3 Oleh-Oleh Khas Pasuruan Yang Terkenal

 

Sudah hampir seminggu ini aku berada di kota kelahiranku bersama anak-anak. Saat libur panjang sekolah seperti inilah kami bisa pulang ke Pasuruan, mengunjungi orang tuaku. Melihat kota kelahiran lagi, jadi pingin nyicipi makanan dan minumannya. Banyak makanan enak di Pasuruan yang wajib dicicipi jika berkesempatan pergi ke kota ini, seperti : Rawon Saminah, Soto Cemara, Kupang, es Baktung dll. Cuma karena masih bulan puasa, banyak penjual makanan yang tutup.

Selain makanan dan minuman yang wajib dicoba, ada oleh-oleh khas Pasuruan yang tak kalah menariknya. Kali ini aku cerita tentang oleh-oleh khas Pasuruan saja deh, untuk makanan dan minumannya lain waktu aja, ya πŸ™‚

 

Ini 3 oleh-oleh khas Pasuruan yang terkenal :

 

1. Roti Matahari

 

Roti matahari Pasuruan

 

Roti matahari menjadi salah satu oleh-oleh khas Pasuruan yang paling banyak diminati. Toko roti matahari berdiri sudah lama, sejak tahun 1955. Berbagai jenis roti yang dijual : roti warmball, roti sisir, roti celup, roti ronde, roti kasur dll. Roti sisirnya ada dua jenis, yaitu yang basah dan kering. Untuk roti sisir yang basah dibagi menjadi dua lagi yaitu roti sisir biasa dan roti sisir rombotter. Tentu saja yang paling banyak diminati pembeli adalah roti sisir rombotter nya (pakai mentega Australia). Yang menjadi favoritku adalah roti sisir rombotter yang warna cokelat, rasanya enak.

Roti Matahari ini banyak dijumpai di berbagai kota. Tapi tentu kondisinya sudah lain dengan beli langsung di kota asal. Kadang sudah agak keras karena sudah beberapa hari sehingga rasanya juga jadi berbeda. Begitu juga harganya, biasanya lebih mahal.

Alamat Toko Roti Matahari : Jl. Raya Sukarno Hatta 42-44, Pasuruan, Jawa Timur-Indonesia.
Phone :+620343425445
Jam buka : 08.00 – 20.00

 

2. Bipang Jangkar

 

Bipang Jangkar Pasuruan* Ini bipang dengan kemasan plastik, varian rasa : kopi, coconut, melon, strawberry dan orange *

 

Bipang terbuat dari beras yang dipanaskan dengan suhu tinggi sampai mekar kemudian dicampur dengan vanili dan gula yang telah dicairkan, lalu dicetak dan dipotong-potong. Rasanya renyah dan manis.

Bipang Jangkar ini diproduksi sejak tahun 1949. Pertama kali menggunakan kertas sebagai pembungkusnya dengan rasa vanilla, kemudian berkembang menjadi bermacam rasa buah-buahan yang dibungkus plastik sehingga bipang lebih tahan lama dan tidak melempem. Bagi penyuka manis, bipang jangkar ini wajib dicoba.

Alamat Toko Bipang Jangkar : Jl. Lombok 37-41, Pasuruan 67132, Jawa timur, Indonesia.
Phone : 0343-421162 ; Fax 0343-422755; HP 081 7371496
Jam buka : Senin – Minggu 06.30 – 18.30

 

3. Permen jahe (Ting Ting Jahe) SinA

 

ting-ting jahe SinA Pasuruan* Permen jahe orange, peanut butter, peppermint, original dan mango. Yang original sudah kumakan πŸ™‚ *

 

Sudah pernah makan ting-ting kacang? Enak, yah. Selain ting-ting kacang rasa original, sekarang banyak juga yang memproduksi ting-ting kacang dengan campuran jahe.

