10 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib dibeli

 

Bali merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat popular. Banyak tempat menawan di Bali yang wajib dikunjungi dan aneka kuliner Bali yang wajib dicoba. Pulang berlibur dari Bali, pasti deh ingin bawa oleh-oleh khas Bali untuk diberikan kepada teman atau keluarga.

Apa saja sih oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli? Ada pie susu Bali, kacang disco, kopi Bali… wuah, banyaaakkkk kalau mau disebut satu-satu *eh kalo semuanya dibeli bisa bersih deh isi dompetku huuaaa. Kutulis 10 saja yang menurutku paling favorit, ya.

Ingin tau oleh-oleh lainnya yang bisa didapatkan di Bali? Teman-teman juga bisa mendapatkan informasi tentang oleh-oleh khas Bali lainnya di Blog Traveloka.

 

Menurutku inilah 10 oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli :

  1. Pie susu Bali

10 Oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli - pie susu bali

 

Pie susu Bali ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli. Banyak pie susu dengan berbagai merk yang bisa menjadi pilihan. Yang pernah kucoba adalah Pie Susu Asli Enaaak dan Pie Susu Cening Ayu. Pie susu Asli Enaaak waktu itu dapat dari teman yang tinggal di Bali, sedangkan Pie Susu Cening Ayu, anak sulungku yang beli saat acara darmawisata anak-anak kelas 9 di Bali bulan Juni lalu. Rasa pie susu yang manis sangat disukai anak-anak. Aku nyoba yang original, belum pernah nyobain yang rasa cokelat atau keju.

 

  1. Pia Bali

 

10 Oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli - pia Bali sumber gb : tokopedia.com

 

Pia Bali ini juga terkenal sebagai oleh-oleh khas Bali. Ada berbagai merk juga dari Pia Bali ini antara lain pia Legong, pia Monique, pia Janger, Pia baliku dll. Yang pernah kucoba adalah Pia Bali Legong dan Pia Bali Monique rasa keju dan cokelat. Pia Bali ini enak rasanya terasa renyah kulitnya tapi tidak keras.

 

  1. Kacang disco

10 Oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli - kacang disco

Kacang disco Bali ini memang bikin pingin nyemil terus-terusan *lalu jerawat pada bermunculan hiks. Pernah nyobain kacang disco original dan kacang disco udang, ada rasa pedes-pedesnya dikit, enak banget renyah dan gurih.

 

  1. Kopi Bali

10 Oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli - kopi bali

Bagi penggemar kopi, kopi Bali wajib dicoba. Aku tidak minum kopi, suami yang suka. Saat kami pergi ke Bali, sebelum pulang menyempatkan beli kopi Bali di pusat oleh-oleh, ada kotak kayunya juga. Lupa deh merk apa dulu itu, nah yang baru saja dapat oleh-oleh itu merknya Kopi Legong Kraton.

 

  1. Aneka kerajinan dari Bali

10 Oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli - aneka kerajinan bali

Banyak aneka souvenir/kerajinan Bali yang sangat menarik dan cocok untuk oleh-oleh, misalnya saja : dompet, sandal, tas, tatakan piring dan gelas, gantungan kunci dll. Waktu itu aku beli beberapa kerajinan Bali di Khrisna.

 

  1. Batik Bali

10 Oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli - batik bali

Seperti Solo dan Yogyakarta yang terkenal juga dengan batiknya, batik Bali juga terkenal dengan ciri khas nya tersendiri, biasanya perpaduan tradisional dan modern.

 

  1. Baju Barong

10 Oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli - baju barong

Baju Barong ini enak bener deh dipake di rumah, adem dan nyaman. Aku pernah dapat oleh-oleh baju barong warna ungu dari teman sekost yang asal Bali. Baju Barong ini bisa dibeli di pusat oleh-oleh yang ada di Bali atau di pasar Sukowati, cocok buat teman-teman yang pinter nawar hehehe.

 

  1. Kaos Joger

Kalau ke Bali sempetin dong mampir ke Joger. Pertama kali aku tau ada kaos yang bertuliskan kata-kata lucu yang bikin ketawa itu adalah kaos Joger ini. Waktu ke Joger saat ke Bali dulu, rame banget pengunjungnya padahal waktu itu bukan saat libur panjang lho, sampai kesulitan untuk parkirnya.

 

  1. Kain Bali

10 Oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli - kain bali

Kain Bali ini juga menjadi salah satu favorit yang wajib dibeli untuk oleh-oleh. Kain Bali ini juga adem dipakenya. Biasanya dipakai saat di Pantai, dililitkan sebagai rok, bisa juga dibuat syal atau selimut.

