5 Macam Olahan Daging Sapi Yang Cocok Untuk Anak

 

5 Macam Olahan Daging Sapi Yang Cocok Untuk Anak

 

Waktu anak-anakku masih usia balita, agak rewel kalo diminta makan daging ayam atau sapi. Makan rawon, sop atau soto biasanya yang dimakan cuma kuahnya doang. Jadi makan dengan nasi dan kuah, dagingnya cuma dikunyah-kunyah lalu ‘dilepeh’.

Eeeh ternyata banyak juga anak-anak yang seusia itu memang rasa susah makan daging. Tuh mama-mama pada curhat kalo nunggu anak pulang sekolah. Yeah, senasib dong sama aku!

Mungkin iya juga sih anak males makannya karena dagingnya agak keras. Lha yang udah dewasa aja kadang susah mengunyahnya, apalagi anak kecil ya.

Terus gimana dong biar anak bisa makan daging? Akhirnya aku masak menu-menu olahan daging sapi khusus untuk anak-anak. Kalo biasanya aku masak sop atau semur kan dagingnya cuma kupotong kotak-kotak aja, ini sekarang dagingnya kublender menggunakan chopper sampai halus terus dibuat bola-bola kecil. Kalo tidak kublender, dagingnya kuiris tipis-tipis dan masak sampai empuk. Dengan begini anak jadi lebih mudah mengunyah dan memakannya.

Ternyata berhasil lho, anak-anak mau makan daging dan malah suka, minta dibuatin lagi. Wuah senangnya!

 

Berikut 5 macam olahan daging sapi yang aku buat:

 

  1. Galantin

Galantin

 

Galantin ini sengaja kubuat sederhana saja, karena anak-anak malah suka galantin yang polosan seperti ini, nggak pake bawang-bawangan kecuali bawang putih, nggak pake bumbu lain-lain deh. Hasilnya tetap empuk dan rasanya enak. Anak-anak suka, apalagi jika ditambah dengan kentang goreng.

 

Resep Galantin Sederhana
Bahan:
Daging lulur dalam, garam, 2 siung bawang putih, plastik es, tepung roti, 1 telur
Cara membuat:
1. Bersihkan daging, potong-potong dan blender sampai halus.
2. Haluskan bawang putih, campur dengan daging.
3. Tambahkan telur dan tepung roti 5 sdm. Tepung roti bisa diganti dengan roti tawar yang diblender. Aduk rata.
4. Isi plastik es dengan adonan daging tadi. Ikat ujungnya, tusuk sedikit plastik dengan garpu. Kukus sampai daging matang. Diamkan sebentar.
5. Buka plastik dan potong potong galantin.
6. Hidangkan potongan galantin dengan sausnya.
7. Saus :
Tumis bawang putih halus dengan margarin, tambahkan kecap inggris, kecap manis, saos tomat dan gula sesuai selera dengan 2 cangkir air/ kaldu. Tambahkan 3 sdm maizena yang dicairkan. Masak sampai mendidih dan saus agak mengental. Angkat.

 

2. Semur bola-bola daging

 

Semur Bola-Bola Daging Sapi

 

Daging sapi yang dibuat bulatan kecil ini selain empuk, bentuknya juga sangat menarik. Anak-anak jadi tertarik untuk mencobanya. Nggak pake isian telur puyuh juga enak. Kadang aku buat bola-bola daging aja tanpa isian telur puyuh, telur rebusnya tinggal dicemplungin biasa aja.

 

Resep semur bola-bola daging:

Bahan:

250 gram daging sapi, cincang halus/blender

Telur puyuh, rebus

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

1 butir telur

2 sdm saus tomat

Garam, merica, gula, pala, kecap manis pasir sesuai selera

5 sdm margarin untuk menumis

600 ml air

2 buah kentang potong kotak-kotak, goreng

2 buah tomat

Cara membuat:

  1. Campur daging cincang, gula, garam, merica, pala, sedikit kecap dan telur. Aduk rata. Bisa ditambah 2 sdm tepung roti agar dagingnya lebih empuk. Bentuk bola-bola diisi dengan telur puyuh rebus.
  2. Panaskan margarin, goreng bola-bola daging hingga kecoklatan. Tiriskan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sisa margarin hingga wangi. Masukkan air sampe mendidih, masukkan bola-bola daing goeng tadi, beri bumbu-bumbu sesuai selera. Tambahkan tomat buah, masukkan kentang.
  4. Masak sampai bumbu meresap dan daging empuk. Koreksi rasa.
  5. Angkat, sajikan hangat dengan taburan bawang goreng. Sedap!

 

3. Bistik daging

 

Resep Bistik Daging

 

Ini aku pake resep bistik daging jawa dari Mama. Kuahnya bisa dibuat kental atau agak cair sesuai selera. Bisa dimakan langsung dengan kentang goreng, atau dimakan dengan nasi. Kalo dimakan langsung, kuah bisa dibuat lebih dikit dan agak kental, kalo dimakan dengan nasi kuah bisa dibuat lebih banyak dan lebih encer aja. Resep bisa dilihat di postingan : Resep bistik Jawa a la my mom

 

4. Daging Teriyaki

 

Daging Teriyaki

 

Daging teriyaki ini paling gampang dibuat kalo lagi males masak. Biasanya kalo daging teriyaki ini kuah dimasak sampai habis, nah berhubung anak-anak suka sausnya jadi kumasak nggak sampai habis airnya, tambah dengan campuran maizena + air supaya kuahnya nanti agak kental dikit.

 

Resep daging teriyaki

Bahan:
250 gram daging sapi lulur dalam, iris tipis
3 sdm saus teriyaki

1 siung bawang putih, haluskan

2  sdm minyak sayur

1 sdt minyak wijen

100 gr bawang bombay, iris tipis

2 sdm kecap manis

100 ml air

1 sdm maizena+sedikit air

Cara membuat :

1. Aduk irisan daging,  saus teriyaki, kecap manis dan bawang putih.
2. Diamkan selama 30 menit atau semalaman dalam lemari es.
3. Panaskan minyak, tumis bawang bombay sampai layu.
4. Masukkan daging, aduk sampai daging berubah warna.
5. Tambahkan air. Masak sampai daging empuk dan air menyusut. Tambahkan maizena, aduk sampai saus mengental. Koreksi rasa.
6. Angkat, hidangkan selagi panas.

 

5. Lapis Daging

 

Lapis daging

 

Lapis daging ini hampir sama dengan beef teriyaki. Iris daging tipis-tipis, campur dengan bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan, garam, kocokan telur dan kecap manis. Tambahkan irisan bawang merah.  Tata diatas wajan lebar satu persatu beri air, masak dengan api kecil hingga air habis. Step by step nya bisa dibaca di postingan: Resep lapis daging special a la my mom

 

Dari kelima menu ini, galantin yang sekarang jarang kubuat karena chopperku rusak, padahal anak-anak minta dibuatin lagi. Kalo aku cincang daging secara manual, pake pisau biasa, menurutku kok kurang halus ya. Duh jadi pengin beli chopper baru deh, ntar ah nunggu diskonan aja di hari belanja online nasional, lumayan bisa hemat pengeluaran hahaha.

Yup, itu 5 macam olahan daging sapi yang cocok untuk anak, mudah dikunyah dan enak rasanya. Untuk dagingnya selalu aku pake daging lulur dalam. Teman-teman, dicoba yuk resepnya, siapa tau anak balita yang nggak suka makan daging jadi mau makannya.

Selamat mencoba! 😀

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , . Bookmark the permalink.

74 Responses to 5 Macam Olahan Daging Sapi Yang Cocok Untuk Anak

  1. cumilebay says:

    Bukan hanya untuk anak tp aku juga suka cuma lapis daging nya aku ngak pernah tau

  2. Fanny f nila says:

    Yg semur bola daging itu fav kuuu ^o^.. tp ga diisi telur puyuh mbak.. kalo udh ada itu, ga peduli ama lauk lain deh, bisa nambah2 :D. Apalagi kalo nasinya ditaburin bawang goreng 😉

    • Lianny says:

      Iya tambah sedap kalo ada bawang gorengnya. Aku suka, tapi anak-anakku pada nggak suka tuh bawang2an, padahal enaaak 😀

  3. Ratna Dewi says:

    Resepnya enak-enak banget. Aku cuma pernah bikin yang bistik daging. Tapi jarang masak daging soalnya nggak bisa milihnya. Pas lihat postingan ini jadi pengen masak daging deh.

  4. cputriarty says:

    Udah lama juga pengin bikin rolade.akkh coba ikutan resep dipostingan atas tadi ya makli😊

  5. endah marina says:

    Waduhh mbaa , kalo menu diatas sih bukan anak2 ajaa yg sukaa… aku punn sukaaaaa.. eanakk bangett sepertinyaa.

  6. Semur bola-bola daging itu yang aku sukaaaa, nyummy banget.

  7. Amir says:

    Yang bolabola daging mirip bakso, kalo ditambah mie rasanya seperti makan bakso

  8. Ade Anita says:

    Wahh…aku suka tuh bola bola daging

  9. dewi adikara says:

    wooow… mau langsung eksekuai daging yang ada didlm frezer.. hehhehe… salam kenal ya mbak, melihat contoh contohnya jd serasa mudah memasak… terimakasih mbak:-)

  10. oke makasih yah mba resep barunya..

  11. nova violita says:

    nyummy..banget.. jangankan buat anak..emaknya juga nancep ini…

    aku kok ngiler liat bistiknya…hahhaha

  12. sarahs says:

    wah belum pernah saya coba semuanya
    kalo soal daging sapi resep saya terbatas banget
    cuma sebatas semur, gepuk, rendang aja hehe
    boleh ah kapan-kapan dicoba resep-resepnya 🙂

    salam kenal ya mbak.

  13. favoritku teriyaki, tapi aku jarang makan karena dirumah g ada yg bisa masak itu hahaha

  14. Pernah bikin beef teriyaki, tp rasanya ga seenak yg ad d resto, heu

  15. Galantin menu yg dijual di deket TKku dulu Mak. Langganannya Mama soalnya, iya bener, anak2 susah ngunyah daging jd galantin itu menu yg paling kunyah-friendly lah

  16. Disiniaja says:

    kayaknya cocok tuh yang nomor satu GALANTIN, supaya gak pada jajan terus.
    sekalian belajar masak.

  17. Saya juga demen lho mba Lian hahhahaah
    makanan segala jenis usia nnih 😀
    bagiin sini mba, anterin ke kost 😀

  18. Olahannya menggiurkan, apalagi resepnya jadi ga semangat buat makam tapi bikin juga. Makasi, Mbak ^^

  19. Helena says:

    Lagi ingin belajar buat teriyaki. Ternyata direndem di bumbu semalaman supaya meresap ya

    • Lianny says:

      Aku biasanya cuma 30 menit aja.
      Kecuali kalo mau masak cepet pagi-pagi, iris dagingnya dan bumbui malam hari sebelum tidur, masukin kulkas, besok pagi-pagi tinggal masak deh 😀

  20. Iya nih, anak-anak paling susah kalo diajakin makan daging. Tapi kalo diolah jadi bentuk yang beda kayak gini siapa yang nolak?

  21. Hastira says:

    yang belum pernah galantin , mau coba ah

  22. Nchie Hanie says:

    Aah aku dah pernah nyobain seperti diatas Mbaa, cuma ada yang beda namanya tapi serupa masakannya.

    Tapi rasanya pengen icip2 yang di sini, lapeeerr bw jam segini 🙁

  23. Turis cantik says:

    Paling enak bkn bola bola daging manteb dan anak sukaa banget.

  24. Aku cuma bisa bikin semur daging aja Mbak li

  25. Agung Rangga says:

    Paling suka sama daging teriyaki! Apalagi kalau dimakan pakai nasi hangat~ 😋

  26. Noe says:

    Penasaran sama lapis daging mbaa.. looks yummy euuyy

  27. aaah enak semuaa ini mbaaaa…yuummy yummy, terutama semur bola daging 🙂

  28. April Hamsa says:

    Aku tandain postinganmu yg ini mbak. Biasanya anak2 cuma aku bikinin perkedel ketang kasi daging atau daging goreng Pengen nyobain ah bikin galantin. Tengkyu resepnya 😀

  29. Satujam says:

    Teriyaki nya bikin ngiler, ini mah cocok buat org dewasa juga 😀

  30. Ety Abdoel says:

    Daging sapi banyak serat jadi cenderung alot. Anak-anak suka olahan daging macam rendang, semur maupun galantin.

  31. Idah Ceris says:

    Teteep, yang bola-bola menjadi favoritku. 😀
    Jasmine suka daging juga. Tapi, masih aku haluskan. Dibuat bola-bola, bakso. 😉

  32. Mb dikau jago banget mengoprek dedagingan gini
    Klo aku blom bisa nih, pasti masi kecium aroma prengusnya huuhu

  33. jual jafra says:

    haduh langsung laper lihat bistik nya,, langsung buat ahh..\\(^^)//

  34. indra says:

    Wah ide yang bagus.. Terkadang memang anak sering rewel kalau makan daging, tapi kalau dibuat lembut seperti itu boleh juga untuk di coba..

  35. gimana ya cara membuat daging bisa empuk dan lembut ketika di makan soalnya ibuku kadang kalau masak itu dagingnya masih kenyal

    • Lianny says:

      Bisa dicoba resep2 di atas, daging diiris tipis masak agak lama dengan api kecil (pakai panci presto biar lebih cepat), bisa juga daging diblender dibuat seperti galantin tadi.

  36. enak tuh kalo di liat :v, apalagi buat sendiri pasti benar benar enak
    resepnya aja mudah di pratikkan,

  37. Bellaa says:

    wah enak dan bergizi banget yah…
    bolehlah nanti kalo anak saya sdh masuk sekolah saya bawain bekal itu, maksih bnayk ya mba resepnya, salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*