Buku

[Review] Blogging: Have Fun and Get The Money

 

Blogging: Have Fun and Get The Money

 

Judul : Blogging: Have Fun and Get The Money
Penulis : Carolina Ratri
Penerbit : Stiletto Book
Tahun terbit : Desember 2015
Cetakan : pertama
Tebal : 245 hlm
ISBN : 9786027572447

 

Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan pemasukan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untukk menjalin partner dalam strategi marketing mereka melalui kerjasama job review.

Namun, untuk sampai ke tahap itu, kita perlu membekali diri dengan ketrampilan yang cukup.

Buku ini membahas berbagai tip, seperti :

  • Menentukan tema blog
  • Mencari ide tulisan
  • Mempelajari teknik menulis yang baik
  • Mempercantik tampilan blog
  • Cara mendapatkan job review
  • Cara kerja Google Adsense
  • Memopulerkan blog dengan SEo dan media social
  • Sampai, profil blogger senior

Pada akhirnya, akan banyak yang bisa kita dapatan dari blog. Tak hanya bersenang-senang dan dapat uang, tapi juga jejaring, serta personal branding.

 

***

 

Buku berjudul Blogging: Have Fun and Get The Money sudah ada di tanganku. Lembar pertama kubuka dan langsung membuatku tersenyum lebar. Ada apa dengan buku ini? Nggak ada yang aneh, cuma ada sesuatu berwarna merah di pojok kanan atas lembar buku ini yang membutku tertawa girang. Mau tau nggak apa itu? Atau ada yang sudah bisa menebak? Lihat tuh gambar di bawah ini.

 

Blogging: Have Fun and Get The Money

Girang banget ada ttd penulis + cap bibir nya πŸ˜€

 

Cap bibir! Aku minta tanda tangan dan cap bibir, akhirnya dikabulkan juga sama penulisnya hahaha. Minta cap bibir yang banyak tapi cuma dikasih satu aja. Ya nggak apalah daripada nggak dikasih sama sekali *maniak cap bibir. Makasih ya Mom Carra *kecup πŸ˜€

Eeh ini mau ngomongin cap bibir atau bukunya sih? Haduuuuh maaf ya, oke deh sekarang cerita tentang bukunya aja ya.

 

Blogging: Have Fun and Get The Money

 

Buku yang ditulis oleh Carolina Ratri ini terdiri dari 7 Bab, yaitu :

  1. Pendahuluan

2. Let’s Blogging

3. Blogging Is Writing

4. Blogging for Job Review

5. Apa Kata Para Blogger dan Advertizer?

6. Cara Lain menghasilkan Uang dari Blog

7. Penutup

 

Pada pendahuluan dijelaskan secara singkat mengapa kita ngeblog dan apa saja hasil yang didapat dari ngeblog.

Pada Bab 2. Let’s Blogging dipaparkan secara lebih mendetail tentang blogging. Apa itu niche blog, macam-macam niche blog dan mengapa kita harus memulai dengan sebuah blog bertema khusus (niche blog). Dipaparkan juga tentang platform blog seperti blogspot dan wordpress, juga berbagai search engine yang bisa mendatangkan traffic serta tips dasar SEO.

Pada Bab 3. Blogging Is Writing kita akan mengetahui teknik dasar menulis blog, mencari ide tulisan dan bagaimana memelihara semangat ngeblog.

Wah ini semangat ngeblogku sering kembang kempis juga nih gara-gara kehabisan ide, padahal ide bisa datang dari mana aja. Semangat!

Pada Bab 4. Blogging for job review akan dijelaskan apa itu job review, bagaimana mendapatkan job review, dan apa yang harus kita lakukan setelah job review terpublish. Dijelaskan juga seluk-beluk ratecard.

Selanjutnya pada bab 5, beberapa blogger dan advertizer menuturkan pengalaman mereka terkait job review untuk para blogger beserta tip-tip mendapatkan job review. Penasaran siapa aja para blogger keren ini? Baca sendiri aja ya, biar seru!

Terakhir sebelum penutup, akan dipaparkan cara lain mendapatkan penghasilan dari blog selain dari job review tadi.

 

Membaca buku ini, banyak ilmu baru yang kudapat.

Bagian Let’s Blogging nih yang membuatku mulai berpikir tentang niche blog. Blogku merupakan blog gado-gado, aku dulu menyebut demikian *meskipun nggak ada postingan tentang gado-gado hehehe. Sekarang istilah kerennya adalah Lifestyle blog ya ehhm, sudah nyaman banget sih dengan lifestyle blog karena bisa menulis suka-suka aku. Tapi pengin juga buat niche blog *maju mundur cantik dari dulu, soalnya masih bingung mau niche blog apa. Emang ya, kalo sekarang sih akuΒ  lebih banyak nulis tentang masakan di blog. Apa bikin niche tentang food aja kali ya? *eeh malah nanya. Masih nggak pede karena sebetulnya nggak pinter masak, sebatas berbagi resep dari yang sudah kupraktekkan, itu aja sih. Juga, kangen banget nulis fiksi, tapiiiii…. *melipir pelan-pelan.

 

Apalah artinya blog jika kita hanya menulis artikel dengan prinsip asal-hati-senang, asalβ€”bisa-dibaca, asal-bisa-di-publish, dan segala macam alasan β€œasal”. Karena apa yang dibuat dengan asal, pasti hasilnya juga asal. Hasil β€œasal” tidak akan membawa nilai tambah yang baik pula untuk Anda ( hal 81-82)

 

Duh, makjleb banget deh, harus mulai pelan-pelan meningkatkan kualitas tulisan nih agar menarik dan informatif, nggak asal nulis aja.

 

Paling suka bagian Blogging For Job Review, langsung deh kebayang β€œcring cring” masuk kantong. Ada penjelasan tentang cara menghitung rate card, juga bookmarking. Dulu tahun 2008 an aku sering melakukan bookmarking ke beberapa social bookmark untuk menambah backlink dan meningkatkan traffic, tapi sejak 2010 hampir nggak pernah kulakukan lagi. Baca buku ini jadi flash back deh, pengin melakukan bookmarking lagi, nggak boleh males-malesan.

 

Salah satunya, barangkali Anda bisa mengembangkan blog Anda untuk menambah penghasilan. Tapi harap catat, penghasilan, kemenangan lomba blog dan semua penghargaan yang Anda dapatkan dari blog itu merupakan bonus. Yang utama, adalah menjalin persahabatan dengan orang lain, saling berbagi, saling menginspirasi. (hal 240)

 

Setujuuuu! Awal mula nulis blog dulu kan memang bukan cari penghasilan, tapi berbagi dengan orang lain, sesuai tagline blogku : Indahnya berbagi cerita.Β  Yah, berbagi itu memang indah dan membahagiaan. Jika nantinya dari blog mendapat penghasilan, itu buatku merupakan bonus, rezeki yang patut disyukuri.

 

Blogging: Have Fun and Get The MoneyBuku ini bisa dijadikan kado untuk para blogger

 

Dari segi cover, buku ini berwarna hijau, bikin hati adem. Meskipun aku penyuka warna biru, tapi entah kenapa kalo melihat warna hijau rasanya jadi segar dan fresh lagi. Aku suka!

Kekurangan buku ini ya cuma gambarnya aja yang kecil jadi terlihat kurang jelas. Tapi it’s ok karena kan ada penjelasannya juga.

Satu lagi nih, tentang penulis di hal 242, untuk cetakan selanjutnya mungkin bisa diperbaiki, blog redcarra.com kan sudah tidak ada ya, bisa diganti dengan blog penulis yang sekarang.

Buku setebal 245 ini wajib dibaca oleh para blogger terutama blogger pemula yang masih belum paham bagaimana me-monetize blog dan mendapat penghasilan dari ngeblog. Intip aja buku ini, terus praktek, praktek dan praktek. Nah kalo cuma dibaca aja tapi nggak dipraktekin ya sama aja deh boong *nunjuk diri sendiri.

So, happy blogging!

 

32 Comments

  1. @kakdidik13 May 12, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  2. Rahmi May 13, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  3. Noe May 13, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  4. Uniek Kaswarganti May 13, 2016
    • Lianny May 13, 2016
  5. Dwi Puspita May 13, 2016
    • Lianny May 14, 2016
  6. Indah Nuria Savitri May 13, 2016
    • Lianny May 14, 2016
  7. leeviahan May 13, 2016
    • Lianny May 14, 2016
  8. evylia hardy May 14, 2016
    • Lianny May 14, 2016
  9. Hidayah Sulistyowati May 14, 2016
    • Lianny May 14, 2016
  10. cputriarty May 14, 2016
    • Lianny May 18, 2016
  11. evrinasp May 15, 2016
    • Lianny May 18, 2016
  12. Rusydina Tamimi May 15, 2016
    • Lianny May 18, 2016
  13. Carolina Ratri May 21, 2016
    • Lianny May 24, 2016
  14. Bang ELMU May 24, 2016
  15. indah nuria savitri May 26, 2016
    • Lianny May 27, 2016
  16. Lidya June 8, 2016
    • Lianny June 8, 2016
  17. dr.droid November 24, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.