9 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

 

Anak susah makan memang bikin orang tua jadi pusing ya. Penginnya tuh, anak mau makan apa saja yang dihidangkan di rumah, nggak rewel soal makanan. Senang rasanya kalo melihat anak-anak makan dengan lahap.

AkuΒ  juga seperti itu, kadang suka galau liat anak pilih-pilih makanan. Apalagi jika makanan yang kita masak sendiri nggak disentuh sama sekali. Sedihnyaaaa!

Tapi jika mau ditelusuri, sebenarnya ada banyak hal kenapa anak menjadi susah makan.

Mungkin karena :

  • Bosan dengan masakan yang itu itu saja
  • Sakit sehingga tidak selera makan
  • Tidak suka dengan makanannya
  • Tidak mau mencoba menu masakan baru
  • Masih kenyang
  • dll

 

Banyak juga ya ternyata penyebab kenapa anak susah makan. Bagaimana mengatasinya? Yuk, intip 9 tips mengatasi anak susah makan di bawah ini!

 

  1. Jika anak nggak berselera makan karena sakit ya sakitnya harus disembuhkan dulu. Badan yang sehat akan membuat selera makan anak kembali normal.
  1. Sajikan menu kesukaan anak

Biasanya anak akan makan dengan lahap jika yang disajikan adalah menu kesukaannya. Yang biasanya makannya cuma setengah piring, bisa menjadi satu piring penuh karena anak suka dengan makanannya.

  1. Hidangkan menu masakan yang bervariasi.

Meskipun anak makan dengan lahap jika yang dihidangkan adalah menu kesukaannya, tapi kalo itu itu aja yang dihidangkan, anak akan menjadi bosan. Sekali-kali coba membuat menu baru, siapa tau anak-anak akan suka.

  1. Bujuk anak agar mau mencoba menu baru.

Yup, masalahnya tuh kadang anak-anak nggak mau mencoba menu masakan baru. Begitu liat masakan yang belum pernah dimakan atau makanan itu terlihat aneh bagi mereka, langsung aja mereka bilang nggak suka. Padahal belum dicoba. Setelah dibujuk agar mau mencoba sedikit aja, eh ternyata mereka suka loh. Jadi sebagai orang tua kita harus pandai merayu anak-anak.

  1. Hindari makan snack/camilan terlalu dekat dengan jam makan utama. Bisa-bisa anak-anak sudah kenyang duluan sebelum makan. Akhirnya saat mereka seharusnya makan, mereka malah nggak mau makan.
  1. Kreasikan bahan makanan yang nggak disukai anak menjadi suatu menu baru yang bisa diterima anak. Misalnya aja nih, anak-anakku nggak suka buncis, tapi kalo buncisnya dimasak orak-arik mereka mau. Mereka nggak suka bawang, tapi kalo dibuat martabak telur, mereka mau. Jadi sebagai ibu mesti pinter berkreasi dan pantang menyerah hahaha.
  1. Sajikan makanan dengan tampilan yang menarik. Anak-anak cenderung akan tertarik dan ingin mencoba makanan yang disajikan dengan tampilan menarik. Nah, yang ini aku belum bisa, nggak kreatif sama sekali, jadi habis masak ya langsung disajikan gitu aja. Aku udah sering ditodong anak-anak soal ini. β€œMama makanannya di plating seperti itu tuh di Master Chef, pasti aku makan banyak.” Gubrak! Mamanya pingsan πŸ˜€
  1. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan. Makan bersama dan makan sendiri-sendiri sudah beda rasanya. Makan bersama selain menjalin kebersamaan antar anggota keluarga, juga akan terasa lebih nikmat rasanya. Sekali-kali makan di luar bareng-bareng saat weekend juga bisa dilakukan.
  1. Peralatan makan dengan bentuk dan gambar yang menarik juga bisa membangkitkan selera makan anak, terutama untuk anak balita. Sajikan saja di piring bergambar karakter kartun lucu yang disukainya misalnya gambar tokoh kartun Disney.