Nah, kalo oleh-oleh khas Pasuruan yang satu ini bukan ting-ting kacang, tapi ting-ting jahe yang diproduksi oleh SinA. Sejak tahun 1935 sampai sekarang produk-produk SinA dibuat dengan bahan yang berkualitas dan telah dieksport ke berbagai negara : Hongkong, Australia, Amerika, Inggris dan Jerman. Produk unggulan dari SinA adalah permen jahenya (biasa disebut ting ting jahe).

Aku suka makan ting-ting jahe SinA ini. Dulu dibungkus kertas berwarna putih corak biru, ditengah berwarna merah ada gambar jahenya, khas banget. Kemasan ini sekarang masih ada, disamping kemasan yang baru dengan aneka rasa seperti orange, peppermint dll. Aku lebih suka rasa yang original, jahe aja. Wajib dicoba deh ting-ting jahenya, jahe banyak khasiatnya buat kesehatan tubuh.

Alamat PT Sindu Amritha : Jl. Sumatera 24-28 Pasuruan 67114, Jawa Timur, Indonesia.
Phone : 0343 – 426671 , Fax: 0343 – 424046

 

Yup, itulah 3 oleh-oleh khas Pasuruan yang terkenal, ketiganya berdiri sudah sejak puluhan tahun lalu.

Ngomongin permen jahe, aku punya pengalaman lucu nih. Pernah saat menunggu si bungsu yang baru pertama kali masuk playgroup, ada seorang ibu yang menyodorkan sekotak permen. β€œIni permen jahe, enak lho, anakku beli di luar negeri,” katanya. Permen jahe? Langsung inget deh dengan ting-ting jahe SinA, setahuku kalo permen jahe yang terkenal ya permen jahe dari kota Pasuruan. Tapi kemasannya bagus, bukan yang warna putih biru yang biasa kumakan. Akhirnya kuambil satu biji, setelah kulihat-lihat, ternyata beneran deh itu buatan SinA Pasuruan. Walah, jadi pingin ketawa. Jauh-jauh beli di luar, ternyata buatan dalam negeri. Aku nggak komen apa-apa, cuma bilang makasih aja sih, takut tersinggung ntar orangnya πŸ˜€

Sudah pernah ke Pasuruan? Kalau ke Pasuruan, sempatkan mampir beli ketiga oleh-oleh khas Pasuruan ini.

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Kuliner, Reviews & Sponsored and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to 3 Oleh-Oleh Khas Pasuruan Yang Terkenal

  1. Lusi says:

    Waktu aku kecil di Madiun suka beli bipang di pasar malam πŸ˜€

  2. winny says:

    yg permen jahe menarik kak

  3. RedCarra says:

    Lhaaa. Emang itu ibu gak liat di kemasannya produksi mana? πŸ˜†
    Aku sering liat itu yang tingting jahe di sini. Tapi aku ga suka πŸ˜€ Yang Roti Matahari kayaknya enak haha.

  4. Dwi Puspita says:

    Kalo ke pasuruan aku selalu beli bipang mak buat oleh2 keluarga πŸ™‚

  5. Bipang itu kalo di kotaku nyebutnya jipang, ada ya yang dikemas bagus gitu. Senang ya mbak bisa menikmati mudik, bisa kulineran πŸ˜€

  6. Choirul Huda says:

    belom pernah ke pasuruan, paling mentok cuma ke yogya aja
    he he he

    bipang itu mirip makanan yang ada di sekolahan sd ya
    kayak popcorn gitu

  7. Lia says:

    kalau bipang aku pernah makan mbak, ada yang ngirimi waktu itu

  8. Aku belum pernah ke Pasuruan sih mbaaak…

    Tapi kalo kesono dipastikan bakal beli semua cemilan diatas deh mbaak..
    Aku juga doyan permen tingting hehe…

  9. Dedew says:

    penasaran dengan bipang deh mba, mana macam2 rasa lagi…tingting jahenya menggoda…

  10. Sari says:

    Mba saya mau permen jahe nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *