Aneka Tips

Tips Membuat Udang Goreng Tepung Renyah

 

tips membuat udang goreng tepung renyah

 

Udah lama rasanya nggak masak udang goreng. Pas si bapak penjual sayur langganan bawa udang lumayan ukurannya, sedang agak besar, langsung beli deh, mau bikin udang goreng tepung. Kalo ukuran udangnya agak kecil-kecil biasanya kubuat campuran tumis sayur aja. Kurang mantap kalo dibikin udang goreng tepung hahaha.

Biasanya aku bikin udang goreng tepung, cuma pakai telur dan tepung terigu aja. Pernah bikin juga pakai tepung roti, tapi menurutku kalo pakai tepung roti tuh enaknya dicemilin, makan dengan mayones atau saos sambal. Kalo buat dimakan dengan nasi, anak-anak lebih suka udang goreng tepung biasa, tanpa tepung roti/tepung panir.

Nah, kali ini aku bikin udang goreng tepung pakai perbandingan tepung 5:1, yaitu 5 sdm tepung terigu: 1 sdm tepung maizena. Awalnya aku baca di ig @xanderskitchen, katanya sih dia dapat tips ini dari ibu S *cuma disebutin inisial namanya aja. Udah banyak kok yang pakai tips ini juga, cuma maizena ada yang diganti dengan tepung beras, tepung sagu, atau tepung tapioka.

Baca juga: Tempe crispy a la KFC

 

Tips Membuat Udang Goreng Tepung Renyah

 

Pertama kali aku bikin udang goreng tepung pakai perbandingan 5:1 ini, kok cocok ya, renyahnya nggak keras tapi empuk. Renyah empuk, cocok lah kalo aku pakai tips ini. Resepnya kutulis di bawah ini, ya.

 

bahan membuat udang goreng tepung renyah

 

Resep udang goreng tepung

Bahan: 

300 gr udang ukuran sedang

2 siung bawang putih, haluskan

1/2 sdt merica bubuk

1 butir telur

Garam secukupnya

Pelapis:

5 sdm tepung terigu

1 sm tepung maizena

 

Cara membuat:

  1.  Cuci udang, buang kulit dan kepala, kerat punggungnya dan bersihkan kotoran dipunggung udang.
  2. Bumbui udang dengan bawang putih, merica bubuk dan garam. Remas-remas sebentar, diamkan  30 menit.

3. Kocok telur, celupkan udang ke dalam telur kocok lalu gulingkan ke dalam campuran tepung pelapis sampai terbalut rata. Cubit-cubit tepung agar cantik tampilan udangnya.

4. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng udang sampai matang. Angkat. Sajikan

 

cara membuat udang goreng tepung renyah

reep udang goreng tepung renyah empuk

 

Tips:

  • Menggoreng udang jangan terlalu lama supaya nggak keras.
  • Tepung pelapis boleh ditambah sedikit garam dan merica, sesuai selera.
  • Sisain bagian ekornya, biar lebih gampang nanti kalo nyelupin ke kocokan telur dan tepungnya.
  • Selain udang, bisa juga untuk ayam, cumi atau ikan.

 

udang goreng renyah empuk

tips membuat udang goreng renyah

 

O ya, aku mau berbagi tips satu lagi nih, gimana caranya agar kulit udang yang udah nggak kepakai itu, baunya nggak bikin kepala pusing. Tau kan, kulit udang baunya kayak gimana kalo dibiarkan sampai besoknya? Bau banget, kan???

Sampah di rumahku biasanya diambil oleh petugas sampah jam 6 pagi. Nah, kalo aku masak udang jam 7 pagi misalnya, masak untuk makan siang, otomatis kulit udangnya kan baru bisa dibuang besok paginya. Baunya ampuuuun banget tuh, amis, nggak enaaaak! *tutup hidung rapat-rapat. 

Terus diapain ya?

 

Cara mengolah kulit dan kepala udang:

  1. Bikin saja kaldu udang dari kulit dan kepala udang yang nggak kepakai tadi. Cuci bersih dulu ya semuanya, lalu sangrai hingga berubah warna menjadi kemerahan, rebus dengan air sampai mendidih. Saring air kaldunya. Jadi deh kaldu udang yang gurih.
  2. Kalau nggak mau bikin kaldu udang, maunya langsung buang aja gimana? Biar bau amis nggak menebar kemana-mana sampai besok paginya, aku biasanya pakai cara-cara ini:
  • Masukkan kulit udang yang nggak kepakai dalam plastik, ikat rapat, taruh dalam wadah tertutup, masukkan ke dalam kulkas. Besok pagi, ambil dan langsung taruh di tempat sampah untuk dibuang petugas sampah.
  • Taruh kulit udang dalam mangkok, tuang air panas mendidih hingga kulit udang berubah warna menjadi kemerahan, tiriskan. Masukkan kulit udang dalam plastik/kresek, ikat rapat. Nah setelah itu, kalo mau taruh di kulkas boleh aja, atau mau langsung diletakkan di keranjang sampah juga boleh, karena kulit udang yang sudah disiram air panas, baunya ya cuma bau udang matang aja, bukan bau amis nggak enak yang mengundang lalat-lalat nakal nemplok ke situ hehe.

 

Nah, yuk, masak udang goreng tepung pakai perbandingan tepung 5:1 ini, cobain deh, siapa tau cocok ya.

Teman-teman biasanya kalo bikin udang goreng tepung,  suka pakai campuran tepung apakah? share ya di komen, pengin tau hasilnya gimana, ntar aku mau cobain juga 😀

 

117 Comments

  1. Pu November 28, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  2. nur rochma November 29, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  3. Keke Naima November 29, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  4. Kanianingsih November 29, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  5. Yati Rachmat November 29, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  6. Arius Satoni November 30, 2018
  7. herva yulyanti November 30, 2018
    • Lianny December 1, 2018
      • herva yulyanti December 5, 2018
        • Lianny December 5, 2018
  8. Mbul nita November 30, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  9. Eri Udiyawati November 30, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  10. Juliastri Sn November 30, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  11. Farida December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  12. lendyagasshi December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  13. Hidayah Sulistyowati December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
      • Hidayah Sulistyowati December 6, 2018
        • Lianny December 6, 2018
  14. Lisdha December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  15. Arius Satoni December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  16. Kartika Nugmalia December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  17. Intan Novriza Kamala Sari December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  18. elisabeth murni December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  19. Dedew December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  20. Lina W. Sasmita December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  21. Nyi Penengah Dewanti December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  22. Ririe Khayan December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
  23. April Hamsa December 1, 2018
    • Lianny December 1, 2018
      • April Hamsa December 7, 2018
        • Lianny December 7, 2018
  24. Ria Fasha December 1, 2018
    • Lianny December 3, 2018
  25. Uniek Kaswarganti December 1, 2018
    • Lianny December 3, 2018
  26. Helena December 2, 2018
    • Lianny December 3, 2018
  27. Tuteh December 2, 2018
    • Lianny December 3, 2018
  28. Nurin Ainistikmalia December 3, 2018
    • Lianny December 5, 2018
  29. Hikmah Khaerunnisa December 4, 2018
    • Lianny December 5, 2018
  30. Ade anita December 5, 2018
    • Lianny December 5, 2018
  31. Ade anita December 5, 2018
    • Lianny December 5, 2018
  32. Eryvia Maronie December 5, 2018
    • Lianny December 5, 2018
  33. Lidya December 5, 2018
    • Lianny December 5, 2018
  34. Mechta December 5, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  35. Sissy December 6, 2018
    • Lianny December 6, 2018
  36. miyosi December 6, 2018
    • Lianny December 6, 2018
  37. Siti Faridah December 6, 2018
    • Lianny December 6, 2018
  38. Dawiah December 6, 2018
    • Lianny December 6, 2018
  39. Pritahw December 6, 2018
    • Lianny December 6, 2018
  40. indah nuria December 6, 2018
    • Lianny December 6, 2018
  41. Noe December 6, 2018
    • Lianny December 6, 2018
  42. Tuty Queen December 6, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  43. Kurnia amelia December 6, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  44. Nurul Fitri Fatkhani December 6, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  45. Mugniar December 6, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  46. Keke Naima December 6, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  47. Dewi Sulistiawaty December 6, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  48. Noorma Fitriana M. Zain December 7, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  49. Rani R Tyas December 7, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  50. Ainhy December 7, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  51. Leyla December 7, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  52. Heni Puspita December 7, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  53. Uniek Kaswarganti December 7, 2018
    • Lianny December 7, 2018
  54. Rahmah December 7, 2018
    • Lianny December 9, 2018
  55. Witri Prasetyo Aji December 8, 2018
    • Lianny December 9, 2018
  56. Tia December 10, 2018
  57. Dwi Puspita December 11, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.