan tempe goreng, Mba! Keduanya itu tiada lawan deh! Hehe

  23. cputriarty says:

    Wah seleranya kok sama persis nih.Tapi ekstra hati2 kontrol ya mbak semua snack goreng2an memicu kolestrol.hehe

  24. Joe says:

    enak semuanya, apalagi dimakan pas hujan-hujan begini…

  25. Pisang goreng favoritku sejak duluuuu ❀❀ Kalau martabak biasa buat lauk makan ya. Tapi sejak unas SMP gorengan itu jadi cemilan favorit. Tiap malam habis satu bungkus buat teman belajar hehe.

  26. ah sial. sore-sore, laper, masih “ngadem” di ruangan berAC, eh malah kesasar baca blogpost ini. jadi pengen segera meluncur ke abang gorengan depan sana.

  27. Martabak ama donat paling suka banget mba Liann

  28. Yulia Marza says:

    Eh..saya juga baru tau lo mbak, ado to minyak goreng padat?

  29. Gorengan ini yakk..walaupun tahu kelar makan pasti bakal sakit tenggorokan, tapi saya tetap aja suka. Hahahah…

  30. Ndy Pada says:

    Favoritku semua nih! Hehehehe.. gorengan memang favorit banyak orang ya Mba πŸ™‚

    Wah baru tau manfaat minyak padat..

  31. nur rochma says:

    Aku sih gorengan apa aja yang penting enak, mba. Trus mendadak lapar.
    Aku kudet, baru tahu minyak padat seperti itu. Di daerahku kayaknya nggak ada deh. Dan sekarang bisa beli onlen ya. TFS ya.

  32. Pritahw says:

    minyak padat ini tapi bukan mentega kan mbak ya? maksudnya cm penampakannya mirip? Jadi penasaran πŸ™‚ Pengennya makan gorengan tapi tetep sehat kan yak, secara gorengan model apa aja kok slalu menggoda ya. Duh pas baca ini, lagi pengen pisang goreng keju, hihi

  33. Eni Rahayu says:

    Whuaaaa….gorengan kesukaan saya semua itu kecuali donat. Anyway itu minyak goreng padat terbuat dari apa ya? Saya juga baru tahu mbak

  34. Mia says:

    Pisang goreng sama martabak paling juaraaa mbak…
    Martabak dimakan sama nasi ajah udah nambah2…gak usah lauk lain. Hihihihi

  35. IRZAN ZULMI says:

    saya sih gorengan apa suka ,hhehe ..

  36. nufazee says:

    makanan gorengan emang menggoda setelah itu baru inget kolesterol wkwkw. Wah ada ya minyak makan padat, baru tau

  37. Dibanding roti goreng, aku lebih suka cakue. Etapi roti goreng ini kalo di Semarang namanya bolang baling, mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *