Aneka Tips

Tips Praktis Membeli Oleh-Oleh Bali

 

Liburan ke Bali, jangan lupa beli oleh-oleh. Banyak banget oleh-oleh di Bali yang terkenal dan bisa dibawa pulang untuk saudara maupun sahabat. Bisa pia, kacang, pie susu, sandal, baju, kain Bali dll. Berikut beberapa tips praktis membeli oleh-oleh Bali berdasarkan pengalaman pribadi ya 😀

 

Tentukan Budget
Tentukan dulu budget untuk beli oleh-oleh berapa, setelah itu baru deh kita bisa menentukan mau beli oleh-oleh apa, jumlahnya berapa dan siapa saja orang yang ingin kita beri oleh-oleh. Catat semuanya, jadi ntar tinggal lihat saja apa yang sudah kita tulis itu, jangan sampai di tokonya baru kebingungan itung-itung, ya.

 

Cari tau tempatnya
Cari tau tempat-tempat menjual oleh-oleh yang ingin kita beli. Kita bisa pilih tempat yang terdekat dengan hotel kita menginap. Tentunya ini akan menghemat waktu dan tenaga kita.

 

Pesan terlebih dahulu
Jika kita tau tempatnya, lebih baik pesan terlebih dahulu seminggu atau beberapa hari sebelumnya. Ntar kita tinggal ambil aja di hari yang sudah kita tentukan. Lebih praktis dan pasti *pasti nggak bakal kehabisan maksudnya hahaha. Eh tapi beneran loh, lebih enak pesen sebelumnya apalagi kalau saat musim liburan seperti libur Lebaran, pasti rameee!

 

 

Karena pengalaman nih, tahun lalu libur Lebaran saat kami ke Bali dan mau beli oleh-oleh pie susu Bali, ternyata varian yang kami mau udah habis, duh ngenes banget ya udah waktu itu muter-muter cari tempatnya, eh begitu nemu, rame banget pengunjung dan yang kita mau nggak ada. Udah kalah cepet, diborong pengunjung lain hiks.

 

Cek harga dan kalau memungkinkan beli langsung di tempat aslinya
Yup, kalau memungkinkan beli langsung oleh-oleh di toko aslinya. Kenapa? Karena biasanya harganya lebih murah dibandingkan kalau kita beli di toko lain / toko oleh-oleh yang menjual produk tersebut, daaaan kemungkinan besar sih produknya juga lebih fresh ya.

Tapi kalo nggak memungkinkan, misalnya toko aslinya tuh jauh dari tempat kita menginap, ya beli aja di toko oleh-oleh terdekat, kalau memang produknya juga ada dijual di situ. Terkadang kan nggak semua produk ada ya. Untuk selisih harganya bisa diitung sendiri. Kalau selisih harga nggak terlalu banyak dengan toko aslinya, beli aja lah daripada ke toko aslinya, jauh. Kalo selisih harganya banyak, ya pikir-pikir dulu deh *ini kalo aku.

 

 

Kami pernah ngalamin tuh, saat kami beli es krim di seberang toko oleh-oleh, di situ ada salah satu pia Bali yang terkenal yaitu pia Legong. Di toko oleh-oleh yang kami masuki tadi nggak jual produk ini. Saat bayar es krim, kutanya harganya berapa tuh pianya, duh kaget juga, selisihnya hampir 40 ribu lho 1 produk. Aku tau karena sudah cek harga pia Legong di tempat aslinya haha.

 

Pergi ke toko oleh-oleh
Kalau masih bingung mau beli oleh-oleh apa, pergi aja ke toko oleh-oleh. Biasanya di toko tersebut banyak ragam oleh-oleh yang bisa kita pilih, mulai dari makanan, baju sampai souvenir Bali juga ada. Keuntungannya nih kita bisa beli beragam oleh-oleh di satu tempat aja, menghemat waktu tentunya. Nah tapiiiii, kadang di toko oleh-oleh seperti ini barang yang akhirnya kita beli bisa bertambah. Maunya cuma beli kacang dan pia saja, eh ujung-ujungnya ketambahan kain bali, pie susu, tas bali dll nya. Duh, langsung kempes deh isi dompet. Ingat budget, yaaa! 😀

 

Paketkan oleh-oleh
Jika oleh-oleh yang kita beli banyak banget, bisa langsung kita paketkan biar praktis. Bingung kan kalau bagasi mobil udah penuh, ketambahan oleh-oleh lagi. Atau yang naik pesawat, pasti akan nambah bagasinya.
Krisna, salah satu toko oleh-oleh di Bali yang melayani jasa kirim paket ini. Jadi setelah beli oleh-oleh di situ, bisa langsung minta dipaketkan ke rumah atau langsung ke alamat orang yang ingin kita beri oleh-oleh. Pastinya lebih praktis.