 

Yup, itu 9 tips mengatasi anak susah makan yang bisa dicoba.

 

#18thAlfamart

 

Nah, ngomongin peralatan makan nih, kemarin saat aku belanja di Alfamart dekat rumah, aku melihat di rak pajangan ada Disney Tsum Tsum Plate set Β dan KIMI Airtigh Container Glass yang unyu-unyu. Langsung tanya-tanya ke mbak kasirnya dan diberi tau kalo sedang ada promo untuk mendapatkan barang unyu itu dengan harga spesial.

 

Alfamart Airtight Container Glass

 

KIMI Airtight Container Glass ini multifungsi, bisa dimasukkan dalam kulkas, oven dan microwive, serta bisa dibersihkan dalam dishwasher. Tersedia dalam 3 ukuran yaitu 500ml, 1500ml dan 3000ml.

 

Alfamart Tsum Tsum

 

Disney Tsum Tsum set plate juga imut banget loh, gambarnya lucu. Terdiri dari 2 pilihan paket yaitu Β Tsum Tsum Deep Plate Set atau Tsum Tsum Serving Plate Set. Warnanya bisa pilih hitam putih atau warna-warni.

 

 

 

Setelah belanja, aku bisa tebus kedua produk tadi dengan harga spesial. Aku pilih KIMI Airtight Container Glass ukuran 1500ml dan Tsum Tsum Serving Plate Set. Seneng banget karena kualitas produknya bagus. Kapan-kapan aku mau coba bikin puding roti tawar pakai KIMI Airtight Container Glass, sekarang belum sempat bikin karena riweuh dengan anak lanang yang sakit semingguan ini. Syukurlah sekarang sudah mendingan, semoga bisa cepat sehat biar makannya bisa lahap lagi πŸ˜€

 

KIMI Airtight Container GlassKIMI Airtight Container Glass

 

9 Tips Mengatasi Anak Susah MakanTsum Tsum Disney Plate Set

 

 

 

Caranya gimana sih biar bisa dapat dua produk tadi?

Cara mendapatkan dua produk dari Alfamart dengan harga spesial ini cukup gampang, pembelanjaan Rp 40.000 yang di dalamnya ada pembelian produk sponsor Rp 10.000, bisa tebus murah KIMI Airtigh Container Glass mulai Rp 39.900 atau Tsum Tsum Disney plate set dari mulai dari Rp 49.900.

 

 

#18thAlfamart

 

Dan untuk pembelanjaan Rp 100.000, kita bisa ikut program SUA 18 tahun Alfamart dengan cara memasukkan nomer transaksi dan kode yang ada di ekor struk untuk mendapatkan nomer undian setelah sebelumnya lebih dulu registrasi email. Ada hadiah emas menanti loh. Keterangan lebih lengkap bisa dibaca di sua18.alfamartku.com. Periode undian sampai 15 November 2017.

Yuk, segera belanja ke Alfamart terdekat sebelum kehabisan πŸ˜€

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Reviews & Sponsored and tagged , , , . Bookmark the permalink.

120 Responses to 9 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

  1. Ade anita says:

    Aku juga ngumpulin nih perlengkapan makan dr alfamart yg seri disney dan sekarang yg glass ware. Sukaaaaa aja deh

  2. Istiadzah says:

    Waaa aku harus punya KIMI ini!! Makasih infonya mbaaak 😘😘

  3. suzieicus says:

    pas bgt ni mb li tipssny secara si abin susah makan

  4. Lidya says:

    kalau anaknya mbak li sih ga susah makan, wong mamanya suka masak πŸ™‚

  5. Mau juga doonkk Tsum Tsum nya, Faris pasti seneng nih klo pas maem ada piring unyu ini.

  6. Idah Ceris says:

    Bener banget, peralatan makan yg ramai itu kadang bikin napsu makan nambah. Yasmin pas lagi makan malah sambil ngelus2 disney itu. Hahaha lucuk, ya.

