Reviews & Sponsored

SMARTBPOM MEMAKSIMALKAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN

 

Banyak penjual makanan yang berjualan di depan sekolah-sekolah dan kulihat anak-anak sekolah yang beli itu cukup banyak, sampai antri-antri segala. Ada yang jual crepes, sate telur, ayam pok-pok, cilok, roti, tempura, es, permen, manisan dan sebagainya.

Beragam makanan itu tampak menarik, baik bentuk maupun warnanya. Jelas saja anak-anak sekolah banyak yang tertarik membeli. Nggak hanya anak TK, tapi juga anak usia SD bahkan SMP lho. Kadang aku sebagai orang tua ya agak khawatir juga kalo anak-anakku juga ikutan jajan sembarangan.

Ya khawatir aja kalo bahan makanan yang dipakai itu berbahaya bagi kesehatan tubuh, contoh sederhana saja kue dengan aneka warna terang itu, apakah benar pewarna yang digunakan adalah pewarna makanan? Jika pewarna makanan apakah takarannya sudah sesuai dan tidak berlebihan?

 

jajanan sekolahSumber gambar: www.harapanrakyat.com

 

Dulu, pernah anakku beli tempura, setusuk cuma 500 rupiah. Eh kok murah, jauh banget harganya dibandingkan beli di supermarket. Apa bahan daging ayam atau ikannya itu beneran higienis? Jangan-jangan daging sudah nggak layak pakai kemudian diolah lagi sehingga tampak menarik.

Aku terlalu khawatir kali ya, khawatir yang berlebihan.  Memang sih, masih banyak juga penjual makanan di depan sekolah yang jujur dan menjaga betul kebersihan dari makanan yang dijualnya. Mungkin saja bahan makanan yang dijual aman-aman saja bagi kesehatan dan memang layak jual. Tapi kan nggak ada salahnya waspada daripada ujung-ujungnya anak sakit karena jajan sembarangan. Iya, kan?

Banyak tuh berita di televisi tentang makanan yang nggak layak jual dan berbahaya bagi kesehatan. Nggak hanya di tempat umum tapi kadang di toko-toko juga, misalnya makanan kaleng yang sudah kedaluwarsa tetap dijual karena penjual nggak mau rugi. Sebagai konsumen yang cerdas, kita wajib meneliti terlebih dulu barang yang akan kita beli, cek bahan-bahannya dan juga tanggal kedaluwarsa barang. Dulu aku cuek aja, asal cemplung-cemplungin barang ke keranjang belanjaan, sekarang aku selalu cek tanggal kedaluwarsanya.

Hal itu berlaku juga saat kita membeli obat. Pastikan kita beli obatnya di apotik terpercaya. Jangan tergiur harga murah tapi ternyata obat itu obat palsu atau obat yang nggak ada izin edarnya. Bukannya sembuh, ntar sakitnya malah tambah parah dan paling fatal bisa mengakibatkan kematian. Duh jangan sampai deh, taruhannya adalah tubuh kita sendiri. Ngeri!

 

Apakah ada badan yang bertugas mengawasi peredaran makanan dan obat-obatan di Indonesia?

Ada, yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM berkewajiban mengawasi peredaran obat, obat tradisional, kosmetik, produk pangan dan suplemen kesehatan di Indonesia.

Badan POM secara aktif mengawasi peredaran obat dan makanan mulai tiba dari pelabuhan sampai siap diedarkan. Hingga saat ini terdapat lebih dari 17.000 sarana pelayanan kesehatan serta lebih dari 335.000 obat dan makanan yang diawasi BPOM.  Wuah banyak banget, ya!

Sayangnya, hasil audit BPK menunjukkan hanya sekitar 20% rekomendasi BPOM yang ditindak lanjuti oleh pemerintah provinsi, kota dan kabupaten.  Masih banyak produk ilegal, produk palsu dan produk tidak memenuhi syarat beredar di masyarakat.

Tidak terakomodasinya rekomendasi BPOM secara baik inilah yang menjadi salah satu faktor munculnya Inpres No. 3 Tahun 2017 yang dikeluarkan tanggal 10 Maret 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat Dan Makanan.