 

10. Baju Bali

10 Oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli - baju bali

Selain baju barong, baju Bali juga terkenal dan banyak dipajang di toko pusat oleh-oleh atau di pasar Sukowati. Nyaman banget buat dipake di rumah.

 

Yup, itu adalah 10 oleh-oleh khas Bali yang wajib dibeli jika berlibur ke Bali. Mau menambahkan oleh-oleh khas Bali yang paling favorit buat teman-teman? Yuk, share dong di komen 🙂

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Reviews & Sponsored, Travelling and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

79 Responses to 10 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib dibeli

  1. Lidya says:

    Joger Jelek ya mbak tulisannya hehehe. Pie bali enaaak bnget aku suka yang coklay

  2. cputriarty says:

    waah liat beragam oleh-oleh khas Bali minimal bawa uang saku banyak ya makli. Kalo pas-pasan kan berabe, pengin ini itu gigit jari dong 😀

  3. Waaaah… Jadi kangeeen baliiii mak.. Pianya memang enaaak ya.. Tapi favorit aku kacang disko dan kacang Bali… Enaaaak 😉

  4. Dari catatan saya sih antara tahun 2005-2011 kemarin sudah 10 (sepuluh) kali saya berkunjung ke Bali. Oleh oleh Bali memang pilihan sifatnya. Artinya selera orang tentu berlainan pastinya. Namun dari daftar yang ditulis di dalam artikel ini sebagian besar memang WAJIB saya beli sebagai oleh oleh : Kain Bali , Kacang Disko, Pie Bali yang nikmat itu , Kaos Joger dan Sopenir Bali (craft) misalnya Gantungan Kunci, miniatur berbentuk Papan Seluncuran Bali dan masih banyak lagi.

    Tulisan ini membuat saya kangen sama Bali. Insya Allah saya berangkat ke Bali lagi tahun ini bersama istri tercinta. Insya Allah

    • Lianny says:

      Iya, anak-anak juga beli oleh-oleh gantungan kunci buat teman-temannya. Baru 2 kali pergi ke Bali, belum tau kapan ke sana lagi 🙂

  5. Noe says:

    Aduuh, ngiler kue pia & pie susu.. Hihi. Wkt ke Bali aku gk beli makanan malahan. Cuma beli baju barong, kain bali sama bbrp pernak pernik dii joger 😀

  6. momtraveler says:

    Selimut khas Bali itu lo mbak..aku suka banget kalo ga inget bagasi tiap ke Bali pengennya beli terus 😉

  7. ipah kholipah says:

    oleh-oleh nya semua bikin ngiler mba:G semua nya juga pengen di beli 😀

  8. Pia legong e iku enaaaakkk banget mba, dulu suka titip sama temenku yg kerja di Bali. Baik yg coklat maupun yg keju enak semua 🙂

    • Lianny says:

      Betul mak Uniek, rasa keju dan cokelat sama-sama enak.
      Waktu itu malah pesen dulu sebelum berangkat ke Bali, jadi tinggal ambil waktu mau balik pulang

  9. Pie susu iji ngehits bgt y mb
    Tp ku sukanya salak bali

  10. echaimutenan says:

    Mauuu semuaa mauuu
    *send alamat ke mb li

  11. Yeaay… pie susu Bali sama kacang disco itu memang favorit sih kalo pada dolan ke Bali. Bahkan sering ditanyakan pada orang-orang yang baru pulang dari sana, mana pie susunyaaa 😀

  12. Waduh! belum pernah ke bali. tapi pie susunya keliatan enak.. :”)

  13. Lindaleenk says:

    Dari sekian itu yg belum kebeli…kopi Bali 😀
    Pia ny suka bangett

  14. Aku nggak sempat hunting apapun kemarin, karena sudah mefet &capek juga huhuhu…

  15. Beautyasti1 says:

    Krisna terkenal oleh turis ya.. Padahal di tanah lot itu kan banyak yang jual, dan super murraaahh banget harganya dibanding di krisna. Setuju makk.. Aku suka banget sama pia legong! Itu wajib beli walU harganya mihil ya, tapi puaasss.. Hehehe

  16. Yoekaa says:

    Wahhhh… makasih sedang cari oleh2 ^^

  17. makasih nie artikelnya bisa buat refrensi jualan saya, di tunggu updatan terbarunya salam kenal mbl lia ^_^

  18. Pingback: 10 Oleh Oleh Khas Bali - Jenis Khas Ole Ole Makanan Kuliner di Medan

  19. Eve says:

    Tgl17 bsk mau ke bali. Ini ke 5xnya saya menginjak bali.
    Pie susu biasa beli merk Dhian di pasar kuta. Lebih murah dr yg merk Enakkk.
    Pia Janger juga enak.
    Oleh2 cukup blouse bali yg murah bisa beli lusinan di sukawati hehe

  20. keren nih artikelnya, he3.. bagus utk referensi temen2 yang mau cari olhe2 khas Bali.

    mampir ke pie susu jegeg juga mba 🙂

  21. Zavee says:

    Mungkin bisa ditambahkan kain songket/ kebaya bali juga sbg alternatif oleh-oleh dari Bali, 🙂

  22. Lidya says:

    aku pesen batiknya ya mbak, alamt rumahku masih ada kan? 😀

  23. .Rani R Tyas says:

    Aku suka nitip mukena Bali sama temen, hihi soalnya kainnya adem macam baju bali. Kalau joger kurang suka soalnya lunturnya itu Ya Allah..

  24. Okti says:

    Nah itu saya punya sampai sekarang. Oh no 7 namanya itu baju barong ya? Hehehe baru tau…

  25. Aku kalau ke Bali pasti borong nih banyak oleh-oleh. Makanannya enak enak dan baju Balinya nyaman banget. Kacang diskon favorit banget mbaa

  26. Ipeh Alena says:

    Pie susu sama kaos joger itu dua oleh2 yang selalu bikin saya mupeng. Huhu apalagi kalo pasangan saya lagi tugas ke Bali, pasti bawain Pie Susu, soalnya enak banget rasanya.

  27. Aku kalo ke Bali tuh, beli kain bali yang ga pernah lupa, Mba. Sukak banget! Bisa untuk di pakai ke pantai, selimutan atau sekedar alas berbaring di taman. Haha.

    Kalo makanannya paling suka Pie Bali nya.
    Jadi pengen deh ke Bali lagii.

  28. nur rochma says:

    Pie susu, kacang disko dan batik. Kalau pie susu aku bisa habis banyak. Enak, nggak langsung bikin kenyang. Terakhir suami ada acara ke Bali, dan oleh-olehnya sudah disiapkan sebelumnya. Sayangnya pie susunya nggak tahan lama.

  29. Turis Cantik says:

    Saya juga suka belinya pia dan kain barong, kalau beli langsung dibali kain atau baju memang bahannya lain kyknya terasa lebih adem

  30. Kemarin ibuku balik dari Bali juga nggak lupa bawa pie susu.
    Sama bikin jenang ketan juga tape ketan bikinan sendiri sama ceriping pisang hasil panen hahahah.

  31. dewaayu says:

    favorite saya kacang disko mbaa salam kenal yaa sy dr Bali 🙂

  32. icha faizah says:

    Pia nya keliatan enak bgt 😁

    Save ah. Siapa tau suatu saat nanti bisa melancong ke bali hehe

    Thanks ya mak

  33. Hastira says:

    sudah empat kali ke bali dan yang aku suka adalah pie susu, enak …

  34. nova violita says:

    dari semuanya…kacang disco yang belum aku cicipin…, jadi gimana?? lebaran ini bisa kirim parcel kacang disco gak mba??? hahahahha…
    kalo kain bali..sering di oleh2hin..

  35. wah banyak oleh-olehnya mau juga ke Bali

  36. Eni Rahayu says:

    Pie susu dan kacang disko itu yg slalusy dapatkan saat ada saudara ke bali. Hehe

  37. Lianny says:

    Boleh mba, tunggu aku ke Bali dulu ya hihihi 😀

  38. Fahri says:

    Kapan bissaaa kebali lah :((

  39. Wahh saya udah pernah mampur ke Joger dan harus banyak-banyak istigfar ya Mbak kalau gak bisa kalap kita semua bagus-bagus dan lengkap. Pie nya juga enak.

  40. April Hamsa says:

    Kain bali tu ya mbak khas banget 😀
    Aduh jadi kangen Bali, entah kapan bisa ke sana lg hehe

    • Lianny says:

      Kain Bali adem ya, kapan hari beli beberapa tapi kujadikan hadiah GA, aku sendiri nggak punya, duh jadi pengin beli nih kain Bali.

  41. tia says:

    Pie susu yang paliiiing ditunggu kalau ada temen yang ke bali, tapi ko itu saya penaran sama kopi khas bali ya baru tahu 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *