Hobby

Yuk, Bikin Papercraft!

 

Sudah tau kan apa itu papercraft?

Papercraft, seni melipat kertas modern yang merupakan pengembangan dari origami (seni melipat kertas dari Jepang). Anak-anakku waktu kecil dulu suka banget mainan origami. Mereka mewarnai dan menggunting polanya sendiri. Enaknya kalau origami nggak usah pakai lem segala, cuma dilipat-lipat saja. Untuk anak yang masih kecil memang lebih cocok bikin origami, karena lebih sederhana dan gampang membuatnya. Kalau papercraft menurutku lebih cocok untuk anak usia kelas 6 SD ke atas.

 

origami burung* Ini origami burung yang dibuat anak-anak th 2009 *

 

Pembuatan papercraft memerlukan lem buat menggabung-gabungkannya, memang lebih susah dan rumit dibandingkan dengan pembuatan origami. Tetapi kalau sudah jadi, hasilnya sangat menarik sekali lho. Untuk pertama kali, bisa mencoba membuat papercraft yang sederhana dulu, nanti berikutnya bisa membuat yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Papercraft bisa dibeli online, bisa dibuat sendiri juga. Banyak pola papercraft di internet yang bisa didownload. Papercraft menggunakan beberapa lembar kertas yang sudah diprint dengan motif atau pola tertentu yang kemudian dirakit dengan menggunakan gunting dan lem. Kalau membuat sendiri memang harus super telaten saat menggabung-gabungkan polanya, perlu kesabaran ekstra tuh. O’ya kertasnya pakai kertas yang agak agak kaku ya, seperti kertas manila, biar bentuknya bagus.

 

mario* Pola papercraft Mario *

 

Putri sulungku, Christina, beberapa kali bikin papercraft dengan salah seorang teman sekolahnya. Temannya itu memang suka sekali bikin bermacam-macam papercraft. Cristina pertama kali bikin papercraft dengan karakter si Mario. Pola papercraftnya sudah diprint kan oleh temannya, jadi tinggal menggunting dan membentuk bagian-bagiannya saja. Untuk papercraft Mario, Christina kebagian bikin topi dan badannya separoh. Separohnya lagi beserta tangan dan kaki, temannya yang membuat. Lumayan gede juga sih hasilnya.

 

papercraft mario* Papercraft Mario yang sudah jadi. Gb sebelahnya, Christina bergaya pakai topi Mario 😀 *

 

Setelah membuat papercraft Mario, Cristina dan temannya membuat papercraft Pikachu dan Raichu. Karakter ini imut banget, pantes saja aku dulu suka nonton filmnya di televisi hahaha. Papercraft Raichu sudah jadi, sedangkan papercraft Pikachunya masih kepalanya saja yang dibuat. Sudah beberapa bulan karena kesibukan sekolah, badan si Pikachu ini belum sempat dibuat. Kasihan bener si Pikachu ini, cuma kepalanya doang yang jadi haha.

 

papercraft pikachu raichu* Papercraft Raichu sudah jadi, yang Pikachu belom jadi, masih kepalanya aja haha *

 

Imut banget, kan. Kita bisa membuat papercraft dengan karakter yang kita inginkan, misalnya saja naga, kelinci, singa dll. Hasilnya keren, cocok juga kok untuk diberikan sebagai kado ulang tahun. Kado ulang tahun boneka sepertinya sudah biasa, ya. Sekali-kali boleh dong ngasih hadiah yang lebih unik seperti papercraft ini. Misalnya saja teman yang berulang tahun sangat suka dengan kelinci, pasti dia akan senang kalau diberi papercraft bentuk kelinci. Papercraft yang bentuknya mungil bisa dipajang juga lho di lemari kaca ruang tamu.

Yuk, bikin papercraft! Keliatannya asyik banget ya. Aku juga belom pernah bikin sih, kapan-kapan nyobain ah 🙂

 

38 Comments

  1. Ceritaeka February 9, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  2. Lidya February 9, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  3. Dwi Puspita Nurmalinda February 9, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  4. dede February 9, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  5. rita asmaraningsih February 9, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  6. Istiana Sutanti February 9, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  7. damarojat February 9, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  8. evisrirezeki February 9, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  9. Susindra February 9, 2015
    • Lianny February 9, 2015
  10. Bibi Titi Teliti February 9, 2015
    • Lianny February 10, 2015
  11. Melly Feyadin February 10, 2015
    • Lianny February 10, 2015
  12. dey February 10, 2015
    • Lianny February 10, 2015
  13. Dedew February 10, 2015
    • Lianny February 10, 2015
  14. Vanisa Desfriani February 11, 2015
    • Lianny February 15, 2015
  15. Dwi Aryanti February 11, 2015
    • Lianny February 15, 2015
  16. kania February 12, 2015
    • Lianny February 15, 2015
  17. sariwidiarti February 16, 2015
    • Lianny February 17, 2015
  18. hoshi March 12, 2015
    • Lianny March 12, 2015
  19. Gatot August 13, 2016
    • Lianny August 13, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.