5 Cara Mengatasi Cantengan Setelah Selesai Liburan

 

Saat liburan, biasanya kita banyak berjalan untuk menuju satu destinasi wisata ke destinasi lainnya. Tapi, kadang kita salah memilih kaos atau alas kaki. Bukannya membawa yang pas, tapi malah yang kesempitan. Mau ganti atau beli yang pas, udah nggak keburu. Jadi meskipun rada kesempitan dikit, ya dipakai aja.

Kaos dan alas kaki yang kesempitan ini, jika dipakai dalam jarak jauh dan waktu yang panjang bisa menimbulkan cantengan loh.

 

CantenganSumber gambar: www.harian-post.com

 

Apa itu Cantengan?

Dalam dunia kedokteran, cantengan dikenal dengan istilah paronikia. Ditandai dengan infeksi yang bengkak serta kemerahan di sekitar jari-jari, baik tangan maupun kaki. Infeksi ini, jika nggak segera diobati juga bisa menyebabkan penumpukan abses atau nanah.

Cantengan akan membuat kuku kaki penderitanya terasa nyut-nyutan, dan pastinya nggak enak saat dipakai berjalan. Oleh karena itu, cantengan perlu segera diatasi, begitu liburan telah selesai.

Teman-teman nggak perlu buru-buru ke dokter karena sebenarnya masalah ini bisa ditangani terlebih dahulu di rumah. Cukup mudah dan nggak ribet kok, asal telaten aja πŸ˜€

 

Cara Mengatasi Cantengan

  1. Karena infeksi berkembang akibat bakteri, yang perlu dilakukan adalah membersihkan daerah infeksi. Siapkan air hangat di sebuah wadah yang cukup besar, lalu rendam kaki dalam wadah tersebut. Lakukan pada pagi dan sore hari untuk menjaga kebersihan daerah infeksi. Oleskan antibiotik topikal jika kaki telah dibersihkan, agar infeksi nggak semakin parah dan cepat reda.
  2. Untuk menghilangkan tekanan pada kulit kuku, potonglah kuku yang menancap ke daging pada jari. Teman-teman dapat memakai perban untuk menghindari gesekan yang membuat kuku semakin nyeri, tapi perban sebaiknya nggak terlalu rapat. Jika hal tersebut telah dilakukan, gantilah alas kaki dengan yang agak longgar. Supaya ada sirkulasi udara yang membantu penyembuhan.
  3. Selain meredakan tekanan pada kuku, bawang merah juga bisa digunakan untuk mengatasi cantengan loh! Caranya? Cukup campurkan dua siung bawang merah dengan satu siung bawang putih. Lalu, tambahkan minyak kelapa sebagai zat penyampur. Oleskan pada kuku secara perlahan. Kemudian, tutup dengan perban.
  4. Bumbu dapur lainnya, jahe juga bisa dipakai untuk mengatasi cantengan. Cukup parut jahe seukuran buku jari. Lalu, tambahkan minyak kelapa. Kemudian, lakukan langkah yang sama seperti olesan bawang merah. Perlu diingat, teman-teman hanya bisa mencoba satu ramuan saja. Jangan mencampur bawang merah dan jahe hanya karena berpikir akan cepat sembuh. Bisa-bisa kuku malah semakin parah.
  5. Jika nyeri pada kuku tidak tertahankan, teman-teman dapat mengonsumsi obat pereda nyeri. Misalnya ibuprofen. Perlu diingat, jangan mengonsumsi obat secara berlebihan dan ikuti aturan yang tercantum pada kemasan.

 

5 Cara Mengatasi Cantengan Setelah Selesai LiburanRendam kaki dengan air hangat, biasanya kutambah beberapa sendok garam. Cukup ampuh sih mengatasi cantengan selama ini

 

Yup, itu 5Β  Cara Mengatasi Cantengan Setelah Selesai Liburan. Cukup mudah kan cara mengatasi cantengan ini? Cantengan keliatannya hal sepele, tapi jika dibiarkan bisa berefek buruk. Tambah bengkak dan bernanah, duh pasti nggak enak banget.

Adikku pernah dicabut kukunya gara-gara cantengan berkali-kali. Ampun dah, ngebayanginnya aja sudah ngeriiii. Jangan sampe deh terkena cantengan dan jika terkena segera cepat ditangani ya.

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Reviews & Sponsored and tagged , , , . Bookmark the permalink.

54 Responses to 5 Cara Mengatasi Cantengan Setelah Selesai Liburan

  1. Leli says:

    Itu yang bagian di tambahi bawang merah dan bawang putih plus minyak lucu yah.. saya baru denger.. hihi.
    Kayak mau masak tumis

    Tapi iya loh cantengan itu nyiksa.

    pdahal habis jalan jalan harusnya seneng, tapi kalau salah make sepatu atau sandal malah bikin mala petaka.

    Thanks tipsnya ^^
    aku bookmark dlu , aku juga sering kayak gini haha

  2. Okti Li says:

    Oh, centengan itu bengkak di sekitar kuku kaki ya, hihi… Saya pikir istilah apa…

    Jika sakit sekitar kuku gitu, saya biasa pakai daun binahong, Mbak. Ambil daun dua lembar, kucek atau lembitkan, lalu tempel di daerah yang sakit, rasanya dingin… Insya Allah cepet sembuh. 😊

    Saya blm coba pakai jahe atau bawang merah dan putih. Trims infonya ya 😊

    • Lianny says:

      Kuku tangan juga bisa, aku dulu pernah cantengan di jempol tangan. Tapi seringnya memang di kaki hehehe.
      Oooh biasanya pake daun binahong ya mbak, sama seperti kakakku juga pake daun binahong biasanya.

