Kuliner

Tidak suka sate daging? 7 Jenis Sate yang Lezat dan Menarik Ini bisa Menjadi Pilihan!

 

Tidak suka sate daging? 7 Jenis Sate yang lezat dan menarik ini bisa menjadi pilihan!

Tidak suka sate daging? 7 Jenis Sate yang lezat dan menarik ini bisa menjadi pilihan! 

 

Umumnya sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan tusukan sate dan dibakar menggunakan bara arang kayu. Yup, sate daging inilah yang sering kita temui. Daging sate yang biasa digunakan adalah daging ayam, sapi dan kambing. Setelah sate daging matang, biasanya disajikan dengan bumbu kacang, sambal dan irisan bawang merah. Tapi tentu saja tiap daerah pasti penyajian sate daging dan sausnya bisa berbeda. Untuk sate kambing biasanya ditemani dengan gulai kambing.

Tapi penyebutan sate sekarang ini mulai meluas lho, asalkan makanan tersebut disajikan dengan cara ditusuk menggunakan tusukan sate, makanan itu akhirnya disebut dengan sate. Sebagai contoh : telur puyuh yang ditusuk dengan tusukan sate disebut sate telur puyuh.

Apa saja aneka sate selain sate daging? Banyak sekali, tapi kali ini aku ambil 7 jenis sate saja, ya.

 

7 Jenis sate yang lezat dan menarik :

 

1. Sate usus

 

7 Jenis Sate yang lezat dan menarik: Sate Usus

 

Biasanya yang suka dengan jeroan, suka juga dengan sate usus. Tapi memang nggak semua orang suka dengan jeroan termasuk sate usus ini. Sate usus ini biasanya banyak kita jumpai di tempat makan yang menjual Soto.

 

2. Sate telur puyuh

 

7 Jenis Sate yang lezat dan menarik: Sate telur puyuh

 

Beberapa biji telur puyuh yang ditusuk dengan tusukan sate ini disebut sate telur puyuh. Sate telur puyuh ini kesukaannya anak-anak. Biasanya kalau aku beli Pecel Walisongo, aku belikan sate telur puyuh ini untuk mereka.

 

3. Sate tempe

 

7 Jenis Sate yang lezat dan menarik: Sate tempe

 

Sate tempe ini adalah tempe yang ditusuk dengan tusukan sate. Aku sudah dua kali makan sate tempe ini. Yang pertama waktu aku kecil dulu, di Solo. Yang kedua, saat aku ke Semarang awal bulan Januari 2016 lalu. Buat sendiri juga bisa kok, tinggal goreng tempe kemudian ditusuk pake tusukan sate, jadi deh sate tempe 😀

 

4. Sate kerang

 

7 Jenis Sate yang lezat dan menarik: Sate kerangSumber : https://pasuruankotamuseumjatim.wordpress.com/kupang-kraton-sate-kerang/

 

Sate kerang ini biasanya disajikan sebagai makanan pendamping kupang. Sudah tau kan apa itu Kupang? Kupang ini kalo di Jawa Timur ( Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan ) terkenal banget lho. Yang terkenal adalah Kupang Kraton di Pasuruan.

Bahan utama yang digunakan untuk makanan kupang ini adalah kupang putih (Corbula faba), yaitu hewan laut semacam kerang bentuknya kecil sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Setelah kupang dikupas dna dimasak, ditambahkan lontong dan lentho, lalu diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis. Tambahannya adalah sate kerang ini, untuk minuman nya adalah air kelapa muda (degan).

 

5. Sate udang

 

7 Jenis Sate yang lezat dan menarik: Sate udang

 

Udang yang dipilih biasanya adalah udang yang berukuran agak besar, setelah dibumbui kemudian dibakar dan ditusuk memakai tusukan sate. Banyak dijumpai di restoran Seafood.

 

6. Sate donat

 

7 Jenis Sate yang lezat dan menarik: Sate donatSumber : http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/14303/sate-donat-dua-warna

 

Donat berbentuk bulat kecil ditusuk memakai tusukan sate ini disebut sate donat. Unik, ya! Aku beberapa kali beli sate donat ini di salah satu toko kue di kotaku. Sate donatnya memakai taburan gula halus aja, tapi empuk dan enak.

 

7. Sate buah

 

7 Jenis Sate yang lezat dan menarik: Sate buahSumber : likefon.com

 

Berbagai macam jenis buah yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk memakai tusukan sate, biasanya disebut dengan sate buah. Sate buah yang seger dicocol dengan saus cokelat, wuah… rasanya pasti lezat. Sate buah ini bisa banget lho disajikan saat anak-anak merayakan pesta ulang tahunnya. Warna buahnya yang cerah, tampilannya yang menarik dan rasanya yang lezat pasti disukai oleh anak-anak.

 

Tuh kan, jadi sebutan sate sekarang ini nggak cuma buat sate daging aja haha. Jadi kalau tidak suka sate daging, 7 jenis sate yang lezat dan menarik ini bisa menjadi pilihan.

Nah, sate yang mana nih favorit teman-teman? Kalo aku lebih suka sate buah. Segeerrrr  😀

 

26 Comments

  1. Pakde Cholik February 27, 2016
    • Lianny February 28, 2016
  2. Aprillia Ekasari February 27, 2016
    • Lianny February 28, 2016
  3. Tatit Ujiani February 27, 2016
    • Lianny February 28, 2016
  4. Agung Han February 28, 2016
    • Lianny February 28, 2016
  5. Indah nuria savitri February 28, 2016
    • Lianny February 28, 2016
  6. Idah Ceris February 28, 2016
    • Lianny February 29, 2016
  7. Ratna Dewi February 28, 2016
    • Lianny February 29, 2016
  8. Lidya February 29, 2016
    • Lianny February 29, 2016
  9. elfarqy March 1, 2016
    • Lianny March 1, 2016
  10. Noe March 2, 2016
    • Lianny March 5, 2016
  11. cumilebay March 3, 2016
    • Lianny March 4, 2016
  12. Dwi Puspita March 5, 2016
    • Lianny March 5, 2016
  13. academic Indonesia March 10, 2016
    • Lianny March 11, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.