15 Jajanan Jadul Tahun 80-an

 

Apa jajanan masa kecil favoritmu?

Masa aku SD tahun 80-an, aku punya banyak jajanan favorit. Menurutku jajanan zaman dulu itu enak-enak semua, nggak ada yang nggak enak hahaha. Yuk, kita nostalgia jajanan jadul tahun 80-an!

 

Ini 15 jajanan jadul tahu 80-an :

 

  1. Es potong

 

Es potong Jajanan jadul tahun 80-an

Sumber : www.kaskus.co.id

 

Entah ini namanya apa ya, es lilin atau es potong? Kalo aku biasa nyebutnya es potong karena biasanya es ini dibikin panjang. Kalo kita beli baru dipotong-potong sekitar 10 cm dan diberi tusukan sate di tengahnya buat pegangan. Rasanya macam-macam, ada cokelat, vanilla, kacang hijau, kacang hitam dll.

 

2. Es gabus

 

es gabus Jajanan jadul tahun 80-anSumber: www.brilio.net

 

Selain es potong, aku juga suka makan es gabus. Es ini terbuat dari tepung hunkwe. Sekarang banyak yang bikin es gabus ini diberi bermacam warna dan dinamakan es gabus pelangi. Kapan-kapan aku juga mau coba bikin sendiri ah, udah lama nggak ngerasain es gabus.

 

3. Es tong-tong roti tawar

 

Es tong tong roti tawar jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: margeraye.blogdetik.com

 

Nah waktu aku SD dulu, suka ada abang penjual es bunyinya tong tong. Cara penyajiannya, sepotong roti tawar dilipat dan es nya diletakkan di tengah lipatan roti tawarnya itu. Enak banget! Kapan hari aku beli es Singapura karena teringat es roti tawar masa kecilku ini. Meski mirip tapi nggak sama, rasanya lain. Es roti tawar jadul lebih sederhana, roti tawar lebih kecil tapi menurutku soal rasa lebih mantap deh.

 

4. Es serut warna-warni

 

Es serut warna-warni jajanan jadul tahun 80-anSumber : www.kaskus.co.id

 

Es ini terbuat dari es yang diserut terus dipadatkan, diberi tusuk sate kemudian diberi sirup warna-warni. Segerrr!

 

5. Permen Gulali cetak

 

Permen gulali cetak jajanan jadul tahun 80-an

Sumber : www.kaskus.co.id

 

Ini keren banget deh. Abang penjualnya bisa membentuk gulali dengan aneka bentuk yang imut-imut, bisa bentuk burung, bunga, kupu-kupu dll.

 

6. Telur cicak

 

permen telur cicak jajanan jadul tahun 80-anSumber: www.tokopedia.com

 

Permen kecil-kecil dengan aneka warna, dalamnya kalo nggak salah isi kacang. Hayo, siapa yang suka makan permen telur cicak ini?

 

7. Kacang pedes

 

Kacang pedes jajanan jadul tahun 80-anSumber: id.pricepedia.org

 

Aku juga suka makan jajanan satu ini. Kacang yang bersalut gula dengan rasa pedas, biasanya dibungkus plastik kecil. Kalo dimakan, agak-agak lengket gitu gulanya di gigi hahaha. Pedes tapi enak! Aku sering beli di kantin sekolahku waktu itu.

 

8. Amplang kacang

 

Amplang kacang jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: www.kuliner123.com

 

Jajanan ini terbuat dari kacang yang dicampur dengan gula merah. Rasanya manis.

 

9. Rambut nenek

 

Rambut nenek jajanan jadul tahun 80-anSumber: travel.idntimes.com

 

Camilan yang bentuknya mirip rambut ini rasanya manis, biasanya dimakan dengan biskuit yang tipis. Entah kenapa ya kok dinamakan rambut nenek hahaha.

 

10. Krip krip

 

Krip Krip jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: travel.idntimes.com

 

Mie yang bisa langsung dimakan ini enak sekali, bungkusnya kecil imut. Bisa habis lebih dari satu bungkus deh kalo makan ini.

 

11. Wafer Cokelat Superman

 

Wafer cokelat Superman jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: id.pinterest.com

 

Baca buku atau nonton tv sambil nyemil wafer cokelat superman ini, duh nikmat banget rasanya!

 

12. Permen sarsarparila

 

Permen Mr Sarmento jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: id.pinterest.com

 

Nah permen rasa sarsaparilla dengan merek Mr Sarmento ini enak banget. Pernah nyobain permen ini nggak?

 

13. Manisan buah

 

manisan buah jajanan jadul tahun 80-anSumber: www.bukalapak.com

 

Kalo ini rasanya manis-manis asam, enak rasanya. Manisan buah ini masih banyak kujumpai di supermarket.

 

14. Biskuit gula warna-warni

 

Kue gula warna-warni jajanan jadul tahun 80-anSumber: tasterex.weebly.com

 

Ini bentuknya imut, bulat agak pipih atasnya ada cream gula aneka warna. Namanya apa sih biskuit ini, ada yang tau? Aku nyebutnya biskuit gula warna-warni. Paling suka makan cream warna-warninya aja, yang ada di atas biskuitnya itu hahaha.

