Reviews & Sponsored

Aneka Gorengan Enak Favoritku

 

aneka gorengan enak favoritku

 

Gorengan memang makanan paling enak, ada yang bisa dimakan sebagai lauk, ada yang dibuat camilan. Dulu waktu aku masih kuliah, dekat tempat kost kalo sore ada yang jualan jagung bakar, aneka jus dan aneka gorengan lainnya. Aku dan teman-teman kost sering beli, kadang beli jagung bakarnya, kadang jus, tapi yang paling sering ya beli gorengannya. Selain harganya murmer, bisa dibikin lauk kalo pas nggak ada lauk yang bisa dimakan. Yang biasa kami jadikan lauk biasanya tempe goreng, tahu goreng dan tahu isi. Duh, jadi kangen deh dengan teman-teman kost kalo inget masa-masa penuh pengiritan dulu itu hahaha.

Kalo sekarang, ingat terus sama umur yang sudah mulai tuwir, jadi ya nggak boleh sering-sering deh makan gorengan, biar nggak kolesterol.

 

Inilah aneka gorengan enak favoritku:

 

  1. Pisang goreng

 

pisang goreng

 

Ini makanan yang paling banyak disukai semua orang. Bahannya cuma tepung terigu, air dan pisang, tinggal digoreng aja sudah jadi pisang goreng yang enak. Malah sekarang banyak pisang goreng yang diberi tambahan meses, keju, nutella, tiramisu dll.

 

2. Martabak

 

martabak

 

Martabak yang dimaksud di sini adalah martabak asin, bukan martabak manis (terang bulan) ya. Gorengan yang di dalamnya berisi telur, daun bawang dan daging (sapi, ayam, corned) ini memang sangat enak, apalagi ditambah acar dan cabe rawit.

 

3. Tahu/Tempe goreng

 

tempe mendoan

 

Tahu dan tempe goreng bisa dibuat lauk, makan dengan nasi anget, kasih kecap manis dan cabe rawit, udah enak banget. Bisa juga dibuat camilan, tahu goreng dengan sambal petis dan cabe rawit, hhm sedap! Tempe nya juga, dimasak dengan tepung ala tempe mendoan, bisa nggak berhenti makannya, nambah terus.

 

4. Lumpia

 

lumpia

 

Lumpia goreng isinya juga bervariasi. Ada yang berisi ayam, kecambah dan wortel, ada juga yang memakai rebung. Anak-anakku juga suka lumpia, lucunya tuh mereka nggak seberapa suka sayur tapi kalau lumpia mau padahal ada sayurnya juga.

 

5. Roti goreng / Cakue

 

roti goreng

 

Abang yang jualan roti goreng biasanya jual cakue juga. Udah pasangannya kali ya, roti goreng dan cakue. Cakue selain enak dimakan biasa sebagai camilan, biasanya juga digunakan sebagai lauk bubur ayam. Beli 5000 udah dapat banyak. Roti goreng buat yang suka manis dan cakue buat yang suka makanan asin.

 

6. Risoles

 

risoles

 

Dibanding lumpia aku sebenarnya lebih suka risoles dengan isian ragout sayur yang lembut, apalagi jika ditambah daging ayam, hhhmm tambah nikmat. Makan satu aja sudah kenyang rasanya.

 

7. Donat

 

donat

 

Donat ini ada dua versi ya. AdaΒ  yang suka donat yang empuk tapi padat, versi donat jadul, tapi ada yang suka donat empuk ringan saat digigit, seperti donat JCO itu loh. Aku suka dua versi donat tersebut, dua-duanya sama enaknya kok.

 

Huaah sebetulnya masih banyak lagi aneka gorengan enak dan renyah seperti singkong goreng, sukun goreng, tape goreng, ubi goreng dll. Yang kusebut di atas tadi adalah aneka gorengan favoritku. Dari semuanya, yang belum pernah kubikin sendiri di rumah itu lumpia dan cakue. Ntar kapan-kapan mau coba bikin sendiri di rumah.

