Aneka Tips

Tips Menyiasati Anak Sulit Makan

 

Punya anak itu seneng banget ya, meskipun tentu saja waktu dan perhatian kita sebagai orang tua akan banyak tersita. Apalagi saat anak masih bayi, sampai pada usia balita, wuah rempong banget. Tapi saat melihat pertumbuhan anak setahap demi setahap, rasanya segala rasa capek menjadi lenyap. Bener! Melihat anak akhirnya bisa tengkurap, duduk sendiri, berjalan dan akhirnya berlari itu bahagianya luar biasa, apalagi saat anak-anak mau makan dengan lahap apa yang sudah kita hidangkan.

Ibu-ibu kalau sudah ngumpul yang dirumpiin itu biasanya kalau nggak anak, ya seputar resep makanan. Banyak yang curhat kalau anaknya rewel saat makan, apalagi anak usia balita. Aku juga mengalaminya sendiri, tapi bukan berarti nggak ada jalan keluarnya lho. Kenapa anak sulit makan? Nah, itu bisa dicari dulu penyebabnya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati anak sulit makan :

1. Ibu mesti kreatif mengolah variasi makanan.

Anakku tidak suka makan daging sapi, tapi kalau daging diolah menjadi galantin yang lembut, mereka mau. Anakku juga tidak suka buncis, tapi kalau diolah menjadi orak-arik mereka mau lho. Bisa juga nasi dibentuk menjadi aneka binatang seperti kelinci, kucing dsb. Pasti akan lebih menarik.

 

bento

 

2. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan buat anak.

Terkadang saat hati sedang gembira, anak akan lebih mudah menerima makanan, bahkan makanan yang tidak begitu mereka suka.

 

nafsu makan anak

 

3. Perhatikan waktu makan.

Usahakan jangan memberi cemilan terus menerus kepada anak menjelang jam makan utama, karena nantinya mereka akan merasa kenyang dan menolak makan.

4. Bisa dipergunakan peralatan makan dengan bentuk atau gambar tokoh kartun yang lucu untuk menarik minat anak.

Saat anakku kecil *sampai sekarang juga gitu sih, mereka seneng banget lho kalau peralatan makannya berbentuk binatang. Mereka juga suka kalau peralatan makan ada gambar tokoh kartun yang lucu, mereka jadi lebih lahap makannya. Anakku kan ada 3, jadi masing-masing biasanya memakai peralatan makan dengan gambar yang berbeda. Jadi kalau makan mereka ambil sendiri peralatan makannya. Gambar Naruto berarti itu punya anakku yang cowok. Kalau gambar Princess, itu punya anakku yang cewek 🙂

 

??????????Kalau yang ini, sudah bisa ketebak, kan? Marvel Heroes itu punya anakku yang cowok, yang Barbie punya anakku yang cewek

 

Moms, suka gambar tokoh kartun apa nih anaknya? Keropi, Hello Kitty atau Doraemon?

Mungkin kalau saat ini, banyak yang suka Doraemon ya, apalagi film Doraemon Stand By Me sudah heboh diperbincangkan. Sudah nonton belum? Anak-anakku sudah ribut pengin nonton, tapi belum tayang di kotaku , jadi masih nunggu. Aku juga nggak sabar pengin nonton, karena aku termasuk penggemar setia Doraemon, dulu selalu nonton di televisi tiap minggu hahaha *eh kok jadi curhat 😀

Kalau suka Doraemon, ada lho kotak makan Doraemon yang imut, pasti anak-anak akan lebih lahap makannya. Aku saja yang sudah tua gini, suka banget melihatnya. Apalagi warnanya biru, warna favoritku.

 

kotak makan doraemon3

 

Iiihh … lucu banget. Buat kado oke juga tuh.

Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat, ya. Silahkan yang mau menambahkan 🙂

 

21 Comments

  1. Ruri December 26, 2014
    • Lianny December 27, 2014
  2. inna riana December 26, 2014
    • Lianny December 27, 2014
  3. Lidya December 26, 2014
    • Lianny December 27, 2014
  4. Titisayuningsih December 26, 2014
    • Lianny December 27, 2014
  5. Fenny Ferawati December 27, 2014
    • Lianny December 27, 2014
  6. Aira Kimberly December 27, 2014
    • Lianny December 27, 2014
  7. HM Zwan December 27, 2014
    • Lianny December 27, 2014
  8. Jual Kain Troso December 29, 2014
    • Lianny December 29, 2014
  9. Indah Nuria Savitri January 1, 2015
    • Lianny January 2, 2015
  10. iKurniawan January 15, 2015
  11. M. Opik May 19, 2015
    • Lianny May 19, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.