Resep Masakan

Sedapnya Mangut Ikan Pe

 

sedapnya mangut ikan pe

 

Siapa yang suka dengan ikan pari atau biasa disebut dengan iwak pe?

Papa suka makan ikan pe, biasanya dikukus aja. Memang enak, ikan pe kukus dimakan dengan nasi anget, sayur dan sambel terasi, hhhmmm sedaaappp.

Biasanya kalo mudik ke rumah ortu, mama suka beli ikan pe. Kadang-kadang kalo sudah lama nggak makan ikan pe, jadi kangen pingin makan lagi. Nah kok kebetulan minggu lalu, bapak penjual sayur keliling langgananku membawa ikan pe, biasanya kan nggak pernah bawa. Satu plastik yang isinya 5 tusuk ikan pe itu harganya 5000 rupiah. Murah nggak sih? hahaha nggak tau harga ikan pe biasanya berapa, tapi karena sudah pingin makan, ya langsung kubeli saja.

Ikan pe yang biasanya diasap ini memang mempunyai aroma yang khas dan rasa yang sedap, nggak heran banyak yang suka dengan ikan ini.

Ikan pe katanya enak kalo dimasak mangut, jadi penasaran pingin nyoba masak mangut ikan pe. Semarang terkenal juga dengan masakan mangut ikan pe ini, nggak cuma di restoran tapi juga warung pinggir jalan lho. Aku pernah melihat tayangannya di televisi. Wah ternyata nggak cuma lunpia saja yang terkenal di Semarang, banyak makanan enak lainnya yang patut dicoba. Hhm kapan-kapan kalau ke Semarang pingin juga nyicip mangut ikan pe.

Sekarang buat sendiri aja dulu. Kebetulan masih ada stok santan dan tempe di rumah. Jadilah aku nyoba masak mangut ikan pe minggu lalu, cuma sayangnya waktu itu nggak punya gula merah dan petai, jadi aku skip kedua bahan tersebut. Untuk cabe hijaunya aku ganti dengan cabe merah besar dan kutambah dengan cabe rawit 3 biji.

 

bahan membuat mangut ikan pe* Bahan untuk membuat mangut ikan pe. Gb santannya ketinggalan nih *

 

cara memasak mangut ikan pe*Cara membuat mangut ikan pe *

 

Mangut ikan pe ini ditambah tempe jadi tambah enak rasanya, pedas dan gurih. Yang suka pedas, tinggal tambah cabe rawitnya aja. Untuk penyedap alami, tambahkan saja seafood kering di masakan mangut ini.

 

resep manggut ikan pe*Mangut ikan pe dimakan dengan nasi anget dan udang kering ini, rasanya sedap *

 

Saat itu di rumah masih ada stok udang kering. Aku coba makan mangut ikan pe ini dengan tambahan udang kering tadi. Eh enak juga lho meskipun nggak pake gula merah di masakan mangut tadi. Gurih dan pedasnya mangut ikan pe bercampur dengan udang yang renyah. Sedap!

Nah, agar bumbu lebih meresap, masak mangut ikan pe saat malam hari dan sajikan keesokan harinya.

Buat teman-teman yang ingin merasakan sedapnya mangut ikan pe, resepnya ada di bawah ini, ya.

 

mangut ikan pe

 

Resep Mangut Ikan Pe

 

Bahan :

200 gram tempe

4 potong ikan asap

10 butir bawang merah, iris tipis

5 siung bawang putih, iris tipis

20 buah cabe hijau, iris tipis serong

2 cm kencur, haluskan

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas, geprek

1 papan petai, kupas, belah jadi dua

½ sdm gula merah

1 sdt garam

800 ml santan agak encer

2 sdm minyak untuk menumis

 

Cara membuat :

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.

2. Masukkan cabe iris, kencur halus, daun salam dan lengkuas. Tumis sampai cabe layu.

3. Masukkan santan dan semua bumbu lain, didihkan

4. Setelah kuah mendidih, masukkan ikan pe, temped an petai. Cicipi rasanya.

5. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap.

Waktu memasak 20 menit, untuk 5 porsi.

 

Resep diambil dari buku : 62 Masakan Lezat untuk Menu Sehari-hari, Diah Didi.

 

 

44 Comments

  1. Ria Rochma November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  2. aizeindra November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  3. gustyanita pratiwi November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  4. susanti dewi November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  5. HM Zwan November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  6. Uniek Kaswarganti November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  7. Titis Ayuningsih November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  8. Dwi Puspita Nurmalinda November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  9. Irawati Hamid November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  10. eda November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  11. Vanda November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  12. Nunung Yuni A November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  13. Ratna Dewi November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  14. Ety Abdoel November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  15. Kartika Putri Mentari November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  16. Noe November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  17. @danirachmat November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  18. puputs November 10, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  19. Ramadani Idaham November 11, 2015
    • Lianny November 11, 2015
  20. cputriarty November 13, 2015
    • Lianny November 13, 2015
  21. cumilebay.com November 16, 2015
    • Lianny November 16, 2015
  22. Anis Hidayah November 17, 2015
    • Lianny November 17, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.