Kadang suka ngeri kalo beli gorengan di luar, itu loh minyak goreng yang dipakai warnanya sampai agak item hiks. Mending bikin sendiri aja kan di rumah, pasti lebih sehat, dapetnya juga pasti lebih banyak, jadi lebih irit pengeluaran.

Aku penginnya bikin gorengan yang nggak terlalu berminyak. Aku pernah baca-baca kalo menggoreng ayam, donat dan aneka gorengan lain, biar bisa crispy dan nggak terlalu berminyak, gorengnya pakai minyak padat.

Teman-teman pernah pakai minyak padat buat menggoreng? Aku malah taunya baru-baru ini, ketinggalan banget deh. Minyak padat ini bisa dibeli di toko bahan kue atau toko-toko online. Penasaran aku cari informasi tentang si minyak padat. Ternyata bentuk minyak padat itu mirip banget dengan mentega putih. Lihat tuh penampakannya di bawah ini ( gambar dari Tokopedia ).

 

minyak padat

 

Keunggulan minyak padat:

  • Gorengan yang digoreng dengan minyak padat hasilnya akan lebih kering, keset Β dan tidak berminyak.
  • Tidak ada endapan (jlantah) sehingga pemakaian akan lebih lama dari minyak biasa.
  • Gorengan akan lebih tahan lama kerenyahannya, tidak cepat melempem.

 

Wuah jadi pengin nyobain kalo goreng donat pakai minyak padat hasilnya seperti apa. Kapan-kapan mau ah beli minyak padat dan beli makanan online lainnya yang disukai anak-anak seperti selai ovomaltine buat persediaan di rumah.

Nah, kalo teman-teman, suka makan gorengan apa? Share ya di komen πŸ™‚

 

 

74 Comments

  1. Noe October 16, 2017
    • Lianny October 17, 2017
  2. Gurukecil October 16, 2017
    • Lianny October 17, 2017
  3. Khoirur Rohmah October 16, 2017
    • Lianny October 17, 2017
  4. Ima October 16, 2017
    • Lianny October 17, 2017
  5. lialathifa October 17, 2017
    • Lianny October 17, 2017
  6. Rani R Tyas October 17, 2017
    • Lianny October 17, 2017
  7. Nita kodok buntals blog October 17, 2017
    • Lianny October 17, 2017
  8. Nchie Hanie October 17, 2017
    • Lianny October 17, 2017
  9. Okti Li October 17, 2017
    • Lianny October 17, 2017
  10. Dian Safitri October 17, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  11. Astin October 17, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  12. Utie adnu October 17, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  13. Anindita Ayu October 17, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  14. Lidya October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  15. Indah Nuria October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  16. Uniek Kaswarganti October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  17. Rahmah October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  18. Ikrom October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  19. Rach Alida Bahaweres October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  20. Idah Ceris October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  21. Yurmawita October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  22. Alaika Abdullah October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  23. cputriarty October 18, 2017
    • Lianny October 18, 2017
  24. Joe October 18, 2017
    • Lianny October 19, 2017
  25. Ratri Anugrah October 18, 2017
    • Lianny October 19, 2017
  26. Farid Nugroho October 18, 2017
    • Lianny October 19, 2017
  27. Nyi Penengah Dewanti October 18, 2017
    • Lianny October 19, 2017
  28. Yulia Marza October 18, 2017
    • Lianny October 19, 2017
  29. andyhardiyanti October 19, 2017
    • Lianny October 19, 2017
  30. Ndy Pada October 19, 2017
    • Lianny October 19, 2017
  31. nur rochma October 19, 2017
    • Lianny October 20, 2017
  32. Pritahw October 20, 2017
    • Lianny October 20, 2017
  33. Eni Rahayu October 20, 2017
    • Lianny October 24, 2017
  34. Mia October 22, 2017
    • Lianny October 24, 2017
  35. IRZAN ZULMI October 24, 2017
    • Lianny October 24, 2017
  36. nufazee October 24, 2017
    • Lianny October 25, 2017
  37. Hidayah Sulistyowati November 2, 2017
  38. Fanny Fristhika Nila November 22, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.