Serunya Bikin Kue Bareng Anak – Steamed Moist Chocolate Cake

 

Dua putriku keliatannya suka banget kalau diminta bantuannya bikin kue atau puding. Kalau diminta bantuin masak, rada-rada males. Padahal, mamanya ini kan nggak bisa bikin kue, kalau masak sih lumayanlah meski nggak jago-jago amat, yang penting bisa dimakan. Nah, kalo bikin kue? Oven aja nggak punya gimana bisa bikin? *alesan banget haha ๐Ÿ˜€ Tapi suer deh, menurutku lebih gampang memasak daripada bikin kue. Kalau masak, kurang asin tinggal tambah garam, kurang manis tinggal tambah gula atau kecap, dan kalo kemanisan atau keasinan, tinggal tambah air dikit aja, kan bisaaaaa. Kalau bikin kue, kurang bahan satu saja atau kalau cara bikinnya salah, nggak bakalan jadi deh kuenya, bisa gosong, bisa nggak ngembang dan yang paling parah nggak bisa dimakan. Sayang, kanโ€ฆ

Kalau lihat teman-teman upload foto kuenya, jadi sedikit ngiri, aku kan pengin juga bisa bikin seperti ituuu. Nggak punya oven bukan berarti nggak bisa bikin kue, kan? Yup, akhirnya aku nyari-nyari resep kue yang bahannya dikit, membuatnya juga nggak ribet, daannn tentu saja pilih resep kue yang dikukus atau digoreng saja.

Kebetulan mak Echa waktu itu ngasih link yang ada resep kue dikukus dan mudah dibuat katanya, nggak pakai mixer dan oven. Nah, ini yang kucari! Kuenya diberi nama steamed moist chocolate cake (cake cokelat kukus), wiihh keren banget namanya ya, jadi penasaran pengin buat. Akhirnya nekat mencoba buat kue itu, setelah bahan-bahan terkumpul semua. Kuajak kedua putriku untuk bantuin bikin, wah mereka seneng banget. Ini salah satu alasan kenapa aku nyari resep yang nggak ribet, supaya bisa ngajakin kedua putriku ikutan juga masuk dapur hihihi. Seru aja kalau bisa masak atau nyoba bikin kue bareng, meskipun dapur jadi tambah amburadul nantinya.

 

Resep Steamed Moist Chocolate Cake ( dikutip dari JTT – web just try and taste )

Bahan 1

170 gram mentega/margarine

150 gram gula halus

200 ml susu cair

1 sdt vanilla ekstrak atau 1/4ย  sdt vanili bubuk

Bahan 2

110 gram tepung terigu protein rendah atau serba guna

50 – 60 gram coklat bubuk merk Bensdorp

1/4 sdt baking soda ( bisa diganti dengan 1/4 sendok teh baking powder)

1 sdt baking powder double acting

Bahan 3 : 2 butir telur ayam, kocok lepas dengan menggunakan garpu

 

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang bulat yang berlubang tengahnya,ย  olesi dengan mentega agak banyak dan taburi tepung terigu hingga merata.

  2. Dalam panci kecil, campur bahan 1. Panaskan dengan api kecil hingga gula dan mentega larut, aduk-aduk. Jika mentega dan gula telah meleleh segera angkat, nggak perlu sampai mendidih. Biarkan sebentar.

  3. Ayak bahan 2: tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan baking powder di dalam mangkuk. Sisihkan.

  4. Jika larutan mentega gula sudah agak hangat, masukkan kocokan telur ke dalamnya. Jangan masukkan telur ketika mentega dan gula masih panas karena telur ayam bisa menjadi berserabut. Aduk rata.

  5. Masukkan larutan telur, mentega dan gula sedikit demi sedikit ke tepung sambil diaduk-aduk pelan. Aduk adonan seperlunya saja, jangan terlalu kuat mengaduknya. Jika masih ada tepungย  yang menggumpal dengan ukuran sebesar kacang tanah, biarkan saja.ย  Adonan yang terbentuk agak cair dan ketika di sendokkan akan mengalir jatuh dengan mudah.

  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan masukkan ke dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup permukaan dandang dengan kain bersih yang menyerap air kemudian baru ditutup dengan penutup dandang.

  7. Kukus selama 45 menit dengan api sedang dan jangan membuka penutup dandang selama cake dikukus. Angkat kue dan biarkan agar mendingin sebelum dilepaskan dari loyang.

 

bahan kue

 

Percobaan pertama.

Aku pakai loyang bulat biasa ( tengahnya tidak ada lubang). Baking powdernya nggak pake double acting dan ngaduk adonannya terlalu kuat. Deg-degan, begitu tutup dandang dibuka, ternyata kurang ngembang deh kuenya. Tapi pas dicobain, wuaah enak rasanya, malah seperti brownies kukus yang dijual di mall-mall itu lho. Gini aja sudah enak, gimana klo kuenya ngembang beneran ya, pasti lebih enak.

 

kue kukus

 

Percobaan kedua.

Aku bikin sendiri saat anak-anak sekolah, penginnya sih bikin kejutan buat mereka. Hasilnya? Ya ampun, percobaan kedua ini malah lebih parah dari yang pertama, kalau yang pertama ngembangnya 60% nah yang kedua ini mungkin cuma 40% saja. Tau nggak komentar dari putri bungsuku, โ€Mama sih bikin kue sendiri nggak ajak-ajak, makanya kuenya nggak jadi.โ€ Hiikkss *nangis bombay, eh tapi rasanya kok tetap enak ya, beneraannn! Buktinya, kuenya tetap habis dimakan bareng-bareng. Untuk percobaan kedua ini nggak sempet foto ๐Ÿ˜€

 

Percobaan ketiga.

Untuk ketiga kalinya nyoba bikin kue ini, 2 minggu lalu, kali ini aku pakai baking powder double acting dan ngajakin putri bungsuku, Alicia. Putri sulungku sedang ada acara sekolah saat itu. Dan, akhirnyaaaa berhasil … horee berhasil! Kuenya kali ini suksesย  ngembang nyam.. nyamm…

 

??????????

kue kukus4

 

Puas banget deh akhirnya bisa berhasil di percobaan ketiga, entah kalau nanti nyoba lagi bisa berhasil nggak hahaha. Cuma ada pait2nya dikit, mungkin karena cokelat bubuknya aku nggak pake merk Bensdrop seperti di resep, lain kali mesti dikurangi nih takaran cokelatnya biar lebih maknyus. Overall, rasanya enak kok meski nggak pakai toping seperti di resepnya. Resep ini cocok buat pemula yang pengin nyoba bikin kue, praktis banget, nggak pake mixer, nggak pake oven juga. Untuk toping dan resep lebih detail lihat di web JTT langsung, simak rinciannya, tips dan juga komen-komen yang ada di situ ya, biar sukses bikinnya ๐Ÿ™‚ Yuk nyobain!

ps : seru juga di dapur bareng anak, bakal ada postingan seseruan bareng anak di dapur lagi nih *ketagihan ๐Ÿ˜€

 

Be Sociable, Share!

About Lianny

Happy mom with three nice children
This entry was posted in Food and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Serunya Bikin Kue Bareng Anak – Steamed Moist Chocolate Cake

  1. Sary Melati says:

    Kalau aku malah lebih seneng bikin kue daripada masak, mak hehehe. Tapi sekarang udahjarang sih bikin kue. Lebih sering jd penikmat aja. Anak2 udah pada bisa ngikutin resep n bikin sendiri tanpa dibantuin ^_^

  2. Lidya says:

    nyomot satu yaaa

  3. Indah Juli says:

    Ngiiiiiiri sama Mak Lianny ๐Ÿ™‚
    Bisa masak, bisa bikin kue, bisa nulis di blog, duh benar-benar inspiratif.
    Belum tahu anak-anakku suka masak atau enggak, karena jarang juga daku masak ๐Ÿ˜€

    *nyomotsatucake*

    • Lianny says:

      walahh, nyoba bikin kue juga baru sekali ini makpuh, itupun cari yg gampang resepnya hihi.
      Anaknya suka menggambar ya mak?

  4. kwbayang enaknya maaak….ngembang ngg ngembang, kalau di rumahku pasti habis hehehe….makasih resepnyaaa….ini pasti seru masak bareng Bo et Obi…

  5. kalau saya suka beli dari pada buat sendiri nanti tau tau bisa bahaya hahaha…
    aku memang berprasangka dengan makanan yang buatan sendiri dengan kata dari mulut “huekkkkkk,,,,,” dan lain-lain gitu

  6. MAPEMALL says:

    wiihh kuenya enak tuh ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *