Traveling

Tujuh Barang Yang Wajib Dibawa Saat Camping

 

Anak-anak kelas 7 biasanya ada camping acara pramuka saat tutup tahun ajaran. Kedua anakku sudah mengalaminya, tinggal si bungsu yang belum. Sebelum camping berlangsung, anak-anak sudah dibagi kelompok yang masing-masing sekitar 7 orang. Masing-masing kelompok berbagi tugas antar anggota kelompoknya, berdiskusi tentang barang yang harus dibawa saat camping nanti.

Heran juga, kedua anakku bisa sama lho tugasnya, kebagian bawa kompor gas. Anak-anak bilang karena di regunya nggak ada yang mau bawa kompor waktu camping. Duh, yang bingung ortunya nih kalo anak bawa kompor karena kompor di rumah cuma satu. Untunglah ada teman suami yang berbaik hati meminjamkan kompornya, sempet kepikiran mau beli saja di supermarket kalo nggak dapat pinjaman, tapi harga kompor kan nggak murah hiks.

Tahun depan, semoga si bungsu nanti nggak kebagian bawa kompor gas seperti kedua kakaknya, lha diminta bawa yang kompornya ada dua, kebayang kan ribetnya bawa-bawa kompor gas ukuran besar seperti itu hadeuhh.

Anak sulungku camping di Baluran waktu itu. Diskusi sama temen kelompoknya mau bikin pecel dan perkedel. Sudah kuberi saran agar masak yang sederhana dan praktis saja, bikin perkedel itu kan ribet mesti ngalusin kentangnya sebelum digoreng. Tapi teman-temannya maunya seperti itu ya sudahlah, bawa-bawa cobek dan uleg-an berat juga lho.

Sepulang dari camping, sulungku cerita kalau nggak jadi bikin pecel dan perkedelnya, waktunya nggak keburu. Malah hari pertama, siangnya nggak makan karena nasinya terlalu lembek, malamnya masak mie instan. Hari kedua untunglah nasi jadi, masak corned sama telur dikasih kecap katanya, malam makan dengan sarden. Hari ketiga mau pulang, makan roti tawar.

Tahun berikutnya, giliran anakku yang nomor 2 yang camping. Tempatnya di Gumitir, ada cafenya sih disitu. Hari pertama nasinya nggak jadi, nggak mateng-mateng katanya, jadilah makan roti tawar saja. Masak nasi pake dandang mungkin agak ribet ya, biasanya kan di rice cooker tinggal nunggu matang aja. Malamnya hujan deras, nggak jadi tidur di kemah, tidurnya di dalam bangunan. Makannya malah beli di café katanya hihihi ini camping apa kulineran 😀

Tinggal si bungsu yang belum pernah camping, sekitar bulan Juni tahun depan jadwalnya, entah dimana tempat campingnya juga masih belum tau. Dari pengalaman kedua kakaknya, jadi tau mesti belajar masak nasi pake dandang dulu, juga barang yang dibawa sebaiknya yang serba praktis saja.

 

Tujuh barang yang wajib dibawa saat camping :

  1. Obat-obatan pribadi.

Obat pribadi yang umum biasanya : obat demam, obat flu, obat maag, obat diare, minyak kayu putih. Jika ada yang menderita asma atau alergi, obat pribadi itu jangan sampai ketinggalan.

  1. Bahan makanan praktis.

Untuk camping bawa saja bahan makanan yang praktis dan bisa langsung dimakan, semisal : abon, telur asin, cokelat dan roti. Atau yang proses masaknya sebentar misalnya : mie instan atau makanan kaleng seperti sarden. Untuk mie instan lebih baik bawa yang mie goreng saja karena air juga terbatas biasanya.

  1. Jaket dan selimut.

Ini wajib dibawa biar nggak kedinginan.

4. Senter.

Barang yang kecil ini perlu dibawa, berguna sekali untuk melihat di malam hari. Siapa tau ntar ada suara aneh di luar tenda malam-malam, senteri aja biar kabur #eh emang apaan? 😀

  1. Terpal untuk alas tenda.

Waktu anakku camping dulu, anak-anak nggak bawa sleeping bag untuk tidur. Jadi buat alas tendanya adalah terpal.

  1. Garam

Waktu anak-anak camping, tiap kelompok diminta bawa garam kasar untuk ditaburkan di sekeliling tenda luar, katanya sih buat jaga-jaga agar ular tidak mendekat. Bener nggak sih garam bisa mengusir ular?

  1. Kompor camping.

Kompor camping merupakan kompor portable khusus camping yang dilengkapi dengan windproof, sehingga api tidak mudah tertiup angin. Dibandingkan dengan kompor biasa, kompor camping pasti jauh lebih praktis dibawa karena ringan dan tidak memakan tempat.

Waktu bongkar-bongkar gudang beberapa hari lalu, nemu kompor mini punya suami yang dibeli sekitar tahun 1990-an. Dulunya suka dibawa saat naik gunung, lucu banget bentuknya imut. Bisa dimasukkan dalam tasnya yang kecil, seperti dompet, ukurannya sekitar 15 cm x 10 cm x 5 cm. Belinya 25 ribu rupiah kata suami, sekarang sudah berkarat, eh tapi lucu ngliat kompor mini seperti itu hehehe.

 

tujuh barang yang wajib dibawa saat camping*mini gas stove, ringan dan praktis dibawa*

 

kompor camping* Bongkar-bongkar gudang, nemu mini gas stove punya suami *

 

Itulah tujuh barang yang wajib dibawa saat camping menurut pendapatku.

Silahkan teman-teman jika mau menambahkan 😀

 

30 Comments

  1. Noe September 20, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  2. Lusi September 20, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  3. Riski ReeNgan September 20, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  4. momtraveler September 21, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  5. ratusya September 21, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  6. Lidya September 21, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  7. Fandhy September 21, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  8. irma senja September 21, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  9. Eksa Studio's September 21, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  10. triie September 22, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  11. bunda rizma September 22, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  12. Idah Ceris September 22, 2015
    • Lianny September 22, 2015
  13. Jannu September 24, 2015
    • Lianny September 25, 2015
  14. catatanernest September 25, 2015
    • Lianny September 25, 2015
  15. era yunita May 9, 2016
    • Lianny May 10, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.