Resep Masakan

Yuk, Bikin Pancake Empuk dan Enak!

 

Hari Sabtu kemarin anak-anak libur, bawaan kalo libur itu suka pingin nyemil aja mereka dan minta bikin kue bareng. Sebetulnya mau bikin brownies tapi nggak jadi karena ternyata cokelat bubuknya habis, bikin bolu kukus meses kok sudah keseringan, sudah bosen. Mau bikin kue apa ya? Nah, saat blogwalking ke blog mak Lusi, nemu postingannya yang tentang pancake, akhirnya ikutan juga intip2 resep pancake di www.justtryandtaste.com milik mb Endang. Lha malah jadi penasaran pingin bikin pancake karena semua bahannya kebetulan ada di dapur.

Pernah bikin pancake juga sih sebelumnya, ngintip dari resep yang ada di kemasan gulaku. Resepnya pernah kutulis di postingan : Kiwi Pancake. Yang di resep itu pake yogurt, sekarang mau nyoba buat pancake pake jeruk nipis sebagai pengganti vinegar.
Bahannya cukup sederhana dan pembuatannya juga mudah. Resepnya silahkan cek langsung di web JTT aja ya, ada step by step dan tipsnya juga. Postingan ini cuma cerita pengalaman bikin pancakenya aja *meskipun nggak sukses hihihi πŸ˜€

Aku dan Alicia mulai menyiapkan adonannya, cuma perlu waktu sebentar aja sih sudah selesai semua. Nah, yang agak lama waktunya itu di bagian memanggang adonannya di pan anti lengket, karena kulakukan satu persatu.

Adonan pancakenya kurang kental, mungkin karena kebanyakan susu dan terlalu kuat mengaduknya, jadinya waktu adonannya diletakkan di pan anti lengket, adonannya agak β€œmbleber” *duh apa ya bahasa Indonesianya? Maksudnya tuh adonannya jadi melebar, ukuran pancake jadi lebih besar dan tipis. Kadang-kadang meski adonan masih belum banyak gelembung-gelembungnya, begitu bagian bawah pancake sudah kecoklatan langsung aja kubalik pancakenya, takut gosong.

 

memasak pancake

 

Hasilnya? Beda jauh deh dari yang kuharapkan, nggak tebal dan lebarnya nggak sama. Ada yang lebih kecil, ada yang besar. Tapi rasanya tetap empuk dan enak. Jadinya seperti ini nih….

 

pancake enak

 

β€œHasilnya jadi lebar dan nggak bisa tebel ya,” kataku.
β€œAku malah senang pancakenya tipis, Ma.”

Ternyata anak-anak malah suka pancakenya nggak terlalu tebel hahaha, tapi tetep aja aku pingin buat lagi pancake yang hasilnya nggak tipis seperti ini. Ada 11 potong pancake yang berhasil kami buat. Karena nggak punya selai, akhirnya dikasih madu aja sebagai topingnya.

 

Pancake enak, empuk dan mudah

 

Sebentar saja pancake habis dimakan oleh anak-anak, dibagi bertiga.

Kurang banyak, kata anak-anak. Kapan-kapan buat 2 resep ah, biar bisa dimakan berlima. Pancake empuk dan enak ini bisa jadi alternatif sarapan saat anak-anak libur sekolah. Untuk topingnya bisa macam-macam sesuai selera. Pake vla, selai, madu atau ice cream, semuanya pasti tetap enak kok πŸ™‚

12 Comments

  1. agha makruf June 10, 2015
    • Lianny June 11, 2015
  2. Lidya June 10, 2015
    • Lianny June 11, 2015
  3. Lia June 10, 2015
    • Lianny June 11, 2015
  4. Lusi June 11, 2015
    • Lianny June 11, 2015
  5. cputriarty June 11, 2015
    • Lianny June 11, 2015
  6. novie@vierose22 June 11, 2015
    • Lianny June 11, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.