  7. Ini bener banget mbaak.. Peralatan makan yang menarik bisa bikin anak tertarik juga sama makanannyaa.. Ngebantu banget supaya anak lebih lahap makannya deh ya

  8. Keponakanku susaaaaah banget makannya. Kalaupun makan ya hanya mau telur aja. DUh aku kalau liat jadi gemes. Sampe pas ketemuan aku masakin bbrapa makanan ya nggak mempan πŸ™
    Coba ah praktek tips yang mba Lianny berikan. Makasih

    • Lianny says:

      Telurnya bisa tuh dicampur dengan bahan masakan lainnya (misal telur + sayur), dikiiit aja dulu, ntar kalo mau bisa dibanyakin πŸ˜€

  9. Kalo makan pake piring yang bergambar lucu kayak gitu, pasti anak-anak jadi makin bernafsu makannya ya mbak. Aku sudah punya koleksi piringnya…dan anakku sukaaa

  10. Fanny f nila says:

    Beberapa tips udh prnh aku coba, tp ga terlalu berhasil. Anakku yg pertama ini rada2 memang milih2 makanannya mba.. Kalo yg kedua baru gampang.. Sering pusing ah kalo males makannya dia kumat -_-

  11. wihh promonya kok bikin mupeng mbakk,,, Duh mau juga aahh, melipir ke alfamart hheee

  12. Lusi says:

    Kalau wadahnya bagus, anak2 jadi semangat makan ya mbak. Waktu anak2 msh kecil jg suka pake perabotan yg bagus trus tamu2an πŸ˜ƒ

  13. lucuuu banget tempatnyaaa mba…dan bermanfaat banget pastinyaaa πŸ™‚

  14. Lina Astuti says:

    Ngehindarin anak2 dari snack agak susah juga ya, alih2 kenyang abis ngemil jadi gak mau makan. Tapi kalau tempat makannya lucu2 gitu..eum.. Trik bagus..

  15. Sulis says:

    Tempat makannya imut2 banget ya mba…

    Anak2 pasti suka. Klo tempat maemnya menarik, biasanya makannya juga semangat

  16. Lucu banget sih mbaaaak, jadi pengen ngeborong ke Alfamart πŸ™‚

    Anak2ku bawaannya pada ngemil terus, jarang susah makan bhahahaha

  17. Yurmawita says:

    piringnya keren ya, ada gambar kartun lucu pas untuk anak-anak deh

  18. Helena says:

    Waduh aku ya puyeng kalau anakku minta platting seperti Master Chef atau di restoran. Lama menghias, ga jadi makan. Hahaha

  19. Ata says:

    Waaa makasih infonya Mba, kebetulan keponakanku lagi susah makan. Linknya bakal aku share ke kakakku 😊

  20. April Hamsa says:

    Betul banget mbak yg poin satu. Kalau anak sakit ya sembuhin dulu itu.
    Kita aja yg dewasa malas makan saat sakit, pasti anak kecil kyk gtu juga.
    Kadang kalau anak gk mau makan, kalau anaknya msh sehat suka kubiarin sampai anak lapar mbk. Tapi kalau sakit aku usaha nutrisi dr jus sampai es krim kumasukin hehe.

  21. mpo ratne says:

    Jadi pengen beli. Yg kontainer lucu juga buat makanan cemilan taruh di kamar. Et dah jadi tahu nih ane tukang cemil.

  22. Indah Juli says:

    Daku nggak dapat yang piring, musti cari di alfamart tempat lain πŸ™‚
    Tio juga agak susah makan, musti disuapin baru habis makanannya.

  23. makasih tipsnya mbak. gambarnya lucu anak jadi suka.

