Personal

15 Jajanan Jadul Tahun 80-an

 

Apa jajanan masa kecil favoritmu?

Masa aku SD tahun 80-an, aku punya banyak jajanan favorit. Menurutku jajanan zaman dulu itu enak-enak semua, nggak ada yang nggak enak hahaha. Yuk, kita nostalgia jajanan jadul tahun 80-an!

 

Ini 15 jajanan jadul tahu 80-an :

 

  1. Es potong

 

Es potong Jajanan jadul tahun 80-an

Sumber : www.kaskus.co.id

 

Entah ini namanya apa ya, es lilin atau es potong? Kalo aku biasa nyebutnya es potong karena biasanya es ini dibikin panjang. Kalo kita beli baru dipotong-potong sekitar 10 cm dan diberi tusukan sate di tengahnya buat pegangan. Rasanya macam-macam, ada cokelat, vanilla, kacang hijau, kacang hitam dll.

 

2. Es gabus

 

es gabus Jajanan jadul tahun 80-anSumber: www.brilio.net

 

Selain es potong, aku juga suka makan es gabus. Es ini terbuat dari tepung hunkwe. Sekarang banyak yang bikin es gabus ini diberi bermacam warna dan dinamakan es gabus pelangi. Kapan-kapan aku juga mau coba bikin sendiri ah, udah lama nggak ngerasain es gabus.

 

3. Es tong-tong roti tawar

 

Es tong tong roti tawar jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: margeraye.blogdetik.com

 

Nah waktu aku SD dulu, suka ada abang penjual es bunyinya tong tong. Cara penyajiannya, sepotong roti tawar dilipat dan es nya diletakkan di tengah lipatan roti tawarnya itu. Enak banget! Kapan hari aku beli es Singapura karena teringat es roti tawar masa kecilku ini. Meski mirip tapi nggak sama, rasanya lain. Es roti tawar jadul lebih sederhana, roti tawar lebih kecil tapi menurutku soal rasa lebih mantap deh.

 

4. Es serut warna-warni

 

Es serut warna-warni jajanan jadul tahun 80-anSumber : www.kaskus.co.id

 

Es ini terbuat dari es yang diserut terus dipadatkan, diberi tusuk sate kemudian diberi sirup warna-warni. Segerrr!

 

5. Permen Gulali cetak

 

Permen gulali cetak jajanan jadul tahun 80-an

Sumber : www.kaskus.co.id

 

Ini keren banget deh. Abang penjualnya bisa membentuk gulali dengan aneka bentuk yang imut-imut, bisa bentuk burung, bunga, kupu-kupu dll.

 

6. Telur cicak

 

permen telur cicak jajanan jadul tahun 80-anSumber: www.tokopedia.com

 

Permen kecil-kecil dengan aneka warna, dalamnya kalo nggak salah isi kacang. Hayo, siapa yang suka makan permen telur cicak ini?

 

7. Kacang pedes

 

Kacang pedes jajanan jadul tahun 80-anSumber: id.pricepedia.org

 

Aku juga suka makan jajanan satu ini. Kacang yang bersalut gula dengan rasa pedas, biasanya dibungkus plastik kecil. Kalo dimakan, agak-agak lengket gitu gulanya di gigi hahaha. Pedes tapi enak! Aku sering beli di kantin sekolahku waktu itu.

 

8. Amplang kacang

 

Amplang kacang jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: www.kuliner123.com

 

Jajanan ini terbuat dari kacang yang dicampur dengan gula merah. Rasanya manis.

 

9. Rambut nenek

 

Rambut nenek jajanan jadul tahun 80-anSumber: travel.idntimes.com

 

Camilan yang bentuknya mirip rambut ini rasanya manis, biasanya dimakan dengan biskuit yang tipis. Entah kenapa ya kok dinamakan rambut nenek hahaha.

 

10. Krip krip

 

Krip Krip jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: travel.idntimes.com

 

Mie yang bisa langsung dimakan ini enak sekali, bungkusnya kecil imut. Bisa habis lebih dari satu bungkus deh kalo makan ini.

 

11. Wafer Cokelat Superman

 

Wafer cokelat Superman jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: id.pinterest.com

 

Baca buku atau nonton tv sambil nyemil wafer cokelat superman ini, duh nikmat banget rasanya!

 

12. Permen sarsarparila

 

Permen Mr Sarmento jajanan jadul tahun 80-an

Sumber: id.pinterest.com

 

Nah permen rasa sarsaparilla dengan merek Mr Sarmento ini enak banget. Pernah nyobain permen ini nggak?

 

13. Manisan buah

 

manisan buah jajanan jadul tahun 80-anSumber: www.bukalapak.com

 

Kalo ini rasanya manis-manis asam, enak rasanya. Manisan buah ini masih banyak kujumpai di supermarket.

 

14. Biskuit gula warna-warni

 

Kue gula warna-warni jajanan jadul tahun 80-anSumber: tasterex.weebly.com

 

Ini bentuknya imut, bulat agak pipih atasnya ada cream gula aneka warna. Namanya apa sih biskuit ini, ada yang tau? Aku nyebutnya biskuit gula warna-warni. Paling suka makan cream warna-warninya aja, yang ada di atas biskuitnya itu hahaha.

 

15. Permen sugus

 

permen sugus jajanan jadul tahun 80-anSumber: id.wikipedia.org

 

Siapa yang juga suka permen empuk dengan aneka rasa ini?

 

Duh kalo sudah nostalgia jajajan jadul, nggak bakal ada habisnya. Memang, sebenarnya banyak banget jajajan jadul tahun 80-an ya. Yang kutulis ini adalah jajanan yang paling sering kumakan saat itu.

Apa jajanan masa kecil teman-teman? Share dong di komen, pengin tau juga. Kali kali aja kita masih satu generasi haha πŸ˜€

 

47 Comments

  1. suga July 15, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  2. abid abdullah July 15, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  3. Farida Pane July 15, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  4. Jalan-jalan KeNai July 15, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  5. Astri Damayanti July 16, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  6. nofant July 17, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  7. Vindy Putri July 19, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  8. Brainking Plus Indonesia July 19, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  9. Haya Aliya Zaki July 20, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  10. Widyanti Yuliandari July 20, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  11. Nchie Hanie July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  12. Septia July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  13. Fanny Fristhika Nila July 22, 2017
    • Lianny July 22, 2017
  14. Stefanny Fausiek July 24, 2017
    • Lianny July 25, 2017
  15. Lusi July 25, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  16. herva yulyanti July 26, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  17. Dwi Puspita July 26, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  18. Marita Ningtyas July 28, 2017
  19. Reny Henriyani July 31, 2017
    • Lianny July 31, 2017
  20. Ria August 3, 2017
    • Lianny August 3, 2017
  21. Nita Lana Faera August 16, 2017
  22. indiRa August 16, 2017
  23. Rusydina Tamimi August 16, 2017
  24. der January 13, 2018
    • Lianny January 15, 2018
  25. Chen chen January 22, 2018
  26. Vera joe May 9, 2018

Leave a Reply