Reviews & Sponsored

Waspada Berkendara di Jalan

 

Jalan raya adalah jalanan umum, kita harus selalu berhati-hati saat di jalan. Kecelakaan lalu lintas masih sering terjadi, terkadang malah tak terduga. Sebut saja salah satu contoh, pengendara motor yang berhenti saat lampu merah, malah tewas tertabrak truk yang melaju kencang karena hilang kendali. Nah, yang sudah berhati-hati dan tertib lalu lintas saja bisa mendapatkan musibah saat di jalan, bagaimana dengan pengendara yang tidak berhati-hati, tentu resikonya juga akan bertambah besar.

Keamanan berkendara di jalan kadang masih sering diabaikan oleh pengendara itu sendiri. Masih banyak kulihat pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm, paling banyak anak-anak sekolah. Malah sering kulihat, orang yang ada di boncengan sibuk melihat dan mengetik di hp nya. Kok sempet-sempetnya, nggak takut jatuh?

Waktu musim anak-anak ujian sekolah, aku pernah lihat juga, yang diboncengan itu membaca buku. Duh sampe segitunya ya, lagi-lagi pertanyaan yang sama dalam hati, nggak takut jatuh? Kalau saja yang berlaku seperti itu anakku, pasti akan kutegur. Lebih baik dapat nilai jelek daripada membaca buku saat dibonceng yang mungkin saja bisa berakibat fatal.

Pernah juga melihat anak kecil, umurnya sih sekitar 4 atau 5 tahun,dibonceng di bagian belakang dan sepertinya ngantuk. Aduh kalau sampai ketiduran di jalan bagaimana coba?

Jadi inget, dulu temanku yang waktu itu anaknya baru berumur 3 tahunan selalu dibonceng di bagian depan. Temanku takut kalau anaknya dibonceng di belakang terus ngantuk kan bisa jatuh. Saat anaknya berumur 5 tahunan barulah dia berani membonceng anaknya di bagian belakang, itupun diikat pake selendang ke badannya. Agak ribet juga sih cara ini, tapi memang semua dilakukan demi keselamatan si anak di jalan raya.

Bagaimana kalau mudik? Banyak juga lho yang mudik menggunakan sepeda motor sambil membawa anaknya juga. Jarak tempuh yang panjang bisa menyebabkan anak mengantuk dan tertidur saat motor sedang berjalan. Kalau duduk di bagian tengah dan ada ibunya di belakang, masih mendinglah, ada yang jagain.

Sekarang ini ternyata banyak yang berjualan helm anak dan sabuk motor anak, dengan gambar yang menarik dan lucu. Sabuk motor anak tentunya sangat praktis digunakan dan ukurannya pun bisa disesuaikan dengan ukuran badan anak kita, bisa digunakan di bagian depan ataupun di bagian belakang.

 

sabuk motor anak

 

Ah baru tau sekarang, coba dari dulu aku tau kan bisa memberitau temanku kalau ada sabuk motor seperti ini. Sekarang sih anaknya sudah remaja.

Yu, kita mulai dari diri sendiri, tetap hati-hati dan waspada berkendara di jalan. Semoga kita semua diberi keselamatan saat berkendara di jalan raya.

 

12 Comments

  1. Noe July 8, 2015
    • Lianny July 8, 2015
  2. Yus July 9, 2015
    • Lianny July 9, 2015
  3. Lia July 9, 2015
    • Lianny July 9, 2015
  4. Keke Naima July 9, 2015
    • Lianny July 9, 2015
  5. budi July 9, 2015
    • Lianny July 9, 2015
  6. @mirasahid July 9, 2015
    • Lianny July 10, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.