 

 

Nah, itu beberapa tips biar nggak bingung kalo mau beli oleh-oleh Bali, ini berdasarkan pengalaman pribadi sih. Teman-teman yang mau menambahkan tips nya, silahkan ya.

Duh, ngomongin oleh-oleh Bali jadi pengin liburan ke Bali lagi libur Lebaran nanti, mumpung anak-anak libur sekolah. Harus cari-cari tempat menginap mulai sekarang nih, karena tambah deket Lebaran harganya pasti tambah mahal hiks. Sempat kepikiran mau booking villa di seminyak karena naksir liat foto villanya kok bagus hahaha, ada private pool nya pula, eh tapi ntar deh, itungitung budget nya dulu aja lah 😊

Happy holiday!

 

 

 

108 Comments

  1. Okti Li May 16, 2019
    • Lianny May 17, 2019
  2. Arda Sitepu May 16, 2019
    • Lianny May 17, 2019
  3. Reyne Raea May 16, 2019
    • Lianny May 17, 2019
  4. cifer May 17, 2019
    • Lianny May 17, 2019
    • Leyla Hana May 29, 2019
  5. Rosanna Simanjuntak May 17, 2019
    • Lianny May 17, 2019
  6. Susie Ncuss May 17, 2019
    • Lianny May 17, 2019
  7. Ika Puspita May 17, 2019
    • Lianny May 17, 2019
      • Ika Puspita May 30, 2019
  8. Desi May 17, 2019
    • Lianny May 17, 2019
  9. Mutia nurul Rahmah May 17, 2019
    • Lianny May 17, 2019
  10. Jiah May 17, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  11. desri May 17, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  12. Rach Alida May 17, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  13. Lidya May 17, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  14. Tuty Queen May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  15. Yuni May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  16. Indah Nuria May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  17. Hidayah Sulistyowati May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  18. Anne Adzkia May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  19. Ida May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  20. lendyagasshi May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  21. Nia K. Haryanto May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  22. Yoanna Fayza May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  23. Ira Hamid May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  24. Rahmah May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  25. Kurnia amelia May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  26. Uniek Kaswarganti May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
    • Rachmanita May 29, 2019
  27. Elly Nurul May 18, 2019
    • Lianny May 18, 2019
  28. Afifah Mazaya May 21, 2019
    • Lianny May 22, 2019
  29. ibusuri May 24, 2019
    • Lianny May 27, 2019
  30. Hastira May 26, 2019
    • Lianny May 27, 2019
  31. Ana Ike May 27, 2019
    • Lianny May 27, 2019
  32. Rahmi Aziza May 27, 2019
    • Lianny May 27, 2019
  33. nurulrahma May 27, 2019
    • Lianny May 27, 2019
  34. Ira duniabiza May 28, 2019
    • Lianny May 29, 2019
  35. Lisdha May 28, 2019
    • Lianny May 29, 2019
  36. Jalan-Jalan KeNai May 28, 2019
    • Lianny May 29, 2019
  37. Mega May 28, 2019
    • Lianny May 29, 2019
  38. Indah Nuria May 28, 2019
    • Lianny May 29, 2019
  39. Kanianingsih May 29, 2019
    • Lianny May 29, 2019
  40. Donna Imelda May 29, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  41. Nanik Nara May 29, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  42. Eri Udiyawati May 29, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  43. Yessi Greena May 29, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  44. Hikmah Khaerunnisa May 29, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  45. Uniek Kaswarganti May 29, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  46. Rina Susanti May 29, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  47. Maria Soraya May 29, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  48. Lidya May 30, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  49. Mawardi May 31, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  50. Efi Fitriyyah June 10, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  51. Naqiyyah Syam June 10, 2019
    • Lianny June 10, 2019
  52. ellafitria June 17, 2019
  53. Dwi Puspita July 22, 2019
    • Lianny July 23, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.