  24. Sandra Nova says:

    kemarin aku belanja di alfamart & ditawarin piring tsum2 iniiih… rasanya dah pengen beli hahahah abis lucuk!! tapi berhasil menahan beli si tsum2 krn takut malah pecah dimainin Raya hihihi πŸ˜€

  25. Pritahw says:

    wah bisa jadi referensi nih tar kl debay udh lahir, hehe.. O ya, aku sempet mupeng itu piring2 dan yg penghangat makanan itu, eh apa sih, tempat yg bikin makanan anget πŸ™‚ TFS mbak

  26. Huaaaa..tsum tsumnya lucuuuuukk. Bahaya nih kalau anak saya lihat. Wkwkwkwk. Bakal langsung minta diangkut ke rumah.

  27. Eni martini says:

    Anakku yang kedua nih susah makan

  28. Nchie Hanie says:

    Mbaaaa.. anakku ga susah makan, segala di makan deh. Apalagi aku mau semua tuh makanan yang ada di piring lucu, Bolehlah piring sama isinya kirim sini. Jadi kapan ya kita tetanggaan atulah

  29. Mang Lembu says:

    keberadaan Alfamart yang sudah memasuki pelosok hingga ke pojok wilayah yang kemudian menjadikan alfamart menjadi familier dengan warga desa seperti saya, maka segera meluncur ah supaya anak jadi suka makan

  30. Tia says:

    kalo dikasi vitamin kayak minyak ikan gitu jd doyan makan gak?

  31. Ucig says:

    Tipsnyaa 😍
    Anak aku yg kdua again susah makan mbaa.
    Btw Kimi ini aku suka deh ^^

  32. Ety Abdoel says:

    Dulu kenyang banget ngerasai anak susah makan, dua-duanya lagi. Sampai sedih kalau pas nimbang selalu kurang bb nya.
    Sekarang malah doyan makan semua mpe kadang kewalahan, qeqeqe.
    Alat makan yg disukai anak-anak jd salah satu tips yg manjur buat anak-anakku yg kala itu susah makan.

  33. Sekarang alfamart banyak banget ya hadih2anya… mau belanja tapi bukan emak2 haha

  34. Sary Melati says:

    Kayak Maira nih, punya piring Disney Tsum Tsum baru jadi semangat kalau makan. Kebahagiaan anak2 tuh sederhana banget ya 😊

  35. Ditunggu loh resep puding roti tawarnya mbaaaa :D.

    Cakep yaaa piring dan wadahnya.. Lama2 makin suka ihhh belanja di alfa πŸ™‚

  36. Liswanti says:

    Koleksi Disnet Tsum Tsum sama Kimi kece-kece semua ya, pengen ngumpulin lagi neh.

  37. Komplit nih koleksinya mbak Liany. Ntar mau belanaj ke alfamart, ah. Biar bisa dapat KIMI πŸ™‚

  38. Iya Emir kalo lagi susah makan, pasti aku kasih makanan yang dia suka. Apapun deh πŸ˜€

  39. Rahmah says:

    Mba, kapan-kapan aku diajari baking ya.
    Saya jatuh cinta sama tempat makannya yang bening itu. Alfamart suka ada saja yang dibutuhkan sama konsumen emak-emak kayak saya.

  40. kania says:

    makin semangat makan anaknya, emaknya makin semangat masak juga ya berkat perabot cantik

  41. adriana dian says:

    Disney Tsum Tsum plate setnya lucu bangeeeeeeet. Anak anak pasti makin semangat makannya kalo piringnya selucu ini yaaaaa <3

  42. Aku dr kmrin2 jg naksir wadah itu mbak

  43. Wah ternyata mudah ya, mengatasi anak susah makan. Kadang nich anak-anakku suka GTM, kalau dibikinin makanan resep Mbak Li dan ditempatkan di KIMI pasti anak-anak jadi gampang makannya y

