Tempe Crispy a la KFC

 

Tempe crispy a la KFC

 

Tempe, tahu dan telur hampir selalu ada setiap hari di meja makanku. Makan telur, tahu, tempe dan tumis sayur rasanya sudah nikmat sekali. Tapi kalo cuma telur, tempe dan tahu digoreng gitu aja, kalo disajikan tiap hari jadi bosen dong. Karena itulah, harus kreatif nih membuat variasinya. Untuk variasi telur, bisa dicoba nih omelet mie sederhana yang praktis banget, yaitu mie dicampur dengan telur.

Kemarin, waktu intip-intip group masak, ada yang share foto tempe crispy a la KFC, resep by Pelangi Senja. Duh, jadi penasaran, pengin tau gimana rasanya. Akhirnya nyobain buat juga, kebetulan semua bahan ada, tempe tinggal beli di bapak penjual sayur langganan.

Lho, kan sama dong, cuma tempe goreng juga? Iya sih, tapi ini dikasih tepung, jadi lain kan? Iya, kan? Sudah iya in aja deh πŸ˜€ Β Sebetulnya banyak kok di supermarket tepung instan yang siap pake, tapi kalo lagi kehabisan stok di rumah, buat sendiri aja pake tepung terigu ini.

Tinggal campur bahannya aja, cepet kok membuat tempe crispy. Bahan cair setelah dicampur hasilnya agak kental. Penampakan tepungnya saat sudah matang emang mirip dengan ayam KFC. Untuk takaran garam dan lada dikira-kira aja, emang di resep aslinya cuma ditulis β€œsecubit” hahaha.

Tempe crispy ini bisa disajikan dengan cabe powder, karena anak-anak nggak bisa makan pedes jadi aku nggak pake. Aku buat sambel kecap aja di tempat terpisah, kalo makan tinggal dicocolin sambelnya, enaaak kok.

Nikmat dimakan saat masih hangat, sensasi crispy nya terasa kriuk banget. Resep aslinya kutulis di bawah ini ya, mungkin ada yang pengin nyoba buat juga.

 

Resep Tempe Crispy a la KFC

Bahan :

1 buah tempe

Bahan Cair :

75 gr tepung terigu

Β½ sdt tepung maizena

1 butir kuning telur

ΒΌ sdt baking soda

Sedikit air es ( aku pake 50 ml)

Secubit garam halus

Secubit lada bubuk

Bahan kering :

8 sdm terigu

Kaldu ayam bubuk, garam halus, lada bubuk dan gula secukupnya.

Cabe powder untuk taburan.

 

Cara membuat :

  1. Potong-potong tempe memanjang.

2. Campur semua bahan cair menjadi satu, aduk rata.

3. Ditempat terpisah, campur semua bahan kering kecuali cabe powder, aduk rata.

4. Ambil tempe, satu per satu celupkan ke bahan cair, lalu masukkan ke bahan kering sambil agak ditekan.

5. Goreng dalam minyak banyak pake api kecil sampai kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

6. Sajikan dengan taburan cabe powder.

 

Bahan tempe crispy

Bahan cair

 

bahan kering

Bahan kering

 

Cara membuat tempe crispyCara membuat tempe crispy *abaikan wajan itemnya yah, enak sih buat nggoreng πŸ˜€

 

tempe crispyTempe Crispy

 

Untuk takaran airnya, di resep asli itu tertulis 50 ml, tapi kok jadinya kental bangeeet, akhirnya aku tambahin lagi deh airnya.

 

tahu crispy a la KFC

Tahu crispy *mirip ayam goreng KFC ya hehe

 

Iseng, aku nyoba buat tahu crispy juga. Tahu dipotong agak tipis, untuk caranya sama dengan yang tempe crispy. Tapi mesti hati-hati mencelupkan tahu ke adonannya, gampang hancur karena lunak. Hasilnya kriuk banget deh.

Selamat mencoba membuat tempe crispy a la KFC!

 

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Resep Masakan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

57 Responses to Tempe Crispy a la KFC

  1. nur rochma says:

    Bisa dicoba ya resepnya.

  2. Lidya says:

    Aku baru selesai goreng tahu, biar pas aku harus nyomot tempenya mbak li ya πŸ™‚

  3. Turis cantik says:

    Sekilaa terlihat seperti ayam yaaa padahal tempe hihihi anak saya pecinta tempe coba bikin ah

  4. cputriarty says:

    inovasi kuliner yang lebih bergizi dan aman dari kolestrol tinggi *meski pake bahan minyak goreng ya. Issh gak apa2 sesekali makan yang bergoreng ria. Ntar aku coba deh mak li πŸ™‚

  5. aku jarang pake maizena
    tapi bole juga ni
    soalnya pas pake tepung gandum campur sagu berasa kriuknya kurang
    maybe dengan campuran maizena tambah maknyus…
    cobain ah

  6. Idah Ceris says:

    Ternyata ikut group masak! Fantesaaan makin jagoo masaknyaa. Hihihi

    Aku kapan2 nyoba ini aaah. Selama ini baru aku buat steak aja, Mbak. πŸ˜‰

  7. Leyla Hana says:

    Mak Lianny rajin banget masaknya. Aku pakai tepunh krispi aja, gak sabar bikinnya πŸ˜€ tapi ini boleh dipraktekkan kapan2.

  8. Sumarti says:

    Tempe emang enak buat apa aja, aq juga lagi penasaran nyoba steak tempe tuh mak, kmr nyimpen di wall resepnya…tapi entah kapan bikinnya hahaha

  9. Ery Udya says:

    aaaku baru tahuu resep masak tempe seperti ini.. aku bookmark, mau aku praktekin, biar makan tempe tapi berasa KFC. πŸ™‚

    • Lianny says:

      hahaha iya, cocok nih kalo dompet lagi kempes, bikin tahu tempe crispy biar berasa makan ayam KFC πŸ˜€

  10. Ila Rizky says:

    Nomnomnom. Pisangnya bikin laper, mak. Klo bikin di rumah enak nih. Buat nyemil sore sama teh anget

  11. Wah boleh dicoba nih, biasanya nggak kfc bgt klo pake tepung.. makasih mbak

  12. Ranny says:

    Selama ini aku hanya pake yang bumbu cepat saji aja mak >.< naah, mau lah coba resep ini…

  13. Lusi says:

    Sama, tempe & telor itu menu darurat, wajib ada di kulkas.

  14. Akhila says:

    huaaa harus banget dicoba. langsung ngiler nih mba. haha
    makasih yah tipsnya

  15. Aaaakh, kalo tempe goreng tepung mah aku bisa mbaaaak! Suka bikin juga di rumah walopun hasilnya…ya gitu deh bhahaha…
    Yang penting mah tetep dimakan sama anak2 hehe…

  16. dey says:

    Enak buat camilan ini sih, dimakan anget2.
    Nyomot satu ah ..

  17. bikin adonan tepungnya ternyata gampang ya, biasanya saya cuma beli tepung ayam.. bisa dicoba nih bikin tepung sendiri, makaasih tipsnya mbak πŸ™‚

  18. Hm, enak banget nich aromanya, makasih ya Mbak LIanny. Faiz pasti seneng

  19. Agung Rangga says:

    Paling suka deh sama makanan yang crispy~ πŸ˜€
    Resepnya gampang ya ternyata.

  20. sindy says:

    bagus bener cara menyajikannya : )

  21. ayu says:

    mbak itu tempe crispy bisa bertahan seharian kah?

    • Lianny says:

      Wah nggak tau juga kalo seharian ya. Biasanya nih sebentar sudah abis, karena enaknya dimakan anget πŸ™‚

  22. evylia hardy says:

    Kebetulan di kulkas ada dua tempe bungkus daun. Nanti sore mau bikin pake resep ini πŸ™‚
    Thank you buat share-nya … wah minggu ini jadi banyak goreng-goreng πŸ˜‰

  23. Huaaaaa… Ini favorite aku mbaaa.. Hidup tempeee. Paling enak kalau abis gareng masih kriuk-kriuk yaaa mba πŸ™‚

  24. hahaha iya mbak mirip ayam goreng jd nya :D.. aku mw coba juga ah.. kalo suamiku udh dipastikan ga bakal dia makan nih tempe.. ga suka blasss ama tempe orangnya -__-

    • Lianny says:

      kalo tahu suka ya? Anakku juga beda-beda seleranya, ada yang sukanya tahu, ada yang suka tempe haha πŸ˜€

  25. hwaahhhh perlu bikin ini nih, mkasih bnyak ya mbak utk resepnya hhee
    bisa bikin smangat makan nambah sma tempe krispi ala KFC πŸ˜€

  26. Dwi Puspita says:

    Mau nyoba juga aku mbak…kayaknya emang bener2 enak dan gurih…

  27. ninda says:

    pengeeeen kak, pengin nyoba dakuu
    oh ternyata buat bikin tekstur ala kfc itu kudu pake kuning telor dan baking soda yaa

  28. Huwaaaa resepnya bikin mupeng banget. Saya suka tempe, bgt mapah. Tapi bosen juga kalau digoreng gitu aja. Mau cobain ah buat menu besok. Makasih, ya Mbak.

  29. Wah…. senengnya nemu resep ini. Sampai bosen aku masak mendoan Mbak. Anakku minta itu lagi dan lagi… coba bikinin ini ah… ya meski beda tipis sebenernya ya ama mendoan. Setidaknya ada bedanya gitu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*