Resep Masakan

Tempe Crispy a la KFC

 

Tempe crispy a la KFC

 

Tempe, tahu dan telur hampir selalu ada setiap hari di meja makanku. Makan telur, tahu, tempe dan tumis sayur rasanya sudah nikmat sekali. Tapi kalo cuma telur, tempe dan tahu digoreng gitu aja, kalo disajikan tiap hari jadi bosen dong. Karena itulah, harus kreatif nih membuat variasinya. Untuk variasi telur, bisa dicoba nih omelet mie sederhana yang praktis banget, yaitu mie dicampur dengan telur.

Kemarin, waktu intip-intip group masak, ada yang share foto tempe crispy a la KFC, resep by Pelangi Senja. Duh, jadi penasaran, pengin tau gimana rasanya. Akhirnya nyobain buat juga, kebetulan semua bahan ada, tempe tinggal beli di bapak penjual sayur langganan.

Lho, kan sama dong, cuma tempe goreng juga? Iya sih, tapi ini dikasih tepung, jadi lain kan? Iya, kan? Sudah iya in aja deh πŸ˜€ Β Sebetulnya banyak kok di supermarket tepung instan yang siap pake, tapi kalo lagi kehabisan stok di rumah, buat sendiri aja pake tepung terigu ini.

Tinggal campur bahannya aja, cepet kok membuat tempe crispy. Bahan cair setelah dicampur hasilnya agak kental. Penampakan tepungnya saat sudah matang emang mirip dengan ayam KFC. Untuk takaran garam dan lada dikira-kira aja, emang di resep aslinya cuma ditulis β€œsecubit” hahaha.

Tempe crispy ini bisa disajikan dengan cabe powder, karena anak-anak nggak bisa makan pedes jadi aku nggak pake. Aku buat sambel kecap aja di tempat terpisah, kalo makan tinggal dicocolin sambelnya, enaaak kok.

Nikmat dimakan saat masih hangat, sensasi crispy nya terasa kriuk banget. Resep aslinya kutulis di bawah ini ya, mungkin ada yang pengin nyoba buat juga.

 

Resep Tempe Crispy a la KFC

Bahan :

1 buah tempe

Bahan Cair :

75 gr tepung terigu

Β½ sdt tepung maizena

1 butir kuning telur

ΒΌ sdt baking soda

Sedikit air es ( aku pake 50 ml)

Secubit garam halus

Secubit lada bubuk

Bahan kering :

8 sdm terigu

Kaldu ayam bubuk, garam halus, lada bubuk dan gula secukupnya.

Cabe powder untuk taburan.

 

Cara membuat :

  1. Potong-potong tempe memanjang.

2. Campur semua bahan cair menjadi satu, aduk rata.

3. Ditempat terpisah, campur semua bahan kering kecuali cabe powder, aduk rata.

4. Ambil tempe, satu per satu celupkan ke bahan cair, lalu masukkan ke bahan kering sambil agak ditekan.

5. Goreng dalam minyak banyak pake api kecil sampai kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

6. Sajikan dengan taburan cabe powder.

 

Bahan tempe crispy

Bahan cair

 

bahan kering

Bahan kering

 

Cara membuat tempe crispyCara membuat tempe crispy *abaikan wajan itemnya yah, enak sih buat nggoreng πŸ˜€

 

tempe crispyTempe Crispy

 

Untuk takaran airnya, di resep asli itu tertulis 50 ml, tapi kok jadinya kental bangeeet, akhirnya aku tambahin lagi deh airnya.

 

tahu crispy a la KFC

Tahu crispy *mirip ayam goreng KFC ya hehe

 

Iseng, aku nyoba buat tahu crispy juga. Tahu dipotong agak tipis, untuk caranya sama dengan yang tempe crispy. Tapi mesti hati-hati mencelupkan tahu ke adonannya, gampang hancur karena lunak. Hasilnya kriuk banget deh.

Selamat mencoba membuat tempe crispy a la KFC!

 

 

57 Comments

  1. nur rochma May 23, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  2. Lidya May 23, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  3. Turis cantik May 23, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  4. cputriarty May 23, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  5. gustyanita pratiwi May 23, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  6. Idah Ceris May 24, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  7. Leyla Hana May 24, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  8. Sumarti May 24, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  9. Ery Udya May 24, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  10. Ila Rizky May 24, 2016
    • Lianny May 24, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  11. Ranny May 24, 2016
    • Lianny May 25, 2016
  12. Lusi May 24, 2016
    • Lianny May 25, 2016
  13. Akhila May 24, 2016
    • Lianny May 25, 2016
  14. Bibi Titi Teliti May 24, 2016
    • Lianny May 25, 2016
  15. dey May 24, 2016
    • Lianny May 25, 2016
  16. bundashidqi lia May 25, 2016
    • Lianny May 25, 2016
  17. Astin Astanti May 25, 2016
    • Lianny May 25, 2016
  18. Agung Rangga May 26, 2016
    • Lianny May 26, 2016
  19. sindy May 26, 2016
    • Lianny May 26, 2016
  20. ayu May 26, 2016
    • Lianny May 26, 2016
  21. evylia hardy May 26, 2016
    • Lianny May 26, 2016
  22. Indah Nuria Savitri May 26, 2016
    • Lianny May 26, 2016
  23. fanny fristhika nila May 28, 2016
    • Lianny May 29, 2016
  24. Khoirur Rohmah May 31, 2016
    • Lianny May 31, 2016
  25. Dwi Puspita June 1, 2016
    • Lianny June 2, 2016
  26. ninda June 11, 2016
  27. Ika Hardiyan Aksari July 1, 2016
    • Lianny July 3, 2016
  28. Widyanti Yuliandari November 17, 2016
    • Lianny November 18, 2016

Leave a Reply