Personal Reviews & Sponsored

Sarapan Praktis dengan Abon Sapi

 

Pagi hari adalah saat-saat yang super rempong karena harus masak nasi dan menyiapkan sarapan buat anak-anak yang mau berangkat sekolah. Memang aku membiasakan anak-anak untuk sarapan nasi karena takut mereka lapar dan tidak bisa konsentrasi saat pelajaran. Sedangkan untuk hari libur, aku memang membebaskan anak-anak mau sarapan apa, terserah apa yang mereka minta, biasanya mereka minta roti.

Mungkin bagi anak-anak lainnya ada yang sarapan hanya dengan roti saja, atau roti dan susu, ataupun cereal yang dicampur susu dan mereka tidak merasa lapar. Yah mungkin mereka sudah terbiasa, ya.

Karena anak-anak sarapan nasi, otomatis aku harus menyediakan lauk pauknya juga. Untuk pagi hari, biasanya aku masak yang praktis dan cepat memasaknya seperti aneka olahan sosis, telur, tumis sayur atau goreng tahu tempe. Kalau yang memasaknya lama seperti semur atau rawon, bisa dimasak malam hari, besok pagi kalau mau sarapan tinggal menghangatkan saja. Untuk makan siang kan masih banyak waktu sampai anak-anak pulang sekolah, jadi bisa masak dengan santai. Yang pagi yang harus ngebut masaknya πŸ˜€

Gimana kalau bangunnya telat? Nah ini yang gawat. Anak-anak itu sudah pasang weker masing-masing, tapi begitu weker bunyi, weker dimatikan dan tidur-tiduran lagi. Jadi aku yang bagian membangunkan mereka. Pernah aku telat bangun, bangun sudah setengah enam pagi, yah nggak sempet masak nasi buat sarapan, jadilah masak mie instan.

Kalau aku telat bangun tapi masih cukup waktunya untuk masak nasi, lauknya bikin yang super cepat deh. Buat telur dadar saja atau sarapan praktis dengan abon sapi. Perlu banget untuk keadaan β€œdarurat” seperti telat bangun atau elpiji habis pagi-pagi hahaha. Kalau makan pakai abon kan tinggal masak nasinya aja.

 

abon sapi*Anak-anak suka abon sapi yang lembut seperti ini, dimakannya pake nasi anget *

 

Anak-anak sukanya abon sapi yang lembut, kalau yang kering renyah atau abon yang ada bawangnya mereka nggak begitu suka. Enaknya kalau abon sapi yang lembut, bisa dimakan kalau sakit, misalnya radang tenggorokan. Makan bubur dengan abon enak juga kok kata anak-anak, mereka suka. Kalau suamiku sukanya nasi goreng ditaburi abon.

Aku sendiri nggak begitu suka abon, pernah nyicip juga roti abon yang kata anakku enak, tapi akhirnya yang kumakan rotinya aja hehehe. Padahal dulu waktu kuliah dan tinggal di kost, abon termasuk salah satu barang yang wajib kubawa karena nggak boleh masak-masak di kost.

Jadi makanan yang serba praktis seperti : abon, telur, mie dan kadang-kadang sosis atau nugget, itu wajib tersedia deh di rumahku.

14 Comments

  1. Lidya May 20, 2015
    • Lianny May 21, 2015
  2. Asep Haryono May 20, 2015
    • Lianny May 21, 2015
  3. Bibi Titi Teliti May 20, 2015
    • Lianny May 21, 2015
  4. kania May 20, 2015
    • Lianny May 21, 2015
  5. prih May 20, 2015
    • Lianny May 21, 2015
  6. Indah nuria savitri May 21, 2015
    • Lianny May 21, 2015
  7. Awan May 21, 2015
    • Lianny May 21, 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.