 

15. Permen sugus

 

permen sugus jajanan jadul tahun 80-anSumber: id.wikipedia.org

 

Siapa yang juga suka permen empuk dengan aneka rasa ini?

 

Duh kalo sudah nostalgia jajajan jadul, nggak bakal ada habisnya. Memang, sebenarnya banyak banget jajajan jadul tahun 80-an ya. Yang kutulis ini adalah jajanan yang paling sering kumakan saat itu.

Apa jajanan masa kecil teman-teman? Share dong di komen, pengin tau juga. Kali kali aja kita masih satu generasi haha πŸ˜€

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Personal and tagged , , . Bookmark the permalink.

42 Responses to 15 Jajanan Jadul Tahun 80-an

  1. suga says:

    Permen sugus apa masih ada ya? Kalo sebutan “toples sugus” disekitarku masih ada buat wadah jajan lebaran πŸ˜€

  2. Hahaha, ane baru tau kalau namanya rambut nenek, kalau di tempat saya namanya gula-gula

  3. Farida Pane says:

    hiyaaa… aku kenal semua!
    ketauan deh umurnya πŸ˜›

  4. Kalau es gabus, saya gak pernah beli. Dulu mamah saya rajin bikin es ini πŸ™‚

  5. Kalau aku paling suka ampyang sampai sekarang.
    Cuma di tempatku sudah gak ada lagi
    Kalau es dong-dong pake roti tawar masih ada sih

  6. nofant says:

    ah… jajanan di atas bikin gagal move on. Pengen ngerasain lagi rasanya… apalagi rambut nenek itu. Murah meriah semua deh pokoknya…

  7. Vindy Putri says:

    Eh iya ada es gabus! Aku suka buanget mbak es itu….! Rasanta manis tapi gak begitu manus. Trus sensasi makannya lembut tapi agak keras dug gimana ya… unik pokoknyaaaa!

  8. coklat superman mah masih gampang nemuinnya :v cuma ganti nama doang kan sekarang wkwkwk

  9. Aw aw aw jadi nostalgilaaa hahaha. Aku suka semuanya Mbak kecuali rambut nenek. Kayaknya di Medan dulu gak ada rambut nenek dah. Aku baru tahu pas di Jakarta di komplek sekolahan anakku.

  10. Aku termasuk beruntung Mbak. Banyak diantaranya yang masih mudah kudapati. Es potong kapan hari ketemu kakek2 yg jual di dekat hutan dekat rumah. Es tong-tong itu jualannya suwamik ART ku, sering dapat gretong. Wkwkwk

  11. Nchie Hanie says:

    Huhuuuu…itu surganya cemilan akuu waktu kecil, sampe sekrang justru banyak di mall2 buka lapak jajanan jadul. nJadi bernostalgiaa..

  12. Septia says:

    Es serut warns warning itu yang paling aku inget. Makannya kaya Lombard lari, kalo gak buru2 abis bisa rontok serutannya dan yang rasa2nya lumer..

    Bener2 nostalgia banget ini mah Mba hehe

  13. Yg aku ga tau cuma es gabus :p. Lainnya tahu semuaaa.. Bingung kalo ditanya fav yg mana, soalnya aku suka banget semua :D. Trutama eskrim ama roti tawar ya mba :p. Ga prnh nemu lg penjual es tong tong yg seenak jaman aku kecil dulu

  14. Wah, jajanan kita sama an
    Jadi pengen es serut nya. Kayaknya sekarang udah ga ada yg jual ya

  15. Lusi says:

    Suka semua. Yg es potong malah masuk mall, dibilangnya es singapur halaaah. Kalau di jogja dicelup coklat panas, jadinya es goreng.

  16. dulu suka beli krip2 karena mursida cuman 25 perak jadi klo bekel 100 bisa dpt 4 krip2 hahaha

  17. Dwi Puspita says:

    Aku juga masih kebagian jaman jajanan itu mbak. Kalau krip2 biasanya aku buat lauk…hahaha. es potong dan es gabus aku suka banget. Uenakkk…seger.

  18. Suka banget sama krip-krip, ada satu lagi Anak Mas… hehe…

  19. Reny Henriyani says:

    Waduh, jadi pengen makan es gabus sama krip-krip.
    Kalo es potong sekarang masih ada yang jual di deket kantor, lumayan bisa mengobati kekangenan. Wafer superstar masih dijual sampai sekarang, masih suka jajan itu juga, hehe

    Ada lagi,,, anak mas sama permen karet yosan πŸ˜€

  20. Ria says:

    selain permen sugus ada juga permen chelsea, di Jakarta sendiri ada yg namanya es goyang. Untungnya yg satu ini masih suka beredar di pasar tradisional πŸ™‚

  21. Es potong kalau sekarang belinya pas main ke Kota Tua. Kalau es gabus saya biasa bilangnya es kue, sekarang udah nggak pernah lagi makan. Es roti jadi inget es krim sandwich di Merlion Park, haha… Selebihnya udah nggak pernah makan lagi.

  22. indiRa says:

    Es potong enak bangeeet yaa Mbak Lianny suegerr..

  23. Permen sarsarparila sama Manisan buah macem kayak digambar tu aku belom pernah nyobainnn :3
    kalo yang lainnya sih udah pernaah XD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *