Aneka Tips

Tips Mengusir dan Membasmi Tikus

 

Tikus memang binatang yang lincah dan nyebelin kalo sudah masuk rumah, apalagi kalo sudah beranak pinak, serombongan deh menyatroni rumah kita. Di rumah kalian ada tikusnya nggak? Di rumahku ada tikusnya, entah datang darimana itu tikus. Belakang rumah itu sawah, jadi mungkin bermunculan dari situ juga. Pusingnya kalau si tikus malam-malam bergerilya ke daerah kekuasaanku yaitu dapur huuaaah, gawat banget!

Aku ngeri dengan tikus. Bukan takut, tapi ngeriii *sama ajah, kan??? Kalau masuk dapur dan tikusnya lewat di kakiku, ya sudah langsung jejeritan sampai seisi rumah kaget. Dikiranya aku jatuh atau kenapa, eh nggak taunya gara-gara tikus hehehe.

Ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir dan membasmi si tikus :

  1. Racun tikus (sudah nyoba)

Racun tikus ini bisa berbentuk kotak yang nantinya dipotong-potong , ada juga yang berbentuk bulatan kecil-kecil. Racun tikus ini disebarkan ke tempat-tempat si tikus biasa datang. Aku pernah beli racun tikus baik yang batangan maupun yang bulat kecil-kecil. Nggak enaknya nih klo si tikus mati, kita nggak tau tempatnya dimana. Tau-tau sudah kecium aja bau busuknya hiiiyyy. Gawatnya lagi kalau punya anak kecil, mesti hati-hati jangan sampe naruh racun tikus sembarangan, nanti dikira permen, kan bahaya sekali.

  1. Perangkap tikus (sudah nyoba)

Perangkap tikus ini aku juga sudah nyobain, tapi habis ketangkep bingung ngeluarin tikusnya gimana. Suami sama aja, ngeri juga sama binatang-binatang seperti itu, nggak berani megang hehehe.

  1. Pelihara Kucing (sudah nyoba)

Memelihara kucing ini adalah cara paling ampuh menurutku untuk memberantas tikus. Aku sendiri tidak pernah memelihara kucing, tapi ada seekor kucing yang biasanya masuk rumah kalo sore terus tiduran di belakang rumah dekat dapur. Kucingnya nggak suka naik-naik meja dapur atau meja makan, paling-paling cuma cari makanan di tempat sampah, dan pagi-pagi sudah mengeong minta dibukain pintu, mau keluar rumah. Jadilah kalo sore si kucing masuk rumah, pagi keluar rumah. Tikus yang biasanya berisik dan bersliweran akhirnya nggak keliatan lagi. Ngumpet karena takut atau mungkin juga sudah musnah dimakan si kucing. Senangnya, akhirnya bisa bebas merdeka tanpa gangguan si tikus. Eh tapi si kucing betina ini hamil dan akhirnya nggak pernah dateng lagi ke rumah, mungkin melahirkan di luar rumah. Beberapa bulan setelah itu mulai muncul lagi tikusnya *lalu puyeng 🙂

  1. Lem tikus (sudah nyoba)

Nah, karena kucing sudah nggak ada terpaksalah pasang lem tikus, aku beli di supermarket yang bentuknya seperti papan, lemnya sudah ada di papan itu, jadi praktis. Cuma memang agak mahal sih satu papan harganya sekitar 20 ribu. Tapi hasilnya lumayan juga sih, menurutku cukup ampuh membasmi tikus, bisa kena 2 ato lebih tikus, paginya tinggal dibuang oleh bapak yang mengangkut sampah.

  1. Daun mint, cairan ato bubuk baking soda, ammonia dan kapur barus. (belum pernah nyoba)

Ini katanya sih cara alami mengusir tikus, tapi aku belum pernah nyoba. Kapan-kapan mau nyobain ah pake baking soda ato kapur barus.

 6. Alat pengusir tikus (belom pernah nyoba)

 

pengusir-tikus

 

Alat pengusir tikus ini akan memancarkan gelombang suara dan elektromagnetik dalam kekuatan tertentu yang mampu membuat tikus menjauh dan tidak berani mendekati rumah.

7. Buah simpalak dan kayu naga, katanya sih bisa juga untuk mengusir tikus. (belom pernah nyoba)

 

pengusir tikus* Gb. kiri : buah simpalak, gb. kanan : kayu naga. *

 

8. Menjaga kebersihan (sudah nyoba)

Selain ke 7 poin di atas, menjaga kebersihan tampaknya perlu banget ya. Jadi aku nyoba untuk menjaga kebersihan, terutama dapur yang biasanya jadi tempat tujuan si tikus. Sekarang, sampah-sampah kalo malam kutaruh di tempat sampah dan kuletakkan di bagian depan rumah. Jadi nggak mungkin deh diobrak-abrik si tikus. Kalo nggak ada makanan kan, tikus bisa nggak betah juga kan di rumah kita. Harapannya sih seperti itu haha, semoga ya.

  1. Tutup pintu, terutama sekali nih pintu dapur. (sudah nyoba)

Biasanya pintu dapur kubiarkan terbuka, nah aku sudah nyobain pintu dapur kututup dua minggu ini, dan ternyata lumayan juga sih, sudah nggak kedengaran suara berisik si tikus.

  1. Nyalakan lampu. (sudah nyoba)

Tikus suka banget dengan tempat yang gelap, kalau lampu dinyalakan, pasti nih si tikus akan berpikir dua kali untuk berliweran di situ *kecuali tikusnya bandel hehehe.

Yah, segitu dulu deh cara-cara yang kutau bisa mengusir dan membasmi tikus, ada yang sudah kucoba ada yang belum. Syukurlah rumah sekarang sepi dari gangguan tikus, semoga tikusnya nggak dateng lagi.

Yang sudah nyobain point-point yang belum kucoba, share dong di komen, berhasil nggak dengan cara-cara itu mengusir tikus?

Semoga rumah kita semua terbebas dari tikus ya 🙂

 

19 Comments

  1. lia nurmalasari March 16, 2015
    • Lianny March 16, 2015
  2. Nathalia DP March 16, 2015
    • Lianny March 16, 2015
  3. hanif March 16, 2015
    • Lianny March 16, 2015
  4. ina March 16, 2015
    • Lianny March 18, 2015
  5. Lidya March 17, 2015
    • Lianny March 18, 2015
  6. D I J A March 19, 2015
    • Lianny March 21, 2015
  7. prih March 24, 2015
    • Lianny March 25, 2015
  8. Emi S April 14, 2015
    • Lianny April 14, 2015
  9. arief May 17, 2015
    • Lianny May 18, 2015
  10. racun tikus December 3, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.