  44. Saya baca artikel di saat tepat nih. Pas banget bRe lagi susah makan. Jadi bisa diaplikasikan sarannya.

    Btw saya juga punya kimi lho mbak πŸ˜€
    *malah pamet

  45. ponakan saya susah makannya mba, cium bau ikan udah muntah, daging juga ga suka -_-
    ibunya susah mau ngasih makan apa ckckc
    Tapi alhamdulillah doyan susu sih, tapi ya gitu utk makan susah banget

  46. Dian Safitri says:

    Makan pakai piring Tsum Tsum itu juga bisa jadi salah satu cara biar anak jadi semangat makan ya, Mbak. Piringnya cantik sih. Gemesin. Aku aja suka banget.

  47. Gusti Trisno says:

    Wah, tipsnya lengkap banget bisa buat referensi sebelum punya anak. πŸ™‚

  48. nur rochma says:

    Pakai piring Tsum Tsum lucu jadi anak pengen makan. Trus emaknya jadi semangat masak-masak.

  49. Vindy Putri says:

    Aku termasuk susah makan kalau pas sakit Maag. Dan Maag itu muncul kalau banyak pikiran. Kuncinya adalah aku ga boleh banyak pikiran. Huhu..
    Bt the way, lama-lama aku jadi juga Tsum-Tsum deeehh hihii lucu juga yaa

  50. Wian says:

    Nah bener juga ya. Klo piringnya lucu gini, pasti bakal pada semangat makannya.

  51. Noe says:

    Wiih, hadiah emas? Mauuuu. Btw, itu pepayanya bikin ngiler pagi2 gini.blm sarapan. Ranu jg doyan bgt pepaya πŸ˜€

  52. Yati Rachmat says:

    Betul sekali, tempat makanan dan cara penyajian yang menarik mampu menimbulkan selera makan anak. Anak-anak yang Mamanya akhli dalam berkreasi bekal makanan atau makanan yang disajikan di rumah, pastilah bahagia dan makannya selaalu nambah mulu.

    • Lianny says:

      Betul Bunda, apalagi makanannya dibentuk lucu2 tambah semangat makan anaknya ya. Nah aku belum bisa berkreasi macam2, ya habis masak taruh gitu aja sih di piring hehe πŸ˜€

  53. apura says:

    wah, salah satu solusi menarik ini bagi anak yang susah makan.

  54. agi pranoto says:

    pengen banget koleksi piring tsum tsum ini meskipun aku belum punya anak, dan aku sendiri gampang makannya…
    dan didepan kompleks rumah ada alfamart. oke sip, otw meluncur!

  55. Nunu Halimi says:

    Anak susah makan, hmm baru aja nih aku ngalamin, usut punya usut ternyata sariawan, jadi nggak enak ngunyah dan nelan makanan. Oiya mba saya juga ada nih koleksi nya, anak saya senang banget melihat piring bermotif Disney Tsum Tsum, lucuk

  56. Waktu si sulung balita tuh aku sampai suka oprek resep jajanan sampai masakan. Maksudnya agar s sulung doyan makan. Dari kroket, nuget, makaroni schotel, risoles, dan kalo masak malah sukanya yang bersantan. Beda dengan adiknya, apa aja doyan, ahahaa

  57. Boleh boleh nih tipsnya dicoba. Bocah2 di rumah sering banget kayak gini. Mogok makan sampe bikin emaknya kesel. Apalagi kalo abis sakit. Bikin worit jadinya. Tapi bener banget, makan pake alat makan kesukaan bikin anak-anak semangat makan. Apalagi kalo belinya bareng mereka.

  58. Azalia Asty says:

    Mbak lucu-lucu banget siy, aku baru punya koleksi tsum tsum satu, itupun bowl gitu. Nanti aku mau belanja di Alfamart dech. Makasih ya Mbak infonya

  59. Siti hairul says:

    Aku simpan ya tips nya

  60. Fita says:

    Tsum tsumnya lucuuu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *