Resep Masakan

Yuk, Bikin Bolu Ubi Kuning Yang Lembut Ini!

 

Ada sisa ubi kuning di rumah? Enaknya diapain ya? Kalau dikukus atau dipanggang udah sering, jadi bosan. Yuk, bikin bolu ubi kuning yang lembut ini!

Sempat ragu juga sih mau bikin bolu ubi kuning waktu itu, tapi akhirnya ya coba bikin juga, aku pakai resep dari mbak Endang JTT. Ternyata rasanya enak juga. Resepnya kutulis di bawah ini, yaaa!

 

Resep Bolu Ubi Kuning dengan Cokelat Glaze

Bahan A:

200 gram tepung terigu serba guna/protein sedang

1 1/2 sdt baking powder double acting

1/2 sdt baking soda (optional)

3 sdm susu bubuk (optional)

1/2 sdt garam

Bahan B:

250 gram ubi kuning, kukus hingga lunak

150 gram gula pasir

200 ml minyak goreng, bisa pakai margarin/mentega yang dilelehkan

4 butir kuning telur

2 sdt vanilla extract

Bahan C :

100-150 ml susu cair

Bahan D:

4 butir putih telur

30 gram gula pasir

 

Bahan chocolate glaze:

120 gram DCC (dark cooking chocolate)

40 gr mentega

1 sdm gula bubuk

 

Cara membuat:

1. Masukkan bahan A ke dalam magkuk, aduk rata. Sisihkan.

2. Ubi kuning yang telah dikukus, kupas kulitnya dan hancurkan ubi dengan garpu hingga lumat.

3. Siapkan mangkuk mixer, masukkan ubi dan gula pasir, kocok dengan mixer sampai halus dan tercampur rata.

4. Tuangkan minyak goreng, kocok hingga smooth. Masukkan kuning telur dan vanilla extract, kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan kental berjejak (ribbon stage). Matikan mixer.

 

resep bolu ubi kuning

 

5. Masukkan bahan A dan susu cair dalam 3 tahapan, lakukan selang-seling sambil diaduk dengan teknik aduk balik hingga tercampur rata. Jika adonan terlihat terlalu pekat dan berat, gunakan semua porsi susu cair. Adonan yang terbentuk cukup kental nggak menetes.

6. Siapkan mangkuk besar, masukkan putih telur, kocok dengan speed sedang hingga berbusa besar. Masukkan gula pasir, kocok dengan speed tinggi hingga adonan mengental soft peak. Tandanya kocokan putih telur tampak smooth, lembut dan ketika mixer diangkat, ujung adonan membentuk puncak yangΒ  terkulai di satu sisi.

 

membuat bolu ubi kuning lembut

 

7. Ambil 1 sendok besar kocokan putih telur, masukkan ke adonan ubi. AdukΒ  balik dengan spatula hingga tercampur. Masukkan sisa kocokan putih telur ke adonan ubi dalam 3 atau 4 tahapan, aduk balik hingga tercampur rata. Adonan yang terbentuk tetap kental tetapi ringan dan mengembang, bukan jenis yang encer menetes.

8. Tuang ke dalam loyang ukuran 23 cm, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya, suhu 170 derajat panggang selama 45 – 50 menit atau sampai matang (sesuaikan oven masing-masing)

 

resep bolu ubi kuning lembut dengan cokelt glaze

 

9. Untuk glaze, siapkan mangkuk tahan panas. Masukkan semua bahan glaze, panaskan di microwave hingga meleleh atau bisa juga dengan di tim.

10. Jika bolu sudah dingin. Siapkan piring saji, letakkan bolu di permukaannya. Kucurkan glaze di permukaan bolu. Glaze akan mengeras ketika dingin.

 

cara membuat bolu ubi kuning lembut

 

Baca juga: Resep Bolu Jadul Lembut dan Enak Tanpa SP Tanpa BP

 

Tips:

  • Penggunaan minyak goreng aroma dan rasanya tidak seperti mentega/margarin karena itu diperlukan penambahan beberapa sendok susu bubuk dan vanilla extract untuk mendongkrak rasanya.
  • Putih telur yang dikocok hingga soft peak akan memudahkan tercampur rata dengan adonan dasar yang pekat. Jika dikocok hingga stiff peak/kaku, gumpalan putih telur akan susah tercampur rata
  • Saat penyampuran kocokan putih telur dengan adonan ubi, lakukan proses mengaduk dengan gerakan lembut dan hati-hati agar putih telur nggak kempes. Jika sudah tercampur, hentikan mengaduk, jangan overmixing.
  • Setelah bolu matang, keluarkan dari oven, diamkan sekitar 5 menit untuk menghilangkan uap panasnya. Balikkan bolu ke rak kawat, dan biarkan hingga benar-benar dingin sebelum dikucurkan glaze dipermukaannya.

 

 

Baca resepnya kok sepertinya agak ribet ya? Bahannya aja banyak hahaha. Tapi karena penasaran ya tetap kucoba juga. Siapin bahan-bahannya dulu semua sampai lengkap kemudian baca cara membuatnya dengan teliti. Baru deh eksekusi!

 

resep bolu ubi kuning lembut

 

Itu cokelat glaze harusnya dikucurkan aja di permukaan bolunya, nah karena ternyata cokelat glazenya itu jadinya banyak, ya kuoles-oles aja semua permukaan bolunya itu *eh cokelat glazenya tetap masih ada sisanya. Tampilannya jadi jelek, semuanya hitam, jadi malah seperti donat yang berukuran besar haha. Kemudian aku inget tuh, ada sisa biskuit di rumah, kutambahin di atas cokelat glaze tadi remah-remah biskuit. Duh, iseng banget!

 

bolu ubi kuning lembut

 

Rasanya bagaimana?

Bolu ubi kuningnya dimakan gitu saja tanpa topping sudah enak, pakai cokelat glaze juga enak. Kalo topping biasanya suka-suka ya. Kalau aku pakai DCC yang dilelehkan tanpa tambahan apa-apa juga udah enak sih πŸ˜€

 

bolu ubi kuning lembut

 

Mau coba bikin bolu ubi kuning juga? Hayuk!

 

90 Comments

  1. Bang Day September 20, 2019
  2. Lianny September 21, 2019
  3. nurulrahma September 23, 2019
  4. Diane September 23, 2019
  5. Lianny September 23, 2019
  6. Lianny September 23, 2019
  7. Keke Naima September 23, 2019
  8. Farida Pane September 24, 2019
  9. Lidha Maul September 24, 2019
  10. Inna Riana September 24, 2019
  11. Nanik Nara September 24, 2019
  12. Lianny September 24, 2019
  13. Lianny September 24, 2019
  14. Lianny September 24, 2019
  15. Lianny September 24, 2019
  16. Lianny September 24, 2019
  17. Khoirur Rohmah September 25, 2019
  18. Jiah September 25, 2019
  19. Liza September 25, 2019
  20. Aswinda Utari September 25, 2019
  21. hidayah Sulistyowati September 25, 2019
  22. Rosanna Simanjuntak September 25, 2019
  23. Siti Hairul September 25, 2019
  24. Milda Ini September 25, 2019
  25. Lina W. Sasmita September 25, 2019
  26. Sapti nurul hidayati September 25, 2019
  27. Andiyani Achmad September 25, 2019
  28. lendyagasshi September 25, 2019
  29. Helena September 26, 2019
  30. Lianny September 26, 2019
  31. Lianny September 26, 2019
  32. Lianny September 26, 2019
  33. Lianny September 26, 2019
  34. Lianny September 26, 2019
  35. Lianny September 26, 2019
  36. Lianny September 26, 2019
  37. Lianny September 26, 2019
  38. Lianny September 26, 2019
  39. Lianny September 26, 2019
  40. Lianny September 26, 2019
  41. Lianny September 26, 2019
  42. Lianny September 26, 2019
  43. Ugik Madyo September 27, 2019
  44. Lianny September 27, 2019
  45. Leyla Hana September 28, 2019
  46. Lianny September 29, 2019
  47. Ade UFi September 30, 2019
  48. Lianny October 1, 2019
  49. nurulrahma October 5, 2019
  50. Tetty Hermawati October 6, 2019
  51. Rosanna Simanjuntak October 6, 2019
  52. Mechta October 6, 2019
  53. Rohyati Sofjan October 6, 2019
  54. Dewi Sulistiawaty October 7, 2019
  55. Ciani October 7, 2019
  56. yola widya October 7, 2019
  57. Ida October 7, 2019
  58. RAch Alida October 7, 2019
  59. Gioveny October 7, 2019
  60. Lidya October 7, 2019
  61. Arinta Adiningtyas October 7, 2019
  62. Sri Al Hidayati October 7, 2019
  63. EkaRahmawati October 7, 2019
  64. Kurnia amelia October 7, 2019
  65. Elly Nurul October 7, 2019
  66. Lianny October 7, 2019
  67. Lina W. Sasmita October 7, 2019
  68. Lianny October 7, 2019
  69. Lianny October 7, 2019
  70. Lianny October 7, 2019
  71. Lianny October 7, 2019
  72. Lianny October 7, 2019
  73. Lianny October 7, 2019
  74. Lianny October 7, 2019
  75. Lianny October 7, 2019
  76. Lianny October 7, 2019
  77. Lianny October 7, 2019
  78. Lianny October 7, 2019
  79. Lianny October 7, 2019
  80. Lianny October 7, 2019
  81. Lianny October 7, 2019
  82. Lianny October 7, 2019
  83. Lianny October 7, 2019
  84. Lianny October 7, 2019
  85. Yoanna Fayza October 7, 2019
  86. Lianny October 7, 2019
  87. Arda Sitepu October 7, 2019
  88. Ainhy Edelweiss October 9, 2019
  89. Lianny October 10, 2019
  90. Lianny October 10, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.