  3. Ade Anita says:

    Sakit banget kalo cantengan. Apalagi kalo pas ketemu ada undangan dan harus pake sepatu hak. Duh. Dilema

    • Lianny says:

      Waduh pasti tersiksa banget ya Mbak Ade, udah cantengan harus pake sepatu hak lagi, ntar pulang acara cantengannya tambah parah hiks.

  4. Ratna Dewi says:

    Adududuh terakhir kali aku cantengan susah makan susah tidur. Nggak lagi-lagi deh cantengan soalnya itu penyakit sepele yang sakit banget.

  5. sulis says:

    Oh..bisa pke obat tradisional tho mb.. Aku mlh baru tahu. Biasanya klo cantengen..aku oles obat luka betadine. Awalnya gambling aja, drpd nggak tak kasih obat. Eh..trnyt reda. Mksh tips nya mb…bisa dicoba klo pas cantengen lagi..

  6. Rani R Tyas says:

    Aku pikir cantengan itu kuku yang masuk ke daging. Biasanya seperti ini turunan ya Ce?

    • Lianny says:

      Cantengan bisa karena pake sepatu kesempitan, bisa karena salah menggunting kukunya.
      Iya bisa jadi kukunya masuk ke daging, biasanya kurendam air hangat dulu, kuku jadi lunak baru kupotong ujung kuku yang masuk ke daging tadi.

  7. Sering disikat pake sikat gigi setiap mandi, aku kalau suka lupa sikat pasti pas beberapa hari sesudahnya akan cantengan deh..

  8. Yulia Marza says:

    Emang sakit banget li mbak,saya pernah ngalami tu, ampe bengkak gitu bagian pinggirnya, rasanya ngilu_ngilu sakit gitu.

  9. Jaman kecil dulu aku beberapa kali pernah cantengan mba..haha..aseli ga enak bgt memang..tipsnya berguna mba..thanks ya

  10. Aku sering Mbk merendam kaki pakai air hangat dan garam, enak banget peredaran darah jadi lancar πŸ™‚

  11. Lidha Maul says:

    Wah, saya akhir2 ini cukup sering kena ini. Kadang mikir kenapa ya? tapi ya iya juga..banyak jalan en capeknya. Abis baca ini jadi kepikiran buat ngerendam kaki. Iya juga sih, padahal udah tau tp gimana lupa terus. Syukur kesini ya

  12. oalaaahhh, cantengan itu begitu toh mbak… aku td bingung mksdnya apa… aku sndiri blm pernah ngerasain , jd blm tau sesakit apa sbnrnya cantengan ini :)..

  13. Hastira says:

    namanya cantengan sakitnya minta ampun, pernah sudha parah akhirnya ke dokter, kuku dicabut dan itu sakitnya samapi agk bisa tidur semalaman

  14. Saya juga pernah kena cantengan Mbak. Ternyata obatnya mudah di dapat ya…bisa pakai bawang merah, bawang putih dan jahe. Atau dengan direndam air hangat. Tapi mudah-mudahan gak kena cantengan lagi, deh…heheheh

  15. Anisa AE says:

    Aku masih sering cantengen nih, bikin bete. πŸ˜€ Tapi alhamdulillah, bisa merasakan sakit di kak. πŸ™‚

  16. Meiga says:

    Kalo cantengen, biasanya aku aku pijetin, trus kalo udah longgar, baru dipotong kuku yang masuk ke dagingnya

  17. Mel Allira says:

    Dicatat ah … Siapa tahu butuh tipsnya nanti setelah liburan πŸ˜€

  18. Mel Allira says:

    Hihihi, banyak nih yang habis jalan-jalan, trus kena cantengen.

  19. Helena says:

    Ga enak banget kalo cantengan itu. Sakit meski lukanya kecil. Ternyata bawang dan jahe bisa mengobatinya

  20. sanjaya says:

    kena cantangan itu rasanya ndak enak banget au pakek sepatu aja susah, apalagi kalau musim hujan seperti i yang bsa memperburuk keadaann.

  21. Cantengan keliatan biasa tapi sakit mbaa. Makasih tipsnya ya mba. Sederhana tapi berguna πŸ™‚

  22. Wah bisa direndam aja ya mb? Saya oernah tp pake beta***e aja

  23. noni says:

    pas gunting kukunya itu sakit banget

  24. Cantengan itu klo di kampungku disebute uleren mb, cz jari jdi bengkak gatel senud2 kek digigit ulet bulu hihi

  25. Hanna says:

    aku jga sering kayak gini, sakit bgt,, yg bikin parah baunya mak nyuus.. haa

  26. cumilebay says:

    Duch cantengan ini bikin cenut2 nya ngak tahan πŸ™

  27. Jahe bisa ya Mbak, bumbu dapur ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan di tubuh ya

  28. Oh ternyata bawang merah bawang putih pun bisa ya digunakan untuk cantengan. Btw nama penyakitnya sama toh dalam bahasa Indonesia. Kirain itu bahasa Jawa aja ahahaha

  29. yang kena cantegan jempol kaki doang tapi yang sakitnya sampai kebadan badan walaaaaa.

    awas aja ada yang berani nyengggol nyenggol haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *