Aneka Tips

Tips Merebus Kacang Hijau, Cepat Empuk dan Irit Gas

 

Siapa nih yang suka makan bubur kacang hijau? Biasanya beli atau bikin sendiri di rumah?

Aku kalo bikin bubur kacang hijau sendiri di rumah, biasanya tanpa santan dan nggak dikentalkan. Jadi lebih suka kacang hijau yang bening, cuma ditambahi gula aja sih, sudah enak. Pakainya gula biasa, karena anak-anak nggak terlalu suka gula merah.Β Kalo mertuaku bikin sukanya diberi santan dan ditambahi sedikit jahe.

 

manfaat kacang hijau bagi kesehatan

 

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan juga banyak, beberapa diantaranya adalah:

Kacang hijau punya kandungan protein yang cukup tinggi, merupakan sumber mineral penting, antara lainΒ kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh yang berperan penting untuk kesehatan jantung.

Nah, kalo aku tuh biasanya saat tenggorokan rada nggak enak, langsung bikin deh rebusan kacang hijau. Juga kalo lagi nggak enak badan dan nggak nafsu makan. Makan bubur kacang hijau anget-anget, rasanya nikmat.

 

Tapi selama ini aku nggak terlalu sering sih bikinnya, soalnya males juga karena merebus kacang hijau itu memakan waktu yang nggak sebentar. Biasanya kurendam dulu minimal 2 jam an baru mulai rebus. Ada yang bilang untuk lebih cepat empuknya, rendam aja kacang hijau semalaman, jadi malam mau tidur direndam, besok paginya bisa langsung direbus.

Nah, kemarin lusa aku mencoba merebus kacang hijau dengan cara yang berbeda. Ini aku pakai cara merebus kacang hijau tips dari Bunda Fah Umi Yasmin.

 

Tips Merebus Kacang Hijau, Cepat Empuk dan Irit Gas

  1. Rebus air dan daun pandan sampai mendidih.
  2. Cuci bersih kacang hijau, rebus selama 5 menit. Matikan kompor dan diamkan selama 30 menit dalam panci tertutup.
  3. Nyalakan lagi kompor, rebus kira-kira 7 menit. Kacang hijau akan mekar dan air tetap hijau.
  4. Gula dan garam dimasukkan setelah kacang hijau mekar agar kacang hijaunya nggak bantat.

 

Tuh, sederhana banget ya! Awalnya aku agak ragu, apa iya kacang hijau nggak direndam dulu saat direbus bisa mekar merekah nggak pakai lama? Ntar kalo gagal gimana dong? Tapiiiii… penasaran juga kan pengin nyobain. Ya udah, akhirnya bikin juga pakai metode 5-30-7 ini (5 menit rebus, 30 menit diamkan, 7 menit rebus lagi).

Eeeh ternyata, emang beneran bisaaaa! Saat didiamkan memang belum pecah kacang hijaunya, nah pas di 7 menit direbus lagi itu, kacang hijaunya pecah, mekar merekah loh. Wuah makasih banyak ya Bunda Fah Umi Yasmin buat tips nya ini.

 

tips merebus kacang hijau, cepat empuk irit gas

Kacang hijau dicuci bersih

 

tips merebus kacang hijau cepat empuk

Didihkan air dalam panci, tambahkan daun pandan jika ada. Saat sudah mendidih, masukkan kacang hijau dan rebus selama 5 menit.

 

tips merebus kacang hijau cepat empuk memakai metode 5-30-7Matikan kompor, tutup rapat panci dan diamkan selama 30 menit

 

tips merebus kacang hijau cepat empuk

Setelah 30 menit, kacang hijau masih belum mekar. Nyalakan kompor, didihkan dan rebus kembali sekitar 7 menit.

 

tips merebus kacang hijau cepat empuk irit gas

Kacang hijau mekar dan empuk. Tambahkan gula dan bahan-bahan lain sesuai selera.

 

tips merebus kacang hijau cepat empuk irit gas

Siap disajikan

 

 

Senengnya kalo masak kacang hijau seperti ini, super cepat dan irit gas deh.Β  Waktu total rebusnya kan cuma kurang lebih 12 – 15 menit aja tuh, cepet banget *ini juga pakai panci biasa ya. Lamanya cuma nunggu didiamkannya aja, 30 menitan, tapi yang penting kan kompor mati, jadi beneran irit gas deh. Bakalan sering bikin bubur kacang hijau nih kalo waktunya cepet gini. Hemat waktu dan irit gas, itu benar-benar bikin hati ibu-ibu bahagiaaaa * iya, kan?? πŸ˜€

Mau ditambah jahe juga boleh. Buat teman-teman yang suka pakai santan, santannya bisa dimasukkan saat merebus di proses 7 menit itu. Mau pakai gula merah, silahkan. Sesuai selera aja ya bikinnya, bisa dimasukkan setelah kacang hijau mekar.

Banyak ibu-ibu yang mencoba metode ini dan berhasil. Malah mereka lalu mencoba merebus bermacam bahan seperti ketan, mutiara, singkong dsb dengan memakai tips cara merebus yang sama. Aku baru nyobain kacang hijau aja sih, ntar kapan-kapan mau coba juga bahan lainnya.

Penasaran juga? Hayuk, cobain deh! Semoga berhasil, ya!

 

105 Comments

  1. Siti hairul November 13, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  2. tia November 13, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  3. Noorma November 13, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  4. Ade anita November 13, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  5. Uniek Kaswarganti November 13, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  6. rizka edmanda November 13, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  7. Rani Yulianty November 13, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  8. Yoanna Fayza November 13, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  9. Keke Naima November 13, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  10. Utie adnu November 14, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  11. Mechta November 14, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  12. GoTravelly.com November 14, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  13. Emanuella Christianti November 14, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  14. Mugniar November 14, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  15. Diah November 14, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  16. Silviana November 14, 2018
    • Lianny November 14, 2018
  17. Beautyasti1 November 14, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  18. handriati November 14, 2018
  19. Isti Adzah Rohyati November 14, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  20. Hidayah Sulistyowati November 14, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  21. Echi mustika November 14, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  22. Ainhy Edelweiss November 14, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  23. Dewi Sulistiawaty November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  24. Hastira November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  25. Nia K. Haryanto November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  26. Siti Faridah November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  27. Leyla November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  28. Kurnia amelia November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  29. Indira W November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  30. Farida November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  31. April Hamsa November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  32. Rahmah November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  33. Rotun DF November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  34. Nurul Fitri Fatkhani November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  35. Lidya November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  36. Indah Nuria November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  37. apura November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  38. Tu yu Queen November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  39. dwi susanti November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  40. Yati Rachmat November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
  41. Tuteh November 15, 2018
    • Lianny November 15, 2018
      • Tuteh November 19, 2018
        • Lianny November 21, 2018
  42. Nita mbul November 15, 2018
    • Lianny November 16, 2018
  43. Lantana Magenta Hermosa November 16, 2018
    • Lianny November 16, 2018
  44. Ika Maya Susanti November 16, 2018
    • Lianny November 19, 2018
  45. Lusi November 25, 2018
    • Lianny November 25, 2018
  46. Dwi Puspita November 25, 2018
    • Lianny November 25, 2018
  47. Andi Nugraha November 26, 2018
  48. tanza erlambang November 26, 2018
  49. nur rochma November 28, 2018
    • Lianny November 28, 2018
  50. Pu December 5, 2018
    • Lianny December 5, 2018
  51. Jiah December 5, 2018
    • Lianny December 5, 2018
  52. indah nuria December 6, 2018
    • Lianny December 6, 2018
  53. Sissy December 7, 2018
    • Lianny December 7, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.