INPRES No. 3 Tahun 2017 ini memberikan instruksi, antara lain, kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, Menteri Pertanian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Gubernur, dan Bupati & Walikota. Diharapkan lembaga-lembaga ini bisa berperan aktif dan bersinergi dengan BPOM dalam kegiatan pengawasan obat dan makanan, seiring dengan satu tujuan Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia di sektor kesehatan

Supaya lebih bisa terintegrasi dengan 12 kementrian lembaga dan daerah tersebut dibentuklah aplikasi SMARTBPOM. Sistem terpadu yang memudahkan dalam proses pengawasan dan pengaduan seputar obat-obatan dan makanan.

 

Pembuatan aplikasi SMARTBPOM ini melalui berbagai tahapan, antara lain:

  1. Proses jangka pendek meliputi konsultasi dengan mentor, sestama BPOM dan persetujuan kepala BPOM, Dr.Ir. Penny K. Lukito, M.C.P.
  2. Tahap persiapan : pembentukan tim efektif.
  3. Kajian pengembangan sistem.
  4. Mobilisasi stakeholder.
  5. Desain sistem.
  6. Pembangunan prototype SMARTBPOM.
  7. Uji coba prototype dan evaluasi sistem.
  8. Legalisasi uji coba prototype SMARTBPOM.
  9. Kinerja Jangkah menengah yg diselesaikan dalam jangka pendek diantaranya:
  • Pembangunan dan uji coba fungsi aplikasi SMARTBPOM.
  • Penyusunan petunjuk teknis aplikasi SMARTBPOM.
  • Laporan progres Inpres kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ibu Puan Maharani.
  • Sosialisasi aplikasi SMARTBPOM kepada 12 kementrian/ lembaga/daerah.

 

Menurut Direktur Pengawasan Narkotika, Pskotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) BPOM, Rita Endang,  aplikasi SMARTBPOM ini user friendly dan memberikan informasi yang mengakomodir 12 Kementerian, lembaga dan daerah.  Nggak hanya terkait soal pengawasan, SMARTBPOM juga melayani permintaan informasi dan pengaduan masyarakat. Masyarakat bisa memberi pengaduan melalui HALOBPOM.

 

HALOBPOM

 

SMARTBPOM MEMAKSIMALKAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN

 

SMARTBPOM ini bisa diakses oleh siapa saja? SMARTBPOM hanya bisa diakses oleh 12 kementerian, lembaga dan daerah (Gubernur, Walikota dan Bupati), nggak bisa diakses oleh publik karena ini hanya untuk pengawasan terintegrasi yang dilakukan oleh institusi-institusi tersebut.

Institusi yang bisa mengakses SMART BPOM adalah sebagi berikut:

  1. Kemenko Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan
  2. Kementerian Kesehatan
  3. Kementerian Perdagangan
  4. Kementerian Perindustrian
  5. Kementerian Pertanian
  6. Kemenpan-RB
  7. Kementerian Dalam Negeri
  8. Kementerian Kelautan dan Perikanan
  9. Kemenkominfo
  10. Badan POM
  11. Gubernur
  12. Walikota/Bupati

 

 

Direktur Pengawasan NAPZA BPOM, Rita EndangDirektur Pengawasan NAPZA BPOM, Rita Endang (Sumber gambar: swa.co.id)

 

Tugas BPOM untuk mengawasi makanan dan obat-obatan tentu bukan pekerjaan yang ringan. Nah, tugas kita adalah mendukung BPOM agar hasil kerjanya bisa maksimal. Tindakan sederhana saja, misalnya kalo kita menemukan produk yang tidak memiliki registrasi BPOM, kita bisa melaporkannya kepada BPOM untuk ditindak lanjuti.

 

Yuk, kita lihat video tentang SMARTBPOM dibawah ini ya!

 

BPOM akan mengembangkan aplikasi SMARTBPOM lebih lanjut. Nantinya sistem ini akan memberikan alert sebagai indikator tindak lanjut pengaduan untuk masing-masing lembaga. Di tahun 2018, aplikasi SMARTBPOM akan berjalan secara total.

SMARTBPOM ini membuat segalanya menjadi lebih mudah. Rekomendasi secara online jelas lebih praktis dan rapi. Kinerja pengawasan obat dan makanan akan lebih maksimal. Yang terkena imbas positifnya tentu saja masyarakat.

Semoga dengan SMARTBPOM ini kualitas kehidupan masyarakat khususnya di bidang kesehatan akan semakin meningkat.

 

 

Sumber referensi :
https://swa.co.id/swa/trends/bpom-wujudkan-integrasi-pengawasan-melalui-smartbpom
https://swa.co.id/swa/trends/inpres-no-32017-membuat-fungsi-pengawasan-bpom-makin-maksimal

 

 

 

231 Comments

  1. Utie adnu July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  2. nova July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  3. Noe July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  4. Uniek Kaswarganti July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  5. Rizki Vadilla July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  6. Melly Feyadin July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  7. Pritahw July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  8. Waya Komala July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  9. ade anita July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  10. Fakhruddin July 19, 2017
    • Lianny July 19, 2017
  11. Helena July 19, 2017
    • Lianny July 20, 2017
  12. Rhoshandhayani July 19, 2017
    • Lianny July 20, 2017
  13. cputriarty July 20, 2017
    • Lianny July 20, 2017
  14. MeriskaPW July 20, 2017
    • Lianny July 20, 2017
  15. April Hamsa July 20, 2017
    • Lianny July 20, 2017
  16. Widyanti Yuliandari July 20, 2017
    • Lianny July 20, 2017
  17. Nchie Hanie July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  18. Tian Lustiana July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  19. Ida Raihan July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  20. Geraldi July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  21. isnuansa July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  22. okti July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  23. Septia July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  24. Monita AS July 21, 2017
    • Lianny July 21, 2017
  25. Lucky Caesar July 21, 2017
    • Lianny July 22, 2017
  26. Phie July 22, 2017
    • Lianny July 22, 2017
  27. Keke Naima July 22, 2017
    • Lianny July 24, 2017
  28. Anis Lotus July 23, 2017
    • Lianny July 24, 2017
  29. shona vitrilia July 23, 2017
    • Lianny July 24, 2017
  30. Inna Riana July 24, 2017
    • Lianny July 24, 2017
  31. Shine July 24, 2017
    • Lianny July 24, 2017
  32. Syarifani July 24, 2017
    • Lianny July 25, 2017
  33. Vika July 24, 2017
    • Lianny July 25, 2017
  34. Nurul Rahmawati July 25, 2017
    • Lianny July 25, 2017
  35. Okti July 25, 2017
    • Lianny July 25, 2017
  36. Ernawati Lilys July 25, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  37. HM Zwan July 25, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  38. Lusi July 25, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  39. uwan urwan July 25, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  40. Alaika Abdullah July 25, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  41. Yulie Mama Keizha July 26, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  42. Rach Alida Bahaweres July 26, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  43. Indah Nuria July 26, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  44. Mugniar July 26, 2017
    • Lianny July 26, 2017
  45. syuhada July 27, 2017
    • Lianny July 28, 2017
  46. Akhmad Muhaimin Azzet July 27, 2017
    • Lianny July 28, 2017
  47. Evrinasp July 27, 2017
    • Lianny July 28, 2017
  48. Marita Ningtyas July 28, 2017
    • Lianny July 28, 2017
  49. herva yulyanti July 28, 2017
    • Lianny July 28, 2017
  50. Amelia Fafu July 28, 2017
    • Lianny July 28, 2017
  51. nur rochma July 28, 2017
    • Lianny July 28, 2017
  52. Anisa Ae July 29, 2017
    • Lianny July 30, 2017
  53. tutyqueen July 30, 2017
    • Lianny July 30, 2017
  54. Amanda Desty Yunistyani July 30, 2017
    • Lianny July 30, 2017
  55. Mbul nita July 30, 2017
    • Lianny July 30, 2017
  56. norikoreza July 31, 2017
    • Lianny July 31, 2017
  57. khairiah July 31, 2017
    • Lianny July 31, 2017
  58. Wahyu Widyaningrum July 31, 2017
    • Lianny July 31, 2017
  59. Gurukecil July 31, 2017
    • Lianny July 31, 2017
  60. Rahmi July 31, 2017
    • Lianny July 31, 2017
  61. Idah Ceris July 31, 2017
    • Lianny July 31, 2017
  62. Andi Nugraha July 31, 2017
    • Lianny July 31, 2017
      • Andi Nugraha August 1, 2017
        • Lianny August 1, 2017
          • Andi Nugraha August 7, 2017
          • Lianny August 7, 2017
  63. Dayah July 31, 2017
    • Lianny August 1, 2017
  64. Bang Aswi | @bangaswi August 2, 2017
    • Lianny August 2, 2017
  65. Vindy Putri August 2, 2017
    • Lianny August 3, 2017
  66. Infotekno August 3, 2017
    • Lianny August 3, 2017
  67. Utie adnu August 3, 2017
    • Lianny August 3, 2017
  68. Edwina August 3, 2017
    • Lianny August 3, 2017
  69. andyhardiyanti August 3, 2017
    • Lianny August 3, 2017
      • andyhardiyanti August 10, 2017
  70. Dian Safitri August 3, 2017
    • Lianny August 3, 2017
  71. Indah Nuria August 3, 2017
    • Lianny August 3, 2017
  72. Rudi August 3, 2017
    • Lianny August 3, 2017
  73. Ucig August 3, 2017
    • Lianny August 3, 2017
  74. Evi Fadliah August 3, 2017
    • Lianny August 4, 2017
  75. Mezi Aris Apronny August 4, 2017
    • Lianny August 4, 2017
  76. Lia Lathifa August 4, 2017
    • Lianny August 4, 2017
  77. Hidayah Sulistyowati August 4, 2017
    • Lianny August 4, 2017
  78. Awan August 4, 2017
    • Lianny August 4, 2017
  79. Bimo Aji August 4, 2017
    • Lianny August 4, 2017
  80. Alma Wahdie August 4, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  81. Catatanria August 5, 2017
    • Lianny August 5, 2017
  82. Ria Nugros August 5, 2017
    • Lianny August 5, 2017
  83. Ratna Dewi August 6, 2017
    • Lianny August 7, 2017
  84. Amanda ratih August 7, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  85. Fanny Fristhika Nila August 7, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  86. Ernawati Lilys August 8, 2017
    • Lianny August 8, 2017
  87. Beautyasti1 August 8, 2017
    • Lianny August 8, 2017
      • Beautyasti1 August 26, 2017
        • Lianny August 28, 2017
  88. Ria fasha August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  89. Rusydina Tamimi August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  90. Efi Fitriyyah August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  91. Nucky Prayanta Natalius August 8, 2017
    • Lianny August 9, 2017
  92. Sumarti Saelan August 9, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  93. Swastika August 9, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  94. Ophi Ziadah August 9, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  95. Andreas Susanto August 10, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  96. Winda Carmelita August 10, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  97. Ransel Usang August 10, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  98. sari widiarti August 11, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  99. Ikrom August 11, 2017
    • Lianny August 11, 2017
  100. NgeFood August 11, 2017
    • Lianny August 16, 2017
  101. Nurul Sufitri August 11, 2017
    • Lianny August 16, 2017
  102. Naqiyyah Syam August 12, 2017
    • Lianny August 16, 2017
  103. Istiadzah August 14, 2017
    • Lianny August 16, 2017
  104. Sary Melati August 14, 2017
    • Lianny August 16, 2017
  105. Lidya August 14, 2017
    • Lianny August 16, 2017
  106. Khoirur Rohmah August 14, 2017
    • Lianny August 16, 2017
  107. Lina W. Sasmita August 15, 2017
    • Lianny August 16, 2017
  108. Novie Mochtar August 20, 2017
  109. adya pramudita September 7, 2017
    • Lianny September 7, 2017
  110. Ade UFi September 16, 2017
  111. Ade UFi September 16, 2017
    • Lianny September 18, 2017
  112. Nita Lana Faera November 18, 2017
  113. Intan Rastini January 7, 2018
    • Lianny January 11, 2018
  114. Andrew Pradana August 21, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.