Health Reviews & Sponsored

5 Biji Buah yang Bisa dimakan

 

5 biji buah yang bisa dimakan

 

Waktu aku beli nasi pecel beberapa hari lalu, di lodeh tewelnya ada biji nangkanya (aku biasa menyebut dengan beton). Wuah sudah lama nggak makan beton, waktu kecil dulu aku suka makan beton. Makan beberapa biji aja sudah kenyang lho. Dulu pernah waktu jalan-jalan di mall Surabaya, keponakanku membeli chesnut, mirip dengan beton tapi agak bulat dan rasanya mirip ubi, enak.

Ternyata ada berbagai biji buah yang dapat dimakan dan rasanya enak.

 

Berikut 5 biji buah yang bisa dimakan :

 

Biji durian

 

biji durian

Sumber gb : namajawa.blogspot.co.id

 

Biji durian yang bisa dimakan dengan cara direbus atau dibakar ini juga bergizi tinggi. Biji durian (dalam bahsa Jawa disebut pongge) ini kaya karbohidrat dan mengandung protein, kalsium dan fosfor.

Menurut hasil penelitian, biji durian dapat digunakan sebagai bahan pengganti beras dan tepung terigu. Makanya nggak heran jika ada yang mengolahnya menjadi tepung dan digunakan sebagai bahan pembuat kue. Kadang diolah menjadi keripik. Biji durian yang diekstrak menjadi pati juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengikat kapsul obat menggantikan tepung padi.

Tapi ada yang harus diingat nih, biji durian mengandung gas dan asam lemak siklopropena yang kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

 

Biji labu

 

biji labu

Sumber gb : megawarta.com

 

Pasti pernah kan makan kuaci? Makanan ringan berukuran kecil dan asin rasanya ini enak banget deh buat cemilan. Jika sudah nyemil kuaci bakalan susah berhentinya hehehe. Kuaci selain terbuat dari biji bunga mahatari juga ada yang terbuat dari biji labu. Selain dibuat menjadi kuaci, biji labu bisa digunakan sebagai campuran salad dan bahkan diolah hingga menghasilkan minyak

Biji labu merupakan makanan yang sehat karena mengandung mineral, yaitu zat besi yang berfungsi mengangkat oksigen ke jaringan otak. Bila suplai oksigen ke otak terpenuhi, konsentrasi dan daya ingatpun akan terjaga.

 

Biji Buah Kiwi

 

biji kiwi

 

Biji buah kiwi yang bisa dimakan ini menyimpan banyak nutrisi. Minyak yang diekstrak dari biji kiwi ini lebih kaya dari biji rami dalam hal kandungan alpha-linolenic acid yaitu asam lemak omega-3 nya yangΒ  bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan otak serta membantu mengatur kolesterol. Anakku pernah makan buah kiwi pinggir-pinggirnya saja. Waktu kutanya kenapa tengahnya tidak dimakan? Dia jawab karena ada bijinya, katanya. Setelah tau kalau biji buah kiwi bisa dimakan, barulah dia berani makan buah kiwi beserta bijinya πŸ˜€

 

Biji markisa

 

biji markisa

id.wikipedia.org

 

Tidak hanya daging buahnya saja yang bisa dimakan, biji markisapun bisa dimakan. Kandungan seratnya tinggi. Biji buah markisa dapat dibuat jus dan ikut diminum tanpa disaring. Bagi yang sedang mengalami sembelit, bisa dicoba nih mengkonsumsinya sebagai pencahar ringan.

 

Biji nangka

 

biji nangka

Sumber gb : namajawa.blogspot.co.id

 

Biji nangka juga punya kandungan gizi yang tinggi dan berguna bagi tubuh. Kandungan karbohidratnya dua kali lipat dibanding beras. Tapi kandungan lemaknya jauh lebih rendah dibanding kedelai. Biji nangka mengandung kalsium, protein, fosfor, besi, vitamin B1 dan vitamin C.

Aku biasa makan biji nangka (beton) ini dengan hanya direbus. Jadi betonnya direbus hingga empuk dan airnya diberi sedikit garam sehingga rasa betonnya sedikit asin (tidak tawar). Bisa juga sih diolah menjadi tepung dan digunakan sebagai dasar membuat aneka kue dan sereal. Sari biji nangka ini juga dapat dijadikan minuman, yaitu susu biji nangka. Selain itu bisa diolah menjadi makanan fermentasi seperti tape, yoghurt dan tempe.

Aku nemu resep minuman sari biji nangka, tapi belum kupraktekkan. Kutulis dibawah ini ya, mungkin teman-teman ada yang kepingin nyoba membuatnya.

 

Resep Minuman Sari Biji Nangka

Sumber resep : Majalah Girls

Bahan :

Biji nangka yang sudah direndam air sekitar 12 jam.

Gula

Air

 

Cara membuat :

  1. Rebus biji nangka yang telah direndam itu hingga empuk.

2. Bersihkan sisa-sisa kulit yang masih menempel pada biji nangka

3. Hancurkan biji nagka menggunakan blender. Tmbahkan air dan gula secukupnya.

4. Saringlah adonan biji nangka tersebut sehingga menghasilkan sari biji nangka. Setelah itu, tuang pada gelas saji dan hidangkan!

5. Minuman sari biji nangka yang bergizi ini bisa dinikmati hangat atau dingin.

 

Dari 5 biji buah yang bisa dimakan ini, yang paling sering kumakan adalah biji labu yang dijadikan kuaci, dan biji kiwi karena bisa langsung dimakan dengan daging buahnya tanpa diolah terlebih dahulu.

Teman-teman suka makan biji buah apa?

 

53 Comments

  1. Liberto Amib February 8, 2016
    • Lianny February 8, 2016
  2. Winda Carmelita February 8, 2016
    • Lianny February 8, 2016
  3. Cepy HR February 8, 2016
    • Lianny February 8, 2016
  4. kania February 8, 2016
    • Lianny February 8, 2016
  5. Jiah February 8, 2016
    • Lianny February 8, 2016
  6. Turiscantik February 8, 2016
    • Lianny February 8, 2016
  7. cumilebay February 8, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  8. damarojat February 9, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  9. Nonton Online February 9, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  10. Hidayah Sulistyowati February 9, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  11. momtraveler February 9, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  12. indahjuli February 9, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  13. Niar ningrum February 9, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  14. Tarry KittyHolic February 9, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  15. Lidya February 9, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  16. sophie February 9, 2016
    • Lianny February 9, 2016
  17. Icah Banjarmasin February 9, 2016
    • Lianny February 10, 2016
  18. ophi ziadah February 10, 2016
    • Lianny February 11, 2016
      • Ophi Ziadah February 11, 2016
        • Lianny February 11, 2016
          • Dewanda March 3, 2017
  19. CatatanRia February 10, 2016
    • Lianny February 11, 2016
  20. Nia Haryanto February 11, 2016
    • Lianny February 11, 2016
  21. Om Biems February 11, 2016
    • Lianny February 11, 2016
  22. Lusi February 12, 2016
    • Lianny February 13, 2016
  23. Noe February 13, 2016
    • Lianny February 13, 2016
  24. Yoekaa February 13, 2016
  25. Dwi Puspita February 16, 2016
    • Lianny February 16, 2016
  26. Dewanda March 3, 2017

Leave a Reply