Resep Masakan Reviews & Sponsored

Wajan Kwalik Membuat Crepes Tipis Sempurna

 

Sudah pernah bikin crepes?

Anak-anak suka banget makan crepes karena kriuk renyahnya itu lho. Gimana sih bikin crepes supaya bisa kering renyah seperti itu?

Aku beberapa kali nyobain bikin crepes bareng anak-anak tapi selalu gagal, keringnya nggak bisa mantap seperti abang-abang yang jual di depan sekolah anakku itu. Mungkin adonannya yang terlalu tebal atau wajan teflonnya yang diameternya terlalu lebar, entahlah.

Pertama kali nyobain bikin crepes isi jelly cokelat, resepnya liat di balik kemasan jelly nya. Enak sih rasanya, cuma bentuknya aja yang nggak bisa bulat sempurna hihihi. Aku bagian nyiapin bahan, membuat jelly dan menyiapkan vla cokelatnya, anak-anak yang bikin crepesnya. Setelah jelly matang, si bungsu yang bagian memotong jelly jadi kotak kecil-kecil.  Anak sulungku yang mengisi dan menggulung crepes.

 

vla cokelat* Siapkan vla cokelat *

 

bahan crepes isi jelly dan vla cokelat* Buat jelly lebih dulu, setelah mengeras buat crepesnya *

 

cara membuat crepes isi jelly dan vla cokelat* Jelly dipotong kecil-kecil. Ambil selembar crepes taruh jelly dan vla cokelat di pinggir dan gulung crepes *

 

crepes isi jelly cokelat dan vla cokelat* Crepes isi jelly dan vla cokelat*

 

Yang mau coba bikin ini resepnya:

 

Crepes Isi Jelly dan Vla cokelat

 

Bahan Crepes:

75 gr tepung terigu

1 butir telur

150 ml air

1 sdm gula pasir

1 sdt cokelat bubuk

Bahan Jelly

1 bks Nutrijell cokelat

700 ml air

200 gr gula pasir

Vla : gunakan Vla instan merek My Vla Cokelat

Cara membuat :

  1. Nutrijell cokelat dan gula pasir dicampur merata lalu tambahkan air dan masak sambil diaduk hingga mendidih, cetak dalam cetakan kotak, dinginkan hingga mengeras lalu potong kecil-kecil ½ cm.

2. Membuat crepes, campurkan tepung terigu, gula pasir dan air hingga merata, masukkan telur dan aduk kembali.

3. Ambil 4 sdm dari adonan, campur dengan cokelat bubuk, letakkan dalam kantong plastik segitiga.

4. Panaskan wajan anti lengket berdiameter 15 cm, coret dengan adonan crepes cokelat kemudian tuang dengan adonan putih, buat dadar tipis. Masak sampai matang, lalu angkat.

5. Untuk membuat vla, campur vla bubuk dengan air panas dispenser min 70 derajat celcius sebanyak 100 ml, aduk hingga rata dan lembut, dinginkan.

6. Ambil selembar crepes, isi dengan vla dan potongan jeli, setelah itu gulung dan sajikan.

 

Dua minggu lalu ada event di sekolah anakku yang SMA, event lomba-lomba untuk murid SMP, tapi terbuka untuk umum. Nah tiap kelas diminta berjualan, terserah sih mau jualan apa, nanti hasil pendapatannya masuk kas kelas lagi. Anakku dan teman-temannya rencananya mau bikin mie jelly , tapi kok ribet ya buatnya. Kemudian nyoba membuat crepes tapi gagal, yang kering cuma pinggirnya aja, tengahnya nggak bisa kering. Akhirnya kusaranin, bikin yang gampang sajalah, yang nggak ribet membuatnya. Lha yang jaga stand cuma 7 anak dari jam 09.00 sampai jam 18.00 pasti ribet deh. Akhirnya mereka jualan roti bakar dan jagung rebus yang diberi meses keju, minumnya es nutrisari. Pendapatan yang masuk 700 ribu, modalnya 300 ribu, jadi keuntungan masuk kas kelas 400 ribu. Lumayan juga, ya.

Hhhmm balik lagi ke crepes nih. Pengalaman dua kali bikin crepes, hasilnya nggak bisa sempurna, jadi penasaran. Emang kalo pake pan teflon yang aku punya rasanya terlalu gede diameternya, 26 cm. Kuperhatikan abang-abang yang jualan crepes itu wajannya datar dan ada sutil kecilnya buat membalik atau melipat crepesnya. Keliatannya kok gampang banget.

Iseng-iseng nih, waktu buka Lazada aku langsung cari di kategori peralatan masak. Eh ternyata ada lho wajan kwalik. Namanya unik yah, wajan kwalik *emang kalo wajan teflon biasa terus dibalik bisa nggak sih? hehehe 😀

 

 

wajan kwalik* Seperti ini wajan kwalik *

 

Wajan kwalik ini khusus untuk membuat kulit lumpia, crepes, risoles, semar mendem, kue dadar, martabak asin, sosis solo dan lain-lain. Menurut keterangannya, hasil kulit nya rapi, mulus, tipis sempurna tanpa harus digoyang-goyang adonannya seperti kalau pakai teflon biasa. Tinggal celupkan aja pantat pan ke adonannya. Wuaah baru tau kalo caranya seperti itu, pingin nyobain ah.

Teman-teman yang sudah pernah buat crepes, share dong pengalamannya.

 

24 Comments

  1. suzie icus November 9, 2015
    • Lianny November 9, 2015
  2. Ade anita November 9, 2015
    • Lianny November 9, 2015
  3. @danirachmat November 9, 2015
    • Lianny November 9, 2015
  4. Ranny November 9, 2015
    • Lianny November 9, 2015
  5. gustyanita pratiwi November 9, 2015
    • Lianny November 9, 2015
  6. Ria Rochma November 9, 2015
    • Lianny November 9, 2015
  7. resepumiku.com November 9, 2015
    • Lianny November 9, 2015
  8. Lusi November 9, 2015
    • Lianny November 9, 2015
  9. Noe November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  10. mi asta November 11, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  11. Nining November 15, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  12. Nining November 15, 2015
    • Lianny November 16, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.